Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal SI Kelapa Pandan Wangi, Tanaman Kelapa Genjah digemari karena cita rasanya yang manis dan Memiliki Aroma Khas Layaknya Pandan

Mengenal SI Kelapa Pandan Wangi, Tanaman Kelapa Genjah digemari karena cita rasanya yang manis dan Memiliki Aroma Khas Layaknya Pandan

Diposting pada 17 December 2017 oleh Ali Arwani | Dilihat: 3.243 kali

Kelapa Pandan Wangi, Tanaman Kelapa Genjah digemari karena cita rasanya yang manis dan Memiliki Aroma Khas Layaknya Pandan

Banyak orang yang bertanya-tanya bahkan terheran – heran, ketika menikmati air kelapa yang satu ini. Rasanya yang manis dengan aromanya yang khas menjadi ciri khas utama ketika menikmatinya. Adalah KELAPA PANDAN WANGI,  itulah sebutan yang disandang oleh salah satu verietas kelapa pendatang baru yang satu ini. Kelapa Pandan Wangi merupakan salah satu varietas kelapa unggulan asal Thailand. Buah Kelapa Pandan memiliki keunggulan dengan daging buahnya yang renyah, airnya memiliki rasa yang sangat manis, dan memiliki aroma khas layaknya aroma daun pandan. Rasa manis alami yang dihasilkan dari buah kelapa ini sangat kuat, Bahkan saking manisnya, kita dpat menikmati buah kelapa pandan wangi ini secara lansung tanpa harus diberi pemanis tambahan.

Sosok kelapa pandan wangi ini memiliki postur yang relatif rendah. Saat pertama berproduksi, buah kelapa bahkan masih menyentuh tanah karena kelapa pandan wangi sudah berbuah dengan ukuran batang tidak sampai 1 meter. Selain dikonsumsi segar, buah kelapa pandan wangi juga bisa dijadikan olahan dalam bentuk lain. Di Negeri asalnya Thailand, buah kelapa pandan wangi diolah menjadi es krim yang sangat lezat.

Selain memiliki rasa dan aromanya yang khas, ternyata kelapa pandan wangi ini juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Mengkonsumsi air kelapa pandan wangi secara teratur diyakini mampu menjaga dan mengembalikan stamina tubuh. Air kelapa pandan wangi ini lebih baik dari minuman isotonik bervitamin yang banyak dijual di pasaran. Sehingga kelapa ini sangat cocok untuk mereka dengan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat.

Mengenal kelapa pandan wangi

Mengenal kelapa pandan wangi

Walaupun masih dalam kategori sebagai tanaman kelapa pendatang baru, Namun faktanya, Kelapa pandan wangi telah menjadi salah satu primadona yang memiliki cukup banyak penggemar dan selalu diburu keberadaannya. Para hobiis dan petani memburu kelapa pandan wangi ini karena keistimewaan memiliki daya tarik buahnya yang mempunyai daging buah yang renyah, airnya manis. Saat ini, Keberadaanbuah kelapa pandan wangi masih tergolong langka dan susah untuk mendapatkannya dipasaran, hal ini tentunya membuat harga buahnya pun melambung tinggi. Bayangkan saja, sebutir kelapa pandan wangi, harganya bisa mencapai 10 kali lipat dari kelapa biasa

Baca Juga :   Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Belimbing Bangkok Agar Tumbuh Optimal Dan Cepat Berbuah

Sejarah Kelapa Pandan Wangi

Kelapa Pandan Wangi merupakan varietas kelapa genjah yang diperkenalkan dari Thailand pada tahun 1971. Di Negara asalnya, Thailand. Kelapa ini diberi julukan sebagai kelapa Makprow Nam Horm dan di manca negara dikenali dengan sebutan ‘aromatic dwarf’. Sentra pembudidayaan kelapa pandan wangi di Negeri Gajah Putih berada di 3 provinsi yakni Samutshakron, Nakronpathom, dan Ratchaburi. Saat ini Kelapa pandan wangi telah menjadi industri besar di negeri Gajah Putih tersebut. kelapa pandan wangi diekspor ke manca negara dalam buah segar dengan bobot 800 – 900 gram per buah.

Tanaman kelapa pandan wangi sendiri mulai masuk ke tanah air pada tahun 2001, sejak kedatangannya, pohon kelapa bersosok mungil asal Thailand ini memang makin banyak diburu dan dibudidayakan. Penanam kelapa pandan wangi ini bervariasi, mulai dari kolektor yang hanya ingin sebagai koleksi hingga para petani yang yang menanam dalam jumlah banyak untuk dibudidayakan.

Pohon Pandan Wangi unggul

Pohon Pandan Wangi unggul

Budidaya Kelapa Pandan Wangi

Tanaman buah Kelapa Pandan Wangi merupakan salah satu varietas kelapa genjah yang layak untuk dibudidayakan dalam skala industri. Tanaman kelapa pandan wangi sendiri memiliki postur tubuh yang relatif pendek. Tinggi maksimal pohonnya rata-rata hanya mencapai 1.5 meter hingga 6 meter saja. Tandan dan buah kelapa pandan wangi berwarna hijau. Buahnya memiliki ukuran yang kecil berbentuk bulat dengan segi tiga di bagian bawahnya. Bobot buah kelapa pandan wangi rata-rata hanya 800-900 gram per buah dengan Kandungan air sekitar 330 ml.

Pembudidayaan tanamankelapa pandan wangi dapat ditanam dengan menggunakan jarak tanam 6 m x 6 m dan mampu mencapai 208 pokok /ha atau menggunakan jarak tanam 5 m x 5 m sehingga mampu mencapai 400 batang dalam 1 hektar.

Baca Juga :   Inilah 8 Dahsyatnya Keunggulan Tanaman Buah Durian Matahari Yang Wajib Anda Ketahui

Dengan perawatan yang baik, pemupukan dan pengairan yang cukup, bibit kelapa pandan wangi akan mulai berbuah pada umur 3 tahun. Untuk hasil panen pada tahun pertama, pohon kelapa pandan wangi biasanya belum maksimal, hanya sekitar 40 – 50%, dan pada umur 4 tahun baru bisa menghasilkan buah kelapa secara maksimal 100%. Setiap pohon kelapa pandan mampu menghasilkan 10 – 12 tandan buah. Setiap tandan buah memiliki 8 – 12 buah per tandan. Dalam setahun bisa mengahasilkan buah sekitar 100 – 145 buah muda segar. Bila sudah berproduksi maksimal, setiap kelapa pandanwangi yang umur produktifnya mencapai 15 tahun itu, bisa dipanen setiap 20 – 25 hari sekali.

Buah kelapa pandan wangi sudah dapat mulai dipanen setelah berumur 6 – 6,5 bulan, ini bisa dilihat dengan cara melihat tandan buah muda yang akan dipetik, kemudian tandan buah yang masih muda yang ada dibawah tandan buah yang akan dipetik, dan tandan buah yang berupa seludang juga berada di bawahnya adalah terletak diatas satu dengan yang lainnya.

Kelapa Pandanwangi

Kelapa Pandanwangi

Tinjauan Ekonomis Kelapa Pandan Wangi

Untuk Saat ini, keberadaan Kelapa pandan wangi ini masih tergolong jarang di Indonesia. Sejak masuk ke tanah air pada tahun 2001 lalu, jumlah bibit kelapa pandan wangi masih sangat terbatas. Pemenuhan permintaan bibit kelapa pandan wangi sebagian besar di datangkan dari Thailand. Dengan terbatasnya bibit, tentu saja akan mempengaruhi harga dari bibitnya sendiri. Bayangkan saja, harga bibit dan buah kelapa pandan wangi dibandrol dengan harga 10 kali lipat lebih mahal jika dibandingkan dengan beuh kelapa jenis lainnya.

Di pasaran, maraknya penjualan bibit pandan wangi itu tidak terlepas dari peluang kelapa pandanwangi untuk dijual sebagai buah segar. Walaupun memiliki harga yang jauh lebih mahal, faktanya banyak pemebli yang mencari kelapa pandan wangi jika dibandingkan dengan jenis kalapa lainnya. Prospek kelapa pandan wangi ini ke depan tergolong amat sangat bagus karena kelapa pandan wangi banyak peminatnya.

Baca Juga :   Kelapa Wulung, Tanaman Buah Kelapa Cantik Yang Selalu Mencuri Hati dan Memiliki Khasiat Yang Mengagumkan

Demikianlah informasi mengenai seluk beluk dan asal-usul kelapa pandan wangi, Dalam artikel tersebut kita telah membahas tentang sejarah masuknya kelapa pandan wangi ke Indonesia, cara pembudidayaan kelapa pandan wangi dan Tinjauan ekonomis buah kelapa pandan wangi.

Untuk artikel selanjutnya kita akan coba menjoba membahas tentang panduan budidaya kelapa pandan wangi. Dalam berkebun kelapa pandan wangi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain : Tahap Pembibitan, Tahap Penanaman dan tahap pemeliharaan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang varietas kelapa pendatang baru ini. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Mengenal SI Kelapa Pandan Wangi, Tanaman Kelapa Genjah digemari karena cita rasanya yang manis dan Memiliki Aroma Khas Layaknya Pandan kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal SI Kelapa Pandan Wangi, Tanaman Kelapa Genjah digemari karena cita rasanya yang manis dan Memiliki Aroma Khas Layaknya Pandan | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: Mengenal SI Kelapa Pandan Wangi, Tanaman Kelapa Genjah digemari karena cita rasanya yang manis dan Memiliki Aroma Khas Layaknya Pandan

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 10%
Pupuk Langsung Pakai Daun

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Pupuk Langsung Pakai DaunRp 43.000 Rp 48.000
Tersedia
Rp 43.000 Rp 48.000
Stok: Tersedia
OFF 31%
Benih Terong Putih Kania F1 (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 12.500 Rp 18.000
Tersedia
Rp 12.500 Rp 18.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Bibit Kakao 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

KakaoRp 7.500 Rp 12.500
Tersedia
Rp 7.500 Rp 12.500
Stok: Tersedia
OFF 13%
Sphagnum Moss Super

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sphagnum Moss SuperRp 32.500 Rp 37.500
Tersedia
Rp 32.500 Rp 37.500
Stok: Tersedia
SIDEBAR