Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Durian Montong, Durian Unggulan Yang Terkenal Dengan Daging Buahnya Yang Super Tebal dan Rasa Yang Manis

Mengenal Durian Montong, Durian Unggulan Yang Terkenal Dengan Daging Buahnya Yang Super Tebal dan Rasa Yang Manis

Diposting pada 17 May 2019 oleh Ali Arwani | Dilihat: 2.770 kali

Mengenal Durian Montong, Durian Unggulan Yang Terkenal Dengan Daging Buahnya Yang Super Tebal dan Rasa Yang Manis

Mengenal Durian Montong – Siapa sich yang tidak kenal dengan buah durian? buah yang mendapat julukan sebagai “King of Fruit” ini memang menjadi salah satu buah paling favorit khususnya bagi masyarakat Indonesia. Buah yang identik dengan kulit berduri ini memang memiliki citarasa dan aroma yang khas yang tidak dimiliki oleh buah manapun didunia. Nah, salah satu jenis durian unggulan akan kita bahas kali adalah DURIAN MONTONG. Durian montong dipercaya oleh para penikmat durian sebagai salah satu rajanya buah durian. Padahal harga durian montong jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan harga durian lokal.

Bagi durian lovers tidak perlu dijelaskan panjang lebar pasti sudah tahu kelezatannya. Durian montong sangat identik dengan uuran buahnya yang besar, bayangkan saja, bobot satu buahnya rata-rata beratnya 3 – 6 kg/buah. Keistimewaan lain adalah daging buahnya yang tebal, padat dengan tektur yang lembut dengan biji atau pongge yang kecil alias gepeng. Untuk soal rasa? Gak perlu diragukan lagi, Buah durian montong menawarkan sensai rasa manis, legit dan nikmat dengan dengan aroma yang tak terlalu menyengat.

Mengenal DUrian Montong

Sejarah Durian Montong

Durian montong adalah salah satu jenis durian yang sangat populer dikalangan pecinta durian. Tanaman durian montong ini merupakan salah satu varietas unggulan yang berasal dari Thailand. Meskipun harga nya lebih mahal dibandingkan dengan durian lokal, tetapi tetap saja durian montong diburu oleh para pecinta durian. Tetapi tahukah Anda jika ternyata bibit asli (plasma nuftah) durian montong berasal dari Indonesia?. Yups, menurut seorang peneliti dari Universitas Sebelas Maret Surakata, “induk” durian montong diambil dari spesies durian sukun yang berasal dari Karanganyar, Jawa Tengah. Menurut beliau, dari durian sukun lah Thailand mengembangkan varietas baru yang kemudian dinamakan durian montong yang kini menjadi varietas durian unggulan dan sekarang mengalahkan varietas-varietas durian yang ada di Indonesia.

Baca Juga :   9 Tips Mudah Cara Budidaya Tanaman Buah Durian Agar Mampu Tumbuh Optimal, Cepat Berbuah dan Berproduksi Tinggi

Tanaman buah yang memiliki nama latin Durio sp ini adalah salah satu varietas buah durian unggulan yang berasal dari Thailand. Tanaman durian ini boleh dikatakan cukup produktif dan mampu beradaptasi di berbagai tempat. Pohon durian montong memiliki tinggi sekitar 5-8 meter. Tajuk pohon berukuran lebar 2 sampai 4 meter. Habitus tanaman berbentuk payung atau kerucut dengan percabangan batang yang rapat. Batang pohon durian jenis ini berwarna kecoklatan. permukaannya halus dan berbentuk bulat. Bunga durian monthong memiliki warna putih kekuningan yang berkelompok dalam tandan. Sekitar 1-16 kuntum bunga durian terdapat dalam satu tandan.

Keunggulan Durian Montong

Sebagai buah yang mendapat predikat si Raja buah, tentunya buah durian montong memiliki berbagai keunggulan. Buah Durian montong mempunyai ukuran buah yang super besar, bobot rata-rata bisa mencapai 6-9 kg/buah. Selain ukuranya yang jumbo, keistimewaan lain dari durian montong ini adalah daging buahnya yang tebal, padat dengan tektur yang lembut, buah durian montong juga memiliki biji atau pongge yang kecil alias gepeng. Untuk soal rasa? Buah durian montong menawarkan sensai rasa manis, legit dan nikmat dengan dengan aroma yang tak terlalu menyengat.

Buah durian montong

Tanaman durian montong dikenal memiliki tingkat adapatasi yang cukup tinggi dengan iklim di Indonesia, sehingga pembudidayakan durian montong ini relatif tidak terlalu sulit. bahkan ada beberapa daerah di indonesia sudah berhasil membudidayakan durian montong dala skala besar. Keunggulan lainnya adalah tanaman durian montong memiliki sifat yang genjah, dengan perawatan yang baik, panen buah durian montong dapat dinikmati saat pohon sudah berumur 4-5 tahun setelah tanam dengan menggunakan bibit hasil okulasi, tempel dan cangkok.

Baca Juga :   Inilah 7 Keistimewaan Tanaman Buah Durian Montong, Si Rajanya Buah Durian Dari Negeri Gajah Putih

Budidaya Durian Montong

Budidaya durian montong di indonesia tergolong mudah, Hal ini disebabkan iklim dan struktur tanah di Thailand dan Indonesia hampir sama. Tanaman durian montong dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian 400-600 m di atas permukaan laut. Tanaman buah ini cocok tumbuh di daerah yang beriklim basah atau tempat-tempat yang banyak turun hujan. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhannya yaitu tanah yang lembap, subur, gembur, tak bercadas, dan kedalaman air tanahnya tidak lebih dari 1 meter.

Bibit Durian montong

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibit durian montong unggul, pengairan, pemangkasan dan pemupukan. Dalam memilih bibit durian bawor sebaiknya pilihlah bibit yang berasal dari hasil perbanyakan vegetatif baik dari hasil okulasi atau hasil dari cangkok. hal ini bertujuan agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan induknya. Perawatan tanaman durian montong tenyata juga cukup mudah. Yang perlu diperhatikan adalah penyiraman secara teratur, pemangkasan secara berkala uantuk membentuk tajuk dan merangkan pembuahan.

Faktor yang tidak kalah penting lainnya adalah pemupukan, proses pemupukan dapat menggunakan kombinasi antara pupuk organik dengan pupuk anorganik. Selain itu, usahakan agar tanaman durian montong terhindar dari penyakit dan hama.

Prospek Bisnis Durian Montong

Salah satu keunggulan durian montong adalah memiliki harga jual yang tergolong tinggi jika dibandingkan durian lokal. Sebagai informasi, Untuk harga per kilo durian montong dibanderol dengan harga sekitar Rp. 50.000 – 75.000. untuk satu buah durian montong ukurannya sekitar 3 – 4 kg per buah. Hal ini tentunya membuat para petani tergiur untuk mencoba peluang bisnis durian montong. Faktor lain yang membuat peluang bisnis durian montong sangat menguntungkan adalah sifat tanaman durian montong yang adaptif terhadap lingkungan baru, perawatannya yang mudah dan tingkat produktifitasnya yang terbilang tinggi. Sehingga tak salah apabila mebudidayakan durian montong merupakan bisnis yang sangat menjanjikan.

Buah durian montong

Sangat menyenangkan sekali bukan jika memiliki tanaman durian montong dirumah? Selain anda dapat menikmati buah durian montong sepuasnya tanpa harus membayar, anda juga dapat meningkatkan pendapatan dengan menjual buah durian hasil panen Anda. Menarik sekali bukan?!.

Baca Juga :   Inilah 9 Khasiat Buah Durian Montong Yang layak anda Ketahui, Nomor 1 Sangat bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Kita

Demikianlah sedikit informasi tentang durian montong, durian unggul khas thailand. Pada artikel tersebut kita telah ulas secara mendalam tentang sejarah durian montong, keunggulan durian montong, budidaya durian montong dan peluang investasi budidaya durian montong. Durian montong telah menjadi warna baru dalam dunia perdurianan Indonesia. Kehadirannya mampu memberikan warna baru bagi pecinta buah durian khususnya bagi yang tidak menyukai aroma durian yang menyengat.

Untuk selanjutnya kita akan membahas tentang beberapa keunggulan durian montong yang perlu anda ketahui diantaranya sifatnya yang genjah, daging buah tebal, citarasa manis, tingkat adaptasi tinggi dan masih banyak lagi. semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan da pengetahuan kita tentang jenis-jenis durian unggulan seperti durian montong ini. Semoga bermanfaat.

 


Kata terkait,
Durian Montong, Buah Durian Montong, tanaman Durian Montong, Pohon Durian Montong, Tanaman Buah Durian Montong, Tabulampot Durian Montong, mengenal Durian Montong, Sejarah Durian Montong, manfaat Buah Durian Montong, Khasiat Buah Durian Montong, cara tanam Durian Montong, Cara Budidaya Durian Montong, Peluang bisnis Durian Montong, Laba budiaya Durian Montong, Keuntungan Budidaya Durian Montong, Jual bibit Durian Montong, Bibit Durian Montong Unggul, Bibit Durian Montong Asli thailand, Harga Durian Montong, Harga bibit Durian Montong, Sejarah Durian montong,

Bagikan informasi tentang Mengenal Durian Montong, Durian Unggulan Yang Terkenal Dengan Daging Buahnya Yang Super Tebal dan Rasa Yang Manis kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Durian Montong, Durian Unggulan Yang Terkenal Dengan Daging Buahnya Yang Super Tebal dan Rasa Yang Manis | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Mengenal Durian Montong, Durian Unggulan Yang Terkenal Dengan Daging Buahnya Yang Super Tebal dan Rasa Yang Manis

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 9%
Polybag Lubang 18x18cm – 1kg

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Polybag Lubang 18x18cmRp 25.000 Rp 27.500
Tersedia
Rp 25.000 Rp 27.500
Stok: Tersedia
OFF 10%
Pupuk Langsung Pakai (PLP) Aglonema

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Pupuk Langsung pakai AglaonemaRp 43.000 Rp 48.000
Tersedia
Rp 43.000 Rp 48.000
Stok: Tersedia
OFF 21%
Jual Bibit Pohon Kayu Siwak Arab 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 37%
Jual Bibit Durian Si Mimang 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 120.000 Rp 190.000
Tersedia
Rp 120.000 Rp 190.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR