Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah Tips Mudah Pengendalian hama Peyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Belimbing Agar Mampu Berproduksi Secara Optimal

Inilah Tips Mudah Pengendalian hama Peyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Belimbing Agar Mampu Berproduksi Secara Optimal

Diposting pada 22 April 2019 oleh Ali Arwani | Dilihat: 5.931 kali

Inilah Tips Mudah Pengendalian hama Peyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Belimbing Agar Mampu Berproduksi Secara Optimal

Pengendalian Hama Penyakit Belimbing – Buah belimbing, siapa sich yang gak kenal dengan buah tropis yang satu ini. Yups, buah belimbing sangat mudah kita temukan baik dipasar tradisional hingga pasar modern, Buah belimbing ini dikenal karena memiliki rasa yang manis bila sudah masak, dan memiliki kandungan air yang cukup tinggi. sehingga sangat nikmat disantap pada saat cuaca panas atau dibuat jus atau sup buah.

Tanaman belimbing termasuk salah satu jenis tanaman buah tropis yang memiliki tingkat ketahanan yang cukup tinggi terhadap serangan hama dan penyakit. Tanaman belimbing juga sangat mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan asalkan mendapatkan asupakan nutisi yang cukup dan sinar matahari yang cukup. Namun demikian, dalam membudidayakan tanaman belimbing tidak luput dari berbagai hambatan atau kendala, salah satu kendala yang sering dialami oleh petani adalah Serangan Hama dan Penyakit. Hama dan penyakit menjadi momok terbesar bagi para petani, apalagi hama atau penyakit yang meyerang buah, hal ini dikarenakan akan menyebabkan gagal panen hingga buah rusak. Serangan hama dan penyakit ini juga tidak hanya menyerang tanaman belimbing lokal saja, melainkan belimbing unggulan juga tak luput dari serangan hama penyakit seperti belimbing madu, belimbing dewi dan belimbing bangkok,

Perawatan yang intensif dan berkesinambungan menjadi kunci keberhasilan budidaya tanaman belimbing. Lalu apa saja sich jenis hama dan penyakit menyerang belimbing? Ada beberapa jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman belimbing antara lain : lalat buah, bercak daun dan penyakit kapang jelaga. Oleh karenanya, kehadiran hama dan penyakit tersebut harus diwaspadai.

pengendalian hama penyakit Belimbing

pengendalian hama penyakit Belimbing

Berikut ini adalah Jenis Hama Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Belimbing :

Baca Juga :   Inilah 8 Dahsyatnya Keunggulan Tanaman Buah Durian Matahari Yang Wajib Anda Ketahui

1. Lalat Buah (bactrocera sp.)

hama lalat buah disebabkan oleh bactrocera sp. Jenis hama ini mengincar pada bagian buah belimbing untuk dijadikan tempat penitipan telurnya, saat telur tersebut menatas kemudian berubah menjadi larva dan kemudian masuk ke dalam buah belimbing. Larva inilah yang kemudian merusak daging buah belimbing hingga menyebabkan buah busuk dan berguguran.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian pada hama lalat buah ini dapat dilakukan dengan cara mencegah yakni dengan cara membungkus buah belimbing saat masih kecil pada stadium pentil (umur satu bulandari bunga mekar).
  • Memasang sex pheromone, seperti methyl eugenol dalam botol aqua bekas.
  • Mengumpulkan dan membakar buah yang busuk dan jatuh tadi untuk mengantisipasi hama ini menyebar lagi.
Hama Penyakit Belimbing

Hama Penyakit Belimbing

2. Kutu Daun

hama kutu daun menyerang tanaman belimbing dengan cara memakan daun belimbing yang masih muda.

Cara Pengendalian :
Untuk pengendalian tanaman belimbing ini dari ktu daun ini dengan cara menyemprotkan insektisida seperti Matador 25 EC.

3. Semut Rangrang

Hama semut rangrang menjadi salah satu hama yang cukup diwaspadai, meskipun tidak begitu mengganggu tanaman buah belimbing secara langsung, namun hama semut rangrang ini dapat membuat tanaman buah belimbing berlubang.

Cara Pengendalian :
Untuk pengendalian hama semut rangrang dapat dilakukan dengan cara memberikan insektisida seperti matador 25 EC. Pemberian dilakukan sesuai dosis.

4. Kelelawar

Hama hewan kelelawar ini cukup meresahkan, hama ini sering menggunakan tanaman buah belimbing sebagai tempat singgah dan sering memakan buah belimbing yang sudah masak.

Cara Pengendalian :
Untuk pengendalian hama kelelawar dapat dilakukan dengan cara memotong dahan yang lebat hal ini dimaksudkan agar tidak menjadi tempat persembunyiannya, juga menutup pohon dengan menggunakan jaring.

Hama penyakit tanaman belimbing

Hama penyakit tanaman belimbing

5. Bercak Daun

Penyakit bercak daun sering menyerang pada bagian daun tanaman belimbing. Penyakit bercak daun disebabkan oleh cercospora averrhoge fres. Gejala yang ditimbulkan serangan bercak daun antara lain : terjadi bintik-bintik kecil berwarna cokelat dan berbentuk bulat pada daun. Jika tidak segera ditangani akan menyebabkan daun menjadi layu dan rontok kemudian gundul.

Baca Juga :   Inilah 7 Panduan Mudah Budidaya Durian Bhineka Bawor Agar Tumbuh Dengan Subur dan Cepat Berbuah Serta Lebat

Cara Pengendalian :

  • Penyakit bercak daun dapat dikendalikan dengan cara memotong pada bagian tanaman belimbing yang telah terinfeksi kemudian bakar potongan tersebut, setelah itu semprotkan fungsida dengan kandungan kaptafol seperti difolatan.

6. Kapang Jelaga

Penyakit ini disebabkan oleh jamur kutu yang tidak segera dibasmi, gejala yang sering ditimbulkan oleh penyakit kepang jelaga yakni permukaan daun tertutup oleh warna hitam (saprofit) sehingga dapat mengganggu proses fotosintesis.

Cara Pengendalian :

  • Dapat dilakukan dengan memberikan semprotan fungisida seperti dithane M45 sesuai dengan anjuran yang tertera dalam kemasan.

7. Jamur Upas

Penyakit jamur upas sering menyerang bagian batang tanaman buah belimbing ketika masih muda.

Cara Pengendalian :

  • Untuk pengendalian pada tanaman belimbing ini dari jamur upas yakni dengan cara merawat dan memangkas tanaman secara teratur.

Demikianlah informasi tentang hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman buah belimbing. Perawatan yang intensif dan pemantauan perkembangan tanaman buah belimbing secara berkala perlu dilakukan agar tanaman buah belimbing tumbuh dengan optimal dan mampu berbuah dengan lebat. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang buah belimbing. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

 


kata terkait,
belimbing, pohon belimbing, bibit belimbing, tanaman belimbing, hama penyakit belimbing, pengendalian hama penyakit belimbing, tips pengendalian hama penyakit belimbing, teknik pengendalian hama penyakit belimbing, hama penyakit tanaman belimbing, hama dan penyakit belimbing,

Bagikan informasi tentang Inilah Tips Mudah Pengendalian hama Peyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Belimbing Agar Mampu Berproduksi Secara Optimal kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah Tips Mudah Pengendalian hama Peyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Belimbing Agar Mampu Berproduksi Secara Optimal | JualBenihMurah.com

5 komentar untuk Inilah Tips Mudah Pengendalian hama Peyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Belimbing Agar Mampu Berproduksi Secara Optimal

  • itoh says:

    Klu daun nya kuning tiba2 kenapa ya?

    • Ali Arwani says:

      jika daun tanaman buah menguning bisa disebabkan karena kekurangan unsur hara (biasanya terjadi pada tanaman buah dalam pot).
      Selain itu faktor lain disebabkan faktor hama dan penyakit salah satunya hama uret. Adapun cara mengetahuinya coba di cangkul media tanam disekitar media tanam disekitar pangkal pohon dan akar. semoga bermanfaat dan terima kasih

  • Wahyu Restiono says:

    Terima Kasih atas penjelasannya maaf kalau Pupuk u tanaman Belimbung apa yaaa ?….

  • Nicky says:

    Gan tanya donk, itu di gambar pertama itu hama apa ya, yg seperti kerucut kecil bergelantungan di daun dan buah, pakai pestisida apa ya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 32%
Bibit Jambu Biji Strawberry Guava 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
Manfaat Jambu Biji Getas Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Manfaat Buah Jambu Biji*Harga Hubungi CS
OFF 36%
Bibit Natal Plum 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 225.000 Rp 350.000
Tersedia
Rp 225.000 Rp 350.000
Stok: Tersedia
OFF 17%
Benih Gambas Anggun F1 – 25 Gram (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Gambas Anggun-F1_Panah MerahRp 15.000 Rp 18.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 18.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR