Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Durian Bawor, Durian Lokal Unggulan Khas Kota Banyumas Jawa Tengah Yang Mendapat Predikat Montongnya Indonesia

Mengenal Durian Bawor, Durian Lokal Unggulan Khas Kota Banyumas Jawa Tengah Yang Mendapat Predikat Montongnya Indonesia

Diposting pada 15 May 2019 oleh Ali Arwani | Dilihat: 3.789 kali

Mengenal Durian Bawor, Durian Lokal Unggulan Khas Kota Banyumas Jawa Tengah Yang Mendapat Predikat Montongnya Indonesia

Mengenal Durian Bawor – Mana yang lebih anda sukai, durian montong atau durian lokal?. Jika anda pecinta buah berduri ini, tentu anda akan lebih menyukai durian lokal karena rasa durian lokal tidak hanya beraroma tajam tetapi rasa buahnya yang manis dan ada sedikit rasa pahit. Rasa pahit ini lah yang disukai para penggila durian karena durian lokal mengandung kadar alkohol. Sementara durian montong agak berbeda, buah durian montong memiliki aroma yang tdak terlalu tajam. Selain itu, daging durian montong lebih tebal dan pongge durian montong lebih kecil sehingga Anda akan sangat terpuaskan manikmati durian montong. rasa buah durian montong lebih manis dan tidak ada rasa pahit.

Bagaimana jadinya jika keunggulan durian montong digabungkan dengan kenikmatan rasa durian lokal?. Yups inilah jenis durian dengan karakteristik yang diidam-idamkan oleh penggila durian sejati. Inilah DURIAN BAWOR. Durian bawor merupakan durian lokal unggulan yang dihasilkan dari berbagai jenis durian unggulan sehingga menghasilkan durian dengan mutu dan kualitas yang lebih baik.

Durian bawor ini memiliki kombinasi keunggulan dari durian montong dan durian lokal, bayangan saja, buah durian bawor dikenal memiliki ukuran buah yang besar, rata-rata mencapai berat 6-9 kg/buah. Selain itu, daging buah durian bawor sangat tebal, bertekstur padat dan lembut dengan pongge yang kecil dan tipis. Durian bawor menawarkan citarasa khas durian lokal dengan rasa manis dan sedikit rasa pahit.

Mengenal durian Bawor

Sejarah Durian Bawor

Tanaman durian bawor ini dikembangkan oleh seorang petani durian asal Banyumas yang bernama Sarno Ahmad Darsono. Beliau mengggabungkan dari 35 jenis pohon durian unggulan baik yang lokal maupun durian import yang ditanam dengan menggunakan teknik okulasi. Teknik okulasi dipilih oleh Bapak Sarno karena menurut beliau okulasi berguna untuk menjamin ketersediaan makanan yang lebih banyak untuk pohon primer.

Baca Juga :   Inilah 7 Keunggulan Durian Bhineka Bawor, Buah Durian Lokal Dengan Kualitas Internasional

Butuh waktu yang cukup lama bagi Sarno untuk menciptakan jenis durian unggulan hingga pada sekitar tahun 1996 Sarno berhasil menemukan durian varietas baru setelah bertahun-tahun berusaha untuk menghasilkan durian unggulan baru. Beliau melakukan metode penanaman okulasi pada pohon durian. Usahanya dalam bidang budidaya durian pun tak sia-sia karena pada tahun 2004 Sarno mendapat penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden sebagai Petani Penangkar Durian Unggul.

Menurut pria ini sehari-hari berprofesi sebagai seorang guru SD di Alas Malang, Kemrajen, Banyumas, Jawa tengah ini pemberian nama durian bawor ini terinspirasi dari tokoh punakawan Bagong adik dari Petruk. Petruk sendiri dikenal sebagai salah satu jenis durian lokal unggulan.

Keunggulan Durian Bawor

Sebagai jenis durian lokal unggulan, tentunya durian bhineka bawor ini mempunyai banyak keistimewaan terutama pada aroma, tekstur dan rasa buah. Buah durian montong terkenal dengan ukuran buahnya yang besar mirip dengan durian montong. Satu buah durian bawor rata-rata mempunyai berat 6 hingga 9 kg/buah.

Buah durian bawor

Keunggulan lainnya adalah buah durian bawor terkenal dengan daging buahnya yang super tebal, padat dan berbiji kecil. Selain itu, buah durian bawor juga memiliki rasa khas durian lokal, rasanya legit tetapi juga pahit karena ada kandungan alkohol pada buah. Rasa pahit ini lah yang dicari para penikmat durian.

Daging buah durian bawor

Pohon Durian bawor tergolong memiliki sifat yang genjah, panen buah durian bawor dapat dinikmati saat tanaman sudah berumur 3-4 tahun jauh lebih singkat jika dibadingkan dengan pohon durian jenis lain yang baru bisa dipanen setelah usia tanam delapan tahun. Selain itu, durian bawor juga dikenal sangat produktif, pohon durian yang berumur 5 tahun dapat mengahsilkan 100 kg buah dengan berat rata-rata buah adalah 4-5 kg dan buahnya dapat mencapai berat maksimal sekitar 15 kg.

Baca Juga :   Inilah 7 Panduan Mudah Budidaya Durian Bhineka Bawor Agar Tumbuh Dengan Subur dan Cepat Berbuah Serta Lebat

Budidaya Durian Bawor

Budidaya durian bawor tergolong mudah dan hampir sama dengan budidaya jenis durian lainnya. Pasalnya, durian bawor ini merupakan durian lokal yang pastinya sesuai dengan iklim Indonesia. Tanaman durian bawor dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian antara 200 hingga 800 m dpl. Jenis tanah yang cocok adalah tanah berjenis grumosol, ondosol dan Struktur tanah yang cocok untuk ditanami durian bawor adalah tanah lempung berpasir yang mempunyai kandungan organik yang tinggi dan mempunyai pH 6-7. Tanaman durian bawor cocok dengan iklim curah hujan antara 3000-3500 mm/tahun dan bisa hidup minimal 1500-3000 mm/ tahun dan Suhu yang cocok rata-rata 20-30 derajat C.

Bibit Durian Bawor Dongkelan

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibit durian bawor unggul, pengairan, pemangkasan dan pemupukan. Dalam memilih bibit durian bawor sebaiknya pilihlah bibit yang berasal dari hasil perbanyakan vegetatif baik dari hasil okulasi atau hasil dari cangkok. hal ini bertujuan agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan induknya.

Untuk perawatan pun juga hampir sama dengan durian pada umumnya. Durian bawor harus rajin disiram, hanya saja penyiraman harus dilakukan dengan lebih hati-hati, tidak perlu terlalu banyak cukup sampai membasahi akar saja. Untuk menanam durian bawor sebaiknya dilakukan pada saat musim awal musim hujan.

Yang paling penting dalam perawatan bibit durian bawor adalah pemupukan. proses pemupukan durian bawor pemupukan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, pemberian pupuk harus sesuai dengan dosis dan umur tanaman, Pemberikan pupuk dalam jumlah banyak dan langsung karena bukannya membuat tanaman cepat berbuah malah membuat tanaman durian mati.

Baca Juga :   Inilah 15 Manfaat Buah Durian Bawor bagi Kesehatan Yang Layak anda ketahui, Nomor 6 Gak Nyangka Banget!

Prospek Bisnis Durian Bawor

Buah durian bawor memiliki nilai jual yang tergolong tinggi bahkan lebih malam jika dibandingkan durian lokal atau durian montong. Selain itu, Permintaan durian bawor yang tinggi setiap tahunnya membuat potensi bisnis budidaya durian bawor menjadi sangat menjanjikan. Budidaya durian bawor tidak memerlukan lahan yang luas, cukup memanfaatkan pekarangan rumah Anda saja sudah dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Prospek bisnis durian bawor

Perawatan secara optimal menjadi salah satu kunci keberhasilan bisnis durian bawor. Yang paling penting adalah dalam memasarkan durian bawor kita tidak harus membawa hasil panen kepasar atau kepengepul, cukup menunggu konsumen datang kerumah karena banyak sekali peminat durian bawor yang akan mencari langsung ke kebun.

Demikianlah uraian tentang durian bhineka bawor. Pada artikel ini kita telah membahas tentang sejarah durian bawor, keunggulan durian bawor dan peluang investasi budidaya durian bawor. Untuk selanjutnya kita akan membahas tentang keunggulan apa saja yang dimiliki si durian bawor sehingga layak menjadi salah satu durian unggulan yang wajib dicicipi. beberapa keunggulan yang dimiliki durian bawor antara lain : sifat genjah, produktifitas tinggi, ukuran buah besar, daging tebal dan citrasa manis dengan sedikit rasa pahit. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan kita tentang durian bawor dan terima kasih.

 


Kata terkait,
Durian Bawor, Buah Durian bawor, Tanaman Durian bawor, Manfaat Buah Durian bawor, Pohon Durian Bawor, Khasiat Buah Durian Bawor, Cara Tanam Durian Bawor, Cara Budidaya Durian Bawor, mengenal Durian Bawor, Sejarah Durian Bawor, Jual bibit Durian Bawor, Jual Bibit buah Durian Bawor, sejarah durian bawor, durian bawor banyumas, durian lokal unggul, peluang bisnis durian bawor,

Bagikan informasi tentang Mengenal Durian Bawor, Durian Lokal Unggulan Khas Kota Banyumas Jawa Tengah Yang Mendapat Predikat Montongnya Indonesia kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Durian Bawor, Durian Lokal Unggulan Khas Kota Banyumas Jawa Tengah Yang Mendapat Predikat Montongnya Indonesia | JualBenihMurah.com

2 komentar untuk Mengenal Durian Bawor, Durian Lokal Unggulan Khas Kota Banyumas Jawa Tengah Yang Mendapat Predikat Montongnya Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 21%
Benih Cabe Goat Weed Pepper (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 15.000 Rp 19.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 19.000
Stok: Tersedia
OFF 31%
Bibit Jambu Biji Australia 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jambu Biji Merah Australia UnggulRp 45.000 Rp 65.000
Tersedia
Rp 45.000 Rp 65.000
Stok: Tersedia
OFF 33%
Bibit Delima Spanyol 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 100.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 100.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Bibit Kayu Mahoni 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Pohon Kayu MahoniRp 7.500 Rp 12.500
Tersedia
Rp 7.500 Rp 12.500
Stok: Tersedia
SIDEBAR