Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 8 Jenis Anggur Tanpa Biji Yang Cocok diBudidayakan di Indonesia

8 Jenis Anggur Tanpa Biji Yang Cocok diBudidayakan di Indonesia

Diposting pada 24 March 2021 oleh Ali Arwani | Dilihat: 601 kali

Berikut 8 Varietas Tanaman Anggur Seedless Terbaik  Yang Dapat Tumbuh dan Berbuah Di Iklim Indonesia

jenis anggur seedless

jenis anggur seedless

Buah anggur? siapa sich yang gak kenal dengan buah yang satu ini. Dengan rasa yang manis dan manfaatnya yang berlimpah. Tak heran, jika buah anggur ini menjadi salah satu jenis buah-buahan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Tanaman anggur sendiri memiliki banyak varietas yang didasarkan pad berdasarkan bentuk buah, ukuran buah, warna kulit, tandan buah, rasa, aroma, dan bentuk daun. Terdapat salah satu varietas anggur yang cukup banyak menarik perhatian karena keunikannya dari jenis anggur yang lain yakni varietas seedless atau tanpa biji.

Varietas Anggur Seedless

Anggur seedless atau yang sering disebut anggur tanpa biji termasuk verietas tanaman anggur yang cukup banyak penggemar. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya Anggur seedless dikenal memiliki citarasa yang istimewa. Sebagian besar mungkin merasa capek, ketika harus memakan anggur karena anda harus menyisihkan bijinya yang biasanya berukuran kecil dan berjumlah banyak. Selain itu, anggur seedless juga dikenal memiliki nilai ekonomis yang terbilang tinggi sehingga daoat dijadikan sebagai komoditas bisnis.

 

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa varietas anggur tanpa biji atau seedless yang mampu tumbuh dengan baik, bahkan ada beberapa juga yang mampu berbuah dengan kualitas yang baik. Nah, bagi anda berencana menanam varietas anggur tanpa biji, ada baiknya, anda mengetahui terlebih dahulu varietas apa saja yang terkenal seedless atau tanpa biji.

Berikut ini adalah 8 varietas tanaman anggur seedless atau tanpa biji  yang dapat tumbuh di Indonesia : 

1. Anggur Crimson Seedless

Anggur crimson seedless berasal dari Mesir. Warna dari buah anggur crimson seedless tampak sama seperti buah anggur merah dengan bentuk yang lebih lonjong. Rasa dari buah ini sangat manis dengan tekstur daging yang renyah.

Baca Juga :   Tips Pemupukan Pada Tanaman Anggur

Buah anggur crimson membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai fase pematangan, namun jenis anggur ini bisa bertahan hingga 6 bulan di dalam lemari pendingin.

anggur crimson seedless

anggur crimson seedless

2. Anggur Autumn Pink

Seperti namanya, kulit dari buah anggur autumn pink ini berwarna merah jambu atau pink yang sangat menarik. Bentuk buahnya sendiri tampak lonjong dengan ukuran buah yang sedang. Selain warnanya yang cantik, buah anggur autumn pink juga memiliki rasa manis dengan sensasi yang menyegarkan. Untuk itu, anggur autumn pink merupakan jenis anggur yang sangat lezat.

Agar tumbuh dengan baik, buah anggur autumn pink membutuhkan cahaya matahari yang optimal. Jenis anggur ini memiliki masa produktif berbuah sekitar 1 hingga 2 tahun sekali.

Anggur Autumn pink

Anggur Autumn pink

3. Anggur Jupiter Seedless

Buah Anggur jupiter merupakan jenis tanaman anggur meja yang terkenal memiliki tingkat produktivitas buah yang cukup tinggi. Buah anggur jupiter berbentuk oval, kulit buahnya yang berwarna merah keunguan saat sudah matang. Daging buahnya tebal dengan tekstur renyah dan tanpa biji. buah anggur jupiter memiliki citarasa yang manis dengan tingkat kemanisan mampu mencapai 21 brix.

Layaknya tanaman anggur pada umumnya, untuk membuahkan tanaman anggur jenis jupiter ini memerlukan proses pemangkasan atau prunning. Biasanya dari pemangkasan sampai buah siap petik membutuhkan waktu sekitar 105 hari.

anggur jupiter seedless

anggur jupiter seedless

4. Anggur Luchisty Seedless

Anggur luchisty seedless merupakan jenis anggur meja yang terkenal dengan tandan buahnya yang besar. Untuk satu tandannya, jenis anggur ini mampu menghasilkan 600 hingga 1.200 gram buah dengan berat perbuahnya sekitar 6 hingga 7 gram.

Merupakan jenis anggur yang dapat dikatergorikan sebagai varietas dengan tingkat produktivitas yang tinggi. Terlebih lagi, buah anggur luchisty seedless juga mampu bertahan lama jika disimpan di dalam pendingin. Bentuk buahnya lonjong dengan perpaduan warna mewah dan ungu yang menarik.

anggur luchisty seedless

anggur luchisty seedless

5. Anggur Joy Seedless

Varietas anggur yang satu ini merupakan jenis buah anggur yang langka. Mungkin, karena perawatannya yang membutuhkan perhatian khusus, tidak terlalu banyak pencinta anggur yang menanam jenis anggur joy seedless ini.

Baca Juga :   Inilah 16 Varietas Tanaman Anggur Import Yang Terkenal Bersifat Genjah dan Terbukti Dapat Berbuah Di Iklim Indonesia

Meskipun perawatannya tidak terlalu mudah, namun anda akan mendapatkan buah yang berukuran besar dan pastinya tanpa biji dengan menanam anggur joy seedless ini. Satu butirnya saja dapat mencapai berat hingga 18 gram dengan satu tandan buah mampu menghasilkan 700 hingga 1500 gram.

Anggur sweet joy

Anggur sweet joy

6. Anggur Avatar Seedless

Selain jenis anggur joy seedless, anggur avatar juga merupakan jenis anggur langka yang terbilang baru di kalangan pencinta anggur di Indonesia. Anggur Avatar berasal dari Ukraina yang telah diklaim mampu tumbuh dengan baik di berbagai wilayah di Indonesia.

Sekilas, bentuk buah anggur avatar mirip dengan buah anggur moondrop dengan bentuk memanjang. Tentunya, bentuk anggur seperti ini terlihat unik karena berbeda dari jenis anggur kebanyakan.

Daging buah avatar memiliki tekstur yang renyah dengan rasa manis yang segar. Ukuran buahnya juga besar sehingga cukup mengenyangkan untuk dimakan. Untuk satu kilogramnya, bibit anggur avatar dijual dengan harga sekitar Rp. 750.000.

anggur avatar seedless

anggur avatar seedless

7. Anggur Velez Seedless

Anggur Veles merupakan varietas anggur meja tanpa biji yang terkenal rajin berbuah. Buah anggur veles memiliki tampilan dan ukuran yang cantik, buahnya berbentuk oval dengan warna kulit merah jambu dan sedikit transparan. Buah anggur veles mempunyai daging buah yang tebal, padat dan tidak memiliki biji sama sekali. Buah anggur veles mempunyai citarasa manis yang harmonis dengan aroma muscat.

Selain itu, tanaman anggur veles juga memiliki ketahanan yang baik pada suhu dingin. Keunggulan lainnya adalah tanaman anggur veles ini mampu menghasilkan tandan buah yang berukuran besar yakni berkisar antara 2000-3000 gram dengan tangkai tandan tunggal.

8. Anggur Autumn King Seedless

Berbeda dengan varietas anggur diatas, jenis anggur autumn king seedless memiliki warna hijau yang tampak cantik. Ukuran buahnya cenderung besar dengan tekstur daging yang renyah dan rasa yang manis.

Baca Juga :   Teknik Pemangkasan Anggur – MODEL TERALIS

Jenis buah anggur ini sangat cocok ditanam di pekarangan karena budidayanya yang cukup mudah. Usia produktif buah anggur autumn king berkisar 2 hingga 3 tahun.

Berikut beberapa varietas anggur tanpa biji yang cukup banyak tumbuh di Indonesia. Tentunya, jenis anggur yang tidak memiliki biji lebih memudahkan anda untuk mengkonsumsinya. Dapat langsung mengunyah dan menelan buah anggur tanpa harus menyisihkan bijinya terlebih dahulu.

Demikianlah informasi tentang jenis tanaman anggur import tanpa biji (Seedless). Semoga artikel tersebut dapat menjadi rujukan awalan untuk memilih jenis anggur apa yang cocok untuk dibudidayakan di daerah anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan informasi tentang 8 Jenis Anggur Tanpa Biji Yang Cocok diBudidayakan di Indonesia kepada teman atau kerabat Anda.

8 Jenis Anggur Tanpa Biji Yang Cocok diBudidayakan di Indonesia | JualBenihMurah.com

3 komentar untuk 8 Jenis Anggur Tanpa Biji Yang Cocok diBudidayakan di Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Edisi Terbatas
OFF 11%
Bibit Jeruk Kintan Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Bibit Jeruk Kintan BerbuahRp 165.000 Rp 185.000
Tersedia
Rp 165.000 Rp 185.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Bibit Sirsak Merah 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sirsak MerahRp 55.000 Rp 85.000
Tersedia
Rp 55.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
OFF 36%
Benih Pakchoy Nauli F1 (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 12.500 Rp 19.500
Tersedia
Rp 12.500 Rp 19.500
Stok: Tersedia
OFF 30%
Tanaman Anggrek Dendrobium Yellow Purple Blush

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Anggrek Dendrobium Yellow Purple BlushRp 105.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 105.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR