Beranda » Blog » Inilah 6 Kelebihan Black Sapote, Buah Unik Dengan Citarasa Mirip Puding Cokelat dan Punya Kandungan Vitamin C Yang Tinggi

Inilah 6 Kelebihan Black Sapote, Buah Unik Dengan Citarasa Mirip Puding Cokelat dan Punya Kandungan Vitamin C Yang Tinggi

Diposting pada 26 July 2022 oleh JBM tani / Dilihat: 1.286 kali

Keunggulan Black Sapote

Black sapote? yaps, salah satu jenis buah tropis yang cukup viral dikalangan pecinta buah tanah air. Hal ini bukan tanpa alasan pasalnya, Di platfom media sosial mulai dari Instagram dan tiktok misalnya, banyak pemilik akun yang mengunggah foto dan video seputar buah tropis yang satu ini.

Black sapote adalah buah tropis yang berasal dari negara Meksiko. Buah black sapote terkenal akan citarasanya yang unik, Banyak penikmat buah tropis yang menyebut jika buah black sapote ini memiliki rasa yang sangat mirip dengan puding cokelat.

Tidak hanya rasanya yang unik, tekstur black sapote juga sangat mirip dengan puding cokelat. Daging buahnya berwarna coklat tua, tekstur lembut dan sedikit berair. Penasaran apa saja sich keunggulan dari black sapote ini sehingga layak untuk dikoleksi.

Berikut ini 6 keunggulan tanaman black sapote sehingga layak untuk dikoleksi :

1. Bentuk Buah Unik

Buah black sapote mempunyai bentuk bulat mirip buah tomat dengan kulit buah berwarna hijau saat sudah matang. Buah black sapote mempunyai ukuran yang tegolong sedang, bobot satu buahnya berkisar antara 500 sampai dengan 700 gram per buah.

2. Citarasa Unik

saat buah black sapote dibelah, daging buahnya mempunyai warna cokelat agak kehitaman menyerupai tampilan puding cokelat. Tekstur daging buahnya sangat lembut, sehingga dapat dibelah langsung menggunakan sendok. dan mempunyai beberapa biji di dalamnya.

Untuk soal rasa?, buah black sapote menawarkan sensai citarasa yang unik, layaknya puding coklat. Paduan antara rasa manis, ringan dan tekstur yang lembut mampu memberikan sensasi rasa cokelat di lidah.

Baca Juga :   Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Black Sapote Agar Mampu Tumbuh Dengan Subur dan Cepat Berbuah

Uniknya dari buah black sapote ini adalah cara mengkonsumsinya dengan menggunakan sendok layaknya menikmati buah alpukat.

Keunggulan Black sapote

3. Tingkat Adaptasi Tinggi

Tanaman black sapote atau sawo hitam ini dikenal memiliki tingkat adapatasi yang baik terhadap lingkungan. Tanaman black sapote dapat tumbuh dan berbuah pada iklim tropis maupun sub tropis. Selain itu, tanaman sawo hitam ini juga dapat tumbuh di berbagai suhu di Indonesia.

Tanaman sawo black sapote dapat tumbuh dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian berkisar antara antara 0 – 1800 meter diatas permukaan air laut.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal pohon black sapote dibudidayakan di bawah ketinggian 600 m di atas permukaan air laut. Selain itu, Tanaman black sapote juga dapat beradaptasi dengan segala jenis tanah. Adapun Tingkat keasaman tanah yang cocok untuk bertanam black sapote berkisar antara 5,6 sampai dengan 6,5.

4. Sifat Genjah

Black sapote termasuk jenis tanaman tropis yang dikenal mudah berbuah atau genjah. Dengan perawatan baik, panen buah sawo hitam dapat dinikmati saat tanaman sudah berumur  2 sampai dengan 3 tahun setelah tanam dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau sambung pucuk.

Keunggulan Black Sapote

5. Cocok Tabulampot

Keunggulan lainnya adalah tanaman black sapote juga dapat ditanam didalam pot untuk mempercantik pekarangan rumah anda. Perawatannya yang mudah dan tingkat adaptasinya yang baik dapat menjadi pertimbangan anda untuk memilih pohon sawo hitam ini.

Keunggulan Black sapote

6. Kaya Manfaat

Selain mempunyai citarasa yang manis,ringan layaknya puding coklat. black sapote ternyata juga tinggi vitamin dan mineral. buah black sapote mampu membantu menurunkan berat badan Anda.

Baca Juga :   Inilah 8 Manfaat Buah Black Sapote, Buah Langka Yang Mampu Mencegah Kanker

Mengonsumsi buah ini secara teratur dipercaya mampu menyuplai kebutuhan protein, air, serta membantu produksi sel darah merah, mengatasi tekanan darah tinggi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Demikianlah informasi tentang kelebihan tanaman black sapote. black sapote ini dapat dijadikan investasi masa depan yang cukup menjanjikan. mengingat harga jualnya yang terbilang tinggi dan perawatannya yang cukup mudah. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terima kasih.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Inilah 6 Kelebihan Black Sapote, Buah Unik Dengan Citarasa Mirip Puding Cokelat dan Punya Kandungan Vitamin C Yang Tinggi

Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Inilah 6 Kelebihan Black Sapote, Buah Unik Dengan Citarasa Mirip Puding Cokelat dan Punya Kandungan Vitamin C Yang Tinggi

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: