INFO BIBIT UNGGUL
Beranda » Blog » 9 Keunggulan Alpukat Pluwang, Alpukat Unggul Yang Rekomended Untuk Budidaya Skala Bisnis

9 Keunggulan Alpukat Pluwang, Alpukat Unggul Yang Rekomended Untuk Budidaya Skala Bisnis

Diposting pada 5 March 2020 oleh Ali Arwani / Dilihat: 7.648 kali

Inilah 9 Keunggulan Alpukat Pluwang Dengan Ukuran Buah Jumbo, Daging Tebal, Tekstur Lembut, Kering dan Sangat Rekomended Untuk Budidaya Skala Bisnis

Keunggulan Alpukat Pluwang

Keunggulan Alpukat Pluwang – Dahulu jenis alpukat paling populer dibudidayakan masyarakat Indonesia adalah alpukat mentega yang mempunyai rasanya manis. Namun, saat ini tren budidaya alpukat mulai bergeser. Kini varietas alpukat yang sedang meroket adalah alpukat pluwang atau yang biasa disebut alpukat hawaii jumbo atau alpukat pengeran. Meroketnya alpukat pluwang sebagai pilihan utama budidaya bukan tanpa alasan, pasalnya alpukat pluwang ini terkenal memiliki ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan jenis alpukat lain. Berat satu buahnya bisa mencapai 2 kilogram (kg), tiga kali lipat lebih alpukat biasa. Selain itu, alpukat Pluwang memiliki tekstur daging buah lebih padat, lembut dan pulen.

Tanaman alpukat pluwang merupakan salah jenis alpukat unggulan yang paling banyak dicari untuk saat ini. Pohon alpukat pluwang ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan iklim tropis. Tanaman alpukat pluwang juga terkenal dengan sifatnya yang genjah. Pada umur 2-3 tahun sejak penanaman, pohon sudah mampu menghasilkan. Alpukat ini juga semakin terkenal berkat pohonnya yang pendek sehingga mudah dipanen sehingga cocok dibuat tabulampot. Lalu apa saja sich keunggulan alpukat yang dimiliki alpukat pluwang sehingga layak dibudidayakan skala bisnis dan memiliki Peluang usaha yang besar. Berikut ulasannya.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh alpukat pluwang yang perlu anda ketahui :

1. Ukuran Buah Besar

Alpukat pluwang termasuk jenis alpukat mentega yang terkenal dengan ukuran buahnya besar. Bobot satu buah rata-rata mencapai berat 1 – 1.2 kg/buah. Bahkan ada buah alpukat pluwang yang mampu mencapai berat hingga 2 kg per buah. setara dengan tiga kali lipat lebih besar daripada jenis alpukat lokal pada umumnya.

Baca Juga :   7 Panduan Budidaya Alpukat Pluwang Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Cepat Berbuah Dengan Lebat

2. Bentuknya Unik

Selain ukuran buahnya yang besar, Alpukat pluwang juga terkenal akan keindahan bentuk buahnya. Alpukat pluwang memiliki bentuk mirip body gitar dimana dengan bagian bawah berukuran besar dan berbentuk agak membulat sedangkan pada bagian pangkalnya sedikit mengecil dan sedikit lonjong. Kulit buah alpukat pluwang berwarna hijau gelap dan mempunyai brintik-brintik serta mengkilap

Keunggulan Alpukat Pluwang 1

3. Daging Buah Tebal

Ukuran buah alpukat pluwang yang jumbo juga ditunjang dengan daging buah yang tebal, warnanya kuning layak mentega. Tekstur daging buahnya lebih padat, namun sangat lembut dan pulen saat disantap. Daging buah alpukat pluwang lebih kering dengan kadar minyak yang rendah. Selain itu, alpukat pluwang juga memiliki biji yang tergolong kecil.

4. Citarasa Nikmat

Keungulan lain dari alpukat pluwang ini adalah kenikmatan rasa yang luar biasa. Pasalnya alpukat ini termasuk jenis alpukat mentega yang memiliki rasa yang lebih manis dan lebih gurih jika dibandingkan dengan jenis alpukat lokal lainnya. Perpaduan antara rasa manis dengan gurihnya daging buah alpukat, membuat buah alpukat pluwang ini membuatnya banyak di buru oleh para hobiis.

Keunggulan Alpukat Pluwang 2

5. Kulit Mudah Terlepas

Keunggulan lain dari alpukat pluwang adalah kulit luarnya yang mudah dilepas layaknya melepas kulit pisang. Hal ini tentunya memberi keuntungan tersendiri dimana daging buahnya lebih tebal. Bahkan yang bagian yang dekat dengan kulit (bagian lebih hijau) juga dapat dimakan.

6. Buah Lebih Cepat Matang

Walaupun alpukat pluwang memiliki ukuran buahnya yang besar, Namun alpukat ini memiliki keunggulan pematangan buah yang lebih cepat yakni sekitar 3-5 hari setelah petik. Hal ini berbeda dengan jenis alpukat wina yang memiliki pematangan buah hingga 2 minggu. Bahkan jenis alpukat pluwang memiliki waktu pematangan tercepat jika dibandingkan jenis alpukat yang lain.

Baca Juga :   7 Panduan Budidaya Alpukat Pluwang Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Cepat Berbuah Dengan Lebat

7. Bersifat Genjah

Pohon alpukat pluwang bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian berkisar antara 200-1.200 di atas permukaan laut. Selain itu, Tanaman alpukat pluwang ini juga terkenal akan sifatnya yang genjah. Dengan perlakuan yang optimal, bibit alpukat pluwang akan mulai berbuah setelah berumur 2-3 tahun sejak penanaman (hasil okulasi / cangkok).

Keunggulan Alpukat Pluwang 3

8. Produktifitas Tinggi

Selain sifatnya yang genjah atau mudah berbuah, tanaman alpukat pluwang juga memiliki tingkat produktifitas yang tinggi. Hal ini dapat terlihat pada saat umur 2.5 tahun sudah mulai berbuah dengan hasil yang cukup banyak, seiring bertambahnya umur, produktifitas alpukat ini semakin meningkat. Dalam satu tahun alpukat pluwang minimal dapat dipanen sebanyak 2 kali

9. Cocok Untuk Tabulampot

Tanaman alpukat pluwang memiliki umur pohon yang tergolong singkat untuk berbuah. Selain itu, tanaman alpukat ini walaupun tinggi pohonnya pendek, namun sudah bisa menghasilkan buah untuk dipanen. Hal ini tentunya memberikan keuntungan tersendiri untuk dibudidayakan secara tabulampot.

Demikianlah informasi tentang keunggulan alpukat pluwang yang perlu diketahui. Sebagai salah satu jenis alpukat unggulan alpukat pluwang memiliki beberapa keunggulan seperti ukuran buah jumbo, daging tebal, rasa gurih dan tingkat produktifitas tinggi. Dengan segala keistimewaan yang dimiliki, maka alpukat pluwang sangat rekomended untuk dibudidayakan dalam skala bisnis.

Nah, Jika anda tertarik untuk berkebun alpukat pluwang, pada artikel selanjutnya kami akan memaparkan ulasan tentang panduan bertanam alpukat pluwang yang baik dan benar. Hal ini tentunya agar tanaman alpukat pluwang mampu tumbuh dengan optimal dan cepat berbuah. Semoga artikel tersebut dapat menambah wawasan kita dan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Baca Juga :   7 Panduan Budidaya Alpukat Pluwang Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Cepat Berbuah Dengan Lebat

Tags: , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

9 Keunggulan Alpukat Pluwang, Alpukat Unggul Yang Rekomended Untuk Budidaya Skala Bisnis

Komentar
    • Ali Arwani Admin

      terima kasih atas partisipasinya.
      Untuk pemesanan bibit alpukat pluwang dapat menghubungi kami.
      dapatkan harga grosir setiap pembelian bibit alpukat pluwang ditempat kami

      Balas 27 January 2021 | 7:15 am
    • Ali Arwani Admin

      alpukat pluwang termasuk jenis alpukat mentega yang dikenal dengan kulit buahnya yang kuat. sehingga cukup sulit untuk ditembus ulat. Selain itu, daun alpukat pluwang juga tidak disukai hama ulat.
      semoga bermanfaat dan terima kasih

      Balas 29 December 2020 | 1:44 pm

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

9 Keunggulan Alpukat Pluwang, Alpukat Unggul Yang Rekomended Untuk Budidaya Skala Bisnis

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Maryati
● online
Maryati
● online
Halo, perkenalkan saya Maryati
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja