Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah Cara Tepat Pemupukan Yang Wajib Diketahui Agar Tanaman Durian Musang King Dapat Tumbuh Dengan Optimal dan Cepat Berbuah

Inilah Cara Tepat Pemupukan Yang Wajib Diketahui Agar Tanaman Durian Musang King Dapat Tumbuh Dengan Optimal dan Cepat Berbuah

Diposting pada 29 January 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 11.347 kali

Cara Tepat Pemupukan Yang Wajib Diketahui Agar Tanaman Durian MusangKing Dapat Tumbuh Dengan Optimal dan Cepat Berbuah

Cara Pemupukan Durian Musangking

Cara Pemupukan Durian Musangking

Cara Pemupukan Durian Musangking – Budidaya durian Musangking memiliki nilai ekonomis yang tinggi, hal ini dikarenakan durian unggulan ini dikenal mempunyai harga jual yang tinggi. Selain itu, durian musangking juga dikenal dengan citarasanya yang manis, legit dengan sedikit rasa pahit, ditambah lagi durian musangKing mempunyai daging yang tebal, tekstur kering, lembut, tidak berserat dan berwarna kuning mencolok seperti kunyit. Dengan segala kenikmatanan durian musangKing, durian ini tidak hanya digemari di Malaysia tetapi sudah mulai memasuki pasar Indonesia. Durian ini sudah mempunyai penggemar di Indonesia. Walaupun harga durian yang cukup mahal tetapi tidak menyurutkan keinginan penggila durian untuk membeli dan menyantap si raja buah ini. sehingga banyak orang membudidayakan sebagai salah satu peluang usaha yang menggiurkan.

Dalam membudidayakan durian musangking, salah satu tahap yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan budidaya durian musangking adalah proses pemupukan. Yups, tahap pemupukan adalah perawatan yang paling penting dalam budidaya durian MusangKing. Pemberian pupuk yang tepat dapat membuat tanaman menjadi lebih cepat berbuah. Jika kita salah dalam memberikan dosis dalam pemberian pupuk tentunya dapat membuat pertumbuhan durian musangking terganggu bahkan sulit untuk berbuah. Lalu apa saja yang harus kita perhatikan dalam proses pemupukan. Berikut ini kami akan paparkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pemupukan pada durian musangking meliputi jenis pupuk yang digunakan, waktu pemupukan dan dosis pemupukan yang baik. berikut ulasannya.

Bibit Durian Musang King

Bibit Durian Musang King

Jenis pupuk yang diberikan pada tanaman durian MusangKing

Pupuk yang disarankan diberikan pada tanaman durian Musang King adalah jenis pupuk organic atau pupuk kompos/kandang / pupuk hijau atau pupuk buatan. Pupuk organic adalah pupuk terbaik karena alami dan tidak mengandung unsur kimia. Anda bisa membeli pupuk organic atau Anda bisa membuat sendiri pupuk kompos atau kandang dari bahan-bahan alami disekitar rumah anda seperti kotoran hewan peliharaan Anda.

Baca Juga :   Ramuan Rahasia Untuk Membuat Pohon Kurma Cepat Berbuah Dari Air Kencing Kelinci

Selain pupuk organic, anda bisa menambahkan pupuk NPK, Urea, KCl dan pupuk SP-36. Pupuk jenis ini tidak diberikan sembarangan. Ada waktu dan dosis khusus yang harus diperhatikan agar tidak terjadi mistreatment pada tanaman durian Musang King yang Anda budidayakan.

Waktu Pemupukan Terbaik

1. Pemupukan saat tanaman belum berbuah
Tanaman duriang musangking yang belum berbuah biasanya diberi dua jenis pupuk yakni pupuk kandang dan pupuk kimia NPK. Adapun pemberian pupuk kandang pada saat tanaman durian musangking yang belum berbuah sebaiknya diberikan sebanyak dua kali dalam satu tahun. Pupuk diberikan pertama kali pada saat tanaman berumur tiga bulan. Pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang paling baik apabila dilakukan pada musim kemarau. Sedangkan pemberian pupuk NPK sebaiknya dilakukan secara rutin dan diulangi setiap empat bulan sampai dengan tanaman berumur tiga tahun.

2. Pemupukan saat tanaman sudah berbuah
Pada saat tanaman durian MusangKing mulai berbuah juga dilakukan pemupukan agar kualitas buah durian lebih optimal. Ada empat macam jenis pupuk yang diberikan yaitu pupuk organic, pupuk urea, pupuk SP – 360 dan pupuk KCl

Dosis Pemberian Pupuk

Pemberian pupuk pada tanaman durian musangking didasarkan pada umur tanaman. Pemupukan dilakukan dengan dosis sebagai berikut :
1. Pemupukan pada tanaman yang belum berbuah, dilakukan dengan dosis sbb:
a. Pemupukan NPK (15:15:15) dilakukan 2 kali/tahun, dengan dosis sbb:

  • Tanaman umur 1 tahun, dosis pupuk NPK 40 – 80 gr/pohon/tahun.
  • Tanaman umur 2 tahun, dosis pupuk NPK 150 – 300 gr/pohon/tahun.
  • Tanaman umur 3 – 4 tahun, dosis pupuk NPK 400 – 600 gr/pohon/tahun.

b. Pupuk organic/kompos/pupuk kandang diberikan setahun sekali pada akhir musim hujan dengan dosis minimal 15-20kg/pohon.

Baca Juga :   Kelapa Genjah Entok, Verietas Tanaman Kelapa Unggulan Berpostur Cebol yang Menjadi Idola Para Petani

2. Pemupukan pada tanaman yang sudah menghasilkan / berbuah, dengan dosis / pohon sbb :

  • Sesudah pemangkasan, pupuk organik 40-60 kg, urea 670 gr, SP-36 890 gr, KCl 530 gr
  • Saat pucuk mulai menua, urea 335 gr, SP-36 445 gr, KCl 265gr
  • Dua bln setelah pemupukan kedua, urea 180 gr, SP-36 650 gr, KCl 150 gr
  • Saat muncul bunga, urea 45 gr, SP-36 225 gr, KCl 100 gr
  • Satu bulan sbelum panen, urea 180 gr, SP-36 650 gr, KCl 150gr.
Cara Pemupukan Durian

Cara Pemupukan Durian

Cara Pemupukan durian 1

Cara Pemupukan durian

Cara Pemupukan durian 2

Cara Pemupukan durian

Tips Pemupukan Durian MusangKing

Selain dosis, jenis pupuk dan waktu pemberian pupuk, hal lain yang juga harus diperhatikan agar tanaman durian musangking dapat tumbuh dengan optimal dan menghasilkan buah dengan mutu dan kualitas prima adalah cara pemupukan. Sebelum memberikan pupuk pada tanaman perlu dibuat selokan melingkari tanaman dengan garis tengah selokan disesuaikandengan lebarnya tajuk pohon. Kedalaman selokan dibuat 20-30 cm dan tanah cangkulan disisihkan di pinggirnya. Sesudah pupuk disebarkan secara merata ke dalam selokan, tanah tadi dikembalikan untuk menutup selokan dan diratakan. Apabila tanah dalam keadaan kering segera lakukan penyiraman.

Tidak sulit bukan untuk merawat tanaman durian Musang King agar tumbuh optimal dan menghasilkan buah dengan mutu dan kualitas yang prima. Jika anda mengikuti tata cara pemupukan dengan benar dan sesuai maka Anda akan segera menikmati hasilnya. Tanaman durian Musang King termasuk jenis durian yang cepat proses pembuahannya. Waktu normal yang dibutuhkan durian Musang King untuk berbuah sekitar 3 – 6 tahun, tetapi jika tanaman ditanam dilahan yang tepat, bibit atau benih yang berkualitas serta pemberian pupuk dengan takaran dan waktu yang tepat maka tanaman durian Musang King akan lebih cepat berbuah.

Baca Juga :   Inilah 7 Panduan Mudah Dalam Membudidayakan Tanaman Buah Durian Merah Banyuwangi Agar Mampu Cepat Berbuah

Demikian informasi tentang panduan pemupukan pada durian musangking. Di dalam artikel tersebut kita telah membahas secara mendalam tentang jenis pupuk yang diberikan pada durian musangking, dosis yang diberikan pada durian musangking, waktu yang tepat dalam pemupukan durian musangking. Aplikasi pemupukan ini dapat kita terapkan pada jenis atau verietas durian unggulan lainnya seperti durian monthong, durian bawor, durian merah, durian pelangi dan jenis durian lainnya. Nah, tunggu apa lagi? Mulailah membudidayakan durian Musang King maka Anda akan segera menikmati keuntungannya.

Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang hama dan penyakit yang sering meyerang durian musangking dan bagaimana cara pengendaliannya mulai dari Kanker Batang, Jamur umpas, Busuk buah, Busuk akar dan Bercak daun. Terima Kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah Cara Tepat Pemupukan Yang Wajib Diketahui Agar Tanaman Durian Musang King Dapat Tumbuh Dengan Optimal dan Cepat Berbuah kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah Cara Tepat Pemupukan Yang Wajib Diketahui Agar Tanaman Durian Musang King Dapat Tumbuh Dengan Optimal dan Cepat Berbuah | JualBenihMurah.com

6 komentar untuk Inilah Cara Tepat Pemupukan Yang Wajib Diketahui Agar Tanaman Durian Musang King Dapat Tumbuh Dengan Optimal dan Cepat Berbuah

  • Anthony says:

    Terimakasoh atas saran cara pupuk durian musang king yg dibutuhkan agar tanaman berhasil dgn baik serta dgn buah yg diinginkan.

  • Dedi iswono says:

    Terimakasih atas informasinya.

    • Ali Arwani says:

      Semoga informasinya dapat bermanfaat terima kasih

      • yudho three says:

        Sedikit rancu pada tema WAKTU PEMUPUKAN TERBAIK ..pada alinea pertama di tulis pemupukan terbaik dilakukan setaun dua kali,tapi di alinea berikutnya di tulis pemupukan dg NPK dilakukan 4 bulan sekali…nahh loo

        • Ali Arwani says:

          terima kasih atas masukkannya. untuk pemupukan yang dilakukan 2 kali dalam satu tahun adalah pupuk kandang atau kompos. Selain menggunakan pupuk kandang , pemupukan pada tanaman durian musangking dapat dibantu dengan memakai pupuk NPK dilakukan secara rutin dan diulangi setiap empat bulan sampai dengan tanaman berumur tiga tahun. Semoga dapat bermanfaat. terima kasih

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Jual Bibit Anggur Sharada 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
Bibit Jambu Air Citra Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jambu Air CitraRp 185.000
Tersedia
Rp 185.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 23%
Bibit Jeruk Siam Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Bibit Jeruk Siam berbuahRp 165.000 Rp 215.000
Tersedia
Rp 165.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
OFF 26%
Bibit Lengkeng Kateki 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Lengkeng KatekiRp 85.000 Rp 115.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 115.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR