Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 16 Varietas Tanaman Anggur Import Yang Terkenal Bersifat Genjah dan Terbukti Dapat Berbuah Di Iklim Indonesia

Inilah 16 Varietas Tanaman Anggur Import Yang Terkenal Bersifat Genjah dan Terbukti Dapat Berbuah Di Iklim Indonesia

Diposting pada 15 August 2019 oleh Ali Arwani | Dilihat: 60.305 kali

Inilah 16 Varietas Tanaman Anggur Import Yang Terkenal Bersifat Genjah dan Terbukti Dapat Berbuah Di Iklim Indonesia

Jenis Tanaman Anggur Import Genjah – Mengkoleksi tanaman buah anggur sungguh sangatlah menyenangkan. Bagaimana tidak? disamping dapat membuat halaman rumah tampak lebih teduh dan cantik, kita juga dapat menikmati buah anggur terkenal dengan citarasa yang manis menyegarkan dan pastinya nikmat. Budidaya tanaman buah anggur ini terus meningkat baik untuk sebagai sebatas hobii atau untuk skala bisnis. Prospek budidaya tanaman anggur menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Pasalnya, buah anggur memiliki nilai jual yang terbilang tinggi dan permintaan akan anggur terus meningkat. bahkan untuk memenuhi kebutuhan masayarakat Indonesia, kita masih harus import buah anggur dari negara Eropa dan Asia Tengah juga terbilang sangat besar.

Tanaman anggur merupakan tanaman asli Eropa dan Asia Tengah yang masuk kedalam famili vitaceae yang dapat tumbuh di daerah dataran rendah. Tanaman anggur termasuk jenis tanaman perdu dengan pertumbuhan merambat. Buah anggur ini memiliki banyak variant warna tergantung varietasnya seperti berwarna merah, ungu, kuning, hijau. . Buah anggur dapat dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar. Selain itu, buah anggur dapat diolah menjadi menjadi berbagai olahan seperti jus, kismis, jelly, minuman anggur dan minyak biji anggur.

jenis anggur import unggul

Saat ini telah hadir berbagai varietas anggur import unggulan yang dapat tumbuh dengan baik di iklim tropis. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa anggur import paling genjah yang mampu tumbuh dan berbuah di iklim tropis. sebut saja, anggur ninel, Anggur Transfiguration, Anggur Jupiter, Anggur dixon dan masih banyak lagi. Nah bagi anda yang ingin menanam bibit anggur, kami rekomendasikan beberapa jenis anggur import unggulan yang terkenal memiliki sifat genjah dan mudah dibudidayakan di Indonesia.

Berikut ini adalah Beberapa varietas  tanaman anggur yang terkenal dengan sifatnya yang genjah dan Terbukti berbuah di Indonesia : 

1. Anggur Jupiter

Anggur Import Jupiter

Anggur jupiter merupakan jenis tanaman anggur meja yang terkenal memiliki tingkat produktivitas buah yang cukup tinggi. Buah anggur jupiter berbentuk oval, kulit buahnya yang berwarna merah keunguan saat sudah matang. Daging buahnya tebal dengan tekstur renyah dan tanpa biji. buah anggur jupiter memiliki citarasa yang manis dengan tingkat kemanisan mampu mencapai 21 brix.

Layaknya tanaman anggur pada umumnya, untuk membuahkan tanaman anggur jenis jupiter ini memerlukan proses pemangkasan atau prunning. Biasanya dari pemangkasan sampai buah siap petik membutuhkan waktu sekitar 105 hari.

2. Anggur Harold

Anggur Harold unggul

Anggur harold merupakan jenis tanaman anggur meja yang terkenal dengan buahnya berbentuk oval silindris dengan ujung agak runcing dan berwarna kuning saat sudah sudah matang. Daging bauhnya padat dan berair. Selain itu, Buah anggur harold memiliki citarasa yang sangat menyenangkan yakni perpaduan antara rasa asam dan manis yang seimbang dengan aroma yang enak.

Tanaman anggur harold termasuk varietas anggur yang bersifat genjah. Bayangkan saja, panen buah anggur harold dapat dinikmati saat tanaman sudah berumur 1-2 tahun. Yang paling istimewa dari tanaman harold adalah tanaman anggur memiliki fase pematangan buah yang pendek atau sangat cepat yakni berkisar antara 95 – 100 hari.

Baca Juga :   Ini dia!. 10 Langkah Mudah Membudidayakan Tanaman Buah Anggur Agar Tumbuh Dengan Maksimal, Berkualitas Dan Produktif

3. Anggur Ninel

Buah Anggur Ninel

Anggur ninel merupakan jenis tanaman anggur meja yang telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Buah anggur ninel dikenal memiliki rasa yang manis, Selain itu, anggur ninel juga memiliki tandan buah sangat besar dapat mencapai 1.000 – 3.000 gram. Buah anggur ninel mempunyai Kulit buah yang sangat tipis namun memiliki daya tahan dan daya simpan buah pasca panen yang terbilang sangat bagus.

Salah satu daerah yang membudidayakan tanaman anggur ninel adalah Bantul, Yogyakarta. dimana hampir 70 kepala keluarga menanam tanaman anggur jenis ninel ini dihalaman rumah dan berbuah banyak. jenis Ninel sangat mudah berbuah bahkan untuk orang awam yang baru pertama kali menanam bibit anggur.

4. Anggur Black Panther

Anggur Black Panther

Sesuai dengan namanya, buah anggur black panther mempunyai tampilan buah berwarna hitam saat sudah matang. Bentuk buahnya oval dengan kulit tebal. Buah anggur black panther terkenal dengan rasa manis yang menyenangkan. bahkan kadar kemanisan mencapai 17-19 briks.

Tanaman anggur black panther dikenal mempunyai tingkat adaptasi yang cukup tinggi. Panen buah anggur black panther dapat dinikmati saat tanaman sudah berumur 1-2 tahun setelah penanaman. tanaman anggur black panther mempunyai fase pematangan buah yang cukup singkat yakni berkisar antara +-100 hari.

5. Anggur Julian

Anggur Julian

Anggur julian marupakan jenis tanaman anggur meja yang berasal dari ukraina. Buah anggur julian mempunyai buah berbentuk oval sedikit lonjong dan berwarna merah muda dengan sedikit warna kuning saat sudah matang. Daging buahnya tebal, padat dan bertekstur renyah dan berbiji pada bagian dalam. Selain itu, buah anggur julian mempunyai rasa yang sangat manis dan tingkat kemanisan mencapai 16-18 briks. Buah anggur julian ini termasuk varietas anggur yang menjadi favorit dikalangan kolektor ukraina.

Tanaman anggur julian dikenal memiliki tingkat adaptasi cukup bagus namun buahnya mudah pecah saat terkena ujan. Masa Produktif tanaman anggur julian sekitar 1 – 2 tahun setelah tanam. Tanaman anggur julian mempunyai masa pematangan buah yang singkat, membutuhkan waktu sekitar 95 – 105 hari.

6. Anggur Akademik Avidzba

Anggur Akademik

Anggur akademik avidzba termasuk jenis tanaman anggur meja yang dikenal dengan bentuk buahnya yang unik, buahnya memiliki bentuk bulat lonjong. Kulit buahnya berwarna hitam saat sudah matang. Daging buahnya tebal dan memiliki tekstur buah yang kering serta hanya memiliki jumlah biji rata-rata 1 butir per buah. buah akademik avidzba mempunyai rasa manis dengan hanya sedikit rasa masam.

Tanaman anggur akademik avidzba mampu tumbuh dan berproduksi dengan baik pada dataran rendah bahkan dengan iklim panas sekalipun seperti daerah Bekasi. Selain itu, tanaman anggur akademik avidzba ini juga mampu menghasilkan tandan dengan jumlah buah yang lebat.

7. Anggur Victor

Anggur Victor

Buah anggur victor terkenal dengan tampilan buah yang cantik, kulit buahnya berwarna merah muda dan kuning-merah muda, dan bahkan merah-ungu tua saat sudah matang. Buahnya berbentuk oval dengan ujung sedikit runcing. Daging buahnya keras, bertekstur padat namun lembut dan berair. Buah anggur victor mempunyai citarasa manis yang harmonis.

Baca Juga :   Ini dia!. 10 Langkah Mudah Membudidayakan Tanaman Buah Anggur Agar Tumbuh Dengan Maksimal, Berkualitas Dan Produktif

Tanaman anggur varietas ini termasuk sangat mudah berproduksi. anggur varietas victor mampu menghasilkan tandan buah yang cukup besar, cluster besar dan kepadatan rata-rata, beratnya bisa mencapai 600-1500 gram. Buah anggur victor terkenal dengan fase pematangan awal yakni 100-105 hari.

8. Anggur Transfiguration

Anggur Import Transfiguration

Anggur transfiguration merupakan salah satu jenis anggur meja yang dikenal memiliki ukuran buah yang besar. Selain itu, Buah anggur transfiguration juga memiliki bentuk buah yang menarik yaitu berbentuk lonjong papiler, kulitnya berwarna merah kekuningan saat sudah matang. Daging buahnya padat, bertekstur renyah dan juicy dengan kandungan air yang cukup, serta berbiji sedikit. Buah anggur transfiguration memiliki citarasa yang manis.

Secara umum perawatan tanaman anggur transfiguration hampir sama dengan jenis anggur anggur ninel dan mudah berbuah.Tanaman anggur transfiguration dikenal memiliki kemampuan tingkat adaptasi yang sangat tinggi. Tanaman buah anggur jenis ini sudah terbukti mampu tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah dengan iklim panas.

9. Anggur Nizina

Anggur Nizina

Anggur nizina dikenal dengan bentuknya bulat dengan kulit berwarna merah keunguan saat sudah matang serta bekulit tebal namun lunak dan mudah dimakan. Daging buahnya tebal dan berair. Selain itu, buah anggur nizina ini mempunyai citarasa manis dengan tingkat kemanisan mencapai 19,5% briks.

Panen buah anggur nizina dapat dinikmati saat tanaman sudah berumur 2-3 tahun sejak penanaman. Fase pematangan buah anggur nizina tergolong cepat yakni 125-130 hari. Selain itu, tanaman anggur nizina menghasilkan tandan buah yang besar yakni berkisar antara 700-2500 gram dengan tangkai tandan tunggal.

10. Anggur Original

Anggur Original merupakan jenis anggur meja yang yang memiliki buah berwarna merah cerah. Bentuk buahnya unik yaitu memanjang dan meruncing pada bagian ujungnya. Kulit buahnya tipis dan bijinya sedikit.Daging buahnya padat bertekstur crispy. Buah anggur original mempunyai rasa yang manis.

Tergolong jenis tanaman anggur yang relatif vigor dengan daya tahan buah sedang. Tandan buah memiliki berat 500-700 gram dengan berat 4-6 gram/butir.

11. Anggur Romeo

Anggur Romeo merupakan Varietas anggur meja yang berasal dari Rusia. Buah anggur ini dikenal dengan buahnya berbentuk oval dan berwarna merah saat sudh matang. Ukuran buahnya besar dengan berat butiran antara 9-10 gram. Daging buahnya padat sedang. Buah anggur Romeo mempunyai rasa yang manis harmonis dengan tingkat kemanisan mencapai 19-22% briks.

Tanaman anggur romeo dikenal mempunyai tingkat adptasi yang sangat baik & vigor (rekomended). Tanaman anggur romeo mampu menghasilkan tandan buah yang besar berkisar antara 500-800 gram dengan tangkai tandan tunggal. Selain itu, jenis anggur ini mempunyai fase pematangan buah yang singkat yakni pada usia 120-130 hari.

12. Anggur Everest

Anggur Everest

Anggur Everest merupakan varietas anggur meja yang mudah berbuah namun masih tergolong langka. Buah anggur everest mempunyai buah berbentuk bulat dan berwarna merah. Daging buahnya tebal dan juicy. Buah anggur everest mempunyai rasa yang harmonis. Keunggulan lainnya adalah jenis anggur everest mampu menghasilkan tandan buah yang besar, elegan tanpa goroshenie dengan berat berkisar antara 600-1200 gram.

Baca Juga :   Ini dia!. 10 Langkah Mudah Membudidayakan Tanaman Buah Anggur Agar Tumbuh Dengan Maksimal, Berkualitas Dan Produktif

Tanaman anggur everest dikenal dengan sifatnya yang genjah. panen buah anggur everest dapat dinikmati saat tanaman sudah berumur 1-2 tahun sejak penanaman. Adapun waktu pematangan jenis anggur everest ini juga tergolong awal yakni sekitar 115-120 hari.

13. Anggur Manicure Fingger

Anggur Import Manicure Finger

Sesuai dengan namanya, buah anggur manicure finger memiliki bentuk bulat lonjong dengan ujung agak meruncing seperti bentuk jari wanita. Kulit buahnya berwarna merah keunguan yang cantik. Daging buahnya tebal dengan tekstur yang renyah karena memiliki kandungan air yang cukup banyak dan mempunyai biji pada bagian tengahnya. Daging buahnya tebal dengan tekstur yang renyah karena memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Buah anggur manicure finger mempunyai rasa yang manis menyegarkan. Buah anggur ini mempunyai rasa yang manis dengan tingkat kemanisan mampu mencapai 19 brix.

14. Anggur Dixon

Anggur Dixon

Anggur Dixon merupakan jenis anggur meja dengan tampilan buah berwarna perpaduan antara warna kuning dengan warna merah muda saat sudah matang. Buahnya berbentuk bulat silinder. Daging buahnya berair bertekstur renyah dan mempunyai kulit yang padat. Buah anggur dixon mempunyai rasa manis yang harmonis. Keunggulan lainnya adalah varietas anggur dixon mampu menghasilkan tandan buah yang cukup besar mencapai berat 600-1000 gram per tandan.

Panen buah anggur dixon dapat dinikmati saat tanaman anggur sudah berumur 1-2 tahun dengan menggunakan bibit hasil grating. Adapun jangka waktu pemasakan adalah rata-rata awal 120-125 hari. Setelah matang, kelompok menggantung selama sekitar 1 bulan, setelah itu buah mulai berubah menjadi kismis.

15. Anggur Baikonur

Buah Anggur Baikonur

Anggur Baikonur merupakan jenis anggur meja yang terkenal dengan tampilan warna yang sangat menarik, saat sudah matang buahnya berwarna ungu tua yang cantik. Buah anggur boikonur berbentuk bulat lonjong dengan ujung meruncing.

Tanaman anggur Baikonur merupakan hasil dari pembiakan amatir antara anggur jenis, Talisman dengan anggur jenis Pretty Woman hasil seleksi dari Pavlovsky. Tanaman anggur boikonur dikenal dikenal memiliki stabilitas dan tingkat kemampuan beradaptasi yang baik. Buah dapat dipanen 105 hari setelah pemangkasan. Pemangkasan bisa anda lakukan pada bagian daun dan tunas air atau cabang yang masih sangat muda.

16. Anggur Veles

Anggur Veles

Anggur Veles merupakan varietas anggur meja tanpa biji yang terkenal rajin berbuah. Buah anggur veles memiliki tampilan dan ukuran yang cantik, buahnya berbentuk oval dengan warna kulit merah jambu dan sedikit transparan. Buah anggur veles mempunyai daging buah yang tebal, padat dan tidak memiliki biji sama sekali. Buah anggur veles mempunyai citarasa manis yang harmonis dengan aroma muscat.

Tanaman anggur veles memiliki ketahanan rata-rata terhadap penyakit jamur yang paling umum di kebun anggur: embun tepung dan oidium. Selain itu, tanaman anggur veles juga memiliki ketahanan yang baik pada suhu dingin. Keunggulan lainnya adalah tanaman anggur veles ini mampu menghasilkan tandan buah yang berukuran besar yakni berkisar antara 2000-3000 gram dengan tangkai tandan tunggal.

Demikianlah informasi tentang jenis tanaman anggur import. Dalam artikel tersebut kita telah membahas 16 jenis anggur import yang dikenal memiliki sifat genjah dan dapat berbuah di Iklim Indonesia. mulai dari anggur ninel, anggur jupiter, hingga anggur boikonur. Semoga artikel tersebut dapat menjadi rujukan awala untuk memilih jenis anggur apa yan cocok untuk dibudidayakan di daerah anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 16 Varietas Tanaman Anggur Import Yang Terkenal Bersifat Genjah dan Terbukti Dapat Berbuah Di Iklim Indonesia kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 16 Varietas Tanaman Anggur Import Yang Terkenal Bersifat Genjah dan Terbukti Dapat Berbuah Di Iklim Indonesia | JualBenihMurah.com

50 komentar untuk Inilah 16 Varietas Tanaman Anggur Import Yang Terkenal Bersifat Genjah dan Terbukti Dapat Berbuah Di Iklim Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Terpopuler
OFF 30%
Bibit Miracle Fruit 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Bibit Buah Miracel FruitRp 175.000 Rp 250.000
Tersedia
Rp 175.000 Rp 250.000
Stok: Tersedia
Keuntungan Cara Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot Atau Tabulampot

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk mandarin Tabulampot*Harga Hubungi CS
OFF 11%
Bibit Jeruk Santang 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk Santang UnggulRp 85.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 33%
Jual Bibit Sawo Mentega 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 100.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 100.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR