Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 13 Jenis Buah Kurma Unggulan Yang Populer akan Kelezatan Dan Layak Untuk Di Nikmati

Inilah 13 Jenis Buah Kurma Unggulan Yang Populer akan Kelezatan Dan Layak Untuk Di Nikmati

Diposting pada 29 April 2017 oleh Ali Arwani | Dilihat: 3.592 kali

Inilah 13 Jenis Buah Kurma Unggulan Yang Populer akan Kelezatan Dan Layak Untuk Di Nikmati

Apabila telah memasuki bulan suci Ramadhan, BUAH KURMA menjadi salah satu primadona menu makanan yang dijadikan sebagai ta’jil saat berbuka puasa. Yups, Memang sejak zaman dahulu, Buah kurma sering dijadikan sebagai makanan khas di bulan puasa, bahkan di timur tengah, buah kurma sudah di jadikan sebagai makanan pokok sejak ribuan tahun lalu. Semua itu lantaran khasiat kurma yang diyakini dapat mengurangi dehidrasi.

BUAH KURMA merupakan salah satu tanaman berbuah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genus phoenix. Nama ilmiah kurma adalah dactylifera phoenix. buah ini boleh boleh dimakan, baik dalam keadaan masak maupun masih mentah. buah yang berasal dari negara Timur Tengah ini memiliki banyak kandungan zat gizi yang baik bagi kesehatan.

Menurut pasar dunia, buah kurma yang matang terbagi menjadi empat kategori yaitu imri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), dan tamr (matang dikeringkan dengan bantuan matahari). Tidak banyak yang tahu, ternyata Terdapat beberapa jenis kurma terpopuler dan digemari berbagai masyarakat di dunia dari ratusan buah kurma.

Jenis Buah kurma

Jenis Buah kurma

Berikut ini adalah Daftar jenis Buah Kurma yang populer akan kelezatannya dan khasiatnya yang sangat baik Untuk kesehatan tubuh kita : 

1. Kurma Ajwa

Kurma yang berasal dari Madinah ini lembut, manis, rasanya lezat, dan membantu meningkatkan kesehatan. Kurma Ajwa juga menguatkan tulang dan jantung. Kurma ini sangat disukai Rasulullah Saw dan sering disebut sebagai kurma Nabi.

kurma ajwa

kurma ajwa

2. Kurma Anbara

Kurma yang berharga mahal ini juga berasal dari Madinah. Ukurannya besar, berkualitas tinggi dan rasanya lezat. Daging buahnya tebal dan bertekstur lembut. Anbara adalah salah satu kurma terbaik dari Madinah yang langka dan sukar didapat.

kurma anbara

kurma anbara

3. Kurma Saggae

Kurma ini memiliki warna coklat muda keemasan dengan warna yang lebih terang pada pangkal buahnya. Rasanya halus, kurang manis, dan lebih berserat. Kurma Saggae dibudidayakan di wilayah Madinah.

kurma saggae

kurma saggae

4. Kurma Safawi

Kurma Safawi dibudidayakan di Madinah dan Yanbuae. Berwarna coklat gelap, rasanya lezat manis mirip dengan rasa kurma Ajwa, daging buahnya lembab dan bertekstur lembut. Karakteristik pohon kurma Safawi adalah produktif, itulah yang membuat kurma Safawi lebih banyak tersedia dan mudah didapat dibanding kurma lain.

kurma safawi

kurma safawi

5. Kurma Khalas

Ukurannya sedang dan berwarna coklat gelap kemerahan. Kurma Khalas lembab dan lengket, rasanya enak seperti karamel. Termasuk salah satu jenis terbaik dari kurma kelas atas. Khalas dikenal paling enak rasanya dari varietas-varietas kurma yang ditanam di Teluk Arab.

kurma khalas

kurma khalas

6. Kurma Mabroom

Memiliki buah yang ramping, panjang, dan padat. Rasanya tidak terlalu manis. Kurma Mabroom kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Termasuk kurma kelas premium dan mahal harganya.

kurma mabroom

kurma mabroom

7. Kurma Sukkary

Kurma Sukkary sangat manis rasanya dan lembab, mampu memberikan energi instan jika dimakan. Tumbuh di daerah Qaseem, Arab Saudi, warnanya hampir kemerahan ketika pertama kali mengering. Ketika semakin kering, warnanya menjadi kuning keemasan. Ada yang bilang Sukkary rasanya seperti cupcakes.

kurma sukkary

kurma sukkary

8. Kurma Khudri

Kurma Khudri berdaging gemuk, ukurannya menengah sampai besar, berbentuk silinder. Berwarna merah kecoklatan, kenyal dan rasanya seperti karamel. Khudri kaya dengan serat, kalium, magnesium, serta berbagai vitamin dan mineral.

kurma khudri

kurma khudri

9. Kurma Medjool (Majdoul)

Kurma Medjool tumbuh di iklim yang panas kering seperti di Timur Tengah, Afrika, dan California. Daging buahnya gemuk, lembab, dan manis. Kadang disebut sebagai Cadillac-nya kurma. Mengandung serat dan mineral penting seperti potassium, magnesium, tembaga, dan mangan.

kurma medjool

kurma medjool

10.  Kurma Amir Hajj

Warnanya mirip dengan Medjool namun teksturnya sedikit berbeda, kurma Amir Hajj lebih lembut. Rasanya seperti karamel dan ada rasa pedasnya. Di Timur Tengah dikenal sebagai “kurma tamu” karena biasanya disajikan untuk tamu.

kurma amir hajj

kurma amir hajj

11. Kurma Deglet Nour

Kurma Deglet Nour berwarna kemerahan hingga kekuningan, rasanya halus meski tidak semanis dan selembab kurma Medjool. Deglet Nour adalah kurma yang paling banyak ditanam di Afrika Utara. Disebut Deglet Nour (kurma cahaya) karena tembus cahaya. Biji dalam daging buah bisa terlihat saat kurma ini didekatkan ke cahaya.

kurma deglat nour

kurma deglat nour

12. Kurma Barhi

Ukurannya besar, kulitnya tipis, dan berbentuk bulat. Kurma Barhi yang matang dagingnya sangat lembut dan meleleh di mulut jika dimakan. Namanya berasal dari nama angin panas Arab yang disebut “Barh”.

kurma barhi

kurma barhi

13. Kurma Kalmi

Berasal dari Oman, kurma Kalmi adalah varian dari kurma hitam. Ukurannya biasanya kecil dan berbentuk silinder. Kaya akan potassium dan membantu mencegah penyakit seperti diare.

kurma kalmi

kurma kalmi

Demikianlah informasi tentang jenis-jenis buah kurma unggulan di seluruh dunia yang layak untuk dinikmati. Sedikitnya ada 13 buah kurma unggulan mulai dari buah kurma Kalmi, Kurma Barhi, Kurma Deglet Nour, Kurma Amir Hajj hingga kurma ajwa. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan kita untuk lebih mengenal kurma. semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga :   WAJIB TAHU, Inilah Fase-Fase Kematangan Buah Kurma Untuk Menentukan Waktu Yang Tepat Dalam Memanen Sesuai Dengan Keperluan

Demikianlah informasi tentang jenis-jenis buah kurma unggulan di seluruh dunia yang layak untuk dinikmati. Sedikitnya ada 13 buah kurma unggulan mulai dari buah kurma Kalmi, Kurma Barhi, Kurma Deglet Nour, Kurma Amir Hajj hingga kurma ajwa.

Selain memiliki rasa yang manis, Nyatanya buah kurma memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Mengkonsumsi buah kurma secara teratur dipercaya mampu untuk Menjaga kekuatan tulang, Kurma memberi rasa kenyang, untuk mengatasi sembelit, Menjaga kesehatan jantung dan masih banyak lagi tentunya. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan kita untuk lebih mengenal kurma. semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

Bagikan informasi tentang Inilah 13 Jenis Buah Kurma Unggulan Yang Populer akan Kelezatan Dan Layak Untuk Di Nikmati kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 13 Jenis Buah Kurma Unggulan Yang Populer akan Kelezatan Dan Layak Untuk Di Nikmati | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: Inilah 13 Jenis Buah Kurma Unggulan Yang Populer akan Kelezatan Dan Layak Untuk Di Nikmati

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Edisi Terbatas
OFF 22%
Bibit Jeruk Purut Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk Purut BerbuahRp 145.000 Rp 185.000
Tersedia
Rp 145.000 Rp 185.000
Stok: Tersedia
OFF 7%
Pupuk Booster Nutrileng

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Booster nutrilengRp 125.000 Rp 135.000
Tersedia
Rp 125.000 Rp 135.000
Stok: Tersedia
OFF 13%
Rockwool

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rockwool 1Rp 19.500 Rp 22.500
Tersedia
Rp 19.500 Rp 22.500
Stok: Tersedia
OFF 40%
Bibit Alpukat Wina 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Alpukat WinaRp 75.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR