Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 5 Jenis Alpukat Unggulan Yang Cocok Untuk Dataran Rendah

5 Jenis Alpukat Unggulan Yang Cocok Untuk Dataran Rendah

Diposting pada 22 February 2021 oleh Ali Arwani | Dilihat: 2.336 kali

Inilah 5 Jenis Tanaman Alpukat Unggulan Spesialis Dataran Rendah dan Rekomended Untuk di Budidayakan Skala Bisnis Maupun Hobii

Alpukat Spesialis dataran rendah

Alpukat Spesialis dataran rendah

Alpukat adalah salah satu jenis komoditas pertanian yang selalu diminati oleh konsumen disepanjang waktu. Oleh sebab itulah, budidaya tanaman alpukat masih sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Jenis alpukat yang memiliki daging buah tebal lebih diminati oleh masyarakat daripada jenis alpukat yang berdaging buah tipis. Alpukat dengan daging buah tebal dipercaya mempunyai nutrisi yang lebih banyak. Kandungan nutrisi tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah untuk kesehatan jantung, tulang, pencernaan, mata, perkembangan otak dan tak ketinggalan pula untuk kecantikan kulit.

Budidaya alpukat menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan, pasalnya  alpukat tergolong mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan perawatan yang mahal. Asalkan syarat tumbuh tanaman alpukat terpenuhi dan perawatan yang teratur dilakukan, tanaman alpukat akan tumbuh dengan baik dan cepat berbuah. Selain itu, harga jual pun tergolong tinggi.

 

Nah bagi anda yang tertarik untuk budidaya alpukat ? pada kesempatan kali  kami akan mengulas tentang jenis-jenis Tanaman alpukat spesialis dataran rendah dan cocok untuk dibudidayakan untuk skaka bisnis maupun hobi.

Berikut ini adalah beberapa varietas tanaman alpukat unggulan yang cocok untuk dibudidayakan pada dataran rendah : 

1. Alpukat Miki

Alpukat miki merupakan alpukat unggul yang bisa ditanam di dataran rendah. Alpukat Miki mampu berbuah maksimal diketinggian 5 mdpl – 900 mdpl. Kwalitas buah akan lebih bagus ketika ditanam di dataran rendah (10 mdpl – 100 mdpl).

Alpukat miki berukuran kecil dengan kulit yang sangat tebal. Daging buahnya berwarna kuning dengan tekstur yang padat dan rasa yang sedikit manis. Bobotnya berkisar antara 300 – 600 gram per buahnya.

Baca Juga :   6 Keunggulan Alpukat Kelud / Alpukat Subang Dengan Tampilan Buah Bulat Lonjong, Citarasa Gurih, Cepat Berbuah & Cocok Untuk Tabulampot

Buah alpukat miki ini juga sangat dibenci oleh ulat, pasalnya kulit buah alpukat miki sangat tebal sehingga sangat sulit untuk ditembus oleh ulat-ulat jahat.

alpukat miki

alpukat miki

2. Alpukat Aligator

Alpukat aligator dikenal ukuran yang super jumbo dengan bentuk yang unik. Buah Alpukat aligator punya bentuk buah yang bulat lonjong dan membesar di bagian ujungnya seperti buah pir. Bobot alpukat aligator mampu mencapai berat 1 – 1,3 kg per buahnya. Jenis alpukat yang satu ini mempunyai daging tebal, lembut, dan tanpa serat. Rasanya pun manis dan tidak ada rasa pahit yang tertinggal saat dimakannya.

Tanaman Alpukat aligator bisa berbuah optimal diketinggian 10 mdpl – 900 mdpl. Bahkan produktivitasnya akan lebih banyak, meskipun waktu berbuahnya sedikit lebih lama jika didataran rendah. Pohon tanaman alpukat aligator ini memiliki struktur ranting yang mudah diatur sehingga tanaman ini sangat cocok digunakan sebagai tanaman hias di rumah.

alpukat aligator

alpukat aligator

3. Alpukat Kendil

Tanaman Alpukat kendil berasal dari persilangan tumbuhan alpukat Kendal dan alpukat gunungpati. Alpukat kendil termasuk jenis alpukat yang mampu tumbuh pada dataran rendah. Adapun ketinggian ideal untuk pertumbuhan alpukat kendil berkisar antara 50 mdpl – 800 mdpl. Kwalitas rasa akan lebih maksimal ketika ditanam didataran rendah.

Adapun tanah yang cocok adalah tanah tanah gembur, subur, tak mudah tergenang air, dan mengandung bahan organik yang banyak. Keunggulan lainnya adalah daun alpukat kendil ini juga tidak di sukai ulat.

Alpukat kendil terkenal dengan Ukuran buahnya yang terbilang sangat besar dengan rata-rata bobotnya bisa mencapai 1,7 – 2 kg per buahnya. Daging buah alpukat kendil juga punya tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Baca Juga :   Jenis Alpukat Unggulan Asal Vietnam Yang Banyak Diburu Kolektor

4. Alpukat Kelud

Alpukat Kelud banyak di buru oleh pecinta tanaman buah karena kemampuan berbuah secara optimal di dalam pot. Bahkan tabulampot alpukat kelud memiliki tingkat pembuahan hingga 90% sama seperti alpukat aligator.

Buah alpukat kelud mempunyai bentuk yang sangat cantik, bentuk buahnya lonjong, membesar dan sedikit melengkeng pada bagian bawah. Buah alpukat kelud termasuk jenis alpukat jumbo dengan berat rata-rata mencapai 1,5 hingga 2 kg.

Daging buahnya berwarna kuning mentega, sangat tebal dengan tekstur buahnya lembut dan mempu yang biji yang kecil. Buah alpukat kelud ini mempunyai citarasa yang sangat gurih, pulen dengan kadar air yang sangat sedikit. Bahkan banyak yang mengatakan rasa setara dengan Alpukat Miki.

alpukat kelud

alpukat kelud

5. Alpukat Reed

Alpukat Reed adalah jenis alpukat yang sedang naik daun dan digadang-gadang menjadi jagoan baru beberapa tahun mendatang. Buah alpukat Reed dikenal dengan bentuknya bulat sempurna mirip alpukat miki. Buah alpukat Reed berukuran dengan berat rata-rata berkisar antara 340-680 gram/buah.

Daging buahnya berwarna kuning krem dan tebal dengan Persentase berkisar antara 75% hingga 80%. Tekstur buahnya lembut, rendah lemak dan tak berserat. Untuk soal rasa? buah alpukat Reed menawarkan citarasa yang excellent, rasanya gurih, enak, pulen dengan aroma mentega yang tajam.

Tanaman alpukat Reed juga dikenal dengan tingkat produktifitasnya yang terbilang tinggi, Dalam usia produktif, satu pohon alpukat Reed mampu menghasilkan sekitar 120-160 kg / pohon. Alpukat Reed termasuk jenis alpukat mentega yang dikenal cepat berbuah atau genjah.

alpukat reed

alpukat reed

Demikianlah artikel tentang varietas unggulan buah alpukat yang cocok di tanam didataran rendah. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam pengenalan berbagai jenis alpukat berkualitas unggul. Semoga informasi tersebut dapat memberi informasi awal dalam pemilihan bibit alpukat yang berkualitas baik dan unggul. Jika anda berniat untuk berkebun tanaman alpukat ada baiknya anda memilih salah satu jenis alpukat tersebut. Terima kasih.

Baca Juga :   Jenis Tanaman Buah Alpukat Unggulan Yang Cocok Untuk Dataran Tinggi Dan Cocok di Budidayakan di Iklim Indonesia

Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang jenis alpukat unggulan yang terkenal dengan ukuran buahnya yang jumbo dan layak untuk dibudidayakan secara komersil. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

Bagikan informasi tentang 5 Jenis Alpukat Unggulan Yang Cocok Untuk Dataran Rendah kepada teman atau kerabat Anda.

5 Jenis Alpukat Unggulan Yang Cocok Untuk Dataran Rendah | JualBenihMurah.com

1 komentar untuk 5 Jenis Alpukat Unggulan Yang Cocok Untuk Dataran Rendah

  • Margono says:

    Bos daerah saya tu.mdpl 50an, jarak dari pantai 5km. Apakah 5 jenis alpukat dataran rendah itu masih bisa berbuah secara optimal.

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 35%
Bibit Jambu Air Mawar 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 55.000 Rp 85.000
Tersedia
Rp 55.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
OFF 18%
Benih Paprika Merah Red Star (Known You Seed)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 22.500 Rp 27.500
Tersedia
Rp 22.500 Rp 27.500
Stok: Tersedia
OFF 40%
Bibit Alpukat Wina 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Alpukat WinaRp 75.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 11%
Bibit Jeruk Santang 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk Santang UnggulRp 85.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR