Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenang Kembali, Sejarah Tentang Asal Mula Masuknya Tanaman Buah Kurma Di Negara Indonesia

Mengenang Kembali, Sejarah Tentang Asal Mula Masuknya Tanaman Buah Kurma Di Negara Indonesia

Diposting pada 23 April 2017 oleh Ali Arwani | Dilihat: 998 kali

Mengenang Kembali, Sejarah Tentang Asal Mula Masuknya Tanaman Buah Kurma Di Negara Indonesia

JualBenihMurah.com – Buah kurma merupakan salah satu buah yang sudah tidak asing lagi bagi kita masyarakat Indonesia, terutama ketika bulan Ramadhan tiba, maka kurma menjadi santapan favorit ketika berbuka puasa. rasanya yang manis legit menjadi ciri khas tersendiri dari buah yang satu ini.

Bagi kaum Muslim, buah kurma memiliki kedudukan yang sangat istimewa, hal ini dikarenakan buah kurma merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam Al-quran bersama buah Tin, buah Zaitun, buah Anggur dan buah Pisang. Selain itu, buah kurma merupakan buah kegemaran Nabi Muhamad serta Nabi-nabi sebelumnya.

Taukah anda, sejak kapan buah kurma ini masuk ke Indonesia?. Sampai sekarang, para ilmuan pertanian di Indonesia masih terdapat beberapa pendapat mengenai sejarah atau asal muasal pohon kurma datang di Indonesia dan menjadi tanaman komersil bernilai jual sangat mahal terutama pada buahnya.

Pohon Buah Kurma

Pohon Buah Kurma

 

Pada awalnya, pohon kurma disebarluaskan ke Indonesia oleh pedagang besar dari Mesir dimana manfaat pohon kurma telah terkenal sejak jaman dahulu kala sebagai tanaman dengan buah multifungsi untuk kesehatan dan kecantikan tubuh seorang wanita.

Akan Tetapi, sejarah mengenai pohon kurma yang mampu berbuah di Indonesia dimulai tahun 2004 tepatnya di Surabaya, dikota pahlawan tersebut terdapat sebuah pohon kurma yang mampu tumbuh dengan kokoh di kebun belakang Pondok Pesantren Darussalam, Jalan Nginden II/7 Surabaya.

Sepintas, tak ada yang berbeda dari pohon yang merupakan ciri khas Timur Tengah tersebut. Namun bedanya, di pohon setinggi sekitar 3,5 meter itu muncul buah-buah warna hijau yang jumlahnya ratusan.

Baca Juga :   7 Jenis Buah Durian Unggulan Paling Populer Dan Cocok Untuk ditanam Di Indonesia

Ternyata, di pohon yang tumbuhnya tidak disengaja tersebut tumbuh buah kurma. Sebuah pemandangan yang hampir tidak lazim terjadi di Indonesia, mengingat pohon kurma tidak bisa berbuah di negeri ini.

“Kami juga terkejut saat melihat ada buah di pohon kurma. Padahal biasanya pohon kurma tidak bisa tumbuh buah dan hanya besar pohonnya saja. Ini sebuah anugerah Allah SWT,” ujar Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darussalam, H. Mahsun Hadji, saat ditemui di kebunnya, Rabu.

Dijelaskan Mahsun, pohon kurma itu masih berusia tujuh tahun. Tumbuhnya pun tidak disengaja. Pohon itu tumbuh dari biji-biji yang dibuang pengasuh pondok pesantren setelah dimakannya.

Pohon Kurma di Surabaya

Pohon Kurma di Surabaya

“Kami meyakini kalau yang membuang biji di kebun itu KH Mas Abdul Muhith, pendiri sekaligus pemilik pondok pesantren. Biasa kan habis makan kurma, terus bijinya di buang di pekarangan belakang,” tutur dia.
Nah pada tahun 2011 Juga Pak Agus Jamil mulai mempopulerkan bahwa tanaman buah kurma mampu tumbuh dan berbuah dengan baik di Indonesi, beliau telah keliling diseluruh negara yang ditumbuhi kurma. Belia menemukan fakta bahwa kurma bisa berbuah dari suhu -5 C sampai 50 C dan dari ketinggian mulai 400 m sampai 1500 m dpl.

Kemudian pada tahun 2012, Bapak Muhaimin Iqbal yang selaku owner “Jonggol Farm” mulai mendatangkan bibit kurma kultur jaringan dan dibudidayakan di Jonggol Farm, karena melihat fakta kebun-kebun kurma di Thailand yang awalnya dari biji kemudian digantikan dengan bibit kultur jaringan yang lebih genjah, sudah pasti pohon betina dan produktifitasnya lebih tinggi, serta tingkat keberhasilanya sangat tinggi sehingga kemudian lahirlah istilah KURMA TROPIS.

Kurma Tropis KL-1 by trubus

Kurma Tropis KL-1 by trubus

Sejak tahun 2012 Tanaman buah KURMA TROPIS menjadi buah bibir di Indonesia dan puncaknya di 2014 dengan liputan Majalah pertanian Trubus tentang kebun kurma Tropis di Thailand, menjadi viral apalagi di era media sosial maka munculah group-group penggemar dan petani kurma seperti IDPA, Kurma Nusantara, Kurma Mania, Asosiasi Petani Kurma dan mulai mendatangkan dan mengebunkan kurma skala orchard.

Budidaya Pohon Kurma

Budidaya Pohon Kurma

Sejak saat itulah, Perkebunan tanaman kurma dalam skala Orchard pun mulai digalakan di Indonesia yang pertama di Jonggol Farm, Kemudian Igrow di pandeglang seluas 5 hektar dengan 700 pohon kurma kultur jaringan, ada juga di Bangka Botanical garden di eks Tambang Timah, kemudian Haji Ruslan di pasuruan 4 hektar dengan konsep Agrowisatanya, di Kuansing Riau seluas 40 hektar, Aceh dan Jambi di Tanjung Jabung Timur.

Baca Juga :   6 Cara Menanam Sawi Dalam Polybag Untuk Menghasilkan Sayuran Yang Berkualitas Unggul

Sekarang ini, Demam kurma sudah melanda bangsa Indonesia, pohon yang penuh berkah ini akan menghiasi kekayaan hortikultura Indonesia dan digadang-gadang akan menjadi komoditi buah yang sangat menjanjikan. Baca Juga : Keunggulan Buah Kurma sebagai Tanaman Pangan Terbaik Sepanjang Masa

 


kata terkait,
Sejarah Kurma Tropis, Asal usul Kurma, manfaat buah kurma, Kurma Tropis Jual Kurma Tropis, harga bibit Kurma Tropis, asal usuk kurma datang ke Indonesia, bibit Kurma Tropis, Jual Benih Murah, asal usul Kurma Tropis, budidaya kurma tropis,

Bagikan informasi tentang Mengenang Kembali, Sejarah Tentang Asal Mula Masuknya Tanaman Buah Kurma Di Negara Indonesia kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenang Kembali, Sejarah Tentang Asal Mula Masuknya Tanaman Buah Kurma Di Negara Indonesia | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: Mengenang Kembali, Sejarah Tentang Asal Mula Masuknya Tanaman Buah Kurma Di Negara Indonesia

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 7%
Root Up – 100 ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Root Up - 100 mlRp 32.500 Rp 35.000
Tersedia
Rp 32.500 Rp 35.000
Stok: Tersedia
OFF 30%
Jual Bibit Durian Masmuar 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 215.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 22%
Bibit Jeruk Purut Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk Purut BerbuahRp 145.000 Rp 185.000
Tersedia
Rp 145.000 Rp 185.000
Stok: Tersedia
OFF 17%
Benih Cabe Black Royal (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

benih-cabe-black-royal-pepperRp 15.000 Rp 18.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 18.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR