Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Tips Mudah Merawat Kelengkeng Merah Tumbuh Dengan Optimal, Cepat Berbuah dan Produktif

Tips Mudah Merawat Kelengkeng Merah Tumbuh Dengan Optimal, Cepat Berbuah dan Produktif

Diposting pada 18 December 2017 oleh Ali Arwani | Dilihat: 4.035 kali

Tips Mudah Merawat Kelengkeng Merah Tumbuh Dengan Optimal, Cepat Berbuah dan Produktif

Tips Membuahkan Lengkeng Merah

Tips Membuahkan Lengkeng Merah

Tips Membuahkan Kelengkeng Merah – Sebagai tanaman buah, Lengkeng ruby longan merupakan salah jenis tanaman yang sangat cocok apabila di tanam dalam pot. Selain memiliki sifat yang genjah atau mudah berbuah, perawatan lengkeng merah ini juga tergolong mudah. Bahkan dapat dilakukan oleh orang yang super sibuk sekalipun. Dengan paduan pot yang cantik, sosok tampilan lengkeng merah ini akan tampil ekslusif dengan daun dan batangnya lagi unik. apalagi saat sedang memamerkan buahnya yang berwarna merah.

Pada dasarnya, menanam tanaman kelengkeng merah didalam pot sama halnya dengan menanam tanaman buah dalam pot lainnya. Media tanam yang digunakan dapat berupa kombinasi beberapa media seperti pupuk kandang, sekam bakar, tanah liat, dan cocopeat. Sebagai campuran media tanam lengkeng dalam pot, tanah liat memiliki tekstur paling halus dang lengket. Pori-porinya lebih banyak berukuran kecil sehingga memiliki kemampuan sangat baik untuk mengikat air. Moss yang dijadikan sebagai bahan media tanam berasal dari akar paku-pakuan atau kadaka yang banyak dijumpai dihutan. Media ini mempunyai banyak rongga sehingga memungkinkan akar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan leluasa. Menurut sifatnya, moss mampu mengikat dengan baik serta memiliki sistem drainase dan aerasi yang lancar. Pupuk kandang yang digunakan sebagai media tanam sebaiknya berasal dari kotoran kambing atau sapi. Kotoran hewan tersebut diyakini memiliki kandunga fosfor (P) dan kalium (K) yang lebih tinggi. Penggunaan pupuk kandang sebaiknya menggunakan pupuk yang sudah matang dan steril, hal ini bertujuan untuk mencegah munculnya bakteri yang dapat merusak tanaman. Sekam bakar sebagai komposisi media tanam ini berperan dalm perbaikan struktur tanah sehingga sistem aerasi dan drainase media tanam menjadi lebih baik.

Baca Juga :   Inilah 8 Keunggulan Kelengkeng Merah, Kelengkeng Eksotis Dengan Tingkat Kemanisan Mencapai 21 Briks

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat tanaman kelengkeng merah di dalam pot tumbuh baik, cepat berbuah, dan produktif :

Media Tanam

Pemilihan media tanam cukup berpengaruh terhadapat kesuburan tanaman. Media tanam yang sering digunakan biasanya menggunakan campuran tanah, moss, pupuk kandang dan sekam bakar masing-masing dengan kompisisi 1:1:1:1. Untuk mencegah terjadinya serangan hama dan penyakit, media tanaman ditaburi dengan furadan dengan dosis seperti dalam kemasan. Agar tumbuh dengan sehat dan subur tanaman yang baru ditanam di pot diberi Superthrive dengan dosis 1 ml/4 liter air. Larutan tersebut disiramkan ke tanaman dua kali seminggu selama tiga minggu berturut-turut.

Penyiraman

Lakukan Penyiraman pada tanaman lengkeng merah secara rutin yakni dua kali sehari jika cuaca cerah. Namun, apabila dalam kondisi musim penghujan, cukup lakukan penyiraman satu kali sehari. Proses penyiraman dilakukan dengan cara menyiramkan air ke media tanam dan dihentikan setelah air siraman sudah keluar dari dasar pot. Penyiraman yang berlebihan dapat mengakibatkan akar terendam, busuk, bahkan tanaman bisa mati.

Lengkeng Merah Berbunga

Lengkeng Merah Berbunga

Pemangkasan

Untuk membentuk tajuk pada tanaman kelengkeng merah, disarankan melakukakan pamangkasan cabang secara rutin. Proses pemangkasan dapat dimulai saat bibit tanaman lengkeng merah telah mencapai ketinggian 60 cm – 80 cm. Hasil pemangkasan tersebut akan memunculkan dan tumbuh tunas cabang baru. Cabang baru tersebut sebaiknya dipilih tiga cabang yang tumbuh simetris. Selanjutnya, pangkas cabang pilihan tersebut setelah tumbuh dengan baik pada ketinggian 30 cm -40 cm dari pangkasan yang pertama. Dari pemangkasan tersebut nantinya akan terbentuk 3-4 cabang baru.

Saat tanaman memasuki masa pebungaan, dilakukan pemangkasan ringan untuk mendapatkan jumlah dan kualitas buah yang baik. Adapun cara pemangkasannya berupa pemangkasan tandan bunga bila lebih panjang 10 cm, pemangkasan tandan buah sebaiknya 10% dari buah yang terbentuk, dan pemangkasan tunas air agar pembentukan buah optimum. Setelah buah sudah dipanen semua, disarankan untuk melakukan pemangkasan juga, hal ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan yang sehat . Adapun cara pemangkasannya berupa memangkas sisa tangkai buah, memangkas cabang dan ranting yang mengering atau terkena penyakit.

Lengkeng Merah Berbuah

Lengkeng Merah Berbuah

Pemupukan

Untuk menunjang pertumbuhan bibit tanaman kelengkeng ruby longan. lakukan proses pemupukan secara rutin dan berkala. Hal ini bertujuan agar asupan nutrisi tanaman kelengkeng merah tetap terjaga.

  • setiap minggu siramkan vitamin sebanyak 1 ml per liter air selama 3 minggu berturut-turut.
  • Saat tanaman berumur sebulan berikan pupuk NPK seimbang dengan perbandingan 20:20:20 dengan dosis 0,75 gram per liter air. Kemudian semprotkan rutin seminggu 2 kali hingga tanaman berumur 5-6 bulan atau tajuknya rimbun. Pangkas tajuk agar percabangan tanaman bagus.
  • Saat tanaman berumur 6 bulan, semprotkan pupuk cair NPK yang mengandung kadar fosfor dan kalium tinggi dengan perbandingan (6:30:30) berdosis 0,7 ml per liter air. Aplikasinya setiap minggu hingga tanaman berbunga dan calon buah muncul.
  • Saat muncul calon buah, hentikan pemupukan dan lanjutkan kembali saat buah seukuran kacang tanah.
  • Perlu diperhatikan juga agar meletakkan pot kelengkeng merah tersebut di tempat yang terkena sinar matahari penuh, agar proses fotosintesis berlangsung sempurna.
Tabulampot Lengkeng Merah

Tabulampot Lengkeng Merah

Pembuahan

Buah lengkeng merah sudah dapat dipanen pada usia 4-5 bulan setelah bunga mekar. Ciri-ciri buah kelengkeng merah ini siap dipanen antara lain dengan warna kulitnya berubah warna, perubahan terjadi dari warna kemerahan menjadi warna merah solid. Ciri lainnya adalah buah yang siap panen biasanya mengeluarkan aroma yang khas dan rasanya manis jika dicicipi, serta buah terasa lunak saat ditekan dengan jari. Memanen buah kelengkeng dilakukan dengan cara manual yakni dengan memotong tangkai rangkaian buah menggunakan gunting panen. Untuk waktunya, sebaiknya proses pemanenan dilakukan pada waktu pagi atau sore hari, saat cuaca tidak terlalu panas.

Baca Juga :   Inilah 3 Cara Praktis Pemangkasan Pada Tanaman Buah Durian Agar Mampu Berbuah Lebih Lebat dan Berkualitas Unggul

Demikianlah tips mudah merawata kelengkeng merah dalam pot. Agar tanaman kelengkeng merah mampu tumbuh optimal, cepat berbuah dan produktif diperlukan beberapa kiat seperti pemilihan media tanam, penyiramana, pemangkasan, pemupukan dan pembuahan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan informasi tentang Tips Mudah Merawat Kelengkeng Merah Tumbuh Dengan Optimal, Cepat Berbuah dan Produktif kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Mudah Merawat Kelengkeng Merah Tumbuh Dengan Optimal, Cepat Berbuah dan Produktif | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: Tips Mudah Merawat Kelengkeng Merah Tumbuh Dengan Optimal, Cepat Berbuah dan Produktif

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Edisi Terbatas
OFF 36%
Jual Bibit Srikaya Biriba 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 125.000 Rp 195.000
Tersedia
Rp 125.000 Rp 195.000
Stok: Tersedia
Manfaat Jambu Biji Getas Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Manfaat Buah Jambu Biji*Harga Hubungi CS
Edisi Terbatas
OFF 5%
Bibit Jeruk Santang Madu Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Santang Madu BerbuahRp 285.000 Rp 300.000
Tersedia
Rp 285.000 Rp 300.000
Stok: Tersedia
OFF 26%
Bibit Lengkeng Kateki 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Lengkeng KatekiRp 85.000 Rp 115.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 115.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR