Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah Panduan Tepat Memindahkan Bibit Kurma Kultur Jaringan Dari Torpedo pot Ke Media Tanam Polybag

Inilah Panduan Tepat Memindahkan Bibit Kurma Kultur Jaringan Dari Torpedo pot Ke Media Tanam Polybag

Diposting pada 4 January 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 1.714 kali

Inilah Panduan Tepat Memindahkan Bibit Kurma Kultur Jaringan Dari Torpedo pot Ke Media Tanam Polybag

Membuka sebuah perkebunan kurma skala komersial yang masih baru dan belum pernah memiliki perkebunan sebelumnya, tentu membeli bibit unggul adalah sesuatu yang wajib. Namun kalau mengandalkan bibit dari biji sangat tidak efektif dan efisien. Karena nantinya terkendala dalam menentukan bibit jantan atau betina. Selain itu usia tanaman kurma hasil perbanyakan biji membutuhkan waktu berbuah sangat lama yakni sekitar 7-10 tahun. Agar mendapat bibit kurma dengan tingkat produksi buah yang tinggi, serta standar varietas yang sesuai dengan permintaan pasar domestik dan internasional, maka pilihan yang tepat untuk saat ini adalah bibit kurma dengan metode kultur jaringan. Bibit kultur jaringan sudah terbukti mampu memproduksi buah di usia 3 tahun, waktu yang terbilang cukup singkat untuk tanaman kurma. Kecepatan berproduksi merupakan faktor yang sangat diperhitungkan dalam dunia usaha.

Pengembangan bibit kurma metode kultur jaringan atau tissue culture akan menghasilkan varietas yang seragam dalam jumlah besar dengan waktu singkat. Proses produksinya melibatkan teknologi dan peralatan mutakhir serta fasilitas yang lengkap. Teknologi kultur jaringan merupakan cara paling efektif dan efisien dalam memproduksi bibit secara massal. Indonesia sendiri sudah punya banyak laboratorium kultur jaringan, namun belum ada yang memproduksi bibit kurma.

Memindahkan bibit dari torpedo ke plybag

Memindahkan bibit dari torpedo ke plybag

Bibit kurma kultur jaringan yang beredar saat ini hampir sebagian besar merupakan bibit bibit import. bibit kurma kultur jaringan didatangkan langsung dari dari laboratorium Date Palm Development (DPD) di Inggris. Bibit kurma kultur jaringan tersebut merupakan verietas kurma Barhee unggulan yang 100% berjenis kelamin betina. Kurma kultur jaringan akan berbunga (betina) pada usia 3-4 tahun, dan semakin tua makan akan semakin produktif sampai usia tanaman 80-90 tahun. Pada gambar juga terlihat beberapa alat dan bahan kimia yang dipergunakan untuk memindahkan benih kurma kedalam polybag.

Baca Juga :   Rahasia Sukses Membuahkan Lengkeng New Kristal Agar Mampu berbuah Dengan Lebat Sepanjang Tahun

Saat anda mendapatkan bibit kurma impor tersebut, ia dikemas dalam wadah yang bernama torpedo pot (perhatikan pada gambar, wadah berwarna hitam terbuat dari plastik). Tentu saja wadah itu bukan tempat yang ideal untuk menumbuhkan benih. Tempat idealnya adalah polybag. Lantas bagaimana cara memindahkannya kedalam polybag? Anda tentu tidak mau benih menjadi luka, cacat atau bahkan yang terburuk mati. Anda tentu paham betul bahwa harga benih impor tersebut tidaklah murah.

Agar Anda sukses memindahkannya dan terhindar dari kerugian, simaklah baik-baik panduan yang sudah kami susun berikut ini :

Langkah 1 : Saat bibit kurma barhee kultur jaringan datang, biasanya ia dikemas dalam torpedo pot. Namun kita tidak dapat serta merta memindahkannya secara langsung ke polybag. Karena bibit kurma tersebut belum mempunyai akar yang kuat dan belum adaptasi terhadap iklim kita. Perlu diingat, ia berasal dari luar negeri (bule dong, nehehe….). Anda dapat memeliharanya terlebih dahulu pada botol aqua 1,5 liter yg dipotong atasnya serta diberi air sumur/air mineral sekitar 5 – 7 cm dari dasar botol aqua. Untuk pemberian pupuk, dapat dilakukan dengan memberikan pupuk cair seperti AB Mix, Bionet, dan jenis pupuk lainnya. Tahap Pemeliharaaan seperti ini dapat dilakukan dalam waktu yang sekitar 3-4 minggu. Tujuannya adalah untuk aklimatisasi suhu Indonesia dan agar akar berkembang lebih baik.

Langkah 2 : Setelah 4 minggu dan dikira sistem perakarannya sudah kuat, maka saatnya untuk memindahkan bibit kurma torpedo ke polybag. Siapkan polybag yang berukuran besar, misalnya ukuran 30×50 cm. Polybag yang besar memberi kesempatan tanaman untuk tumbuh lebih maksimal dibanding dengan polybag yang berukuran kecil. Hal ini untuk mengantisipasi pertumbuhan akar benih kurma, karena akar kurma sedikit sekali yang tumbuh kesamping, lebih banyak mengarah kebawah.

Baca Juga :   Ini dia, 2 Cara Mudah Untuk Membedakan Tanaman Buah Kurma Jantan Dengan Tanaman Buah Kurma Betina

Langkah 3 : Cara mengeluarkan bibit dari terpedo pot adalah dengan mengetok-ngetokkan terpedo pot, misalnya pada lantai sampai bibit mudah di cabut. Bisa juga dengan memijatnya pelan-pelan. Namun jika dirasa masih susah terlepas, Anda bisa merendam torpedo pot kedalam air selama 15 menit. Kemudian balikkan ke bawah torpedo pot tarik pelan-pelan pangkal batangnya sampai terlepas. Hati-hati, usahakan akarnya jangan sampai putus.

Langkah 4 : Setelah berhasil melepaskannya dari torpedo pot selanjutnya adalah penanaman bibit kedalam polybag. Sebelumnya siapkan polybag berikut media tanahnya. Media yang digunakan secara umum sama dengan tanaman lainnya yaitu bertujuan memacu pertumbuhannya. Tambahkan pupuk kandang yg sudah matang, akan lebih baik lagi yang sudah di fermentasi misalnya berupa bokasi. Berikan juga pupuk NPK setiap dua minggu sekali. Hati-hati jangan sampai over dosis. Apabila Anda takut over dosis larutkan saja 1 sendok teh NPK dalam 2 liter air terus di kocorkan disekitar perakarannya 2 minggu sekali, untuk unsur mikronya berikan (semprotkan ) pada daun terutama bagian bawah daun pupuk gandasil “D” (yang gampang didapat) sesuai dosis yg tertera di kemasan juga 2 minggu sekali, EM4 juga baik di berikan pada sekitar perakarannya sesuai dosis tertera pada kemasan.

Langkah 5 : Teknis memindahkannya sebagai berikut: setelah polybag dan media tanahnya siap, langkah pertama adalah membuat lubang seukuran torpedo potnya. Setelah itu tarik torpedo potnya sehingga terlepas dari torpedo, masukkan bibit kurma yang sudah dilepas dari torpedo pot, ke media tanam.

Langkah 6 : Urug sedikit sehingga permukaan tanah sejajar dengan pangkal batang, seperti petunjuk pada Gambar 5. Jangan lupa siramkan tanaman dengan air. Siram 4-5 hari sekali dan taruh di tempat teduh namun kena sinar matahari pagi, setelah 3 bulan boleh full matahari.

Baca Juga :   Inilah 5 Tips Sukses Budidaya Tanaman Sengon Solomon Agar Tumbuh Dengan Optimal Dan Mendapatkan Hasil Yang Fantastis Dalam 5 Tahun

Demikian informasi tentang cara mudah dalam memindahkan bibit kurma kultur jaringan dari torpedo pot ke polybag. di dalam artikel tersebut kita telah membahas secara rinci bagaimana tahapan -tahapan dalam memindahkan bibit kurma. semoga artikel ersebut dapat menambah wawasan anda dirumah. Semoga bermanfaat.

 

Daftar Pustaka cara meindahkan bibit kurma torpedo pot ke polybag

  • Bibit Kurma Kuljar Indonesia, Cara memindahkan benih kurma torpedo pot ke Polybag. Online: https://tinyurl.com/y9bar4u8 diakses pada 2 Januari 2018

Bagikan informasi tentang Inilah Panduan Tepat Memindahkan Bibit Kurma Kultur Jaringan Dari Torpedo pot Ke Media Tanam Polybag kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah Panduan Tepat Memindahkan Bibit Kurma Kultur Jaringan Dari Torpedo pot Ke Media Tanam Polybag | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: Inilah Panduan Tepat Memindahkan Bibit Kurma Kultur Jaringan Dari Torpedo pot Ke Media Tanam Polybag

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 29%
Jual Bibit Kersen 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 25.000 Rp 35.000
Tersedia
Rp 25.000 Rp 35.000
Stok: Tersedia
OFF 13%
Bibit Jeruk Varigata Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk Sunkist Varigata BerbuahRp 195.000 Rp 225.000
Tersedia
Rp 195.000 Rp 225.000
Stok: Tersedia
OFF 41%
Bibit Buah Tin Brown Turkey 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Tin Brown TurkeyRp 85.000 Rp 145.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 145.000
Stok: Tersedia
OFF 17%
Pupuk NPK YaraMila 16-16-16 (1 kg)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Pupuk NPK YaraMila 16-16-16 (1 kg) Rp 15.000 Rp 18.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 18.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR