Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Rahasia Sukses Pemupukan Tanaman Lengkeng New Kristal Agar Cepat Berbuah dan Berbuah Lebat

Rahasia Sukses Pemupukan Tanaman Lengkeng New Kristal Agar Cepat Berbuah dan Berbuah Lebat

Diposting pada 17 May 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 13.702 kali

Rahasia Sukses Pemupukan Tanaman Lengkeng New Kristal Agar Cepat Berbuah dan Berbuah Lebat

Membudidayakan Lengkeng New Kristal agar cepat berbuah dan berbuah lebat tentu tak semudah yang kita bayangkan. Pemeliharaan yang baik adalah hal mutlak yang harus kita lakukan agar tanaman lengkeng new kristal cepat berbuah. Hal utama yang harus kita lakukan adalah memastikan tanaman yang kita budidayakan selalu dalam keadaan sehat. Sangat mustahil apabila tanaman yang tidak sehat dapat menghasilkan buah dengan kualitas unggul.

Ketika hendak membudidayakan tanaman lengkeng, terlebih dahulu kita harus mengetahui jenis tanaman buah kelengkeng yang kita tanam. Diluar sana terdapat berbagai jenis lengkeng unggulan sebut saja lengkeng merah, lengkeng itoh, lengkeng new kristal, lengkeng pingpong, lengknge puangray, dan lengkeng matalada. dan diantra beberapa jenis lengkeng tersebut ada jenis lengkeng yang hanya dapat tumbuh maksimal pada daerah tertentu. Sementara itu, Tanaman lengkeng new kristal atau lengkeng kateki ini adalah salah satu jenis lengkeng unggulan yang dapat tumbuh maksimal didaerah dataran tinggi dan dataran rendah. Pada dasarnya lengkeng new kristal ini merupakan jenis lengkeng dataran tinggi. Nah, jika kita menanam lengkeng new kristal di daerah dataran rendah tentu saja tanaman kecepatan tanaman berbuah dan hasilnya tidak sebagus apabila ditanam didaerah dataran tinggi. Tetapi jangan khawatir, sekarang ini banyak sekali cara yang bisa kita lakukan agar tanaman lengkeng new kristal yang kita tanam baik didataran tinggi maupun rendah mempunyai kecepatan berbuah dan hasil buah yang sama. Bagaimana caranya? Yaitu dengan melakukan beberapa pemeliharaan terhadap tanaman lengkeng new kristal yang sedang kita budidayakan.

Pemupukan Lengkeng New Kristal

Pemupukan Lengkeng New Kristal

Jika anda hendak membudidayakan lengkeng new kristal atau lengkeng kateki ini di dataran rendah. Ada beberapa langkah pemeliharaan yang wajib dilakukan pada tanaman lengkeng new kristal. adapun lengkah pemeliharaan tersebut meliputi penyiraman, pemupukan, pemangkasan, penjarangan buah, dll. Akan Tetapi, ada hal utama yang wajib kita lakukan pada tanaman lengkeng new kristal pada dataran rendah adalah tahap pemupukan. Pemupukan meliputi pemupukan dasar, pemupukan pertumbuhan dan pemupukan untuk merangsang pertumbuhan buah (booster).

Baca Juga :   Inilah 10 Sifat Unggul Lengkeng Kateki Yang Harus Anda Ketahui, Yang Membuatnya Manjadi Primadona Baru Pecinta Tanaman Buah

Jenis Pupuk Untuk Lengkeng New Kristal

Jenis Pupuk yang bisa kita aplikasikan pada tanaman lengkeng new kristal atau lengkeng kateki cukup beragam tergantung dari tujuan pemberian pupuk. Pada dasarnya ada dua tujuan utama pemberian pupuk yaitu memenuhi kebutuhan tanaman untuk tumbuh dan mempercepat proses pembuahan dan meningkatkan kualitas hasil buah. Nah, biasanya petani sudah menyiapkan beberapa jenis pupuk sesuai dengan tujuannya. Tentu saja pemberian pupuk harus dilakukan dengan dosis yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Hal ini bertujuan agar tanaman lengkeng new kristal dapat tumbuh dengan baik.

Berikut adalah jenis-jenis pupuk yang dapat anda berikan pada tanaman lengkeng new kristal agar mampu berbuah dengan lebat :

1. Pupuk Kandang / Pupuk Kompos

Pupuk kandang atau pupuk kompos adalah salah satu jenis pupuk yang biasa digunakan pada tanaman lengkeng pada umumnya. Pupuk kandang adalah jenis pupuk organik yang berfungsi untuk memberi nutrisi yang dibutuhan oleh tanaman lengkeng new kristal agar tanaman dapat tumbuh besar dan baik. Pupuk kandang mengandung banyak sekali unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman untuk mengembangkan jaringan tanaman agar tumbuh maksimal. Pupuk kandang atau kompos ini dapat diperoleh dengan cara membeli langsung ditoko-toko pupuk terdekat atau anda bisa membuat sendiri pupuk kandang dari sisa-sisa kotoran hewan peliharaan anda. Semua kotoran hewan bisa dijadikan sebagai pupuk kandang, tetapi kotoran hewan yang paling baik adalah kambing dan domba, karena kotoran kedua hewan ini mengandung fosfor yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh.

Adapun penggunaan Pupuk kandang ini biasanya diberikan langsung setelah bibit tanaman lengkeng new kristal ditanam secara berkala sebanyak 3 kali dalam setahun. Cara mengaplikasikan pupuk adalah dengan menggali sekeliling tanaman sebelum menaburkan pupuk.

Baca Juga :   12 Jenis Tanaman Buah Rambutan Unggulan Terbaik dan Paling Cocok Dibudidayakan di Iklim Indonesia

2. Pupuk NPK

Pupuk NPK adalah jenis pupuk buatan atau anorganik yang mengandung unsur hara utama yang terdiri dari Nitrogen (N), Fosfor (P), dan Kalium (K). semua unsur hara tersebut merupakan unsur yang sangat dibutuhkan oleh tanaman lengkeng new kristal dalam pertumbuhan mapun proses pembuahan. Penggunaan pupuk NPK pada tanaman lengkeng new kristal ini diberikan secara berkala dengan dosis yang seimbang.

Adapun Penggunaan pupuk NPK pada tanaman lengkeng new kristal disesuaikan dengan dosis dan umur tanaman lengkeng misalkan pada masa pertumbuhan, pupuk NPK yang digunakan adalah pupuk NPK dengan kandunguan Nitrogen (N) yang lebih tinggi, ketika tanaman lengkeng new kristal sudah tumbuh bunga. pilihlah pupuk NPK dengan kadungan Fosfor (P) yang lebih tinggi. dan untuk meningkatkan masa buah lengkeng, pilihlah pupuk NPK dengan kadungan Kalium (K) yang lebih tinggi.

3. Pupuk Perangsang Pembuahan (Booster)

Selain pupuk kandang dan pupuk NPK, anda juga dapat memberikan pupuk tambahan berupa pupuk perangsang buah atau booster. Sebenarnya pupuk perangsang buah berbentuk obat perangsang pembuahan. Cara mengaplikasikannya sebenarnya hampir sama dengan pemberian pupuk. Pemberian pupuk perangsang pembuahan sangat disarankan untuk tanaman lengkeng new kristal dan lengkeng itoh karena jenis tanaman ini hanya akan berbuah apabila diberi obat perangsang pembuahan (booster).

Pemberian booster melalui akar adalah cara yang paling lazim digunakan, tetapi anda juga dapat memberikan booster melalui batang pohon atau melalui daun. Dosis pemberian pupuk harus sesuai dengan label yang tertera agar dapat berfungsi dengan baik pada tanaman. Hindari pemberian pupuk perangsang pembuahan ini pada musim hujan karena pupuk akan hilang tersapu air hujan. Jika anda terpaksa memberikan pupuk pada musim hujan, usahakan agar diberikan minimal 4 jam sebelum hujan turun dan tutupi tanah sekitar akar tanaman agar obat tetap terjaga dosisnya.

Baca Juga :   7 Keungulan Tanaman Buah kelengkeng Itoh Yang Wajib Anda Ketahui, Ternyata Memiliki Rasa Yang Super Manis

Demikianlah informasi tentang rahasia sukses pemupukan pada tanaman lengkeng new kristal agar mampu cepat berbuah dan berbuah dengan lebat. Untuk membuahkan lengkeng new kristal terdapat 3 jenis pupuk yang lazimnya digunakan mulai dari pupuk kandang, Pupuk NPK dan pupuk pembuahan. penggunaan ketiga pupuk tersebut dapat diberikan yang disesuaikan dengan dosis dan umur tanaman lengkeng. semoga artikel tersebut dapat menambah wawasan kita tentang budidaya lengkeng new kristal.

Jika anda ingin mengetahui bagaimana tata cara dalam membuahkan lengkeng new kristal. anda dapat melihat pada artikel berikutnya tentang Rahasia sukses membuahkan Lengkeng New kristal. dalamnya kita membahas tentang faktor penunjang pembuahan, tata cara pembuahan, faktor kegagalan dalam pembuahan lengkeng new kristal. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Rahasia Sukses Pemupukan Tanaman Lengkeng New Kristal Agar Cepat Berbuah dan Berbuah Lebat kepada teman atau kerabat Anda.

Rahasia Sukses Pemupukan Tanaman Lengkeng New Kristal Agar Cepat Berbuah dan Berbuah Lebat | JualBenihMurah.com

17 komentar untuk Rahasia Sukses Pemupukan Tanaman Lengkeng New Kristal Agar Cepat Berbuah dan Berbuah Lebat

  • Cabdra says:

    Kalau takaran untuk kelengkeng umur 1 tahun.itu berapa takaran npk untuk 1 pohon

    • Ali Arwani says:

      Dosis pupuk NPK untuk tanaman kelengkeng new kristal berumur 1- 3 tahun kurang lebih 25 gram/tanaman atau sebanyak 1 – 2 sdm, dengan interval aplikasi setiap 2 minggu sekali.

      Alur pemberian pupuk dibuat melingkar pada jarak 15 cm dari pangkal batang dan kedalaman 7-10 cm. semoga bermanfaat dan terima kasih.

  • Adi says:

    Untuk awal pemupukannya berapa hari setelah tanam ya min ??

  • yulaika says:

    Bibit Kelengkeng merah yg saya beli rontok sisa 2 helai daun sampai sekarang sudah 3,5 bulan baru tumbuh tunas. Menurut saya lambat pertumbuhannya, terus saya harus kasih pupuk apa. Trimakasih

    • Ali Arwani says:

      untuk memacu pertumbuhan pada bibit tanaman lengkeng merah dapat menggunakan pupuk kandang yang ditaruk pada media tanam. Selain itu, dapat juga disemprotkan pupuk organik cair (POC) yang dosis tertentu.
      Sedangkan untuk pupuk kimia yang bisa digunakan untuk membantu pertumbuhan pada tanaman kelengkeng merah adalah pupuk growmore daun. untuk dosis dan cara pemakaian bisa dilihat pada kemasan. terima kasih

  • Tony says:

    Pupuk untuk perangsang buah pada kelelengkeng new kristal biasanya di anjurkan m^rek apa ya

    • Ali Arwani says:

      salah satu ZPT perangsang buah untuk tanaman kelengkeng dapat menggunakan Pupuk Amazing Grow Booster Lengkeng. Semoga bermanfaat.

      • Tajudin nasihin says:

        Saya mempuk klengkeng diamond dwngan golstar jam 5 sore terus jam 6 hujan, apa besuknya perlu pemupukan lagi..trim’s atas jwbnya

        • Ali Arwani says:

          jika hujan yang turun lebat, sebaiknya proses pemupukan diulangi lagi. karena dikhawatirkan pupuk goldstar yang diberikan terbawa oleh air hujan. terima kasih

  • Kiki Hardianto says:

    Kelengkeng saya baru berumur kurang lebih 1thn tapi blm berbuah gimana cara nya supaya cepat berbuah

  • Hendro says:

    Nupang tannya ni tanaman kelengkeng saya baru berbungan/tahap pembuahan jadi berapa dosisi pupuk npk mutiara yang harus saya berikan dan berapa kali pemupukan dalam 1 bulan

  • Tenk one says:

    Numpang tanya …kelengkeng saya buahn isinya lembek gak mau keras… pupuk apa yang cocok biar isinya bisa bagus

    • Ali Arwani says:

      untuk memperberat massa buah kelengkeng dapat diberi pupuk NPK dengan kandungan P dan K yang lebih tinggi. Selain itu, untuk mempermanis bisa diberi air dari buangan ikan lele. semoga bermanfaat

  • SUPRAPTO says:

    mohon petunjuk pemupukan dan jenis pupuk yang digunakan

    • Ali Arwani says:

      Selamat sore.
      Tahap pemupukan pada tanaman lengkeng new kristal biasanya mengkombinasikan antara pupuk kandang dengan pupuk anorganik. Hal ini bertujuan untuk menjaga asupan nutrisi pada tanaman kelengkeng.
      Adapun aplikasi pemupukan antara lain :
      – pupuk kandang : diberikan secara berkala sebanyak 3 kali dalam setahun.
      – Pupuk anorganik disesuaikan dengan dosis dan umur tanaman lengkeng new kristal yakni tahap pertumbuhan dan pembuahan
      – Pupuk boster : diberikan pada saat tanaman kelengkeng new kristal siap untuk dibuahkan. pupuk ini bertujuan untuk memacu keluarnya bunga pada tanaman kelengkeng new kristal.

      semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

      untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami 085707858020
      terima kasih.

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Cara Budidaya Bibit Tanaman Buah Durian MusangKing

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Durian Musangking Kaki Tiga*Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
OFF 26%
Bibit BlackBerry 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tanaman BlackberryRp 85.000 Rp 115.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 115.000
Stok: Tersedia
OFF 36%
Benih Paria Lipa F1 (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 12.500 Rp 19.500
Tersedia
Rp 12.500 Rp 19.500
Stok: Tersedia
OFF 17%
Benih Buah Kiwi (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah kiwi Maica LeafRp 15.000 Rp 18.000
Habis
Rp 15.000 Rp 18.000
Stok: Habis
SIDEBAR