Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Kenalan Yuk, si Ruby Longan, Tanaman Buah Lengkeng Langka Dengan Daun, Batang dan Buah yang Berwarna Merah Yang Menarik Mata

Kenalan Yuk, si Ruby Longan, Tanaman Buah Lengkeng Langka Dengan Daun, Batang dan Buah yang Berwarna Merah Yang Menarik Mata

Diposting pada 16 December 2017 oleh Ali Arwani | Dilihat: 3.010 kali

Kenalan Yuk, si Ruby Longan, Tanaman Buah Lengkeng Langka Dengan Daun, Batang dan Buah yang Berwarna Merah Yang Menarik Mata

Tak sedikit dari para pecinta tanaman buah yang terheran -heran bahkan terkaget – kaget, saat mereka mengetahui bahwa ternyata ada tanaman lengkeng dengan buah berwarna merah. Padahal umumnya, tanaman buah Lengkeng mempunyai buah berwarna kuning kecoklatan. Yups, adalah RUBY LONGAN, itulah gelar yang disematkan kepada tanaman buah lengkeng pendatang baru yang unik dan langka ini. Tanaman Lengkeng ruby longan ini mempunyai keistimewaan dimana mampu menghasilkan buah dengan kulit berwarna merah solid layaknya permata ruby yang eksotik. Seliain itu, daun dan batangnya juga berwarna coklat kemerahan. Sosok tampilan fisik tanaman yang masih sekerabat dengan tanaman buah leci ini disebakan karena hasil mutasi genetik, hal ini yang memyebabkan daun dan batangnya mempunyai warna coklat kemerahan, bahkan kulit buahnya juga mempunyai warna merah solid. Cantik banget dech pokoknya!!!.

Walaupun notabenya masih sebagai salah satu tanaman buah pendatang baru, Namun faktanya , saat ini tanaman lengkeng ruby longan atau yang sering disebut lengkeng merah ini telah menjadi salah satu incaran wajib bagi para hobiis. Mereka memburu Lengkeng ruby longan ini karena memiliki daya tarik tampilan yang sangat unik dengan warna yang serba merah. Keberadaaan bibitnya yang tergolong masih langka membuat harga bibitnya pun melambung tinggi.

Tanaman Lengkeng Merah

Tanaman Lengkeng Merah

Sejarah Lengkeng Merah

Masuknya tanaman langka dan eksotik ini tak bisa dilepaskan dari kerja keras Bapak Ricky Hadimulya, Pekebun di bogor, Jawa Barat. Beliaulah orang yang berjasa dalam membawa masuk Tanaman buah lengkeng merah masuk di Indonesia. Bapak Ricky Hadimulya pula yang telah berhasil mendatangkan tanaman lengkeng jenis dimaond river, pingpong dan itoh untuk pertama kalinya di Indonesia, pada tahun 2004 lalu.

Awal mula masuknya tanaman lengkeng merah ini di Idonesia ini. Berawal dari rasa penarasan Bapak Ricky Hadimulya yang mengetahui adanya buah Lengkeng dengan warna merah itu melalui foto yang dikirim oleh koleganya di yang berada di Amerka Serikat. Sejak saat itu, perburuan tanaman unik ini dilakukan bersama dengan temannya Bapak chandra gunawan. Bapak Ricky Hadimulya pun terbang ke negeri ke Amerika Serikat untuk menyambangi negara asal tanaman tersebut, namun hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapannya. Bapak Ricky gak menyerah untuk terus mencari informasi meskipun harus mengeluarkan uang yang jumlahnya tidak sedikit. Bahkan ia bersedia menyewa orang untuk blusukan mencari tanaman yang membuatnya penasaran itu. Akhirnya, informasi yang ditunggu-tunggu datang dari koleganya di negeri jiran, Malaysia. Singkat cerita, Bapak Ricky Hadimulya langsung terbang ke malaysia untuk melihat langsung tentang keberadaan tanaman lengkeng yang unik tersebut. Setelah melihat secara langsung, Beliau benar-benar menyadari bahwa tanaman yang maksud memang berbeda. Tanaman Lengkeng merah ini memiliki ciri-ciri yang sangat mencolok yakni daunnya yang berwarna merah kecoklatan. Hal ini berbeda dengan tanaman lengkeng lainnya yang pada umumnya berwarna hijau. Akhirnya Bapak Ricky Hadimulya membawa semua bibit kelengkeng merah tersebut ke tanah air.

Baca Juga :   Ini dia, Cara Tepat Yang Digunakan Dalam Memperbanyak Tanaman Kurma

Di Indonesia, Bapak Ricky Hadimulya mulai menanam bibit Lengkeng merah tersebut di daerah dataran rendah tepatnya berada di parung, Bogor. Sekitar satu tahun berselang, bibit Lengkeng merah yang dibawa pun berbuah. Dengan wajah yang sangat gembira, Bapak Ricky Hadimulya meyakini bahwa tanaman lengkeng ini menghasilkan buah dengan kulit merah solid sesuai dengan yang ada di foto. Lengkeng merah ini benar-benar salah satu varian baru yang belum pernah ada di Indonesia.

Bibit Kelengkeng Merah Unggul

Bibit Kelengkeng Merah Unggul

Karakteristik Lengkeng Merah

Pada umumnya tanaman Lengkeng mempunyai daun berwarna hijau, Pucuk daunnya berwarna hijau kekuningan, batangnya coklat kehijauan dan kulit buah lengkeng berwarna kuning kecoklatan. Namun berbeda dengan Lengkeng yang satu ini, tanaman lengkeng ruby longan ini memiliki kulit buah yang berwarna merah solid. Daun mudanya berwarna coklat kemerahan, kemudian akan berubah menjadi hijau saat dewasa dan uniknya lagi adalah, daunnya akan kembali berwarna coklat kemerahan ketika daunnya sudah tua. Batang tanaman Lengkeng merah ini juga berwarna coklat kemerahan.

Menurut, Prof. Roedhy Poerwanto, peneliti dari pusat kajian hortikultura Tropis Institut pertanian bogor yang dikutip dari majalah Trubus edisi Mei 2014, menduga bahwa Sosok tampilan Lengkeng merah yang unik ini disebabkan karena hasil mutasi karena fenomena bud spot, yaitu perubahan genetik atau mutasi pada sel di titik tumbuh atau mata tunas dari induk normal sehingga warna resesif merah pada lengkeng muncul.

Sel yang telah mengalami mutasi tersebut akan membelah diri dan pada akhirnya akan membentuk jaringan dan organ-organ baru. Oleh Karena berasal dari satu sel yang sama, maka hampir seluruh sel mulai dari batang, daun, bunga, bahkan hingga buahnya memiliki gen yang sama. Jika kondisi demikian, maka tanaman tersebut dapat diperbanyak secara vegetatif dan menghasilkan tanaman yang seragam. Bud Spot terjadi secara acak akibat pengaruh alam semesta, seperti radiasi sinar kosmos. Selain itu bud spot juga bisa terjadi secara buatan menggunakan sinar gama.

Baca Juga :   Inilah 8 Keunggulan Kelengkeng Merah, Kelengkeng Eksotis Dengan Tingkat Kemanisan Mencapai 21 Briks

Tak hanya sosok penampilan fisiknya yang sangat cantik dan menarik mata. Akan tetapi, tanaman lengkeng merah ini juga memiliki buah yang mempunyai cita rasa yang mampu menggoyangkan lidah. Buah lengkeng ruby longan memiliki rasa yang sangat manis, dipadu dengan daging buahnya tebal, berwarna bening dengan kandungan air yang cukup tinggi atau juicy. Bahkan saking manis, berdasarka hasil pengujian, kadar gula buah lengkeng merah ini mencapai level 21 – 24 briks.

Buah Lengkeng Merah

Buah Lengkeng Merah

Budidaya Lengkeng Merah

Hadirnya Lengkeng merah ini memang membuat heboh kalangan pecinta tanaman buah. Bagaimana tidak?. selama ini tanaman lengkeng yang kita kenal identik dengan buahnya berkulit kuning kecoklatan, daunnya hijau dan batangnya berwarna coklat. Kehadiran Lengkeng ruby longan ini juga diyakini mampu menyemarakkan bisnis lengkeng di Indonesia dan diprediksi akan menarik perhatian kalangan hobiss tanaman buah. Pasalnya penampilan tanaman lengkeng yang satu ini amat sangat menarik dengan keistimwaan warna merahanya yang solid. Selain itu, tanaman ini juga sangat adaptif di dataran rendah dan memiliki sifat yang genjah atau rajin berbuah.

Untuk Saat ini, Tanaman lengkeng merah sangat cocok ditanam sebagai koleksi tanaman buah dalam pot (tabulampot). Dengan penampilan daun yang berwarna coklat kemerahan, pucuknya yang kemerahan, batangnya berwarna coklat kemerahan, serta dihiasi dengan buah yang berwarna merah solid membuat tanaman ini tampil sangat cantik dan menjadi daya tarik tersendiri yang tidak akan anda dapatkan dari jenis kelengkeng lainnya.
Kehadiran lengkeng merah ini juga sebenarnya dapat dijadikan sebagai poiner untuk membuat varian-varian tanaman lengkeng jenis baru. Tanaman lengkeng merah ini dapat dijadikan sebagai induk persilangan dengan jenis lengkeng lainnya sehingga dapat diperoleh jenis lengkeng yang lebih unggul lainnya.

Tabulampot Lengkeng Merah

Tabulampot Lengkeng Merah

Nilai Ekonomis Lengkeng Merah

Lengkeng merah masih tergolong langka di Indonesia. Sejak diperkenalkan pada tahun 2014, jumlah bibit lengkeng merah yang tersedia masih sangat terbatas. Dengan terbatasnya bibit, tentu saja akan mempengaruhi harga dari bibitnya sendiri. Bayangkan saja, harga bibit lengkeng merah ukuran kurang dari satu meter dibandrol dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bagi para kolektor tanaman buah, harga bibit lengkeng merahtersebut sebenarnya masih dianggap wajar, hal ini itak terlepas dari masih langkanya jumlah bibit yang tersedia dan sosok tampilannya yang cantik yang selalu menarik mata serta buahnya yang sangat unik, berwarna merah solid sehingga terkesan sangat unik. Tanaman lengkeng merah ini sangat cocok dijadikan tanaman buah dalam pot atau sebagai tanaman hias dihalaman rumah.

Baca Juga :   Inilah 6 Musuh Besar Hama & Penyakit Pada Tanaman Durian Musang king Dan Cara Pengendaliannya

Boleh dikatakan, Tanaman Lengkeng ruby longan ini masih tergolong varietas baru saat ini, Namun sudah memiliki penggemar yang cukup banyak. Untuk dijadikan sebagai buah komersil, sepertinya masih membutuhkan waktu yang cukup lama, Lengkeng merah masih memerlukan penelitia berkaitan dengan kestabilan kualitas buahnya seperti perubahan warna buah sudah stabil atau masih berubah-ubah. Begitu pula dengan daya adaptasinya diberbagai kondisi lingkugan tumbuh harus diketahui. Oleh sebab itu, dibutuhkan peran dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah, peneliti, para praktisinya untuk bersama-sama mengembangkan tanaman lengkeng merah agar bisa menjadi salah satu komoditi buah unggulan yang dapat dinikmati semua kalangan.

Bagikan informasi tentang Kenalan Yuk, si Ruby Longan, Tanaman Buah Lengkeng Langka Dengan Daun, Batang dan Buah yang Berwarna Merah Yang Menarik Mata kepada teman atau kerabat Anda.

Kenalan Yuk, si Ruby Longan, Tanaman Buah Lengkeng Langka Dengan Daun, Batang dan Buah yang Berwarna Merah Yang Menarik Mata | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: Kenalan Yuk, si Ruby Longan, Tanaman Buah Lengkeng Langka Dengan Daun, Batang dan Buah yang Berwarna Merah Yang Menarik Mata

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 27%
Jual Bibit Mamey Sapote Magana 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

mamey sapote UnggulRp 1.100.000 Rp 1.500.000
Tersedia
Rp 1.100.000 Rp 1.500.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 14%
Bibit Belimbing Dewi Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Belimbing Dewi TabulampotRp 185.000 Rp 215.000
Tersedia
Rp 185.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
OFF 21%
Benih Terong Tamarillo (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 15.000 Rp 19.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 19.000
Stok: Tersedia
OFF 16%
Pupuk Organik Phosphate 66 1 Liter

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 80.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 80.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR