Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah Kandungan Nutrisi Yang Wajib Anda Ketahui dari Sebutir Kelapa Kopyor dan Pemanfaatanya Untuk Industri, Sungguh Mengagumkan

Inilah Kandungan Nutrisi Yang Wajib Anda Ketahui dari Sebutir Kelapa Kopyor dan Pemanfaatanya Untuk Industri, Sungguh Mengagumkan

Diposting pada 10 January 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 2.059 kali

Inilah Kandungan Nutrisi Yang Wajib Anda Ketahui dari Sebutir Kelapa Kopyor dan Pemanfaatanya Untuk Industri, Sungguh Mengagumkan

Bagi yang sering minum menikmati es kelapa kopyor, pastilah sudah mengetahui perbedaan antara kelapa kopyor dengan kelapa biasa. Namun sebagian masyarakat tidak banyak yang tahu apa itu sebenarnya kelapa kopyor. Apabila dilihat sekilas penampakan fisik buah kelapa kopyor ini sama persis dengan jenis kelapa pada umumnya lainnya. Namun, apabila dibelah, bagian dalamnya terlihat bergumpal-gumpal, tercampur aduk dan berantakan. Hal ini pula yang menjadi ciri khas utama dari buah kelapa kopyor, yakni memiliki daging buah yang hancur dan tercampur jadi satu dengan air kelapa.

Usut punya usut, gelar kopyor yang melekat pada jenis kelapa ini menurut masyarakat di Jawa Tengah biasa disebut dengan istilah garoh, garoh sendiri memiliki makna antara air dan daging kelapa bercampur tetapi tidak larut, oleh karena itu masih ada gumpalan gumpalan daging pada air kelapa tersebut.

kandungan nutirisi kelapa kopyor

kandungan nutirisi kelapa kopyor

Kandungan Nutrisi Kelapa Kopyor

Secara umum semua bagian dari sebuah pohon kelapa berguna untuk dimanfaatkan. Dari mulai akar, batang, daun, buah, tempurung bahkan serabut buahnya mengandung kegunaaan. Oleh karena itu pohon kelapa sering disebut sebagai Tree of Life, pohon kehidupan. Namun kali ini kita hanya fokus pada pemanfaatan buahnya saja pada kelapa kopyor.  Kelapa kopyor sendiri sebenarnya merupakan sebutan untuk buah kelapa yang abnormal. Kelapa kopyor merupakan bentuk kelainan genetik dalam pertumbuhan pada tanaman buah kelapa. fenomena tersebut merupakan hasil mutasi spontan di bagian mayang yang bersifat setempat (biasa dikenal dalam botani sebagai chimera).  Buah Kelapa Kopyor memiliki daging buah yang empuk dan terlepas dari tempurungnya, jumlah air kelapa sedikit, dan aroma yang khas yang berbeda dari daging kelapa biasa.

Baca Juga :   Inilah 6 Manfaat Yang Layak Anda Ketahui Dari Kelapa Kopyor, Nomor 6 sangat Unik Khusus Untuk Kaum Pria

Jikalau mencari buah kelapa muda lebih susah dibandingkan dengan kelapa tua, maka untuk mencari buah kelapa kopyor akan jauh lebih susah lagi, oleh sebab itu, harga buah kelapa kopyor bisa lebih mahal dari kelapa biasa, bahkan bisa mencapai empat sampai lima kali lebih mahal dari harga kelapa biasa. ada cara yang unik untuk mengetahui kelapa kopyor yakni dengan mengocok-kocok buah kelapa, kalau buah kelapa kopyor dikocok maka yang terasa seperti sedang mengocok pasir di dalam. jika kelapa biasa dikocok buahnya (sebelum dibuka) maka akan terdengar atau terasa air yang sedang diguncang-guncang di dalam.

Daging buah kelapa kopyor biasanya digunakan sebagai campuran dalam pembuatan roti, kembang gula, es krim, koktil, candy dan khusus di Indonesia digunakan sebagai minuman segar. Sementara itu, Di beberapa negara, misalnya Filipina, jenis produk yang dapat dihasilkan dari kelapa kopyor sudah berkembang menjadi lebih beragam. Kelapa Kopyor dibuat sebagai bahan baku permen kelapa (coconut candy), buah kaleng (preserved fruit), bokupai (kue kelapa) dan manisan.

Berikut ini beberapa kadungan kimia daging buah kelapa kopyor :

kandungan kimia kelapa kopyor

kandungan kimia kelapa kopyor

Buah kelapa kopyor memiliki jenis asam amino yang sama dengan buah kelapa normal, hanya saja jumlahnya berbeda. Adapun jenis asam amino yang terkandung dalam buah kelapa antara lain fenilalanin, prolin, metionin, isoleusin, asam aspartat, tirosin, serin, treonin, alanin leusin, glisin, asam glutamat, dan sistin.

Daging buah kelapa muda yang normal (biasa), kadar lemak hanya 1.0 g, sedangkan kelapa kopyor kadar lemaknya 12.27 g. Kandungan lemak yang tinggi ini menyebabkan kelapa kopyor berasa gurih, sedangkan karbohidrat yang terdiri dari sukrosa dan gula pereduksi sehingga menyebabkan kelapa kopyor berasa manis.

Baca Juga :   6 Panduan Mudah Budidaya Manggis Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah

Bagian endosperm kelapa kopyor banyak mengandung galaktomanan, sehingga selain digunakan untuk bahan makanan dan minuman, juga bisa dimanfaatkan sebagai insulator microchip dan kapsul obat. Di Thailand tahun 1998 tercatat ada 20 perusahaan yang memakai kelapa kopyor untuk sirop, es krim dan buko pie (campuran kue). Produk-produk itu sudah diekspor ke Australia. Setiap tahunnya dibutuhkan paling tidak 4 juta kelapa kopyor.  atau sekitar 700 ton daging kelapa untuk industri (Fitriani, 2005)

Buah Kelapa Kopyor

Buah Kelapa Kopyor

Demikianlah informasi tentang kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah kelapa kopyor. Selain memiliki daging yang terasa lebih gurih dengan cita rasa yang nikmat dan pastinya bisa bikin ketagihan. ternyata daging dan air kelapa memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita lho.

Dengan segala keunggulan dan manfaat kelapa kopyor pantaslah jika kelpa kopyor ini menjadi salah satu jenis kelapa yang selalu diburu peminatnya. hal itulah yang membuat, banyak petani yang mencoba peruntungan dengan membudidayakan kelapa kopyor sebagai peluang usaha. Yuk mari kita mulai mengkonsumsi buah-buah segar secara teratur. agar badan kita senantisan sehat. terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah Kandungan Nutrisi Yang Wajib Anda Ketahui dari Sebutir Kelapa Kopyor dan Pemanfaatanya Untuk Industri, Sungguh Mengagumkan kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah Kandungan Nutrisi Yang Wajib Anda Ketahui dari Sebutir Kelapa Kopyor dan Pemanfaatanya Untuk Industri, Sungguh Mengagumkan | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Inilah Kandungan Nutrisi Yang Wajib Anda Ketahui dari Sebutir Kelapa Kopyor dan Pemanfaatanya Untuk Industri, Sungguh Mengagumkan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 15%
Insektisida Curacron 500EC – 100ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 33.000 Rp 39.000
Tersedia
Rp 33.000 Rp 39.000
Stok: Tersedia
OFF 32%
Bibit Mangga Garifta Merah 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Mangga Garifta MerahRp 85.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 52%
Jual Bibit Alpukat Fuetre 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 155.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 155.000
Stok: Tersedia
OFF 21%
Bibit Kelengkeng Pingpong 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Lengkeng PingpongRp 75.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR