Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Ramuan Rahasia Untuk Membuat Pohon Kurma Cepat Berbuah Dari Air Kencing Kelinci

Ramuan Rahasia Untuk Membuat Pohon Kurma Cepat Berbuah Dari Air Kencing Kelinci

Diposting pada 29 December 2017 oleh Ali Arwani | Dilihat: 2.923 kali

Ramuan Rahasia Untuk Membuat Pohon Kurma Cepat Berbuah Dari Air Kencing Kelinci

Pernahkah Anda mendengar manfaat air kencing kelinci untuk pertanian? Selama ini kita mengenal kelinci sebagai binatang peliharaan yang lucu atau di beberapa tempat kelinci dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Ya, daging kelinci ternyata enak untuk disantap karena rasa dan teksturnya yang mirip dengan daging ayam. Tapi tahukan Anda kalau tak hanya dagingnya yang bermanfaat? Ternyata air kencing kelinci pun dapat dimanfaatkan terutama untuk menyuburkan tanaman. Belakangan ini banyak orang yang mulai mengolah air kencing kelinci sebagai pestisida atau pupuk organik untuk menyuburkan tanaman.

Mengapa air kencing kelinci dapat digunakan sebagai pestisida organik yang dapat membantu menyuburkan tanah? Ternyata kebiasaan kelinci yang gemar menyantap sayuran hijau tanpa minum air menyebabkan air kencing atau urine kelinci mempunyai kadar nitrogen yang sangat tinggi sehingga cairan ini mampu menyuplai nitrogen yang cukup tinggi untuk tanaman.

Air kencing Kelinci

Air kencing Kelinci

Kandungan Air Kencing kelinci

Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli pertanian, ditemukan bahwa air kencing kelinci memiliki kandungan unsur N, P, dan K yang lebih tinggi (2.72%, 1.1%, dan 0,5%) dibandingkan dengan kotoran dan urine ternak lainnya seperti kuda, kerbau, sapi, domba, babi dan ayam. Maka jika air kencing kelinci ini dijadikan sebagai pupuk, maka pupuk ini akan memiliki kandungan 2,20% Nitrogen, 87% Fosfor , 2,30% Potassium, 36 Sulfur%, 1,26% Kalsium, 40% Magnesium.

Unsur hara Kelinci

Unsur hara Kelinci (Foto:kurmakuljar.wordpress.com)

Manfaat Air Kencing Kelinci untuk Tanaman Kurma

Seperti yang telah diketahui olah umum , peran nitrogen (N) yang biasanya di peroleh dari pupuk kimi seperti UREA , dll sangat penting untuk membantu proses fotosintesis. Selain itu unsur Nitrogen sangat dibutuhkan oleh berbagai jenis tanaman sebagai sarana pembentukan vegetatif tanaman seperti : akar , batang , daun dan juga untuk proses membentuk klorofil daun ( zat hijau yang dimiliki semua daun ). Oleh karena alasan tersebut , Air kencing kelinci adalah berkah dari tuhan yang perlu di ketahui oleh petani sebagai pupuk alami dari hewan ternak terbaik. Selain itu air kencing kelinci juga dapat berfungsi sebagai zat perangsang pertumbuhan akar tanaman dan perangsang bunga dan buah pada bibit tanaman kurma. Pupuk organik air kencing kelinci juga berfungsi sebagai pestisida yang bisa membuka daun yang keriting akibat serangan hama thrip, ulat, belalang, bahkan tikus. Air kencing kelinci sudah pernah di uji coba untuk kurma medjoll bibit dari biji dan bibit yang sudah besar dan berhasil berbuah. Selain itu penggunaan pupuk organik akan bermanfaat untuk lahan dalam jangka panjang.

Pupuk Organik Urine Kelinci

Pupuk Urine Kelinci (foto: Ilmuhewan.com)

Cara Membuat Pupuk Organik dari Air Kencing Kelinci

Menurut petani yang sudah menggunakan air kencing kelinci sebagai pupuk organik, mengumpulkan air kencing dan kotoran kelinci tidaklah sulit. Cukup dengan meletakkan wadah di bawah kandang, tetes demi tetes air kencing kelinci dikumpulkan. Misalnya dari 10 ekor kelinci, rata-rata air kencing yang dihasilkan sekitar 2 liter perhari. Air kencing ini bisa diaplikasikan langsung ke tanaman ataupun dicampur dengan kotorannya untuk dibuat pupuk cair kelinci. Kotoran kelinci juga bisa diolah terpisah dan digunakan sebagai bahan pembuatan kompos yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Atau jika ingin menggunakan air kencing kelinci secara langsung, cara pembuatan nya cukup mudah dan sederhana. Air kencing kelinci yang sudah dikumpulkan lalu dipindahkan ke dalam jerigen. Sebelum digunakan, terlebih dahulu air kencing kelinci dicampur air. Takaran yang digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :   Inilah 3 Tips Mudah Membuahkan Nangkadak Agar Mampu Berbuah Dengan Lebat Dan Berdaging Tebal

Berikut ini adalah cara membuat pupuk organik dari air kencing kelinci untuk skala rumah:

A. Bahan

  • 1 liter urine kelinci
  • 10 cc atau 1 sendok makan EM4
  • 10 cc molases/tetes tebu. Bisa diganti dengan seperempat batang gula merah yang dicairkan.
  • Tanaman alam seperti kunyit, lengkuas,tebu ireng, kencur, jahe, brotowali, kecubung, umbi gandum dan daun pucung masing-masig berat 1,5 kg.
  • Tambahkan juga buah-buahan yang sudah membusuk seperti pepaya, nanas,pisang klutuk, tomat, kulit melinjo merah.
  • Air rebusan kedelai lebih kurang 5 literdan air kelapa lebih kurang 5 liter dan air secukupnya.

B. Cara buat

  • Taruh urine kelinci didalam jerigen kapasitas 5 liter, campurkan dengan EM4 dan molases/tetes tebu/gula merah
  • Kocok jerigen selama 2–3 menit sehingga campuran homogen
  • Diamkan di ruang teduh selama 7–8 hari hingga selesai fermentasi. Sesekali buka jerigen untuk membuang gas yang ada. Fermentasi berhasil apabila setelah 7–8 hari, saat tutup jerigen dibuka, tidak berbau lagi.
  • Pemakaian 1 liter air dicampurkan dengan 10 cc larutan urine kelinci.

 

pohon Buah Kurma

pohon Buah Kurma

Pohon Kurma unggul

Pohon Kurma unggul

Untuk 10 liter air diperlukan 0.5 liter air kencing kelinci. Selanjutnya proses penyemprotan dilakukan mulai dari satu tanaman ke tanaman lain dengan merata, terutama daun bagian bawah karena disana terletak stomata yang akan menyerap pupuk secara langsung. Sebaiknya, setelah disemprot tidak terkena hujan agar pupuk langsung diserap tanaman.

Demikianlah manfaat air kencing kelinci untuk tanaman kurma dan cara membuat pupuk organik dari air kencing kelinci. didalam artike tersebut kita telah membahas secara mendalam kandungan air kencing kelinci, manfaat air kelinci, dan cara membuat pupuk organik dari air kencing kelinci. Semoga artikel tersebut dapat menambah wawasan kita tentang pupuk organi dan diharapkan anda dapat mebuatnya sendiri dirumah. Semoga Indonesia bisa menjadi salah satu penghasil kurma didunia. Terima kasih.

Baca Juga :   9 Tips Mudah Mengatasi Hama Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Buah Jambu Biji

 

Daftar Pustaka pupuk organik air kencing kelinci

– online : kurmakuljar.wordpress.com

 

Bagikan informasi tentang Ramuan Rahasia Untuk Membuat Pohon Kurma Cepat Berbuah Dari Air Kencing Kelinci kepada teman atau kerabat Anda.

Ramuan Rahasia Untuk Membuat Pohon Kurma Cepat Berbuah Dari Air Kencing Kelinci | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: Ramuan Rahasia Untuk Membuat Pohon Kurma Cepat Berbuah Dari Air Kencing Kelinci

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 43%
Jual Bibit Mangga Kualitas Unggul

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 115.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 115.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Bibit Duku Palembang 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Duku PalembangRp 75.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
Paling Laris
OFF 26%
Bibit Kelengkeng New Kristal 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Kelengkeng New KristalRp 85.000 Rp 115.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 115.000
Stok: Tersedia
OFF 14%
Liquinox BLOOM (0-10-10)-100ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Liquinox BLOOM 100 mlRp 18.000 Rp 21.000
Tersedia
Rp 18.000 Rp 21.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR