Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 19 Manfaat Si Cebol, Kelapa Genjah Entok Sebagai Penangkal Racun, Sebagai Obat Pencernaan dan Sebagai Isotonik

Inilah 19 Manfaat Si Cebol, Kelapa Genjah Entok Sebagai Penangkal Racun, Sebagai Obat Pencernaan dan Sebagai Isotonik

Diposting pada 8 January 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 2.606 kali

Inilah 19 Manfaat Kelapa Genjah, Sebagai Penangkal Racun, Sebagai Obat Pencernaan dan Sebagai Isotonik

Manfaat Kelapa Genjah Entok

Manfaat Kelapa Genjah Entok

Manfaat Kelapa Genjah Entok – Jika kita bicara tentang pohon kelapa tentu kita semua tahu bahwa pohon ini sangat bermanfaat bagi kita. Hampir semua bagian dari kelapa dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya batang pohon dan buah kelapa, bahkan pelepah atau daun kelapa bahkan air kelapa pun dapat kita manfaatkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Sekarang mari kita cari tahu apa sajakah manfaat pohon kelapa bagi kehidupan manusia.

Ada banyak sekali jenis kelapa yang dibudidayakan di Indonesia. Nah salah satu jenis kelapa unggul yang kita bahas kali ini adalah Kelapa Genjah Entok. Belakangan ini Kelapa genjah entok memang sedang hangat diperbincangkan. Yups. kelapa genjah entok merupakan jenis kelapa unggul yang mempunyai sifat genjah atau mudah berbuah. dalam kurun waktu 3-4 tahun saja pohon kelapa ini sudah bisa dipanen. Pohon kelapa ini juga mempunyai keunggulan dengan postur tubuhnya yang relatif lebih pendek jika dibandingkan dengan jenis kelapa dalam lainnya. tinggi rata-rata batang pohon kelapa genjah entok hanya berkisar antara 3-4 meter saja.

Selain memiliki keunggulan dalam bidang pembudidayaan. Ternyata pohon kelapa genjah entok ini juga mulai manfaat yang sangat luar biasa untuk kehidupan manusia. bayangkan saja, mulai dari batang, daun hingga buahnya mempunyai manfaat dan khasiat yang luar biasa.

Mengapa kelapa genjah entok ini sangat diidolakan oleh petani kelapa? Ternyata bukan hanya karena keunggulannya pohon dan buahnya tetapi juga kelapa genjah entok mempunyai banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari. Lalu manfaat apa yang bisa kita dapatkan saat kita bertanam kelapa genjah entok ini ?. berikut penjelasannya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kelapa genjah entok bagi kehidupan manusia:

1. Akar Kelapa

Tanaman kelapa genjah entok mempunyai akar pohon yang menyerupai rambut dan berserat. Akar pohon kelapa akan terus tumbuh sepanjang pohon tersebut hidup, walaupun jumlah akar juga dipengaruhi oleh lingkungan tempat tumbuhnya pohon. Secara garis besar akar pohon kelapa mempunyai manfaat sebagai berikut :

  • Sebagai obat. Akar pohon kelapa genjah entok dapat diramu menjadi obat herbal yaitu dengan cara merebus akar kelapa. Air rebusan akar kelapa dapat mengobati berbagai penyakit seperti berbagai penyakit pencernaan seperti diare dan disentri dan gatal-gatal.
  • Selain sebagai obat, akar kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan karena akar kelapa dinilai memiliki struktur yang kuat, terkadang akar pohon juga sering dimanfaatkan sebagai penyangga bangunan.
    Akar kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk menangkal banjir. Akar kelapa yang berserabut dapat menyerap air dalam jumlah yang banyak sehingga dipercaya dapat mencegah banjir. Itulah sebabnya pohon kelapa sangat baik ditanam didaerah pemukiman.
  • Akar kelapa dapat juga dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan yang tentu saja bernilai ekonomis.
Baca Juga :   Inilah 4 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Kelapa Genjah Entok Agar Tumbuh Dengan Maksimal dan Menghasilkan Buah Dengan Produktif

 

Manfaat pohon kelapa genjah entok

Manfaat pohon kelapa genjah entok

2. Batang Kelapa

Seperti halnya akar pohon, batang kelapa genjah entok juga memiliki manfaat yang hampi sama dengan akar pohon. Berikut adalah manfaat batang pohon kelapa bagi kehidupan manusia:

  • Sebagai bahan bangunan. Batang pohon kelapa memiliki kepadatan keras sehingga cocok apabila digunakan untuk struktural umum bangunan seperti pilar, langit-langit, kancing horisontal, panel kayu, lis internal, gulungan, furniture, jendela, kusen pintu, lantai decking dan balok lantai. Hal ini dikarenakan tinggi pohon dan diameter pohon serta kandungan silika pada batang yang memberikan efek elastisitas.
  • Batang pohon kelapa juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan bubur kertas.

3. Daun Kelapa

Daun kelapa genjah entok memiliki karakteristik daun tunggal dan menyirip. Hal ini menyebabkan daun kelapa mempunyai banyak kegunaan antara lain :

  • Daun kelapa genjah entok muda dapat dimanfaat kan sebagai hiasan atau yang biasa kita kenal dengan janur yang biasanya digunakan sebagai hiasan pada pesta pernikahan. Daun kelapa muda juga dapat digunakan sebagai pembungkus makanan.
  • Daun kelapa yang sudah tua dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan seperti anyaman. Daun kelapa tua juga dapat dimanfaatkan untuk membuat atap maupun dinding bangunan non pemanen.
  • Selain itu daun kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk membuat sapu lidi dan kadang-kadang daun kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

4. Daging Buah Kelapa

Daging kelapa genjah entok mungkin adalah salah satu bahan yang dikenal mempunyai banyak sekali kegunaan bagi manusia terutama sebagai bahan makanan. Berikut adalah berbagai macam kegunaan daging kelapa dalam kehidupan kita sehari-hari:

  • Daging yang masih muda dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan campuran dalam berbagai jenis minuman, seperti es buah. Sedangkan daging yang sudah tua dimanfaatkan sebagai santan dalam berbagai jenis olahan makanan.
  • Daging kelapa seringkali dimanfaatkan untuk membuat minyak kelapa, konon minyak kelapa mempunyai banyak sekali manfaat bagi bagi kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan. Misalnya minyak kelapa dapat diolah menjadi bahan pengganti mentega karena memilki rasa menarik dan unik. Selain itu minyak kelapa dapat dimanfaatkan untuk bahan dasar treatment kecantikan seperti minyak zaitun atau canola dan juga sebagai bahan pelembab rambut. Minyak kelapa juga sering digunakan pada bayi karena dipercaya dapat melembutkan kulit bayi.
Minyak kelapa

Minyak kelapa

5. Air Kelapa

Nah, selain buah kelapa, ternyata air kelapa genjah entok juga sangat bermanfaat bagi kita terutama sebagai bahan obat. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada air kelapa yaitu air kelapa mengandung 4,7 % total padatan, 2,6% gula, 0,55% protein, 0,74 % lemak, serta 0,46% mineral. Air kelapa juga mengandung vitamin dan dapat mengembalikan kondisi badan agar menjadi sehat dan bugar.

Baca Juga :   Inilah 5 Jenis Tanaman Buah Kelapa Unggul Berpostur Pendek Yang Paling Cocok Untuk Dibudidayakan di Indonesia

Berikut adalah manfaat air kelapa sebagai obat yang berguna bagi kesehatan kita :

  • Sebagai penangkal racun dan melancarkan buang air kecil. Minum air kelapa dipercaya dapat menetralkan racun seperti alergi pada makanan tertentu. Selain itu air kelapa berfungsi sebagai diuretik atau dapat melancarkan buang air kecil, oleh karena itu air kelapa juga dapat digunakan sebagai obat pada penderita sakit kencing batu.
  • Sebagai obat berbagai macam sakit pencernaan. Minum air kelapa juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai sakit pencernaan seperti diare, disentri dan cacingan pada anak. Penyakit ini dapat diobati dengan cara meminum air kelapa genjah entok sampai gejala penyakit berkurang.
  • Dapat digunakan untuk berbagai treatment kecantikan. Air kelapa juga berfunsgi sebagai zat yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecantikan pada wanita seperti; menghaluskan kulit wajah dan badan, dapat melembutkan rambut, dapat mencegah tumbuhnya uban, dan mencegah kerutan diwajah dan juga dapat menghilangkan ketombe pada rambut.
  • Dapat digunakan untuk menurunkan panas dan sebagai isotonik. Selain dapat menurunkan panas, air kelapa juga berfunsgi sebagai isotonik yang dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang.
  • Dapat mengobati luka bakar dan gatal-gatal. Air kelapa genjah entok juga dipercaya dapat mengobati luka bakar dan gatal-gatal akibat alergi ataupun terkena eksim. Air kelapa terutama yang masih muda dapat diminum langsung untuk mengatasi penyakit tersebut.
  • Dapat mengurangi nyeri haid pada wanita. Meminum air kelapa dicampur dengan gula aren dipercaya dapat mengurangi nyeri haid bagi wanita pada saat menstruasi.
  • Untuk menambah vitalitas tau meningkatkan gairah seksual pada pria yaitu dengan cara meminum air kelapa dicampur dengan madu.
air kelapa genjah entok

air kelapa genjah entok

6. Batok dan Sabut Kelapa

Bagian dari kelapa genjah entok yang tak kalah bermanfaat adalah batok kelapa genjah entok. Ada berbagai macam kegunaan yaitu diantaranya sebagai bahan kerajinan seperti ukiran, sendok nasi, gayung dan lain-lain. Batok kelapa genjah entok juga dapat digunakan sebagai filter rokok, penyerap gas-gas berbahaya dan dapat memurnikan CO2 hasil fermentasi. Ada juga yang menggunakan batok kelapa genjah entok untuk obat sakit gigi yaitu dengan cara membakar kulit kelapa kemudian arang nya digunakan dengan cara dimasukkan pada gigi yang sakit. Selain itu sabut kelapa genjah entok juga dapat digunakan sebagai pembersih alami untuk alat makan dan masak. Beberapa petani juga sering menggunakan sabut kelapa untuk pupuk organik dan juga media tanam tanaman organik.

Baca Juga :   Inilah 3 Tips Tepat Dalam Mengatasi Kerontokan Bunga dan Bakal Buah Pada Tanaman Buah Durian Agar Mampu Menghasilkan Buah Yang Lebat

Dengan segala manfaat dan khasiat dari pohon kelapa genjah entok ini, tak heran jika para petani perkebunan banyak yang memilih kelapa genjah entok sebagai peluang investasi. Hal ini tentunya berdampak pada permintaan bibit kelapa genjah entok dari hari ke hari makin meningkat. Bahkan ketersediaan bibit kelapa genjah entok ini terkadang kurang untuk memenuhi kebutuhan.

Demikianlah informasi tentang manfaat dari pohon kelapa genjah entok mulai dari akar, batang, daun, air hingga batok buah kelapanya ternyata dapat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasa kita tentang kelapa genjah entok. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 19 Manfaat Si Cebol, Kelapa Genjah Entok Sebagai Penangkal Racun, Sebagai Obat Pencernaan dan Sebagai Isotonik kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 19 Manfaat Si Cebol, Kelapa Genjah Entok Sebagai Penangkal Racun, Sebagai Obat Pencernaan dan Sebagai Isotonik | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: Inilah 19 Manfaat Si Cebol, Kelapa Genjah Entok Sebagai Penangkal Racun, Sebagai Obat Pencernaan dan Sebagai Isotonik

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 6%
Liquinox BLOOM (0-10-10)-500ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Liquinox BLOOM 500 mlRp 65.000 Rp 69.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 69.000
Stok: Tersedia
OFF 13%
Jual Tanaman Palem Merah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 195.000 Rp 225.000
Tersedia
Rp 195.000 Rp 225.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Jual Bibit Pucuk Merah 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 15.000 Rp 25.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 25.000
Stok: Tersedia
OFF 9%
Polybag Lubang 10x15cm – 1kg

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Polybag Lubang 10x15cmRp 25.000 Rp 27.500
Tersedia
Rp 25.000 Rp 27.500
Stok: Tersedia
SIDEBAR