Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah Tips Mudah Cara Penyemaian Tanaman Buah Strawberry Dari Biji

Inilah Tips Mudah Cara Penyemaian Tanaman Buah Strawberry Dari Biji

Diposting pada 12 November 2016 oleh Ali Arwani | Dilihat: 9.055 kali

Inilah Tips Mudah Cara Penyemaian Tanaman Buah Strawberry Dari Biji

JualBenihMurah.com – Buah Strawberry merupakan salah satu tanaman buah yang cukup banyak peminatnya. Buah terkenal akan bentuknya yang unik dan rasa buahnya yang manis segar. Selain itu, Buah strawberry ini juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita antara lain membantu untuk mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, dan membantu menurutkan kolesterol.

Jika anda tertarik untuk membudidayakan tanaman buah berwarna merah ini, anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini JualBenihMurah.com  akan memberikan ulasan tentang cara penyemaian benih tanaman buah strawberry dari biji. Untuk Biji strawberry yang berkualitas, anda dapat membeli di tempat kami. Berikut ini adalah panduan cara penyemaian tanaman buah strawberry dengan biji.

buah-strawberry

buah-strawberry

PETUNJUK SEMAI TANAMAN BUAH STRAWBERRY

  • Penyemaian sebaiknya menggunakan toples/tupperware/wadah plastik berwarna putih/hitam, jangan yang berwarna!! Cuci bersih jangan sampai tidak ada bekas minyak atau bekas makanan lain.
  • Letakkan 2 lapis atau lebih tumpukan tisu didalam wadah tersebut dan basahi dengan air mineral. Cukup basah saja, jangan sampai tergenang. Mengapa air mineral? Karena air sumur/ledeng banyak mengandung zat yang menghambat pertumbuhan benih.
  • Tabur benih diatas tisu, pastikan tidak ada benih yang menempel satu sama lain. Beri jarak untuk akar yang akan tumbuh.
  • Tutup wadah tersebut dan simpan ditempat sejuk yang TIDAK terkena panas matahari.
  • Kontrol wadah 3-4 hari sekali dan pastikan tisu tetap basah dan lembab.
  • Pada Benih strawberry/ blueberry/ berry jenis lain normalnya membutuhkan waktu 2 minggu untuk berkecambah. perlu diingat, bahwa setiap benih memiliki kecepatan yang berbeda-beda dalam berkecambah.
  • Jika bibit/benih yang berkecambah, tunggu hingga panjang akar mencapai 5mm-1cm sebelum dipindahkan ke media tanam. Dapatkan Benih Stawberry Unggul Di SINI.
semai-biji-strawberry

semai-biji-strawberry

tanaman-strawberry-polybag

tanaman-strawberry-polybag

PETUNJUK DAN TIPS TANAM SELANJUTNYA

  • Wadah tanam sementara dapat menggunakan gelas plastik/potongan botol. Pastikan air tidak dapat menggenang di wadah tanam
  • Gunakan media tanah gembur berkompos dan sedikit berpasir. Dapat juga menggunakan cocopeat yang dicampur tanah, perbandingan 1:1
  • Buat lubang kecil di media tanam, kedalaman 5mm-1cm dan pindahkan bibit dengan menggunakan bantuan alat seperti pinset/tusuk gigi. JANGAN menggunakan jari secara langsung!!
  • Bibit sebaiknya terkubur dengan lapisan tipis diatasnya. Jangan terlalu tebal.
  • Siram wadah tanam secukupnya, jangan terlalu banyak air karena akan membuat bibit menjadi busuk.
  • Tutup wadah tanam dengan plastik bening, lalu diikat karet, beri lubang kecil 1-2 buah di plastik tersebut untuk sirkulasi udara. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kelembaban media tanam sehingga tidak harus disiram rutin.
  • Simpan wadah tanam di dalam ruangan dekat dengan jendela yang agak hangat, jangan ditempat yang panas. Sangat perlu untuk diletakkan di tempat yang hangat dulu sebelum bisa terkena sinar matahari langsung, terlebih bagi Anda yang tinggal di dataran rendah.
  • Bibit anakan strawberry sudah boleh dipindah ke luar ruangan/outdoor jika sudah memiliki 6 daun, akan tetapi sebaiknya, bibit strawberry tersebut jangan terkena matahari langsung dulu. Hal ini dimaksudkan agar tanaman buah strawberry belajar adaptasi untuk berada di tempat panas.
  • Jika sudah cukup besar / memiliki 8 daun, pindahkan ke wadah tanam permanen (dapat berupa polybag atau pot).
Baca Juga :   8 Panduan Tepat Cara Budidaya Tanaman Kelengkeng Itoh Agar Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Lebat Sepanjang Tahun

Rekomendasi.
Jangan memberikan pupuk dalam bentuk apapun apapun sebelum tanaman berumur 2 bulan.

Demikian petunjuk praktis untuk penyemaian dan budidaya tanaman buah strawberry dari. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui kontak yang tersedia. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan semoga tanaman buah strawberry Anda tumbuh menawan dan panen buah yang banyak. Baca Juga : 7 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Strawberry Agar berbuah dengan Lebat

 

 

 


kata terkait,
Buah Strawberry, Tanaman Buah Strawberry, Cara budidaya Buah Strawberry, Tanaman Buah Strawberry Tabulampot, Tips semai Buah Strawberry, Cara Tanam Buah Strawberry, Bibit Buah Strawberry, Benih Buah Strawberry, Harga Benih Buah Strawberry, harga Bibit Buah Strawberry, Tips Mudah Budidaya Buah Strawberry,
Tanaman Buah Strawberry Polybag, Perbanyakan strawberry dari biji, cara semai benih strawberry, Cara taman buah strawberry dari biji,

Bagikan informasi tentang Inilah Tips Mudah Cara Penyemaian Tanaman Buah Strawberry Dari Biji kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah Tips Mudah Cara Penyemaian Tanaman Buah Strawberry Dari Biji | JualBenihMurah.com

14 komentar untuk Inilah Tips Mudah Cara Penyemaian Tanaman Buah Strawberry Dari Biji

  • Tantie Yorin says:

    Terimakasih..saya teringin sekali untuk budidaya tanaman Strawbery pak..cuman tempat saya Sumba Timur NTT cuaca panas sekitar 10 jam sehari pak

  • Teguh says:

    Kalau perawatan yg baik berapa bulan bisa menghasil kan buah dari penyemaian biji..trims

    • Ali Arwani says:

      Dengan perawatan yang baik benih strawberry akan mulai belajar berbuah setelah berumur 2 bulan, buah strawberry sudah bisa dipanen. Semoga bermanfaat.

      terima kasih
      JualBenihMurah.com

  • shanty says:

    Selamat pgi..
    Sy ingin sekali tanam strawberry. Tp di daerah sy(sulawesi tenggara, kendari) agak panas tkut tdk tumbuh. Solusinya…

    • Ali Arwani says:

      Tanaman stroberi dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian sekitar 1.000-1.500 meter dpl. Suhu udara optimum 17 – 20 C dan suhu udara minimum antara 4 – 5 C. Curah hujan yang dibutuhkan berkisar antara 600 – 700 mm/tahun. Penyinaran matahari kurang lebih 8 – 10 jam/hari dengan Kelembaban udara (RH) 80 – 90%.

      Lokasi dataran rendah dengan udara yang panas dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan nantinya juga berpengaruh pada buah strawberry yang dihasilkan.

      Jika hendak bertanam strawberry disarankan memakai polybag terlebih dahulu ( dalam jumlah sedikit). media tanam yang digunakan sebaiknya yang subur, gembur, mengandung banyak bahan organik, tata air dan udara baik. usahakan untuk merekayasa untuk mendekati syarat tumbuh strawberry. Hal ini bertujuan agar tanaman strawberry dapat tumbuh dengan optimal. terima kasih.

  • Rini says:

    Ada bebet blueberyy gak

  • juni says:

    ada bibit bunga matahari gak

  • RAVA says:

    BERHASIL DEH
    THANKS INFO NYA!!!!!

  • angga xie says:

    berhasil ane mah..nih binggung..banyak yg jadi..hahah

  • Pak agung dari bali says:

    Bos kenapa aku sudah 3x membibit cara itu tidak pernah berhasil satu pun

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Edisi Terbatas
OFF 22%
Bibit Jeruk Purut Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk Purut BerbuahRp 145.000 Rp 185.000
Tersedia
Rp 145.000 Rp 185.000
Stok: Tersedia
OFF 12%
Jual Bibit Anggur Moondrop 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 375.000 Rp 425.000
Tersedia
Rp 375.000 Rp 425.000
Stok: Tersedia
OFF 17%
Benih Pepaya California (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Pepaya California Maica LeafRp 15.000 Rp 18.000
Habis
Rp 15.000 Rp 18.000
Stok: Habis
Paling Laris
OFF 13%
Jual Bibit Kelengkeng Merah 150cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kelengkeng Merah Ruby LonganRp 325.000 Rp 375.000
Tersedia
Rp 325.000 Rp 375.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR