Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 7 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Anggur Agar Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat

Inilah 7 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Anggur Agar Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat

Diposting pada 18 March 2021 oleh Ali Arwani | Dilihat: 503 kali

Cara Tanam Tabulampot Anggur – Merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak dibudidayakan di berbagai belahan dunia. Rasanya yang manis, kandungan nutrisinya yang sangat tinggi, dan kepraktisannya untuk diolah menjadi beragam hidangan lezat baik makanan maupun minuman menjadikannya jenis buah yang digemari banyak orang.

Saat ini anggur banyak sekali dibudidayakan baik dalam skala kecil maupun besar. Bahkan, menanam anggur di pekarangan rumah sudah menjadi tren yang cukup populer.

Budidaya anggur – Namun, bagaimana jika anda tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk dijadikan media tanam anggur? Nah, ternyata anggur juga dapat ditanam di dalam pot (tabulampot)  selain pada tanah langsung di permukaan bumi. Menanam anggur di pot atau tabulampot anggur dapat menjadi solusi yang baik untuk anda yang ingin menanam anggur namun memiliki lahan yang terbatas.

Anda tidak perlu khawatir, meskipun anda menanam anggur di pot, pohon anggur anda akan tetap menghasilkan buah jika anda merawatnya dengan baik dan memberi nutrisi yang cukup. Kemudian, diberi tiang penopang agar pohon anggur dapat merambat dengan baik.

Budidaya Tabulampot

Tanaman anggur merupakan tanaman asli Eropa dan Asia Tengah yang masuk kedalam famili vitaceae yang dapat tumbuh di daerah dataran rendah. Tanaman anggur termasuk jenis tanaman perdu dengan pertumbuhan merambat. Tanaman anggur termasuk jenis tanaman yang bersifat genjah, dengan perawatan yang baik pohon anggur dapat mulai belajar berbuah setelah berumur 1-2 tahun setelah tanam dengan bibit hasil okulasi atau cangkok.

Perawatan tabulampot anggur ini juga tergolong cukup mudah, asalkan syarat tumbuhnya terpenuhi. Jenis media tanam yang cocok adalah tanah gembur dan kaya dengan unsur hara, untuk pertumbuhannya tanaman ini memerlukan penyinaran sinar matahari sepanjang hari. Tertarik ingin membudidayakan tabulampot anggur untuk mempercantik halaman rumah? Yuk, simak penjelasannya.

Berikut ini adalah Panduan budidaya tabulampot anggur agar mampu tumbuh subur dan berbuah lebat :

1. Pemilihan Bibit Unggul

Bibit Anggur merupakan salah satu jenis buah-buahan yang terdiri dari ribuan varietas. Masing-masing varietas anggur memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu, anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis anggur apa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

  • Anda dapat dengan mudah browsing di internet untuk mengetahui jenis-jenis anggur beserta karakteristiknya.
  • Perhatikan pula apakah jenis anggur yang anda pilih sesuai dengan kondisi lingkungan dimana anda tinggal dari mulai iklim, suhu, hingga karakter tanah.
Baca Juga :   8 Jenis Anggur Tanpa Biji Yang Cocok diBudidayakan di Indonesia

2. Penanaman di Pot

Ukuran pot yang paling disarankan adalah minimal diameter 40cm. Semakin besar ukuran pot, semakin baik kualitas dan kuantitas buah yang dihasilkan. Tabulampot anggur yang ditanam dalam pot 40cm difungsikan sebagai hiasan taman dan teras. Dalam artian, hanya sebagai kepentingan estetika semata.

Sedangkan yang di pot 60cm, digunakan untuk tujuan produksi buah secara optimal. Jika anda ingin menggunakan planterbag, pilihlah yang ukuran 45-50 liter untuk diameter 40cm dan 150 liter untuk diameter 60cm.

3. Media Tanam

Ada banyak versi komposisi media tanam yang digunakan para penghobi. Jika anda suka yang praktis dan nggak ribet, gunakan salah satu dari 2 komposisi berikut :

  • Tanah gembur + sekam bakar + pupuk kompos (1:1:1)
  • Media tanam siap pakai + sekam bakar (1:1)

Untuk komposisi No.1, anda hanya perlu mencari tanah gembur di sekeliling rumah, sedangkan sekam bakar dan pupuk kompos bisa membelinya di toko tanaman.

Jika sulit mendapatkan tanah gembur, maka gunakan saja komposisi No.2, anda cukup membeli media tanam siap pakai dan sekam bakar di toko tanaman.

Untuk media tanam siap pakai, pastikan menggunakan kemasan pabrik (bukan kemasan dari karung bekas) dan tercantum keterangan yang menyebutkan “bisa untuk tanaman buah”. Karena ada juga media tanam kemasan yang dikhususkan untuk tanaman hias, sehingga tidak cocok untuk pohon anggur.

4. Penanaman

  • Siapkan pot yang telah diisi media tanam hingga memenuhi 3/4 tinggi pot.
  • Media tanam tidak boleh memenuhi pot, karena kedepan anda harus menambahkan pupuk kompos/kandang setiap 4 bulan sekali untuk menjaga media tanam tetap subur.
  • Tanamlah bibit anggur tepat di tengah pot dengan titik sambungan bibit berada jauh di atas permukaan media tanam.
  • Sampai pohon tumbuh dewasa, area sambungan tidak boleh menyentuh media tanam.
  • Tancapkan 1 buah tiang ajir di samping bibit sebagai rambatan sementara.
  • Siram media tanam hingga basah.
  • Letakkan pot di lokasi yang mendapat sinar matahari langsung minimal 6 jam/hari.
  • Tanaman anggur yang kekurangan cahaya matahari, pertumbuhannya akan lambat bahkan kerdil, mudah diserang hama-penyakit dan sulit berbuah.
  • Sekali pun bisa berbuah, hasilnya akan sangat buruk, baik kualitas maupun kuantitasnya.
  • Berikan naungan/peneduh dari bahan apa saja untuk melindungi tanaman agar tidak terpapar sinar matahari langsung.
  • Naungan tersebut diberikan selama 3-7 hari pertama saja. Tujuannya untuk mencegah tanaman stres pasca pindah tanam (ciri-ciri stres: daun mendadak layu dan pucuk tunas mengering).
  • Atau jika anda menggunakan pot yang tidak terlalu besar, sehingga mudah diangkat dan dipindah, maka letakkan saja pot di tempat yang hanya mendapatkan sinar matahari pagi maksimal jam 09.00 selama 3-7 hari kedepan.
  • Setelah melewati waktu tersebut, pindahkan kembali pot ke lokasi terbuka agar mendapat sinar matahari minimal 6 jam sehari.
Baca Juga :   Tips Pemupukan Pada Tanaman Anggur

5. Perawatan

a. Penyiraman

Untuk bulan pertama, penyiraman cukup dilakukan sekitar 3 hingga 4 kali sehari. Jangan menyiram tanaman saat media tanam masih lembab karena kelebihan air akan memuat akar tanaman membusuk hingga membuat pohon mati.

b. Pemupukan

Setelah tanaman anggur anda berusia satu bulan, anda dapat memulai proses pemupukan :

  • Pupuk yang diberikan yaitu NPK 16-16-16. Jumlah yang diberikan yaitu 1 sendok teh selama 3 bulan dan 1 sendok makan di bulan berikutnya hingga fase pembuahan.
  • Saat tanaman mencapai usia 4 bulan, anda juga dapat memberi pupuk kompos dan kapur dolomit secara bersamaan.
  • Jumlah pupuk kandang yang diberikan dapat disesuaikan dengan ukuran pot sedangkan kapur dolomit yang digunakan sama dengan saat pertama kali anda menggunakannya.

c. Pemangkasan

Setelah beberapa bulan, pangkal pohon akan tampak berwarna coklat dengan diameter sekitar 3 hingga 4 mm.

Pada saat musim kemarau tiba, anda dapat memulai proses pemangkasan. Memangkas pohon anggur saat musim hujan sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak bunga dan buah. Pangkas semua cabang pada pohon anggur namun tetap jangan potong pangkal batangnya.

Kemudian anda harus menunggu hingga munculnya tunas-tunas baru yang juga membawa bakal bunga. Untuk proses pemangkasan kedua, pangkas seluruh cabang namun sisakan 2 cabang paling atas. Potong 2 cabang paling atas tersebut dan sisakan 2 mata tunas di cabang bawah dan 4 hingga 7 mata tunas di cabang paling atas. Untuk proses pemangkasan ketiga, anda harus memangkas semua cabang dengan 4 hingga 7 mata tunas.

6. Masa Panen

Buah anggur dapat dipanen pada usia antara 90-180 hari sejak pangkas pembuahan, tergantung varietas yang anda tanam.

Langkah penting yang perlu anda lakukan sebelum panen adalah menghentikan pemberian pupuk apapun pada 30 hari terakhir menjelang panen dan menghentikan penyiraman selama 2-4 hari terakhir sebelum buah dipetik.

Baca Juga :   INILAH 6 KEUNGGULAN MANGGA ALPUKAT, LEMBUT MANIS DAN MUDAH DIMAKAN

Penyiraman pohon harus dihentikan 2 hingga 4 hari menuju pemetikan buah. Gunakan pisau atau gunting untuk memotong tandan anggur, kemudian simpan buah yang anda panen di keranjang yang bersih dan kering. Jangan meletakkan buah anggur secara bertumpukan karena akan merusak kualitas buah.

7. Hama & Penyakit

Saat hama dan penyakit mulai menyerang pohon anggur anda, itulah saat dimana anda harus menghadapi masalah yang cukup rumit. Maka dari itu, ada baiknya anda mencegah datangnya hama dan penyakit sebelum mereka menyerang tabulampot anggur kesayangan anda.

  • Gunakan insektisida dan fungisida yang berfungsi untuk membunuh serangga dan jamur yang seringkali menjadi masalah besar yang menyerang pohon angur.
  • Gunakan pestisida yang diaplikasikan ke media tanam seperti mosa meta dan anfush juga pestisida yang disemprotkan ke bagian pohon seperti MAGICgro G7.

Demikianlah informasi tentang paduan mudah budidaya tabulampot anggur, Agar tumbuh dengan optimal dan berbuah lebat, diperlukan perawatan yang intensif diantaranya penyiraman, pemangkasan dan pemupukan. Semoga artikel tersebut dapat menjadi rujukan awalan untuk menanam anggur dalam pot (tabulampot) untuk dibudidayakan di daerah anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 7 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Anggur Agar Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 7 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Anggur Agar Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Inilah 7 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Anggur Agar Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Edisi Terbatas
OFF 23%
Bibit Jeruk Nagami Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk Nagami Berbuah 1Rp 165.000 Rp 215.000
Tersedia
Rp 165.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
OFF 13%
Sphagnum Moss Chile

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sphagnum Moss ChileRp 19.500 Rp 22.500
Tersedia
Rp 19.500 Rp 22.500
Stok: Tersedia
OFF 29%
Bibit Jengkol 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

JengkolRp 25.000 Rp 35.000
Tersedia
Rp 25.000 Rp 35.000
Stok: Tersedia
OFF 17%
Benih Daun Kemanggi (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Daun kemangi Maica LeafRp 12.500 Rp 15.000
Habis
Rp 12.500 Rp 15.000
Stok: Habis
SIDEBAR