Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 7 Rahasia Keunggulan Tanaman Buah Durian Pelangi Manokwari, Papua Yang Layak Direkomendasikan Untuk Dikebunkan

Inilah 7 Rahasia Keunggulan Tanaman Buah Durian Pelangi Manokwari, Papua Yang Layak Direkomendasikan Untuk Dikebunkan

Diposting pada 22 March 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 1.122 kali

Inilah 7 Rahasia Keunggulan Tanaman Buah Durian Pelangi Manokwari, Papua Yang Layak Direkomendasikan Untuk Dikebunkan

Keunggulan Durian Pelangi – Kalau ada buah durian yang sanggup membuat negara-negara raksasa penghasil durian, yakni Malaysia dan Thailand merasa panas dingin bakal kalah pamor, ya buah durian inilah yang dimaksud. Buah Durian Pelangi Manokwari. Buah durian berdaging warna warni ini sekilas dari luar nampak biasa-biasa saja, tak lebih dari durian lokal pada umumnya. Ditinjau lebih kedalam lagi, biji buahnya juga berukuran sedang, tidak berukuran kecil atau kempes. Bukan sifat-sifat dari durian unggul.

Durian Pelangi berasal dari daerah Manokwari, Papua Barat. Tanaman durian ini ditemukan pertama kali oleh seorang peneliti tanaman asal Sumatera Selatan bernama Karim Aristides. Beliau adalah seorang sarjana lulusan salah satu Universitas di Berlin, Jerman. Beliau pulalah yang mencetuskan nama tanaman durian tersebut sebagai Durian Pelangi. Nama tersebut sebagai ungkapan adanya keragaman warna maupun rasa yang terdapat pada durian unik ini.

 

Keunggulan Durian Pelangi

Keunggulan Durian Pelangi

Durian Pelangi Manokwari atau dalam bahasa latinnya disebut Durio zibethinus L merupakan tanaman durian khas daerah Manokwari, Papua Barat. Tanaman Durian Pelangi sejatinya adalah tanaman durian hasil persilangan alami 3 varian durian, yaitu: durian putih (Zibethinus), durian merah (Graveolens) dan durian kuning (Fotogensis). Durian pelangi Manokwari mempunyai daging buah tebal, citarasanya manis dan lezat dengan tekstur buah lembut dan agak lengket. Biji buahnya berukuran sedang. Durian ini mengandung kadar alkohol yang relatif lebih rendah dibanding durian lokal jenis unggul lainnya.

Lantas apa yang membuat Malaysia dan Thailand, yang notabene adalah negara-negara pencetak durian unggul merasa keder, bahkan bernafsu sekali ikut-ikutan untuk membudidayakannya? Apa saja kehebatan-kehebatan Durian Pelangi Manokwari yang berpotensial menggeser varietas durian yang merajai dunia yaitu Musangking dan durian Duri Hitam atau Ochee (Malaysia) atau Montong dan Kan Your (Thailand)?

Berikut ini adalah beberapa kehebatan tanaman durian pelangi Manokwari, Papua Yang harus anda ketahui :

1. Mampu hidup dan Tumbuh Baik Pada Berbagai Dataran

Tanaman durian umumnya hanya bisa tumbuh baik pada dataran rendah dan sedang saja, yaitu antara 100-500 M dpl, jika ditanam pada daerah yang lebih tinggi akan menurunkan mutu atau produksivitasnya. Pada dataran tinggi kondisi suhu sekitar juga rendah, hal tersebut juga menghambat pertumbuhan tanaman durian. Sebagaiman kita tahu durian adalah tanaman khas daerah tropis. Mereka membutuhkan banyak kehangatan dan sinar matahari khas tropis dengan suhu pertumbuhan optimalnya 20-30 derajat C. Pada suhu 15oC durian dapat tumbuh tetapi pertumbuhan tidak optimal.

Baca Juga :   Inilah 5 Panduan Mudah Penyemaian Biji Kurma dan Tahapan Menumbuhkan dan Kurma Dari Biji

Nah, Tanaman Buah Durian Pelangi dikenal mampu tumbuh dengan baik pada semua bidang dataran. Baik dataran rendah, sedang maupun tinggi. Selama kebutuhannya akan bahan organik, air dan sinar mataharinya tercukupi, durian ini tak mengalami masalah berarti untuk tumbuh pada dataran tinggi.

2. Durian Dengan Warna Paling Indah di dunia

Adakah yang menyangkal keindahan pelangi? Sejak kecil pun kita sudah diajarkan tentang keindahan warna warni pelangi lewat lagunya. Durian Pelangi Manokwari bagaikan mewakili keindahan pelangi dengan warna warni yang muncul bertebaran pada daging buahnya. Warna warni indah tersebut muncul karena tanaman Durian Pelangi sejatinya adalah tanaman durian hasil persilangan alami 3 varian durian, yaitu: durian putih (Zibethinus), durian merah (Graveolens) dan durian kuning (Fotogensis). Perpaduan ketiga jenis tanaman durian tersebut menghasilkan tanaman durian dengan warna buah yang berwarna warni indah bak pelangi. Yakni : merah, kuning, hijau, oranye, putih dan krem, bahkan juga coklat susu. Kadang daging buahnya tampil pula dalam bentuk perpaduan warna merah muda dan krem dengan semburat warna hijau di sudut bijinya (ponggenya) atau bisa juga perpaduan warna merah tua dan krem dengan semburat warna hijau di sudut ponggenya.

3. Aneka Warna Dengan Kandungan Nutrisi Yang Berbeda-beda

Salah satu keunikan Durian Pelangi Manokwari adalah tiap-tiap warna daging buahnya memiliki kandungan senyawa tertentu yang masing-masing menimbulkan efek positif yang berbeda-beda. Misalnya warna merah yang ada pada buah durian pelangi menandakan adanya senyawa antioksidan yang bermanfaat sekali untuk menangkal radikal bebas. Kemudian, warna kuning pada daging buahnya menandakan adanya senyawa Beta Karoten yang mempunyai manfaat sebagai berikut :

  • Mengonsumsi makanan kaya beta-karoten membuat kita memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit jantung. Beta karoten dan vitamin E bekerja sama mengurangi oksidasi kolesterol Jahat (LDL) sehingga menurunkan risiko aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa Beta karoten membantu mengaktifkan kelenjar thymus. Kelenjar thymus adalah kelenjar yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan virus. Kelenjar ini juga dikenal mampu menghancurkan sel-sel kanker sebelum menyebar.

Kandungan senyawa-senyawa lainnya seperti: kalsium, potasium, dan tembaga mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan persendian dan tulang serta memelihara kesehatan kelenjar tiroid. Dengan mengkonsumsi secara rutin buah durian ini, Anda tak akan terserang penyakit osteoporosis karena adanya kandungan kalsium tinggi dalam buah ini. Lalu manfaat lainnya adalah menyehatkan organ pencernaan sekaligus membuat organ pencernaan bekerja lebih baik. Kandungan senyawa diatas akan mencegah Anda terserang sembelit maupun penyakit pencernaan yang lainnya.

Baca Juga :   Inilah 7 Panduan Mudah Dalam Membudidayakan Tanaman Buah Durian Merah Banyuwangi Agar Mampu Cepat Berbuah

Lebih dari itu Durian Pelangi juga mengandung senyawa-senyawa seperti: Fitosterol, Fitohormon, Kalsium dan Vitamin C, dll. Senyawa-senyawa tersebut mempunyai efek kesehatan dan medis yang sangat besar. Senyawa fitosterol adalah senyawa yang mempunyai efek relaksasi pada tubuh manusia hidup. Efeknya membuat orang merasakan relaks dan merasa santai. Karena itu tidak salah juga banyak yang menyebutnya sebagai obat anti depresi. Senyawa Fitohormon dikenal didalam dunia medis sebagai zat anti aging/penuaan. Senyawa ini menjaga usia sel-sel dalam tubuh agar tetap muda. Vitamin C dikenal sebagai Vitamin yang menjaga kesehatan tubuh agar tidak gampang sakit dan tetap fit. Selain itu Vitamin C juga berfungsi sebagai senyawa yang mampu menangkal radikal bebas dan mempercerah kulit.

Durian Pelangi Papua

Durian Pelangi Papua

4. Buah Berukuran Besar

Rata-rata buah durian unggul pada umumnya berbobot sekitar 1 kiloan, atau maksimal 2 kg, misalnya Durian Musangking (1-1,5 kg), Petruk (maksimal 2 kg), dll. Namun Durian Pelangi Manokwari mempunyai ukuran yang lebih besar, dengan bobot minimal 2 kg bahkan sering mencapai 3 kg bahkan lebih. Sebagaimana kita tahu, salah satu syarat penting yang harus dimiliki durian kualitas ekspor adalah ukuran dan bobotnya melewati ambang batas minimal.

5. Sangat Produktif

Tanaman Durian Pelangi adalah durian yang luar biasa produktif. Apabila Durian Montong dan Musangking rata-rata hanya menghasilkan 100 an butir atau maksimal 150 butir per pohon. Dan itupun mereka hanya bisa dipanen satu kali dalam 1 tahun. Maka Durian Pelangi Manokwari unggul jauh dibanding mereka. Selain bisa dipanen 2 kali dalam setahun, jumlah buah yang dihasilkannya berlipat-lipat jumlahnya. Durian ini total bisa menghasilkan buah antara 400-800 butir per pohon/tahun. Luar biasa bukan?

Yang lebih mencengangkan lagi, Durian Pelangi dapat menghasilkan buah sebanyak itu dalam jangka waktu sangat lama. Berapa lama? Yah sekitar 2 atau 3 kali rata-rata usia manusia Indonesia. Itu artinya sekitar 100-150 tahun.

6. Tahan Simpan

Salah satu keunggulan Durian Pelangi lainnya yang bikin keder durian tetangga adalah sifatnya yang tahan simpan. Durian Pelangi mampu bertahan 6-7 hari setelah panen tanpa perlakuan tambahan. Sebagaimana kita tahu, ketahanan durian selama masa penyimpanan adalah hal yang sangat penting yang mempengaruhi kualitas durian. Ketahanan simpan juga mempengaruhi aspek-aspek lain seperti, waktu pemanenan dan cara transportasinya. Ini penting untuk memenuhi permintaan konsumen lokal yang berada di tempat jauh atau skala ekspor. Semakin buah durian tahan simpan, semakin mudah pula penanganan pasca panennya, semakin mudah menjaga kualitas produknya dan semakin jauh pula ia bisa dikirim/diekspor.

Baca Juga :   Inilah 10 Rahasia Sukses Membuahkan Tabulampot Kelengkeng New Kristal Agar Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat

Buah durian matang optimal biasanya maksimal tahan 2-3 hari penyimpanan setelah panen. Jika lebih dari itu biasanya telah terjadi penurunan kualitas. Baik aroma maupun citarasanya. Tak heran untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang jauh /ekspor ditempuh cara-cara khusus. Misalnya: Durian Montong Thailand yang diekspor ke AS dipanen beberapa saat sebelum matang, kemudian dibekukan sebelum ditransportasikan kesana. Dengan maksud kualitasnya tetap terjaga baik selama masa transportasi dan penyimpanan. Namun cara ini tidak serta merta membuat Durian Montong tersebut 100% mutunya terjaga. Kadang didapati konsumen disana mengeluh karena durian tidak matang optimal (baca:agak mentah), sudah busuk atau off flavour.

7. Nilai Jualnya Luar Biasa Tinggi

Bila Durian Petruk yang merupakan durian lokal jenis unggul rata-rata dihargai Rp 75.000 per butirnya. Sedangkan Durian impor Thailand Montong rata-rata Rp 120.000 per butir. Dan Durian impor Malaysia Musangking rata-rata Rp. 165.000 per butinya, berapakah harga Durian Pelangi Manokwari per butirnya? Janganlah Anda kaget. Satu butir Durian Pelangi dibanderol Rp 300.000 perbutir. Wooww!

Harga jual tersebut sebenarnnya tidak mengherankan dan dirasa wajar, karena mengingat kehebatan-kehebatan Durian Pelangi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selain itu Durian Pelangi ini jumlahnya masih sangat langka. Tentu saja secara ilmu ekonomi nilai jualnya jadi melangit.

Demikian informasi mengenai sifat-sifat unggul pada Durian Pelangi Manokwari yang harus anda ketahui. Durian pelangi menjadi salah satu jenis durian lokal unggul karena memiliki sifat-sifat antara lain : merupakan durian tercantik di dunia, bersifat genjah, Adaptif terhadap berbagai lingkungan, sangat produktif dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Jika anda tertarik untuk membudidayakan tanaman durian pelangi manokwari ini?. ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu cara budidaya durian manokwari yang tepat agar segera mampu menghasilkan buah yang unggul. Semoga informasi tersebut dapat sedikit membantu Anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 


kata terkait,
Bibit Durian Pelangi, Durian Pelangi, durian pelangi Papua, Harga Buah Durian pelangi, harga Durian Pelangi, Jual bibit Durian Pelangi, keistimewaan Durian pelangi, Keunggulan Durian Pelangi, Khasiat durian pelangi, Manfaat durian pelangi, Pohon durian pelangi, tanaman Durian Pelangi,

Bagikan informasi tentang Inilah 7 Rahasia Keunggulan Tanaman Buah Durian Pelangi Manokwari, Papua Yang Layak Direkomendasikan Untuk Dikebunkan kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 7 Rahasia Keunggulan Tanaman Buah Durian Pelangi Manokwari, Papua Yang Layak Direkomendasikan Untuk Dikebunkan | JualBenihMurah.com

5 komentar untuk Inilah 7 Rahasia Keunggulan Tanaman Buah Durian Pelangi Manokwari, Papua Yang Layak Direkomendasikan Untuk Dikebunkan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 10%
Pupuk Langsung Pakai Daun

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Pupuk Langsung Pakai DaunRp 43.000 Rp 48.000
Tersedia
Rp 43.000 Rp 48.000
Stok: Tersedia
OFF 16%
Pupuk Dekastar (6-13-25) – 100 Gram

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

pupuk-dekastar-6-13-25-100-gramRp 21.000 Rp 25.000
Tersedia
Rp 21.000 Rp 25.000
Stok: Tersedia
OFF 36%
Benih Cabai Besar Gada F1 (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 12.500 Rp 19.500
Tersedia
Rp 12.500 Rp 19.500
Stok: Tersedia
Paling Laris
OFF 24%
Jual Bibit Kelengkeng New Kristal 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Kelengkeng New KristalRp 95.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 95.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR