Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 9 Jenis Pisang Unggulan Yang Layak Untuk Dibudidayakan Di Indonesia

Inilah 9 Jenis Pisang Unggulan Yang Layak Untuk Dibudidayakan Di Indonesia

Diposting pada 21 June 2019 oleh Ali Arwani | Dilihat: 56.890 kali

Inilah 9 Jenis Pisang Unggulan Yang Layak Untuk Dibudidayakan Di Indonesia

Jenis Pisang Unggulan – Buah pisang? siapa sich yang kenal dengan buah yang identik dengan warna kuning. Yups, buah yang satu ini memang sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, buah yang memiliki nama latin musa sp. merupakan jenis tanaman asli dari Asia Tenggara dan saat ini telah dibudidayakan secara meluas di berbagai negara tropis lainnya. Selain itu, Buah pisang juga menjadi buah komoditas yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Citarasanya yang nikmat dan manfaat vitamin dan karbohidrat yang terkandung dalam buah pisang menjadikan banyak sekali olahan yang berbahan dasar pisang, sebut saja, pisang goreng, kolak pisang, bolu pisang, keripik pisang dan jenis makanan olahan lainnya.

Jenis Pisang Unggulan

Saat ini Negara Indonesia menjadi salah-satu negara dengan produksi buah pisang terbesar di Asia dengan produksi yang mampu mencapai 6 juta ton per tahun atau memenuhi lebih dari 50% kebutuhan buah pisang di kawasan Asia. Pusat budidaya pisang tersebar di berbagai wilayah seperti Sumatera, Jawa, dan Bali.

Bahkan, Negara Indonesia disebut-sebut memiliki varietas pisang terbanyak dibanding produsen lainnya. terhitung ada puluhan jenis pisang yang ditanam di indonesia mulai dari pisang kapas, pisang raja sereh, pisang kepok, pisang uli, pisang ambon, pisang kidang merah, pisang cavendish, pisang barangan, pisang mas, pisang genderuwo, Pisang tongkat langit Pisang batu, Pisang badak dan jenis pisang lainnya. Namun hanya ada sekitar 10 varietas yang menjadi komoditas unggulan yang layak dibudidayakan.

Berikut ini adalah jenis pisang unggulan yang layak dibudidayakan di Indonesia :

1. Pisang Raja Bulu

Pisang raja bulu merupakan jenis pisang yang sangat terkenal di pulau Jawa. Buah pisang raja bulu memiliki ukuran sedang dengan karakteristik kulit buah tebal dan berwarna kuning menuju jingga saat sudah matang. Buah pisang raja bulu hadir dengan citarasa yang sangat manis dengan aroma yang harum.

Baca Juga :   Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Pisang Cavendish Agar Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Lebat

Jumlah buah pisang raja bulu per sisir terdapat antara 14—16 buah. Dalam satu tandan biasanya terdapat 6—19 sisir.

Pisang raja bulu manis

2. Pisang Ambon

Pisang ambon temasuk jenis pisang yang sangat mudah dijumpai. jenis pisang ini memang memiliki banyak penggemar. Terdapat dua jenis pisang ambon yang dikenal luas di masyarakat, yakni pisang ambon lumut dan pisang ambon kuning. Pisang ambon lumut atau disebut juga pisang ambon hijau karena memiliki kulit berwarna hijau meskipun dalam keadaan matang. Namun bila kelewat matang kulitnya menjadi agak kekuningan dengan bercak-bercak coklat. Buah pisang ambon lumut berukuran sedang dengan panjang 15-17 cm. Banyak buah dalam satu sisir berkisar 20 buah. Dalam satu tandan terdapat 7-12 sisir.

Pisang ambon kuning berbentuk melengkung dan berwarna kuning. Dalam satu sisir, kedua jenis pisang ambon ini biasanya menghasilkan sekitar 20-an buah.

pisang ambon

3. Pisang Cavendish

Pisang cavendish mempunyai tampilan kulit berwarna kuning mulus saat sudah matang. Buahnya berbentuk sedikit melengkung dengan panjang sekitar 14 – 15cm. Dalam satu tandan biasanya terdapat 10-14 sisir dan dalam satu sisir terdapat 6-9 buah. Pisang cavendish dikenal mempunyai daging buah yang bertekstur lembut, padat dan mempunyai citarasa sedikit asam.

Pisang cavendish termasuk jenis pisang yang menjadi komoditas ekspor dengan nilai jual yang tergolong tinggi. Namun sayangnya, pisang cavendish ini tergolong rentan terhadap serangan hama dan penyakit pisang.

Pisang Cavendish

4. Pisang Mas

Sesuai dengan namanya, pisang mas dikenal mempunyai kulit berwarna kuning mulus saat sudah matang. Buah pisang mas berukuran kecil, kulitnya tipis daging buahnya putih kekuningan. Daging buahnya lunak, rasanya manis dengan aroma yang khas.

Baca Juga :   Inilah 9 Manfaat Buah Pisang Kepok Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit Manusia

Bagi masyarakat jawa, buah pisang mas ini populer sebagai hidangan pada saat ada pesta atau hajatan. Biasanya disajikan dengan cara digantung dalam satu tandan. Dalam satu tandan biasanya terdapat 5-9 sisir, dan dalam satu sisirnya terdapat 18 buah.

pisang mas

5. Pisang Mas Kirana

Secara tampilan buah pisang mas kirana mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan buah pisang namun memiliki ukuran yang lebih besar. Pisang mas kirana dikenal memiliki citarasa yang manis dengan daging buah yang lunak.

Berbeda dengan pisang mas yang cenderung mudah busuk, pisang mas kirana memiliki keunggulan yaitu memiliki daya tahan yang cukup lama, Sehingga pisang ini cocok untuk dijadikan komoditas ekspor.

pisang mas kirana

6. Pisang Barangan

Pisang barangan banyak dibudidayakan di wilayah Sumatera Utara, sehingga tak heran banyak yang menjulukinya sebagai pisang medan atau medan barangan. Pisang Barangan mempunyai kulit berwarna kuning hingga kemerahaan saat sudah matang. Selain itu, buah pisang ini juga dikenal memiliki daging buah berwarna putih agak kekuningan. Daging buahnya tebal, bertekstur kering tanpa biji. pisang ini juga mempunyai citarasa manis dengan aroma yang khas.

Pisang Barangan

7. Pisang Nangka

jenis pisang ini mendapatkan julukan pisang nangka memang bukan tanpa alasan, pasalnya pisang ini dikenal mempunyai aroma yang harum dan tajam layaknya aroma buah nangka.

Dalam satu tandan terdapat 7-8 sisir, dan dalam satu sisir terdapat 14-24 buah pisang nangka. Buah pisang nangka juga dikenal mempunyai kulit berwarana hijau dan tebal meskipun sudah matang. Ukurannya sedang dengan mencapai 15 cm. Pisang nangka ini termasuk jenis pisang yang harus diolah terlebih dahulu saat mengkonsumsinya. hal ini disebabkan pisang nangka mempunyai daging buahnya cenderung kenyal.

Pisang nangka

8. Pisang Tanduk

Pisang tanduk dikenal mempunyai ukuran yang terbilang panjang, satu buah pisang tanduk bisa mencapai panjang hingga 28cm. Buah Pisang tanduk berbentuk melengkung mirip seperti tanduk. Kulitnya tebal, berwarna kuning dengan bintik-bintik hitam. Warna daging buah kuning muda hingga putih kekuningan.

Baca Juga :   6 Panduan Mudah Budidaya Pisang Kepok Agar Tumbuh Subur dan Mampu Mendapatkan Hasil yang Maksimal

Dalam satu tandan hanya terdapat 1-2 sisir dan setiap sisirnya terdapat 10-15 buah pisang tanduk. Sama halnya dengan buah pisang nagka, Dalam mengkonsumsinya, buah pisang tanduk ini harus diolah sebelum dimakan.

pisang tanduk

9. Pisang Kepok

Pisang kepok dikenal memiliki daging buah dengan tekstur yang kenyal dan pulen saat dimakan. Daging buahnya berwarna kuning hingga kuning dengan semburat jingga.

Dalam satu tandan biasanya terdapat 10-16 sisir, dan dalam satu sisir biasanya terdiri dari 20 buah. Pisang kepok termasuk pisang olahan yakni jenis pisang yang harus diolah sebelum dimakan. biasanya pisang kepok disajikan dengan cara direbus atau digoreng.

Pisang kepok

Demikianlah informasi tentang jenis buah pisang unggulan populer. Dalam artikel tersebut kita telah membahas 9 jenis pisang unggulan mulai dari pisang ambon, pisang cavendish, pisang mas kirana, pisang tanduk hingga pisang kepok. Setiap jenis pisang tersebut memiliki keunggulan dan keistimewaan masing-masing. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua.

 

 


Kata terkait,
jenis pisang, pisang unggulan, buah pisang, tanaman pisang, pisang di Indonesia, jenis pisang unggulan, jual bibit pisang, pisang kepok, pisang barangan, pisang cavendish, pisang tanduk, pisang mas, pisang ambon, varietas pisang unggulan, bibit pisang,

Bagikan informasi tentang Inilah 9 Jenis Pisang Unggulan Yang Layak Untuk Dibudidayakan Di Indonesia kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 9 Jenis Pisang Unggulan Yang Layak Untuk Dibudidayakan Di Indonesia | JualBenihMurah.com

18 komentar untuk Inilah 9 Jenis Pisang Unggulan Yang Layak Untuk Dibudidayakan Di Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Terbaik, 3 Tips Perawatan Pasca Panen Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal Agar Mampu Berbuah Dengan Semakin Lebat

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Pohon Kelengkeng*Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
Media Tanam Hidroton 1 Liter

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Hidroton 1 literRp 17.000
Tersedia
Rp 17.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 18%
Bibit Durian Super Tembaga 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 225.000 Rp 275.000
Tersedia
Rp 225.000 Rp 275.000
Stok: Tersedia
OFF 33%
Bibit Anggur Transfiguration 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 225.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 225.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR