Beranda » Blog » Terpopuler, 8 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal Agar Mampu Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun Tanpa Mengenal Musim
click image to preview activate zoom

Terpopuler, 8 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal Agar Mampu Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun Tanpa Mengenal Musim

Stok Tersedia
Kategori Blog
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Terpopuler, 8 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal Agar Mampu Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun Tanpa Mengenal Musim

8 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Kelengkeng New Kristal Agar Mampu Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun Tanpa Mengenal Musim

Melihat Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal di halaman rumah tumbuh dengan lebat, rindang, sungguh menjadi pemandangan yang menyenangkan apalagi menikmatinya pada musim panen tiba, anda bisa langsung memetik dan mencicipinya dari pohonnya dalam kondisi segar. Rasanya yang manis ketika masuk ke mulut, ditambah daging buahnya yang tebal, teksturnya yang renyah juicy. pasti nikmat rasanya. membuat anda tidak akan berhenti menikmatinya. Yups. Buah Kelengkeng New Kristal saat ini memang sedang manjadi primadona bagi para pecinta tanaman buah. Buah kelengkeng new kristal merupakan salah satu jenis kelengkeng unggulan yang sangat cocok untuk dibudidakn dalan skala besar maupun rumahan.

Keunggulan kelengkeng ini adalah produksi buahnya yang terbilang sangat lebat, bayangkan saja, Dalam 1 dompol buah kelengkeng bisa mencapai 1-2kg. manteb bukan?!. Buah yang dihasilkan juga termasuk kategori super dengan ukuran buah besar, daging buahnya tebal dan berbiji kecil. tentunya pasti super manis rasanya. Keunggulan lain dari kelengkeng new kristal ini adalah nilai jual buahnya yang tinggi. so pasti anda gak bakalan rugi jika membudidayakan kelengkeng new kristal ini.

Syarat Tumbuh Lengkeng New kristal

Tanaman Kelengkeng new kristal mampu tumbuh secara baik pada dataran rendah atau dataran tinggi dengan ketinggian lahan yang dianjurkan 400 -1.200 mdpl.  Tanaman Kelengkeng New Kristal ini sangat menyukai jenis tanah grumosol, laktosol, andosol dan tanah lempung berpasir, suhu lingkungan 20-33 derajat celcius. Kelembapan udara yang baik dengan rentang 50-90 % dengan curah hujan 1.100-1.500 mm/tahun.

Tanaman Kelengkeng New Kristal membutuhkan sinar matahari penuh. cahaya matahari langsung dilahan terbuka penting diberikan pada tanaman ini agar mengakibatkan pertumbuhan tanaman semakin cepat. juga merangsang dalam proses pembentukan bunga, dan menghasilkan buah yang cukup lebat. selain itu komponen cahaya matahari sangat baik dalam menunjang pertumbuhan tunas akar dan batang.

Keunggulan lain dari kelengkeng new kristal ini adalah masa panen buah yang dapat diatur, artinya anda bisa menentukan sendiri kapan pohon kelengkeng new kristal berbuah, dengan kata lain pohon kelengkeng new kristal dapat dipanen sepajang tahun tanpa mengenal musim. Adapun proses pembuahannya melalui pembosteran.

Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal

Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal

Bagaimana tertarik untuk mengoleksi Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal ini? penasaran bagaimana cara membudidayakannya? Tanpa panjang lebar yuk, simak penjelasan panduan tepat budidaya kelengkeng new kristal agar mampu tumbuh dengan baik dan berbuah sepanjang tahun :

Baca Juga :   Cara Budidaya Bibit Tanaman Jambu Biji Getas Merah

Berikut ini beberapa tahapan budidaya tanaman buah kelengkeng new kristal agar mampu tumbuh dengan optimal dan berbuah sepanjang tahun :

1. Tahap Pemilihan Bibit

Hal pertama dan utama yang harus kita cermati adalah pemilihan bibit kelengkeng new Kristal yang baik. Bibit Kelengkeng New Kristal yang baik Secara fisik memiliki tampilan fisik sebagai berikut : memiliki akar yang basah, batang yang kuat, serta daun yang segar. jangan terlalu banyak cabang, dan tidak terserang hama (ulat, jamur). Bibit Kelengkeng New Kristal bisa anda dapatkan di toko bibit kelengkeng yang terpercaya.

2. Tahap Pengolahan Media Tanam

Pengolahan lahan Tanaman buah Kelengkeng New Kristal meliputi pencangkulan secara manual pada area lahan baik diperkebunan atau pekaran rumah.

  • Langkah pertama adalah membuat lubang tanaman berbentuk persegi (bujur sangkar) pada lahan yang dipilih dengan ukuran panjang x lebar x tinggi berturut-turut 100cm x 100cm x 40 dengan jarak 2×2 meter sampai 7×7 meter (disesuaikan dengan kebutuhan lahan yang ada).
  • Selanjutnya bagian dalam lubang tanam yang telah digali tanahnya ditambahkan pupuk kandang dari kotoran hewan ternak sebanyak 20 kg untuk masing- masing lubang tanam, kemudian biarkan lubang tanam selama 2 minggu sebelum ditanami. Ini untuk memastikan pupuk kandang terserap sempurna dalam tanah, dan kondisi unsur hara tanah stabil setelah dilakukan penggalian.
  •  Kemudian Tanam Bibit Kelengkeng dengan melepas bibit kelengekeng dari wadah/ pot polybag, segera tanamlah langsung bibit kelengkeng tersebut pada lubang yang disediakan,
  •  kemudian padatkan tanah dengan menggunakan bekas galian disekitar bibit, namun terlebih dahulu tambahkan pupuk kandang sebagai campurannya.
  • Siram Tanaman buah Kelengkeng New Kristal dengan air bersih tiap pagi dan sore.
  • jangan lupa beri bibit tersebut penyangga (bisa dibuat dari pohon bambu yang dipotong) dan ditegakkan disekitar tanaman, selajutnya batang tanaman diikat pada tiang penyangga supaya tanaman tidak mudah roboh.
  • pastikan penanaman Bibit tanaman buah kelengkeng New kristal diarea yang memiliki ketercukupan cahaya matahari sepanjang hari supaya proses fotosintesis Tanaman buah Kelengkeng New Kristal berjalan optimal serta mampu merangsang pertumbuhan dan perkembangan tanaman ke arah yang jauh lebih baik.
Baca Juga :   Cara Budidaya Bibit Tanaman Buah Durian MusangKing

3. Tahap Penyiangan

Tahapan penyiraman ini bertujuan untuk memastikan bahwa tanaman kelengkeng new kristal terbebas dari adanya aktivitas pertumbuhan rumput liar yang terlalau banyak (gulma Parasit). Apabila ada gulma di area tanaman kelengkeng maka sebaiknya segera di koret atau dicabut samapai pada akarnya supaya tidak tumbuh lagi
jika gulma yang tumbuh disekitar tanaman sangat banyak tentunya akan terjadi perebutan nutrisi (unsur hara) didalam tanah. akibatnya pertumbuhan kelengkeng semakin terhambat. dan ujung-ujungnya perlahan organ tanaman misalnya batang akan kurus, daun akan megalami nekrosis (ditandai dengan daun berwarna kuning pucat, daun mudah rontok, kemudian lama-kelamaan akan mati.

4. Tahap Pengemburan Lahan

Tahap penggemburan lahan dilakukan dengan cara mengcangkul perlahan dan tidak terlalu dalam di area tanah penanaman supaya tanah yang sudah padat kembali gembur agar ketika terjadi hujan atau waktu disiram, air akan mudah meresap ke dalam akar tnaman, sehingga mempengaruhi proses pembentukan bunga, daun, batang, serta buah kelengkeng. penggemburan tanah dilakukan pada usia 2,5 – 4 bulan, terhitung sejak usia tanam awal.

5. Tahap Pemangkasan atau Perempelan

Tahap Pemangkasan /perempelan bertujuan untuk membentuk kanopi serta meningkatkan produktivitas Tanaman buah Kelengkeng New Kristal agar cepat berbuah lebat dan menguntungkan. Proses Pemangkasan dilakukan saat usia tanaman menginjak umur sekitar 3-4 bulan dengan cara mengambil 4-6 tunas saja, selebihnya dapat dipangkas. 4-6 tunas yang sudah dipilih kemudian dipelihara sampai umur tnaman mencapai usia 1 tahun. apabila usia 1 tahun terdapat tunas-tunas baru di area ketiak batangnya, maka dapat dipotong dengan meninggalkan 3-4 tunas saja. pemangkasan selanjutnya dilakukan tiap 1 tahun sekali dan caranya sama seperti pemangkasan kedua.

Buah Kelengkeng new kristal

Buah Kelengkeng new kristal

6. Tahap Pemupukan

Pemupukan lengkeng new kristal penting dilakukan tiap 2 bulan sekali selama 1 tahun pertama dan tahun-tahun berikutnya supaya tanaman tetap terpelihara secara baik, dan pada akhirnya proses pembuahan kelengkeng semakin dinikmati dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pemupukan lengkeng new kristal dilakukan dengan menambahkan pupuk organik (pupuk kandang / kompos) ke bagian tanaman dengan cara disebarkan di area pusat tumbuh tanaman (1 tanaman = 2,5 pupuk kandang). sementara itu, lakukan juga pemupukan anorganik susulan secara berseling dengan pupuk dengan pupuk kandang tiap 2 bulan sekali, yakni dengan mengguakan pupuk Urea, KCI, TSP.

Baca Juga :   Cara Sederhana Rekomendasi Para Pecinta Tabulampot Untuk Membuat Tanaman Buah Agar Cepat Berbunga Lebat dan Cepat Berbuah Dengan Stress Air

Cara pemberian pupuk anorganik yaitu dengan terlebih dahulu membuat lubang larikan secara melingkar di area pusat tanaman, lalu masukan pupuk anorganik ke dalam lubang larikan, kemudian larikan ditutup dengan tanah hasil galian larikan. utamakan keselamatan tanaman saat pemberian ppuk anorganik yakni jangan terlalu dekat dengan akar tanaman (minimal jarak 30 – 35 cm) agar akar tanaman tidak mudah rusak /mati.

Pemberian kedua jenis pupuk ini jika dilaksanakan secara teratur dan terjadwal akan semakin memperbagus produktivitas hasil pertanian, termasuk membuat tanaman kelengkeng cepat berbuah lebat dan menguntungkan bagi petani.

7. Tahap Pembosteran

Pembuahan pohon kelengkeng New kristal dapat dilakukan ketika pohon siap berbuah yaitu pada usia 2-3 tahun. Tahapan pembosteran ini dimaksudkan agar pohon kelengkeng mampu menghasilkan bunga yang nanti pada akhirnya berubah menjadi buah.

Adapun yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

– Pilih pohon kelengkeng yang pertumbuhannya cukup baik dan terkena sinar matahari langsung
– Pilih pohon kelengkeng new kristal yang pucuk daunnya sudah tua (bukan sedang keluar daun muda)
– Siapkan peralatan yang diperlukan seperti : Bor, cangkul, ember dan suntikan
– Sipakan nutrisi khusus untuk kelengkeng
– Pembuahan dilakukan dengan melalui infus /suntik pada batang atau akar tanaman kelengkeng new kristal.

8. Tahap Panen

Setelah melakukan penyuntikan hormon, tunggu selama kurang lebih 35 hari, maka pohon kelengkeng akan mengeluarkan bunga, setelah kelengkeng mengeluarkan bunga maka anda harus memberikan pupuk, gunakan pupuk NPK atau pupuk kandang. Pada masa pemanenan awal, biasanya hasil kelengkeng tidak terlalu banyak , kisaran 20 – 50 buah pertanaman, namun menginjak pada panen berikutnya akan terus bertmbah bahkan menjadi dua kali lipat dan seterusnya. Adapun cara memanen kelengkeng new kristal dapat dilakukan dengan memotong tangkainya, jangan hanya memetik buahnya. Cara ini dipercaya dapat mempertahankan kelengkeng agar tetap berbuah banyak di musim selanjutnya.

Demikianlah informasi tentang budidaya tanaman kelengkeng new kristal. Agar lengkeng new kristal tumbuh dengan subur dan cepat berbuah memang diperlukan beberapa perawatan secara optimal seperti : tahap pemilihan bibit, tahap pengolahan tanah, tahap penanaman, tahap perawatan, tahapa pemupukan, tahap pembuahan dan tahap panen. semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua dan diharapkan anda dapat mencobanya sendiri dirumah. Terima kasih.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Terpopuler, 8 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal Agar Mampu Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun Tanpa Mengenal Musim

Berat 0.5 gram
Kondisi Baru
Dilihat 23.129 kali
Diskusi 7 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Order Via WhatsApp?
Klik untuk chat dengan customer support kami

maryati
● online
maryati
● online
Halo, perkenalkan saya maryati
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja