Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Durian Pelangi, Jenis Durian Lokal Unggulan Dengan Keunikan Warna dan Rasa yang Tidak ditemukan di Jenis Durian Lainnya

Mengenal Durian Pelangi, Jenis Durian Lokal Unggulan Dengan Keunikan Warna dan Rasa yang Tidak ditemukan di Jenis Durian Lainnya

Diposting pada 19 May 2019 oleh Ali Arwani | Dilihat: 1.125 kali

Mengenal Durian Pelangi, Jenis Durian Lokal Unggulan Dengan Keunikan Warna dan Rasa yang Tidak ditemukan di Jenis Durian Lainnya

Mengenal Durian Pelangi – Papua dikenal sebagai pulau menyimpan banyak kekayaan alam yang tak ternilai. Bukan hanya emas, tembaga atau kekayaan tambang lainnya, melainkan juga hutan, laut, hewan dan tentu saja tanamannya. Dan biasanya wujud kekayaan itu bersifat langka atau unik. Hal ini wajar, mengingat sebagian besar wilayah Papua masih perawan alias belum tersentuh campur tangan manusia. Nah, salah satu kekayaan flora dari pulau papua yang memiliki nilai yang sangat tinggi, unik dan langka adalah DURIAN PELANGI. Mendengar dari namanya saja, kita sudah bisa menggambarkan keistimewaan buah durian khas manokwari, papua ini. Keistimewwan yang paling tampak dari durian ini adalah daging buahnya yang berwarna cantik yakni kuning muda, coklat muda, dan merah. Perpaduan warna tersebut akan membentuk gradasi yang terlihat seperti layaknya warna pelangi.

Buah durian pelangi dikenal mempunyai daging yang cukup tebal, bertekstur lembut dan agak lengket dengan pongge berukuran sedang. Buah durian pelangi mempunyai citarasa yang manis. Durian ini mengandung kadar alkohol yang relatif lebih rendah dibanding durian lokal jenis unggul lainnya.

Selain terkenal dengan tampilan buahnya yang cantik, ternyata durian pelangi inijuga kaya akan kandungan beta carotin, antosianin atau antioksidan serta vitamin tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi durian pelangi dipercaya dapat membantu untuk menangkal depresi, mampu mengatasi anemia. Durian pelangi juga mengandung senyawa tembaga, potasium atau kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid dan baik untuk kesehatan tulang dan persendian.

Mengenal durian pelangi

Sejarah Durian Pelangi

Tanaman Durian Pelangi diyakini berasal dari daerah Manokwari, Papua Barat. Tanaman buah ini ditemukan pertama kali oleh seorang peneliti tanaman asal Sumatera Selatan bernama Karim Aristides. Beliau adalah seorang sarjana lulusan salah satu Universitas di Berlin, Jerman. Beliau pulalah yang mencetuskan nama tanaman durian tersebut sebagai Durian Pelangi. Nama tersebut sebagai ungkapan adanya keragaman warna maupun rasa yang terdapat pada durian unik ini.

Baca Juga :   Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Tanaman Buah Durian Pelangi Manokwari, Papua Agar Mampu Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat

Tanaman durian ini mampu berbuah baik di dataran rendah, sedang maupun tinggi. Saat ditemukan di alam liar, ketinggian pohonnya dapat mencapai 25 m. Tanaman Durian Pelangi sejatinya adalah tanaman durian yang merupakan hasil perkawinan silang alami antara 3 varian durian, yaitu: durian putih (Zibethinus), durian merah (Graveolens) dan durian kuning (Fotogensis). Hasil dari persilangan ketiga jenis durian tersebut menghasilkan tanaman durian dengan daging buah yang mempunyai warna indah bak pelangi yakni perpaduan warna merah muda dan krem dengan semburat warna hijau di sudut bijinya (ponggenya) atau bisa juga perpaduan warna merah tua dan krem dengan semburat warna hijau di sudut ponggenya.

Keunggulan Durian Pelangi

Durian Pelangi Manokwari bagaikan mewakili keindahan pelangi dengan warna warni yang muncul bertebaran pada daging buahnya. Perpaduan antara warna merah, kuning, hijau, oranye, putih dan krem, bahkan juga coklat susu membuat durian begitu sedap dipandang bahkan hingga gak tega untuk menyantapnya.

Buah durian pelangi

Buah Durian Pelangi Manokwari termasuk jenis durian yang memiliki daya tahan yang cukup lama, terhitung buah ini dapat bertahan selama 6 hingga 7 hari setelah panen. Kelebihan lainnya adalah produktifitasnya tinggi karena bisa dilakukan pemanenan setahun 2 kali atau secara total dapat menghasilkan antara 400-800 butir/ pohon/ tahun. Ukuran buah yang dihasilkannya pun relatif besar-besar dengan bobot 2-3 Kg per buahnya.

Selain itu, pohon durian pelangi juga tersohor akan kemampuan hidupnya yang sangat panjang, bayangkan saja, pohon durian pelangi manokwari mampu hidup mencapai 100 hingga 150 tahun. Menakjubkan sekali bukan.

Budidaya Durian pelangi

Tanaman Durian Pelangi mampu tumbuh baik jika ditanam pada ketinggian sekitar 400-600 meter diatas permukaan air laut. dengan curah hujan tahunan rata-rata 2000 mm. Kebutuhan akan air ini adalah hal krusial yang harus diperhatikan, karena pohon durian yang sudah berdiri kokoh tidak dapat bertahan dari kekeringan 3 bulan berturut-turut. Jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhan adalah tanah liat yang kaya kandungan bahan organik dengan pH 5-7 dan optimum pada pH 6-6,5. Adapun suhu idealnya untuk tumbuh adalah rata-rata 20-30 derajat C.

Bibit durian pelangi

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan durian pelangi adalah pemilihan bibit unggul, penyiraman dan pemupukan. Pada saat memilih atau membeli bibit durian pelangi ini sebaiknya memilih bibit yang berasal dari hasil perbanyakan vegetatif baik yang berasal dari okulasi atau cangkok. Selain itu, Pilihlah bibit durian pelangi yang masih segar dan sudah tua, tidak kisut dan tidak terserang hama dan penyakit.

Baca Juga :   Inilah 7 Rahasia Keunggulan Tanaman Buah Durian Pelangi Manokwari, Papua Yang Layak Direkomendasikan Untuk Dikebunkan

Pemupukan menjadi salah satu faktor terpenting dalam menujang keberhasilan pembudidayaan durian pelangi. Jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang, kompos, pupuk hijau serta pupuk buatan. Adapun pengaplikasianya sebaiknya sesuai dengan dosis dan umur tanaman, proses pemupukan yang tepat dapat membuat tanaman Durian Pelangi tumbuh subur.

Prospek Bisnis Durian Pelangi

Mengingat dengan segala keunikan dan kelangkaan yang dimiliki buah durian pelangi dan tidak bisa ditemukan pada jenis buah durian lainnya. Hal ini tentunya menimbulkan kalkulasi nilai jual ekonomisnya menjadi sangat sulit dan membuat harga jual buah durian pelangi sangatlah mahal. Harga jual buah durian tidak terdapat patokan resmi nilai jualnya. yang pasti harga durian pelangi mencapai ratusan ribu rupiah untuk satu butirnya.

Prospek bisnis durian pelangi

Demikian sekilas informasi mengenai durian pelangi asli dari Manokwari, Papua ini. Dimana kita telah membahas tentang sejarah durian pelangi manokwari, keunggulan durian manokwari, manfaat durian pelangi manokwari dan budidaya durian manokwari. Dengan semua keunikan dan keunggulan yang dimilikinya tersebut, Durian Pelangi Manokwari dengan cepat menarik perhatian masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang keistimewaan apa saja yang dimiliki durian pelangi manokwari?. Semoga artikel tersebut dapat menambah wawasan kita tentang durian pelangi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

 


kata terkait,
Bibit Durian pelangi Manokwari, Bibit Durian pelangi Manokwari Unggul, Buah Durian pelangi Manokwari, Budidaya Durian pelangi Manokwari, Durian Lokal, Durian pelangi Manokwari, Jual Bibit Durian pelangi Manokwari, Keunggulan Durian pelangi Manokwari, Khasiat Durian pelangi Manokwari, Manfaat Durian pelangi Manokwari, Pohon Durian pelangi Manokwari, Tanaman Durian pelangi Manokwari, apa itu durian pelangi, sejarah durian pelangi, tanaman Durian pelangi, tabulampot Durian pelangi, budidaya durian pelangi, durian khas papua, durian manokwari,

Baca Juga :   Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Tanaman Buah Durian Pelangi Manokwari, Papua Agar Mampu Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat

Bagikan informasi tentang Mengenal Durian Pelangi, Jenis Durian Lokal Unggulan Dengan Keunikan Warna dan Rasa yang Tidak ditemukan di Jenis Durian Lainnya kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Durian Pelangi, Jenis Durian Lokal Unggulan Dengan Keunikan Warna dan Rasa yang Tidak ditemukan di Jenis Durian Lainnya | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Mengenal Durian Pelangi, Jenis Durian Lokal Unggulan Dengan Keunikan Warna dan Rasa yang Tidak ditemukan di Jenis Durian Lainnya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 11%
Jual Tanaman Bunga Lavender

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 85.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
OFF 13%
Bibit Duku Tanpa Biji 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Duku Tanpa Biji UnggulRp 135.000 Rp 155.000
Tersedia
Rp 135.000 Rp 155.000
Stok: Tersedia
OFF 36%
Bibit Anggur Ninel 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 125.000 Rp 195.000
Tersedia
Rp 125.000 Rp 195.000
Stok: Tersedia
OFF 20%
Benih Kangkung Bangkok LP-1 (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 12.000 Rp 15.000
Tersedia
Rp 12.000 Rp 15.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR