Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Durian MusangKing, Tanaman Durian Unggul Khas Malaysia Yang Menjadi Primadona Baru Pecinta Buah Durian

Mengenal Durian MusangKing, Tanaman Durian Unggul Khas Malaysia Yang Menjadi Primadona Baru Pecinta Buah Durian

Diposting pada 12 May 2019 oleh Ali Arwani | Dilihat: 1.139 kali

Mengenal Durian MusangKing, Tanaman Durian Unggul Khas Malaysia Yang Menjadi Primadona Baru Pecinta Buah Durian

Mengenal Durian MusangKing – Durian musangking, mendengar durian jenis ini memang sudah tidak asing lagi. Yups, Buah Durian musangking saat ini telah menjadi primadona baru bagi para pecinta durian. Pasalnya, buah durian ini hadir dengan berbagai keunggulan yang sulit untuk ditolak. Buah durian musangking memiliki daging buah yang tebal, bertekstur lembut dan spacy, dagingnya berwarna kuning kunyit serta bijinya kempet. Lalu bagaimana dengan rasanya?. Buah durian musangking menawarkan citarasa manis, legit, dengan sedikit rasa pahit, sangat pas untuk lidah orang Indonesia.

Aroma dan citarasa durian musangking juga sangat berbeda apabila dibandingkan dengan durian montong. Buah durian musangking dikenal memiliki aroma yang harum menyengat dan sedikit alkoholis khas buah durian, tentunya menjadi aroma yang menggoda bak wewangian mewah. Dipadu dengan kelembutan daging buahnya bagai memakan mentega yang meleleh dimulut. Buah durian musangking memiliki citarasa yang lembut menari-nari di lidah seperti mentega yang meleleh dipadu dengan balutan rasa manis elegan dan sedikit rasa pahit membuatnya makin mantap. Ibarat menikmati kopi sejati, kopi tanpa aroma harum dan rasa pahit khas kopi, bukanlah kopi yang mantap. Kombinasi yang membuatnya mendapat predikat raja buah dari malaysia.

Mengenal Durian Musangking

Mengenal Durian Musangking

Sejarah Durian Musangking

Di negara asalnya Malaysia, tanaman durian musangking memiliki nama asli Mao Shan Wang yang secara harfiah berarti Raja Kucing. Sang Raja Musangking berasal dari negara jiran Malaysia, tepatnya di daerah Kelantan. Muncul sekitar tahun 1990-an, namun baru terdaftar resmi di Kementrian Pertanian Malaysia pada tahun 1993 atas prakarsa seorang warga bernama Wee Chong Beng. Nama patennya adalah D-197. D singkatan dari Durio zibethinus atau nama ilmiah buah durian. Sedangkan angkanya berarti ia adalah varietas durian ke-197 yang pernah ditemukan. Sangat menarik untuk dicatat bahwa kata “musang” disini tidak mengacu pada kucing luwak melainkan sebuah daerah bernama “Gua Musang” dimana kloning ini pertama kali ditanam dan menjadi sangat populer di kalangan petani di sana.

Baca Juga :   Inilah 6 Musuh Besar Hama & Penyakit Pada Tanaman Durian Musang king Dan Cara Pengendaliannya

Keunggulan Durian Musangking

Sekilas fisik, buah durian musangking tidak berbeda dengan buah durian pada umumnya. Namun bila diperhatikan seksama terdapat perbedaan yang bisa kita kenali. Buah durian musangking berukuran kecil, bobot rata-rata buah durian musangking hanya sekitar 1-2 kg/buah. Pada bagian kulit durian musangking berwarna hijau semu kekuningan saat sudah matang, semburatnya terlihat dari ujung duri sampai kedasar kulitnya. Bentuk durinya pun berbeda dengan duri buah durian kebanyakan yang runcing memanjang dan ‘rengket’, duri musangking berbentuk mirip piramida dan letaknya saling berjauhan. Bagian tangkai durian musangking lebih panjang dari umumnya dengan mahkota buah (bagian tangkai pada buah) yang dijauhi durinya. Selain itu, ciri unik lainnya adalah terdapat garis pembelah kulit membentuk pola bintang pada bagian pangkal bangkal buah, garis ini terlihat sangat jelas.

Pada bagian daunnya memiliki ciri-ciri khusus yakni bentuk daunnya daunnya berbentuk corong agak memanjang, terletak berseling dan bertangkai, daunnya mempunyai ujung yang berbentuk lebih lancip jika dibandingkan dengan jenis lainnya. daunnya berwarna hijau terang dibagian atas, dan bagian bawahnya berwarna perak atau keemasan dengan bulu-bulu bintang.

Mengenal durian musangking 1

Mengenal durian musangking

Mengenal durian musangking 2

Mengenal durian musangking

Budidaya Durian Musangking

Budidaya durian musangking ini sebenarnya tidaklah susah. Pasalnya habitat asli tanaman musangking ini berada di daerah hutan hujan tropis khatulistiwa di asia tenggara, secara umum hampir sama dengan iklim dan cuaca di Indonesia. Sehingga membudidayakan durian musangking sangatlah mungkin dilakukan.

Tanaman durian musangking yang tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian 400-600 mdpl. dengan curah hujan tahunan rata-rata 2000 mm. Jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhan durian musangking adalah tanah liat berpasir berpasir yang kaya kandungan bahan organik, dengan pH kisaran 6-7. Tanaman durian musangking membutuhkan banyak kehangatan khas tropis, kelembaban yang melimpah dan sinar matahari agar tumbuh subur. Suhu idealnya untuk tumbuh adalah rata-rata 23º C. Meskipun diketahui ia mampu tumbuh pada suhu 10º C namun hal itu berdampak pada jumlah daun yang dihasilkannya menurun drastis.

Mengenal durian musangking 3

Mengenal durian musangking

Pemeliharaan tanaman durian musangking yang perlu dilakukan adalah penyiraman, pemangkasan dan pemupukan. Proses penyiraman sebaiknya dilakukan dengan rutin sebab bibit durian musangking memerlukan air yang banyak untuk mendukung pertumbuhannya. Perlu diingat, jangan sampai air menggenang disekitar tanaman. Pembuatan drainase atau saluran air sangatlah diperlukan supaya air tidak menggenangi atau membanjiri bedengan. Pemeliharaan tanaman durian musangking yang perlu dilakukan adalah penyiraman, pemangkasan dan pemupukan. Proses penyiraman sebaiknya dilakukan dengan rutin sebab tanaman durian memerlukan air yang banyak untuk mendukung pertumbuhannya. Perlu diingat, jangan sampai air menggenang disekitar tanaman. Pembuatan drainase atau saluran air sangatlah diperlukan supaya air tidak menggenangi atau membanjiri bedengan. Proses pemupukan manjadi salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan budidaya durian musangking, pemberian pupuk dapat menggunakan kombinasi antara pupuk organik dengan pupuk anorganik. Perlu ingat, bahwa pemberian pupuk ini sebaiknya harus sesuai dengan dosis dan umur tanaman agar pertumbuhan tanaman durian musangking dapat optimal.

Baca Juga :   Inilah Keistimewaan Tanaman Durian Musang king Kaki Tiga, Lebih Cepat Besar dan Lebih Cepat Berbuah

Prospek Bisnis Durian Musangking

Untuk saat ini pasar durian musangking masih sebatas kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, mengingat harga jualnya yang masih terbilang sangat tinggi. Sebagai informasi, Kebutuhan durian musangking di Jakarta saja menurut salah satu sumber mencapai 2 ton/bulan pada satu/beberapa gerai penjualan saja, dengan harga jual mencapai Rp 135.000 per kg. Sedangkan di kota Surabaya, menurut sumber dari salah satu pasar swalayan terbesar disana membutuhkan minimal 100 kg sekali pesan dengan harga Rp 150.000/kg.

Di tingkat petani, buah durian Musangking dijual per butir. Dengan harga per butirnya dipatok antara Rp 100.000 – Rp 200.000. Bandingkan dengan harga jual durian lokal yang hanya rata-rata mencapai kisaran Rp 10.000 sampai Rp 30.000 saja per butirnya di tingkat pekebun.

Mengenal durian musangking 4

Mengenal durian musangking

Dampak akibat melonjaknya minat masyarakat akan buah durian musangking berimbas pada bisnis penyediaan bibitnya. Menurut majalah Trubus, sepanjang tahun 2012 saja, permintaan akan bibit durian jenis ini mencapai 5000 buah. Padahal pekebun atau produsen bibit hanya mampu menyediakan sekitar 3500 buah bibit saja, atau sekitar 70% nya. Disinyalir jumlah permintaan bibit durian musangking ini akan terus meningkat sesuai trend yang terjadi di masyarakat dan konsumen. Mereka seolah tak hirau meskipun bibit durian musangking ini dibandrol dengan harga Rp 150.000 sampai Rp 300.000 tergantung tinggi bibitnya. Sungguh menggiurkan bukan?.

Demikianlah informasi tentang seluk beluk durian musangking, sang primadona baru yang berasal dari Malaysia. Dalam artikel diatas kita telah membahas tentang sejarah duriang musangking, keunggulan durian musangking, budidaya durian musangking dan manfaat durian musangking. Selain itu, kita juga telah membahas prospek dan peluang investasi budidaya durian musangking.

Baca Juga :   9 Tips Mudah Cara Budidaya Tanaman Buah Durian Agar Mampu Tumbuh Optimal, Cepat Berbuah dan Berproduksi Tinggi

Untuk artikel selanjutnya kita akan membahas tentang keunggulan durian musangking yang wajib anda ketahui. Semoga artikel tersebut dapat menjawab rasa penasaran anda tentang durian musangking dan semoga dapat menambah wawasan sekaligus minat Anda untuk mencoba membudidayakan musangking. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

 


Kata terkait,
Durian musangking, bibit Durian musangking, Buah Durian musangking, Keunggulan Durian musangking, Manfaat Durian musangking, Tanaman Durian musangking, Sejarah Durian musangking, Jual bibit Durian musangking, Jual Durian musangking, Budidaya Durian musangking, cara tanam Durian musangking, perawatan Durian musangking, cara perawatan Durian musangking, prospek Durian musangking, analisis usaha Durian musangking, cara membudidayakan Durian musangking, Jual tanaman Durian musangking, nilai ekonomis buah durian musangking,

Bagikan informasi tentang Mengenal Durian MusangKing, Tanaman Durian Unggul Khas Malaysia Yang Menjadi Primadona Baru Pecinta Buah Durian kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Durian MusangKing, Tanaman Durian Unggul Khas Malaysia Yang Menjadi Primadona Baru Pecinta Buah Durian | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Mengenal Durian MusangKing, Tanaman Durian Unggul Khas Malaysia Yang Menjadi Primadona Baru Pecinta Buah Durian

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 14%
Liquinox GROW (10-10-15)-100ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Liquinox GROW 100mlRp 18.000 Rp 21.000
Tersedia
Rp 18.000 Rp 21.000
Stok: Tersedia
OFF 23%
Jual Bibit Anggur Manicure Finger 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 195.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 195.000
Stok: Tersedia
OFF 31%
Benih Selada Air Mix Color (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Selada Air Mix ColourRp 12.500 Rp 18.000
Habis
Rp 12.500 Rp 18.000
Stok: Habis
OFF 17%
Oasis Indocell Floral Foam

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Oasis Indocell Floral FoamRp 12.500 Rp 15.000
Tersedia
Rp 12.500 Rp 15.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR