Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Jenis-Jenis Tanaman Buah Kelengkeng Unggulan Dilihat Berdasarkan Keunikan, Keunggulan dan Daerah Tempat Tumbuhnya

Jenis-Jenis Tanaman Buah Kelengkeng Unggulan Dilihat Berdasarkan Keunikan, Keunggulan dan Daerah Tempat Tumbuhnya

Diposting pada 15 September 2017 oleh Ali Arwani | Dilihat: 7.442 kali

Jenis-Jenis Tanaman Buah Kelengkeng Unggul Dilihat Berdasarkan Keunikan, Keunggulan dan Daerah Tempat Tumbuhnya

Mendengar buah kelengkeng?. pasti yang terbayang dalam benak kita adalah buah yang manis dengan aroma yang khas. Yups tepat sekali, Buah kelengkeng memang sangat digemari oleh banyak orang karena rasanya yang manis dan juga memiliki aroma tertentu yang membuat semakin nikmat rasanya. Tanaman buah manis dan berair ini merupakan salah satu tanaman buah tropis yang banyak ditanam di negara kita, Indonesia. Sekarang ini sudah banyak kita jumpai tanaman buah kelengkeng yang tumbuh dengan baik bahkan sudah ada yang berbuah dengan lebat. Pembudidayaan tanaman buah kelengkeng juga dapat kita lakukan di pekarangan rumah kita sendiri lho.

Asalkan punya halaman yang cukup dan memang hobi, berkebun pun bisa dilakukan. Pohon kelengkeng tergolong tanaman buah yang tidak terlalu tinggi denga daun yang lebat. Buah dari tanaman ini biasanya berada diujung ranting. Selain dapat mempercantik dan membuat teduh hunian kita, kita juga bisa memetik dan merasakan manisnya buah kelengkeng langsung dari pohonnya yang kita tanam sendiri..betul kan??. double keuntungan lho..!!!.

Jenis Kelengkeng Menurut Tempat Tinggal

Jenis Kelengkeng Menurut Tempat Tinggal

Tertarik untuk membudidayakan pohon kelengkeng di pekarangan rumah?. Sebelum kita memutuskan untuk membudidayakan pohon kelengkeng yang menguntungkan ini, alangkah lebih baiknya kita lebih mengenal karakter pohon kelengkeng yang akan kita tanam terlebih dahulu.

Berikut ini Jenis Tanaman Buah Kelengkeng Menurut Tempat Tumbuhnya antara lain :

A. Kelengkeng Dataran Tinggi

Jenis kelengkeng dataran tinggi merupakan jenis tanaman buah kelengkeng asli dari Indonesia. kelengkengkeng dataran tinggi biasanya memiliki karakteristik khusus yang dapat kita ihat dari bentuk daunnya yang besar, tebal dan lebar. Kelengkeng dataran tinggi biasanya memerlukan perlakuan khusus dimana biasanya dipacu dengan perlakuan aplikasi pupuk dan hormon. Salah satu keunggulan dari kelengkeng dataran tinggi adalah dapat mengatur waktu pembuahan. Kelengkeng jenis ini banyak dibudidayakan di daerah-daerah dataran tinggi, seperti di daerah Ambarawa, Temanggung, dan Tumpang dan daerah lainnya.

Baca Juga :   7 Jenis Tanaman Buah Kelengkeng Dengan Rasa Paling Manis dan Paling Bagus Untuk Pembudidayaan Tabulampot atau Lahan di Iklim Indonesia

Adapun Jenis Kelengkeng Dataran Tinggi antara lain :
1. Kelengkeng Itoh
Kelengkeng itoh tergolong kelengkeng dataran tinggi unggulan. kelengkeng ini mampu menghasilkan daging buah yang tebal, kering, tekstur yang renyah, ditambah lagi rasanya yang super manis. Kelengkeng itoh merupakan hasil perpaduan antara kelengkeng diamond river dengan kelengkeng puan ray dari thailand. Walaupun termasuk kelengkeng dataran tinggi, Ternyata pohon kelengkeng itoh juga mampu beradaptasi dengan baik dengan dataran rendah. tetapi tetap saja untuk menghasilkan buah harus dirangsang dengan aplikasi pupuk / pemberian hormon tambahan.

2. Kelengkeng New Kristal
Kelengkeng New Kristal mampu menghasilkan buah dengan dompolan yang super banyak, satu dompolnya bahkan bisa mencapai berat 3 – 4 kg. daging buahnya tebal, kenyal, cenderung kering dengan rasa yang manis. Kelengkeng New kristal merupakan jenis kelengkeng dataran tinggi unggulan dan penyempurnaan dari kelengkeng itoh. Pohon kelengeng New Kristal mampu beradaptasi dengan baik dan berbuah pada dataran rendah.

B. Kelengkeng Dataran Rendah.

Kelengkeng dataran rendah menjadi jawaban para pecinta buah kelengkeng yang tinggal di dataran rendah. Kelengkeng jenis ini telah berhasil menepis mitos bahwa tanaman kelengkeng hanya mampu tumbuh dan berbuah khusus pada dataran tinggi yang berhawa sejuk. Kelengkeng dataran rendah pada umumnya mampu berbuah sendiri secara alami, tanpa perlakuan khusus. hal inilah yang menjadi keunggulan dan daya tarik daya tarik bagi petani untuk melakukan budidaya kelengkeng dataran rendah.

Adapun Jenis Kelengkeng Dataran Rendah antara lain :
1. Kelengkeng Diamond River
kelengkeng diamond river merupakan kelengkeng dataran rendah yang cepat berbuah. keunggulan lainnya adalah rasa buahnya yang super manis dan kegenjahannya ketika berbuah.

Ciri-ciri yang harus anda ketahui tentang kelengkeng diamond river:
– Buah jenis kelengkeng diamond river cenderung berair, dan inilah yang menjadi kelemahan dari kelengkeng jenis diamond river.
– Percabangan banyak, tajuk daun rimbun, cocok ditanam di pekarangan rumah untuk peneduh.
– Gampang berbuah, hampir tiap tahun selalu berbuah
Daun kelengkeng jenis diamond river berwarna hijau cerah, lebar, dan ciri yang paling menonjol adalah pada tepian daun sedikit bergelombang.

Baca Juga :   10 Jenis Tanaman Buah Nangka Unggulan Dengan Rasa Yang Manis dan Layak Untuk dibudidayakan di Lahan atau Tabulampot Dengan Iklim Indonesia

2. Kelengkeng Pingpong
Kelengkeng pingpong termasuk jenis kelengkeng super, hal ini karena ukuran buahnya yang sebesar bola pingpong. Selain itu, buahnya memiliki aroma yang harum dan wangi, rasanya juga sangat manis sekali. Daging buahnya tipis, dengan biji besar, dan cenderung kering. Kelengkeng pingpong juga bersifat genjah atau cepat berbuah.

Ciri-ciri dari jenis kelengkeng pingpong bisa diamati dari hal-hal berikut:
– Buah besar, daging tipis, biji buah besar.
– dompolan buah lebat, tetapi karena percabangan yang jarang, maka total buah yang dihasilkan pada satu pohon menjadi sedikit
– pucuk pohon cenderung tumbuh memanjang, dengan percabangan yang jarang. Inilah yang menjadi salah satu kekurangan jenis kelengkeng pingpong. Kalau dibiarkan tumbuhnya tanpa pemangkasan sejak awal maka cabangnya akan cenderung memakan tempat dengan pertajukan yang jarang-jarang. Tetapi ini bisa diakali dengan mengatur pertumbuhan tajuk kelengkeng pingpong sejak awal melalui pemangkasan dan pengikatan.
– Mempunyai daun berbentuk oval dan melengkung ke bawah. warnanya agak gelap

3. Kelengkeng Puan Ray
Kelengkeng PuanRay mempunyai daging buah yang tebal dan berbiji kecil. Tekstur daging buahnya cenderung kering. Kelengkeng ini berasal dari l dari negara Thailand dan sangat cocok ditanam di dataran rendah. Keistimewaan lainnya dari kelengkeng puan ray ini adalah dapat dibudidayakan di dataran rendah dan cepat berbuah meski baru berumur satu tahun.

4. Kelengkeng Aroma Durian
Keunikan dari kelengkeng aroma durian ini adalah memiliki aroma buah yang harum layaknya aroma durian, dan rasanya juga seperti durian setengah matang. kelengkeng aroma durian atau yang sering disebut kelengkeng mata naga ini memiliki banyak cabang dan rimbun, sehingga sangat cocok dijadikan hiasan dalam pekarangan rumah.

Baca Juga :   Inilah Peluang Usaha dan Analisis Keuntungan Budidaya Tanaman Buah Kelapa Kopyor, Menggiurkan Sekali

Dalam membudidayakan tanaman buah kelengkeng, usahakan kita memulainya pada saat waktu menjelang musim penghujan, antara bulan november-desember. Akan tetapi, bisa juga dilakukan pada di bulan-bulan yang lain asalkan harus memperhatikan asupan makanan dan kebutuhan airnya.

Demikianlah informasi tentang jenis tanaman lengkeng unggul berdasarkan daerah tempat tumbuhnya. Seperti yang telah kita bahas diatas, ada beberapa kelengkeng unggul yang yang layak dibudidayakan antara lain : Lengkeng new kristal, Lengkeng itoh, Lengkeng aroma durian, Lengkeng puangray, Lengkeng hawae. Ketika hendak berkebun tanaman lengkeng anda dapat memilih lengkeng unggul berdasarkan daerah tempat tumbuhnya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Jenis-Jenis Tanaman Buah Kelengkeng Unggulan Dilihat Berdasarkan Keunikan, Keunggulan dan Daerah Tempat Tumbuhnya kepada teman atau kerabat Anda.

Jenis-Jenis Tanaman Buah Kelengkeng Unggulan Dilihat Berdasarkan Keunikan, Keunggulan dan Daerah Tempat Tumbuhnya | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: Jenis-Jenis Tanaman Buah Kelengkeng Unggulan Dilihat Berdasarkan Keunikan, Keunggulan dan Daerah Tempat Tumbuhnya

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 29%
Bibit Strawberry 30cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Strawberry segarRp 25.000 Rp 35.000
Tersedia
Rp 25.000 Rp 35.000
Stok: Tersedia
OFF 14%
Liquinox BLOOM (0-10-10)-100ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Liquinox BLOOM 100 mlRp 18.000 Rp 21.000
Tersedia
Rp 18.000 Rp 21.000
Stok: Tersedia
OFF 11%
Pupuk GrowMore Daun 32-10-10 (100 Gram)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

GrowMore Daun 100 GramRp 15.500 Rp 17.500
Tersedia
Rp 15.500 Rp 17.500
Stok: Tersedia
OFF 25%
Jual Bibit Anggur Giant Grande 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 1.500.000 Rp 2.000.000
Tersedia
Rp 1.500.000 Rp 2.000.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR