Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Kelapa Wulung, Tanaman Buah Kelapa Cantik Yang Selalu Mencuri Hati dan Memiliki Khasiat Yang Mengagumkan

Kelapa Wulung, Tanaman Buah Kelapa Cantik Yang Selalu Mencuri Hati dan Memiliki Khasiat Yang Mengagumkan

Diposting pada 13 January 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 8.527 kali

Kelapa Wulung, Tanaman Kelapa Dengan Bentuk Cantik Yang Selalu Mencuri Hati dan Memiliki Khasiat Yang Mengagumkan

Tanaman Kelapa Wulung – Berbeda dengan kelapa biasanya, kenampakan kelapa wulung bisa dengan mudah dikenali karena kecantikannya. Tidak hanya sedap di mulut namun juga sedap dipandang mata. Fisik luarnya memang mirip kelapa biasa, namun ketika kita memotong sedikit serabutnya di bagian pangkal, kecantikannya langsung terlihat. Alih-alih warna putih/pucat seperti warna kelapa biasa pada umumnya, malahan warna pink (merah muda) bak pipi seorang gadis cantik yang menampilkan kemolekannya. Kecantikannya tidak berhenti sampai disitu, kelapa wulung juga cantik jika ditinjau dari nilai jualnya, bahkan juga manfaatnya. Penasaran?

Seperti layaknya tanaman kelapa pada umumnya, tanaman kelapa wulung bisa beradaptasi dengan baik di area berpasir seperti pantai dan memiliki ciri-ciri umum yang mudah dikenali, antara lain : pohon terdiri dari batang tunggal , akar berbentuk serabut, dengan struktur yang tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol. Batang pohon beruas-dan bila pohon sudah tua, ruas-ruas tersebut akan berkurang. Batangnya merupakan jenis kayu yg cukup kuat , tapi sayangnya kurang baik untuk bangunan. Daunnya merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip. Bunga majemuk dan terletak pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea, bunga terdiri dari bunga jantan dan betina. Bunga betinanya terletak di pangkal karangan, sedangkan bunga jantannya di bagian yang jauh dari pangkal. Buahnya umumnya besar, dengan diameter sekitar 10 cm-20 cm bahkan bisa lebih.

Sejarah Kelapa Wulung

Sejarah Kelapa Wulung

Sebenarnya kelapa wulung adalah kelapa yang termasuk dalam jenis kelapa hijau varietas varidis. Kenampakan fisiknya sama persis dengan kelapa hijau. Yang membedakannya adalah warna pink (merah muda) yang timbul saat kita memotong bagian pangkal buahnya, bukan warna putih seperti kelapa yang biasa kita temukan. Karena keunikannya yang tidak lazim ini, maka masyarakat membumbuinya dalam berbagai mitos cerita didalamnya. Antara lain, tanaman kelapa wulung bisa menangkal tenung, sebagai air suci untuk memandikan pusaka, bisa mengusir energi negatif, sebagai menangkal racun (untuk yang satu ini kemungkinan ada benarnya secara ilmiah), dan lain-lain.

Baca Juga :   Kenalan Yuk Dengan KELAPA KOPYOR, Si Kelapa Buruk Rupa Yang Selalu Dicari-cari dan selalu dinanti kehadirannya

Perbedaan lainnya adalah air buahnya. Air kelapa wulung bercitarasa agak pahit bukan manis seperti kelapa unggulan lain. Hal ini menggiring persepsi publik bahwa kelapa wulung juga berfungsi sebagai obat. Hal tersebut ada benarnya karena buah kelapa wulung mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh dan zat-zat lain yang dapat membantu menyembuhkan penyakit tertentu. Antara lain: sakarosa, glukosa, tanin, sukrosa mineral, asam amino, alanin, sistin, arginin, alin, pantotenat, biotin, riboflavin, fruktosa, dan lain-lain.

Sejarah Kelapa Wulung

Mengenai kapan dan bagaimana bibit kelapa masuk ke Indonesia, tidak diketahui secara pasti. Berbagai sumber menyebutkan bahwa tanaman kelapa mulai dikenal pada daerah-daerah pesisir pantai Jawa, Sumatra, dan pulau-pulau di Nusantara bagian timur. Namun yang jelas bahwa tanaman kelapa sejak akhir abad 19 telah menjadi tanaman ekspor yang penting di sepanjang Sumatra bagian barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara,dan Maluku.

Di wilayah Nusantara sendiri, cerita tentang kelapa sudah lama dikenal. Ini dibuktikan dengan adanya gambar pohon kelapa pada relief Candi Borobudur. Relief pohon kelapa itu mengandung makna kesuburan. Kelapa, yang dalam bahasa Bugis dan Makassar disebut kaluku, juga dijumpai pada empat etnis suku di Sulawesi Selatan. Dalam masyarakat Sulawesi Selatan, pohon kelapa mempunyai makna simbolis seperti kesuburan, perdamaian, dan kekayaan. Dalam tradisi Sulawesi Selatan, ari-ari bayi ditanam bersama sebuah bibit kelapa, dengan harapan anak itu tumbuh kuat dan memberi banyak kegunaan seperti pohon kelapa.

Kelapa Wulung Unggul

Kelapa Wulung Unggul

Lingkungan Tumbuh Ideal Kelapa Wulung

Pohon kelapa wulung dapat tumbuh dengan sempurna di daerah berketinggian kurang dari 450 m dpl dan mempunyai curah hujan sekitar 1300-2300 mm/tahun dengan suhu 20-27 derajat celsius. Bibit kelapa wulung  ini juga memerlukan penyinaran matahari selama 120 jam/bulan. Sedangkan utuk kelembaban udara yang sering disebut rH (relative Humidity/ kelembaban relatif, tanaman menyukai PH udara rata-rata 70-80 persen.

Buah kelapa Wulung

Buah kelapa Wulung

Tinjauan Ekonomis

Atas banyaknya manfaat yang dimiliki buah kelapa wulung, baik medis maupun non-medis, ilmiah ataupun mitos, membuat buah kelapa ini banyak dicari konsumen. Namun kelangkaan buah dipasaran membuat harganya membumbung tinggi. Suka atau tidak suka buah kelapa wulung atau kelapa cemani bisa dibandrol dengan harga mencapai Rp 25.000 per butir.

Baca Juga :   Inilah 5 Panduan tepat Membudidayakan Tanaman Buah Kelapa Wulung Agar Cepat Tumbuh dan Berbuah Dengan Cepat

Demikian sedikit informasi tentang tanaman dan buah kelapa wulung. Ternyata tanaman kelapa wulung ini juga memiliki sejarah yang cukup panjang dalam dunia perkebunan Indonesia. Kehadiran kelapa wulung ini mampu menjadi fenomena tersendiri bagi pecinta buah kelapa, salah satunya adalah manfaat air kelapa wulung yang mampu sebagai penawar racun.

Untuk artikel selanjutnya kita aka membahas tentang budidaya kelapa wulung agar mampu cepat berbuah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, budidaya kelapa wulung membutuhkan beberapa tahapan seperti pemilihan bibit, pengelohan lahan, tahapa penanaman dan perawatan. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi anda untuk menanam atau paling tidak mencoba mencicipinya sendiri secara langsung. Terima Kasih.

Bagikan informasi tentang Kelapa Wulung, Tanaman Buah Kelapa Cantik Yang Selalu Mencuri Hati dan Memiliki Khasiat Yang Mengagumkan kepada teman atau kerabat Anda.

Kelapa Wulung, Tanaman Buah Kelapa Cantik Yang Selalu Mencuri Hati dan Memiliki Khasiat Yang Mengagumkan | JualBenihMurah.com

15 komentar untuk Kelapa Wulung, Tanaman Buah Kelapa Cantik Yang Selalu Mencuri Hati dan Memiliki Khasiat Yang Mengagumkan

  • Aji says:

    Assalamualaikum
    Mau tanya pk apa tersedia di online Shop

  • Oryza Sativa Bachtin says:

    Berapa jarak tanam antar lubang? Dapatkah kelapa Wulung ditanam bersama dgn jenis kelapa lainnya dlm satu lahan?

    • Ali Arwani says:

      Untuk jarak tanam kelapa wulung sekitar 9 x 9 m.
      Tanaman kelapa wulung dapat ditanam bersaam dengan jenis tanaman kelapa yang lain. semoga bermanfaat. terima kasih

  • Abdul says:

    Kalo batang nya kuning bibit kelapa apa pak ?

    • Ali Arwani says:

      salah satu ciri bibit kelapa wulung adalah pada dibagian akar bibit kelapa wulung jika disobek akan tampak warna merah muda atau merah keunguan. Semoga bermanfaat

  • ming says:

    Kalau mau beli buah kelapa wulung area makassar dimana pak ??

  • Mujib says:

    Rata rata maksimal tinggi kelapa wulung berapa meter?
    Terimakasih

    • Ali Arwani says:

      Selamat siang,
      untuk tinggi rata-rata kelapa wulung sekitar 4-5 meter
      untuk informasi bibit tanaman kelapa wulung silahkan hubungi kami : 085707858020

      terima kasih
      JualBenihMurah.com

  • Parman says:

    Kalau mau beli buah kelapa wulung dimana ya?

  • azhari says:

    bagaimana cara membedakan antara bibit kelapa biasa dengan kelapa wulung? teri,a kasih

    • ALI ARWANI says:

      selamat pagi..
      untuk membedakan bibit kelapa wulung dengan kelapa hijau memang agak susah. Walaupun agak susah untuk membedakan jenis kelapa wulung dengan jenis yang lain, namun rasa air kelapa wulung sangat berbeda. Ketika dibelah, daging kelapa hijau berwarna merah muda. Airnya agak pahit dan tidak sesegar air kelapa jenis lain.

      Namun, untuk menghasilkan bibit kelapa wulung, bakal bibit diambil dari buah kelapa wulung. semoga informasi tersebut bermanfaat.

  • mughni says:

    kalau boleh tanya warna pink itu hanya ada pada kelapa yg muda atau tua ya pak… apakah tua juga khasiatnya sama

    • ALI ARWANI says:

      warna pink kelapa wulung akan mudah terlihat pada kelapa yang masih muda, jika sudah tua akan mengalami perubahan warna. sedangkan untuk khasiat, biasanya yang digunakan adalah air kelapa wulung yang masih muda.
      semoga bermanfaat, terima kasih

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Bagaimana Cara Penanganan Terhadap Bibit Tanaman Buah Pasca Pengiriman

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Bibit Tanaman Buah Siap Packing*Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
OFF 18%
Benih Bunga Kol Snow White F1 (Known You Seed)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 22.500 Rp 27.500
Tersedia
Rp 22.500 Rp 27.500
Stok: Tersedia
Jual Bibit Alpukat Pinkerton 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
OFF 13%
Sphagnum Moss Super

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sphagnum Moss SuperRp 32.500 Rp 37.500
Tersedia
Rp 32.500 Rp 37.500
Stok: Tersedia
SIDEBAR