Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 5 Tips Mudah Agar Tanaman Buah Dalam Pot Mampu Cepat Untuk Berbuah

5 Tips Mudah Agar Tanaman Buah Dalam Pot Mampu Cepat Untuk Berbuah

Diposting pada 19 June 2021 oleh Ali Arwani | Dilihat: 165 kali

Inilah 5 Tips Mudah Agar Tanaman Buah Dalam Pot Mampu Cepat Untuk Berbuah

tanaman buah dalam pot

tanaman buah dalam pot

Saat ini Tabulampot atau tanaman buah dalam pot sudah banyak diminati oleh sebagian orang yang memiliki hobi berkebun di rumah, khususnya yang memiliki lahan terbatas. Yups, benar saja, metode budidaya tanaman buah dalam pot atau tabulampot ini memang dibuat untuk menjawab tantangan keterbatasan lahan.
Selain sebagai hiasan untuk mempercantik rumah, tabulampot juga dapat untuk dimanfaatkan untuk produksi buahnya.

Tabulampot adalah kepanjangan dari tanaman tumbuh dalam pot yang memiliki arti yaitu tumbuhan yang dibudidayakan didalam pot yang tujuannya yaitu untuk hiasan ataupun untuk di produksi buahnya. Dalam dunia akademisi tabulampot ialah teknologi budidaya tanaman dengan memanfaatkan ruangan yang terbatas untuk dapat menumbuhkan tanaman yang produktif didalam pot.

Memiliki tanaman tabulampot yang mampu berbuah lebat tentunya menjadi dambaan setiap pecinta tanaman buah. Namun faktanya, Sering kali penanaman tabulampot tak kunjung menunjukkan pertumbuhan buah meski telah ditanam dalam waktu yang cukup lama. Untuk mengatasi masalah tersebut, coba lakukan cara sederhana membuat tanaman buah dalam pot cepat berbuah berikut ini.

Berikut ini adalah 5 rahasia  untuk membuat tanaman tanaman buah dalam pot  cepat berbuah :

1. Kontrol Jumlah Air

Menanam tanaman dalam pot tak berarti harus berlebihan dalam menyiramnya. Untuk beberapa tanaman buah seperti mangga dan jambu air, sebaiknya cukup disiram dua kali seminggu saat baru ditanam. Pasalnya, menyiram berlebihan akan menghambat rangsangan untuk menghasilkan bunga, justru hanya daunnya yang semakin lebat. Selain itu, di awal penananam, biarkan tanaman terpapar sinar matahari untuk mempercepat proses fotosintesis.

Pada musim panas, Anda bisa menambahkan durasi penyiraman, misalnya menjadi setiap hari. Hindari menyiram daunnya saat pagi hari karena membuat proses fotosintesis terganggu.

2. Kurangi Daunnya Dengan Pemangkasan

Tanaman yang memiliki daun cukup lebat ternyata juga tidak bagus, karena akan membuat tanaman tersebut menjadi stress. Jika tanaman stress, tentu akan merangsang pertumbuhan bunganya. Untuk mengatasinya, buatlah goresan pada batangnya dan singkirkan daun-daun yang sudah tua serta kering sehingga hanya bagian daun mudanya yang masih tersisa.

3. Tambahkan Pupuk Kandang Agar Tanah Lebih Subur

Jangan puas hanya dengan menyiram dan membiarkan tanaman terkena sinar matahari. Asupan mineral dari pupuk kandang akan membuat tanaman menjadi tumbuh dengan subur dan menghasilkan tunas baru. Jika Anda terlalu repot untuk melakukan pembelian pupuk, Anda bisa membelinya secara online. Dan, tanaman pun cukup dilakukan pemupukan satu kali sebulan.

4. Perhatikan Intensitas Sinar Matahari

Ada beberapa tanaman yang membutuhkan sinar matahari. Tanaman ini akan bertahan meski sinar matahari cukup terik. Namun, untuk tanaman jeruk, apel, ceri, dan belimbing membutuhkan sinar matahari dengan intensitas sedang, karena daunnya mudah layu saat panas. Jadi saat hari mulai memasuki waktu siang, pindahkan tanaman yang butuh sinar sedang ke tempat yang lebih sejuk.

5. Bersihkan Area Sekitar Pot

Buanglah segera daun yang jatuh agar tidak busuk yang bisa mengundang bakteri dan jamur yang berisiko menularkan tanaman. Lakukan pula pemangkasan setiap bulan agar tanaman tidak menjadi rimbun dengan daun tua yang membuat pertumbuhan bunga dan bakal buah terhambat. Anda juga harus rajin mengecek kondisi daun dan batang agar terhindar dari hama

Demikianlah informasi tentang tips mudah agar tanaman buah dalam pot mampu cepat untuk berbuah. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dalam mengenali beberapa langkah mudah menanam tabulampot agar cepat berbuah. Semoga bermanfaat & Terimakasih.

Bagikan informasi tentang 5 Tips Mudah Agar Tanaman Buah Dalam Pot Mampu Cepat Untuk Berbuah kepada teman atau kerabat Anda.

5 Tips Mudah Agar Tanaman Buah Dalam Pot Mampu Cepat Untuk Berbuah | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk 5 Tips Mudah Agar Tanaman Buah Dalam Pot Mampu Cepat Untuk Berbuah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 18%
Benih Paprika Ungu Purple Star F1 (Known You Seed)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 22.500 Rp 27.500
Tersedia
Rp 22.500 Rp 27.500
Stok: Tersedia
OFF 40%
Bibit Mangga Kio jay 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Mangga KiojaiRp 75.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 11%
Bibit Jeruk Kintan Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Bibit Jeruk Kintan BerbuahRp 165.000 Rp 185.000
Tersedia
Rp 165.000 Rp 185.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Bibit Kakao 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

KakaoRp 7.500 Rp 12.500
Tersedia
Rp 7.500 Rp 12.500
Stok: Tersedia
SIDEBAR