Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 9 Khasiat Buah Durian Montong Yang layak anda Ketahui, Nomor 1 Sangat bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Kita

Inilah 9 Khasiat Buah Durian Montong Yang layak anda Ketahui, Nomor 1 Sangat bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Kita

Diposting pada 8 February 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 1.855 kali

Inilah 9 Khasiat Buah Durian Montong Yang layak anda Ketahui, Nomor 1 Sangat bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Kita

Durian Montong, durian unggulan yang berasal dari Thailand ini memang sangat digemari baik oleh penikmat durian nusantara maupun penikmat durian dari luar negeri. Aroma buah yang tidak terlalu tajam membuat durian ini mampu diterima oleh semua orang. Banyak orang yang mengeluhkan mual dan pusing apabila mencium aroma durian, tapi tidak dengan durian montong. Selain itu daging buahnya yang tebal dengan biji yang kecil dan tipis membuat orang merasa puas ketika menikmati durian montong. Rasa buah yang manis dan tidak berlemak serta ukuran buah yang lumayan besar membuat penikmat durian tidak merasa rugi harus membayar mahal demi menikmati buah durian montong.

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari durian montong, tidak hanya buahnya tetapi kita juga bisa memanfaatkan batang, kulit serta biji durian. Memang daging buah durian sangat populer dimanfaatkan sebagai bahan pangan tetapi ternyata biji durianpun bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Biji durian bisa diolah menjadi makanan, ada yang diolah menjadi tepung sebagai saripati dari bahan makanan, bahkan ad pula yang memanfaatkan sebagai bahan dasar untuk biogas. Tetapi dalam artikel ini, kita akan lebih banyak membahas tentang manfaat buah daging buah durian montong.

 

Manfaat Buah Durian Montong

Manfaat Buah Durian Montong

Durian montong tidak hanya dikonsumsi dengan cara dikonsumsi langsung. Sekarang ini sudah banyak sekali makanan yang berasal dari olahan durian. Rasa durian yang sudah diolah menjadi makanan pun tidak kalah dengan durian yang dikonsumsi langsung. Berbagai macam olahan durian antara lain adalah dodol durian, permen durian, jus durian, es durian. Ada pula yang diolah menjadi campuran bahan makanan seperti campuran es durian, yang sekarang sedang tren adalah pancake durian, dll.

Sebagai penikmat durian mungkin Anda sering bertanya-tanya apakah durian termasuk makanan yang bergizi? Apa sajakah kandungan yang terdapat dalam buah durian? Apakah manfaat durian bagi kesehatan tubuh. Apakah mitos tentang durian berbahaya bagi tubuh itu benar adanya? Seberapa banyakkah konsumsi durian yang disarankan?. Semua pertanyaan-pertanyaan Anda akan terjawab dalam artikel ini.

Kandungan Nutrisi Durian Montong

Buah durian montong mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Durian montong kaya akan kandungan Vitamin C, Vitamin B kompleks seperti Vitamin B1, thiamin, riboflavin, dan niacin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh alam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :   Inilah Tips Mudah Cara Penyemaian Tanaman Buah Strawberry Dari Biji

Selain itu buah durian montong juga mengandung berbagai macam mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti zat besi, kalsium, magnesium, sodium, seng, dan fosfor. Durian juga mengandung senyawa antioksi dan seperti asam kafeat, antosianin, dan quercetin. Durian pun merupakan sumber karbohidrat, lemak, serat, dan protein yang baik. Tidak hanya itu saja, ada juga kandungan mikro nutrient seperti polyphenol, phytosteron, trypophan, dan phytonutrien yang cukup banyak.

 

Durian Montong super

Durian Montong super

Selain kandungan vitamin dan mineral, ternyata durian pun mempunyai kandungan kalori dan gula alami yang melimpah. Dalam 100 gram buah durian montong mengandung sekitar 147 kalori. Satu buah durian dengan berat hampir 1 kg akan memberikan 1470 kalori. Mengonsumsi satu buah durian sudah mencukupi sekitar 73% kebutuhan harian yang disarankan orang dewasa yaitu 2000 kalori. Kandungan energi yang tinggi pada durian dapat meningkatkan energi, sehingga durian dapat dijadikan sumber energiKalori sangat dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai sumber energi. Selain itu durian juga mengandung 2 macam gula alami yaitu sukrosa dan fruktosa yang juga berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat dari kandungan Vitamin dan Mineral yang dimiliki oleh buah durian montong? 

1. Kandungan Vitamin C
Seperti kita tahu bahwa durian montong kaya akan Vitamin C. Vitamin C sendiri adalah salah satu Vitamin yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, vitamin C juga sering dimanfaatkan untuk kecantikan dan dan untuk menajga kesehatan kulit. Dalam 100 gram durian mengandung sekitar 22.9 sampai 107 mg.

Berikut adalah manfaat vitamin C bagi kesehatan :

  • Menjaga kesehatan mata seperti penyakit mata katarak dan mengatasi penyakit rabun.
  • Mencegah penuaan dini. Vitamin C pada durian berfungsi sebagai berfungsi sebagai bahan baku pembuat kolagen. Kolagen sangat berperan dalam menjaga keremahaan kulit. Kolagen juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon dan ligamen.
  • Mengurangi resiko terkena stroke
  • Mengontrol tekanan darah agar tetap stabil
  • Mengurangi resiko penyakit jantung dan kardiovaskular.

2. Kandungan Vitamin B Kompleks
Durian Montong memiliki kandungan Vitamin B kompleks seperti B2 (riboflavin), B6 (pyridoxine) dan B12 (cobalamin). Vitamin B sangat penting baik pada sistem saraf maupun produksi sel darah pada manusia. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti; penyakit beri-beri, Anemia, kram otot, kulit kering, badan mudah lelah, nafsu makan berkurang, depresi, melemahnya sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin B juga sangat berbahaya bagi wanita hamil karena dapat menyebabkan bayi lahari cacat danterhambat pertumbuhan. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mencukupi kebutuhan vitamin B kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga :   Mengenal Durian Montong, Durian Unggulan Yang Terkenal Dengan Daging Buahnya Yang Super Tebal dan Rasa Yang Manis

Berikut adalah manfaat dari vitamin B kompleks bagi tubuh :

  • Menjaga kesehatan fungsi sistem saraf. Vitamin B kompleks dapat membantu memproduksi beberapa hormon dan zat pengatur saraf, mengatur mengatur seluruh saraf agar bekerja dengan benar. Termasuk fungsi syaraf pada sistem otak kita.
  • – Mengubah karbohidrat dari makanan kita menjadi glukosa. Vitamin B diperlukan pada tingkat sel untuk mengubah glukosa menjadi energi.
  • Membantu memproduksi sel darah merah, yang akan membantu mencegah anemia.
  • Membantu produksi HCl (asam klorida ), untuk membantu pemecahan lemak, protein dan karbohidrat yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.
  • Membantu pembentukan asam folat yang baik bagi kesehatan janin.
  • Menjaga tingkat kadar Kolesterol yang sehat Vitamin B3 atau niasin, telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol “jahat ” atau LDL , namun meningkatkan kadar kolesterol “baik ” atau HDL sehingga melindungi pembuluh darah dari pengerasan atau asteroklirosis yang merupakan penyebab utama penyakit jantung, darah tinggi dan stroke.
  • Menjaga aga kulit, mata, rambut dan kuku agar tetap sehat.
  • Mengurangi keinginan untuk merokok.
  • Mengurangi efek PMS pada wanita yang sedang menstruasi.

3. Kandungan Kalium, Magnesium dan zat besi
Selain Vitamin, durian juga mengandung senyawa penting lain seperti kalium, magnesium dan zat besi. Tiga senyawa ini sangat penting bagi tubuh yaitu dapat :

  • Menjaga sistem kekebalan tubuh dan membuat tulang menjadi kuat.
  • Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh (sistem imun)
  • Membantu pembentukan hemoglobin.
  • Membantu fungsi otot dan otak.
  • Membantu pembentukan enzim dan metabolisme
  • Baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

4. Kandungan Phytonutrient dan Phytosterol
Phytonutrient dan Phytosterol adalah salah satu mikronutrient yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa manfaat phytonutrients bagi tubuh adalah :

  • Mematikan sel kanker
  • Meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.
  • Meminimalisir pertumbuhan tumor

5. Kandungan Tryphopan
Zat tryphopan dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamine atau yang lebih dikenal dengan hormon kebahagiaan. Manfaat hormon serotonin dan dopamine bagi tubuh adalah :
– Dapat membantu mencegah depresi dan stress.
– Meningkatkan perasaan nyaman dan dapat membantu mengatasi insomnia atau gangguan tidur.

6. Kandungan Fitonutrisi dan Fitosterol
Fitonutrisi merupakan zat alami yang banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran. Zat ini memberikan manfaat bagi pemeliharaan kesehatan bersama dengan vitamin, mineral dan serat. Fitonutrisi mampu menonaktifkan zat penyebab kanker, meningkatkan sistim kekebalan tubuh, mencegah katarak dan menurunkan resiko terhadap penyakit-penyakit kronis seperti kanker, diabetes, jantung dan hipertensi.

Baca Juga :   Ramuan Rahasia Untuk Membuat Pohon Kurma Cepat Berbuah Dari Air Kencing Kelinci

Fitosterol juga merupakan zat penting yang banyak dikandung durian. Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalo menjelaskan manfaat fitosterol antara lain: memperbaiki reaksi anti tumor pada tubuh, memperbaiki ketahanan terhadap kanker, dan secara langsung menghambat pertumbuhan tumor.

7. Kandungan Alkohol

Durian memang mengandung alkohol pad setiap buahnya terutama durian lokal. Ciri buah durian yang mengandung alkohol adalah rasa buah yang manis dan sekidit pahit. Memang kandungan alkoholnya hanya sedikit jadi tidak berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam batas yang wajar. Kandungan alkohol pada durian dipercaya dapat menghangtakan tubuh dan meningkatkan vitalitas pada pria.

Setelah dijelaskan berbagai manfaat kandungan nutrisi dari durian bagaimanakah mitos yang menyebutkan bahwa durian berbahaya bagi tubuh. Benarkah durian berbahaya bagi kesehatan terutama bagi penderita diabetes dan wanita hamil?

Buah Durian Montong

Buah Durian Montong

8. Durian dan Diabetes
Bagi penderita diabetes, boleh mengonsumsi durian, namun harus dibatasi. Karena kandungan karbohidrat pada buah ini cukup tinggi, yaitu 27 gram per 100 gram durian, dimana karbohidrat yang terdapat pada durian adalah karbohidrat sederhana sehingga dapat memicu kenaikan glukosa darah di dalam tubuh secara cepat yang berbahaya bagi penderita diabetes.

9. Durian dan Wanita Hamil
Pada dasarnya durian tidak memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan ibu hamil, akan tetapi ada dua kandungan zat yang terdapat pada buah durian montong yang dapat memberikan dampak terhadap kehamilan. Adapun dua zat yang terkandung di dalam buah durian tersebut adalah asam arachidonat dan alkohol.

Asam arachidonat yang terkandung di dalam buah durian adalah senyawa yang memicu pembentukan prostaglandin atau senyawa yang mampu merangsang kontraksi yang mengakibatkan keguguran pada awal kehamilan dan kelahiran prematur pada usia kehamilan memasuki trimester akhir. Sedangkan kandungan alkohol yang terdapat di dalam buah durian akan mengakibatkan gangguan pada perkembangan janin sehingga mengakibatkan lahir prematur dengan berat badan yang rendah saat kelahiran.

Walaupun demikian Anda tidak perlu was-was bila mengonsumsi durian dalam jumlah yang wajar. Pada dasarnya kedua zat tersebut tidak akan berpengaruh besar apabila dikonsumsi bukan bumil, buah masih dalam keadaan segar, terjaga kebersihannya dan juga tidak berlebihan. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 9 Khasiat Buah Durian Montong Yang layak anda Ketahui, Nomor 1 Sangat bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Kita kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 9 Khasiat Buah Durian Montong Yang layak anda Ketahui, Nomor 1 Sangat bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Kita | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Inilah 9 Khasiat Buah Durian Montong Yang layak anda Ketahui, Nomor 1 Sangat bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Kita

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 26%
Bibit Sawo Kenitu 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sawo KenituRp 85.000 Rp 115.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 115.000
Stok: Tersedia
OFF 36%
Bibit Anggur Jaboticaba Sabara 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Anggur Brazil UnggulRp 125.000 Rp 195.000
Tersedia
Rp 125.000 Rp 195.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Bibit Jambu Air Liliphily 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 17%
Pupuk Perangsang Buah KALIPHOS

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 12.500 Rp 15.000
Tersedia
Rp 12.500 Rp 15.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR