Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah Peluang Usaha dan Analisis Keuntungan Budidaya Tanaman Buah Kelapa Kopyor, Menggiurkan Sekali

Inilah Peluang Usaha dan Analisis Keuntungan Budidaya Tanaman Buah Kelapa Kopyor, Menggiurkan Sekali

Diposting pada 13 January 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 5.244 kali

Inilah Peluang Usaha dan Analisis Keuntungan Budidaya Tanaman Buah Kelapa Kopyor, Menggiurkan Sekali

Peluang Usaha Kelapa Kopyor – Kenapa harus kelapa yang kopyor? Mudah tidak cara mengusahakannya, jangan-jangan susah bagi pemula seperti saya? Gimana prospek kedepannya, jangan-jangan cuma tanaman sesaat atau lagi tren saja? Berapa sih keuntungannya, sekedar cukup buat biaya hidup atau bisa bikin kita kaya? Tahan dulu saudara….Emm… ternyata banyak juga pertanyaan (yang mungkin terlintas) dibenak Anda, ya? Tenang, semua pertanyaan Anda diatas akan kami coba jelaskan satu per satu melalui informasi yang telah kami susun ini. Langsung saja.

Besarnya antusiasme konsumen berimbas pada buah kelapa kopyor. Nilai ekonomisnya menjadi sangat tinggi. Jika dibandingkan dengan kelapa biasa, harga kelapa kopyor dapat mencapai 5-10 kali lipat. Sebagai contoh : di tingkat kebun, buah kelapa paling mahal adalah buah kelapa muda yang berharga Rp 500 – Rp 1000 per butir di petani. Sedangkan harga buah kelapa kopyor Rp 25. 000 per butir. Bahkan di beberapa daerah laku keras meski dijual sampai Rp 30.000 per butir.

Agar lebih jelas dan lengkap bagi Anda, Kami akan mengulas  peluang usaha budidaya kelapa kopyor menjadi 2 bagian. Bagian pertama menjelaskan mengapa sangat menguntungkan menanam pohon kelapa kopyor ditinjau dari Analisis SWOT (singkatan dari Strength/Kekuatan, Weakness/Kelemahan, Opportunities/Peluang dan Threats/Ancaman). Tenang saja, analisis ini sangat mudah dipahami orang awam. Kita bahkan tidak perlu memeras otak atau belajar ilmu ekonomi lebih dulu untuk memahaminya. Analisis ini kami sertakan buat para pekebun pemula agar mereka lebih termotivasi menanam kelapa kopyor. Analisis Bagian kedua adalah perhitungan biaya dan laba.

Peluang usaha kelapa kopyor

Peluang usaha kelapa kopyor

Peluang Usaha Kelapa Kopyor

Saat ini nyaris semua aktifitas dan usaha dalam dunia ekonomi selalu ditinjau terlebih dahulu dengan analisis SWOT sebelum kita laksanakan. Entah itu perkebunan, pertanian, perdagangan, industri , dll. Melalui analisis SWOT kita bisa memperkirakan apa yang akan terjadi pada usaha kita nantinya. Bagaimana cara kita meningkatkan laba sekaligus menghindari kerugian. Bahkan kita bisa saja tidak jadi melakukan sebuah usaha karena kita tahu kedepannya akan merugi. Jadi kita tidak perlu mengorbankan waktu, tenaga dan uang kita sia-sia.

Baca Juga :   5 Paduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Jeruk Manis Tabulampot Agar Cepat Berbuah dan Sebagai Peluang Bisnis Yang Menggiurkan

SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Seperti namanya, Analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek, baik yang sedang berlangsung maupun dalam perencanaan baru. Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S Humphrey pada tahun 1960-an dalam memimpin proyek riset di Stanford Research Institute.

Berikut ini adalah analisis SWOT Peluang usaha Dalam Membudidayakan  kelapa kopyor  sebagai berikut:

a. Strengh (kekuatan)
Buah kelapa kopyor mempunyai banyak keunggulan dibanding buah kelapa biasa, bahkan kelapa muda. Kelapa kopyor mempunyai daging buah yang lebih banyak dan lebih empuk dibanding kelapa muda. Citarasa buah kelapa kopyor yang sangat gurih dan manis dipadu dengan aromanya khas terbukti jauh lebih disukai para konsumen dibanding buah kelapa muda. Tak hanya itu pemanfaatan kelapa kopyor jauh lebih banyak di berbagai industri disamping nilai jualnya yang bisa 10x lipat harga kelapa muda (Rp 25.000 – Rp 30.000).

b. Weakness (kelemahan)
Kemungkinan menghasilkan kelapa kopyor secara alami sangatlah kecil (1% – 3%) karena sifat kopyor adalah sifat resesif pada buah kelapa. Pemecahannya dengan metode kultur embrio yang pasti (100%) menghasilkan kelapa kopyor. Namun tentu saja diikuti harga yang relatif lebih mahal. Bibit kopyor dengan kultur embrio berumur 2 tahun ditawarkan Rp300.000 per bibit. Bandingkan dengan bibit kelapa kopyor konvensional yang dijual Rp7.500—Rp10.000 per butir.

c. Opportunities (peluang)
Pasar yang sangat luas. Kebutuhan akan kelapa kopyor di dalam negeri selalu meningkat tiap tahunnya. Jumlah kebutuhan tersebut semakin meningkat diiringi pemanfaatan kelapa kopyor yang makin beragam, dari mulai permen, kue, manisan, dll. Apalagi untuk komoditi ekspor, sebagai catatan untuk Australia saja setiap tahun membutuhkan 4 juta kelapa kopyor atau setara 700 ton daging buah untuk industrinya.

Baca Juga :   Inilah 6 Panduan Sederhana Budidaya Tabulampot Tanaman Buah Naga Kuning Agar Cepat Berbuah

d. Threats (ancaman)
Tingkat persaingan cukup kompetitif. Ada beberapa varietas kelapa yang juga terkenal dan disukai konsumen, seperti kelapa pandanwangi misalnya.

Kelapa Kopyor

Kelapa Kopyor

2. Perhitungan Biaya dan Laba

Investasi

Investasi kelapa kopyor

Investasi kelapa kopyor

Investasi Kelapa kopyor 2

Investasi Kelapa kopyor

Investasi kelapa kopyor 3

Investasi kelapa kopyor

Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel = Rp. 5.743.883

Total Pendapatan per panen

11 butir x Rp.25.000 = Rp. 275.000
Rp.275.000 x 30 hr = Rp. 8.250.000

Besar keuntungan per bulan
Total pendapatan – Total biaya operasional = Laba
Rp 8.250.000 – Rp 5.743.833 = Rp 2.506.117

Break Even Point (BEP/Balik Modal/Impas)

Total Investasi : Keuntungan = BEP
Rp 4.619.120 : Rp. 2,506.117 = 2 (bulan)

Artinya apabila usaha penanaman budidaya kelapa kopyor tersebut dijalankan , maka modal usaha Rp 4.619.120 akan kembali dalam jangka waktu 2 bulan saja. Perhitungan tersebut diatas adalah perhitungan dengan skala yang minimal. Tentu saja apabila Anda berinvestasi lebih besar, besarnya keuntungan tinggal dikalikan kelipatannya. Misalnya investasi anda sebesar 18 juta (4x lipatnya) maka besarnya keuntungan yang Anda terima per bulan adalah 10 juta.

Dengan peluang usaha dan analisi bisnis budidaya kelapa kopyor. Sekarang jelas bahwa budidaya kelapa kopyor menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan. Oleh karena itu, banyak petani perkebunan banyak yang memilih kelapa genjah entok sebagai peluang investasi. Hal ini terntunya berdampak pada permintaan bibit kelapa kopyor dari hari ke hari makin meningkat. Bahkan ketersediaan bibit kelapa genjah entok ini terkadang kurang untuk memenuhi kebutuhan.

Demikian informasi tentang peluang usaha kelapa kopyor. Semoga informasi tersebut dapat membantu dan lebih memotivasi Anda untuk membudidayakan tanaman kelapa kopyor. Semoga kesuksesan selalu bersama Anda. Terima kasih.

 

Bagikan informasi tentang Inilah Peluang Usaha dan Analisis Keuntungan Budidaya Tanaman Buah Kelapa Kopyor, Menggiurkan Sekali kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah Peluang Usaha dan Analisis Keuntungan Budidaya Tanaman Buah Kelapa Kopyor, Menggiurkan Sekali | JualBenihMurah.com

19 komentar untuk Inilah Peluang Usaha dan Analisis Keuntungan Budidaya Tanaman Buah Kelapa Kopyor, Menggiurkan Sekali

  • Suharyanto says:

    Apakah di lahan gambut kepala kopyor dpt tumbuh dan hasil buahnya bisa maksimal

    • Ali Arwani says:

      untuk jenis lahan gambut, apabila hendak di tanami tanaman kelapa kopyor atau jenis tanaman buah lainnya biasanya dilakukan rekayasa media tanam terlebih dahulu, mulai dari menetralkan Ph tanah hingga memperkaya nutrisi yang terkandung dalam tanah.

  • Supriyanto says:

    Utk kelapa kopyor hasil kuljar..1.Panen berapa bulan sekali.2.Satu pohon bisa menghasilkan berapa buah kelapa?

  • Mansur says:

    Saya tertarik agrisnis kelapa kopyor, tapi saya di makassar, apa sudah ada di makassar, atau berapa harga terima di makassar, terima kasih.

  • lifran says:

    Selamat siang,
    1. Berapa rasio keberhasilan tanaman kelapa kopyor
    2. Apa ada jaminan dari tempat beli bibit
    3. Berapa lama umur kelapa kopyor mulai menghasilkan.

    • Ali Arwani says:

      Selamat siang,
      Untuk bibit kelapa kopyor hasil biji, tingkat keberhasilan hanya mencapai 30% – 40%. Sedangkan bibit kopyor kultur jaringan tingkat keberhasilan mencapai lebih dari 90 %. Bibit kelapa kopyor rata2 sudah mulai berbuah pada umur 3-4 tahun setelah tanam. semoga bermanfaat. terima kasih.

  • Rio says:

    Selamat Siang Pak
    Apakah cocok ditanam di pinggir pantai?

    • Ali Arwani says:

      selamat siang,
      Tanaman kelapa kopyor dapat tumbuh dengan optimal pada dataran denga ketinggian antara 0 hingga 450 meter diatas permukaan air laut. Adapun jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhan Tanaman kelapa kopyor adalah tanah aluvial, laterit, vulkanis dan tanah berpasir. Semoga bermanfaat

  • Agus Ridwan Hidayat says:

    Beli Bibit Kelapa Kopyor hasil kultur jaringan dimana yang murah Pak? Saya tanya ke beberapa tempat harganya paling murah 900 rb

    • Ali Arwani says:

      selamat pagi.
      untuk saat ini memang harga bibit kelapa kopyor kultur jaringan masih terbilang sangat mahal. hal ini disebabkan masih sangat terbatasnya bibit kopyor kuljar. kisaran harga bibit kopyor kuljar 900 rb hingga 1 jutaan, terima kasih

      salam berkebun
      JualBenihMurah.com

  • restu says:

    Selamat pagi…area saya di yogyakarta
    Apakah di daerah sana ..sudah ada yang jual bibit kopyornya

  • Cantona says:

    Dalam satu hektar idealnya ditanam berapa pokok.terimakasih..

    • Ali Arwani says:

      selamat pagi.
      jarak tanam ideal untuk budidaya kelapa kopyor adalah 9×9 sehingga kebutuhan bibit untuk 1 hektar sekitar 123 pohon
      semoga informasinya dapat bermanfaat

    • Talib says:

      Pemasarannya gmana?

      • Ali Arwani says:

        selamat datang di JualBenihMurah

        untuk pemasaran kelapa kopyor jauh lebih mudah, biasanya para pengepul sudah datang sendiri jika ada panen kepala kopyol. Hal ini karena ketersediaan kelapa kopyor masih sangat terbatas. sehingga pembudidayaan kelapa kopyor masih sangat potensial dan menguntungkan.

        untuk pemesanan bibit kelapa kopyor silahkan hubungi kami TELP/SMS/WA : 085707858020

        Ayo berkebun,

  • Beni says:

    Investasi Bibit kopyor 1.227.450 itu untuk berapa pohon ? Dan jenis apa konvemsional atau embrio ?

    • ALI ARWANI says:

      Selamat pagi…
      Investasi Bibit kopyor 1.227.450 tersebut untuk 40-50 bibit kelapa kopyor
      dengan estimasi harga bibit kelapa kopyor Rp. 25.000 – Rp. 30.000 perbibit. Ini Tergantung harga bibit kelapa kopyor yang ada dipasaran.

      semoga bermanfaat
      terima kasih

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 5%
Pupuk Dekastar (6-13-25) – 500 Gram

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

dekastar-6-13-25-500-gramRp 59.500 Rp 62.500
Tersedia
Rp 59.500 Rp 62.500
Stok: Tersedia
OFF 41%
Bibit Cherry Vietnam 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 115.000 Rp 195.000
Tersedia
Rp 115.000 Rp 195.000
Stok: Tersedia
OFF 32%
Bibit Sawo Kenitu Ungu 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 85.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Bibit Jambu Biji Farang 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 45.000 Rp 75.000
Tersedia
Rp 45.000 Rp 75.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR