Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 8 Keunggulan Rambutan Rapiah – Tanaman Rambutan Unggul Dengan Buah Berbentuk Bulat, Daging Buah Tebal, Tekstur Kenyal, Ngelotok dan Memiliki Cita Rasa Yang Manis Renyah

Inilah 8 Keunggulan Rambutan Rapiah – Tanaman Rambutan Unggul Dengan Buah Berbentuk Bulat, Daging Buah Tebal, Tekstur Kenyal, Ngelotok dan Memiliki Cita Rasa Yang Manis Renyah

Diposting pada 6 February 2021 oleh Ali Arwani | Dilihat: 223 kali

Rambutan Rapiah adalah salah satu varietas rambutan yang menjadi primadona masyarakat Indonesia yang terkenal karena rasanya yang manis dan lezat. Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan buah rambutan pada umumnya, tapi tidak menyurutkan pembeli untuk mendapatkan rambutan yang satu ini. Daging buahnya tebal, berwarna putih, kenyal, agak kering, ngelotok, dan kulit bijinya agak melekat. Rasanya manis dan renyah dengan aroma yang tidak terlau tajam. Bijinya kecil yang berbentuk bulat, dan mempunyai pelat. Daya tahan buah ini mencapai enam hari setelah dipetik.

Tanaman Buah yang mempunyai nama latin Nephelium lappceum ini tergolong sebagai jenis rambutan terbaik di Indonesia, karena memiliki mutu buahnya sangat bagus. Buah rambutan rapiah berbentuk bulat dan mempunyai ciri khas dengan adanya pelat pada kulitnya. Warna buahnya hijau kekuningan dengan ujung kemerahan yang berkulit kasar, rambut yang sangat pendek dan jarang. Tanaman buah rambutan rapiah ini dapat tumbuh dan berbuah maksimal di dataran rendah sampai ketinggian sekitar 500 mdpl dengan tipe iklim basah dan Suhu udara sekitar 22-35° C. Untuk merangsang pembungaan diperlukan musim kemarau (kering) antara 3 sampai 4 bulan.

Lalu apa saja sich keunggulan yang dimiliki rambutan rapiah ini yang membuat para petani dan para penghobiis memburu bibitnya untuk dibudidayakan atau hanya untuk ditanam dihalaman rumah. berikut ulasannya.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan rambutan rapiah sehingga layak untuk dibudidayakan dalam skala besar :

1. Citarasa Manis

Buah rambutan rapiah mempunyai rasa manis agak renyah dan aromanya tidak tajam. Bijinya kecil, berbentuk bulat, dan mempunyai pelat. Buahnyakecil, dengan berat per buah sekitar 18-19 g

2. Tingkat Adaptasi Tinggi

Bibit rambutan rapiah dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi. Selain itu rambutan rapiah ini cocok ditanam di daerah tropis.

3. Perawatan Mudah

Rambutan rapiah termasuk jenis rambutan yang tidak neko-neko dalam hal perawatan. cukup lakukan penyiraman dan pemupukan secara teratur saja. Bahkan rambutan ini dapat berbuah tanpa perlakukan khusus.

4. Kaya Akan Manfaat

Kayu rambutan rapiah bagus sekali untuk kayu bakar. Akar tanaman ini juga bisa untuk obat demam, kulit kayunya untuk obat radang mulut, dan daunnya untuk obat sakit kepala sebagai tapal (popok). Daging buah yang telah matang dapat dikalengkan.

5. Tahan Hama

Tanaman rambutan rapiah ini juga termasuk jenis tanaman yang tahan terhadap hama penyakit.

6. Tampilan Buah Cantik

Warna buah rambutan rapiah hijau kekuningan dengan ujung kemerahan yang berkulit kasar, rambut yang sangat pendek dan jarang.

7. Bersifat Genjah

Dengan perawatan yang baik, bibit tanaman rambutan rapiah dapat mulai berbuah pada umur 2-3 tahun sejak penanaman (Hasil Okulasi/Sambung/cangkok). Buah rambutan rapiah dapat dipetik setelah matang pohon atau umur 120 hari setelah anthesis (bunga mekar). Buah rambutan rapiah sebaiknya dipanen ketika buah sudah masak di pohon karena apabila di petik sebelum matang tidak akan matang setelah pemetikan. Panen buah rambutan rapiah dilakukan dengan cara memotong tangkai rangkaian (tandan) buah.

8. Cocok Untuk Tabulampot

Sifatnya yang genjah dan perawatannya yang mudah membuat rambutan rapiah sangat cocok untuk mempercantik halaman rumah anda sebagai tanaman buah dalam pot.

Demikianlah informasi tentang beberapa keunggulan yang dimiliki oleh rambutan rapiah. Dengan segala keunggulan yang dimiliki, rambutan rapiah ini menjadi salah satu dari sekian rambutan dataran rendah unggulan yang rekomended untuk dibudidayakan baik secara komersil maupun sebatas hobii. Terimakasih

Bagikan informasi tentang Inilah 8 Keunggulan Rambutan Rapiah – Tanaman Rambutan Unggul Dengan Buah Berbentuk Bulat, Daging Buah Tebal, Tekstur Kenyal, Ngelotok dan Memiliki Cita Rasa Yang Manis Renyah kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 8 Keunggulan Rambutan Rapiah – Tanaman Rambutan Unggul Dengan Buah Berbentuk Bulat, Daging Buah Tebal, Tekstur Kenyal, Ngelotok dan Memiliki Cita Rasa Yang Manis Renyah | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Inilah 8 Keunggulan Rambutan Rapiah – Tanaman Rambutan Unggul Dengan Buah Berbentuk Bulat, Daging Buah Tebal, Tekstur Kenyal, Ngelotok dan Memiliki Cita Rasa Yang Manis Renyah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 30%
Bibit Anggur Red Globe 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 215.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
OFF 29%
Bibit Kelapa Pandan Wangi 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kelapa Pandan WangiRp 250.000 Rp 350.000
Tersedia
Rp 250.000 Rp 350.000
Stok: Tersedia
OFF 11%
Pupuk NPK GrowMore 20-20-20 – 454 gram

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

growmore 20-20-20 - 454 gramRp 35.000 Rp 39.500
Tersedia
Rp 35.000 Rp 39.500
Stok: Tersedia
OFF 31%
Bibit Durian Bawor Dongkelan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Durian Bawor DongkelanRp 450.000 Rp 650.000
Tersedia
Rp 450.000 Rp 650.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR