Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 7 Keistimewaan Tanaman Buah Durian Montong, Si Rajanya Buah Durian Dari Negeri Gajah Putih

Inilah 7 Keistimewaan Tanaman Buah Durian Montong, Si Rajanya Buah Durian Dari Negeri Gajah Putih

Diposting pada 6 February 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 5.108 kali

Inilah 7 Keistimewaan Tanaman Buah Durian Montong, Si Rajanya Buah Durian Dari Negeri Gajah Putih

Keunggulan Durian Montong – Siapa sih yang tidak mengenal buah durian montong? Semua orang pasti setuju jika durian montong dianggap sebagai Raja nya buah durian. Yups, bahkan jika Anda bukan penyuka durian sekalipun Anda pasti akan tetap setuju dengan pernyataan tersebut. Memang buah durian montong sangat terkenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga di mancanegara. Buah Durian montong ini berasal dari negera Thailand. Thailand sendiri sangat indentik dengan buah durian montong. Tak ayal jika kita mendengar kata Thailand pasti yang terbersit dalam pikiran kita pertama kali adalah durian montong.

Sebenarnya memang durian montong bukan satu-satunya durian import yang terkenal dalam perdagangan durian. Ada jenis lain yang juga sama unggulnya dari segi kualitas dan rasa buah. Mungkin Anda pernah mendengar nama durian Musang king? Durian musang king adalah durian import yang berasal dari negara tetangga yaitu Malaysia. memang untuk saat ini popularitas musang king masih kalah apabila dibandingkan dengan durian montong. hehehe

Di Indonesia jika kita bertanya pada penikmat durian tentang durian montong pasti tidak diragukan lagi mereka akan menyebutkan berbagai keunggulan durian montong. Hal ini sangat ironis sekali mengingat Indonesia adalah negara yang mempunyai varietas durian terbanyak didunia. Dari 27 varietas durian, Indonesia mempunyai setidaknya 20 jenis durian. Tetapi mengapa durian montong tetap saja menjadi Raja durian di Indonesia.

Keunggulan durian montong

Keunggulan durian montong

Lalu mengapa durian montong sangat digemari? Saking digemarinya, durian montong mendominasi perdagangan buah durian di pasaran Indonesia. Indonesia mendatangkan durian montong dari Thailand hingga 19 ton setiap tahunnya. Termasuk bibitan atau anakan pohonnya. Walau terbilang dibanderol dengan harga jual sangat tinggi hal itu tidak membuat surut para penikmat buah ini untuk memburu dan membelinya karena ada perbedaan durian montong dan durian lokal Tanah Air. Di masa-masa musim panen durian montong tersebut puluhan ton duriannya bisa ludes tidak tersisakan dengan harga jualnya yang beberapa kali lipat lebih tinggi dari jenis durian yang lainnya.

Anda penikmat buah durian? Pastinya Anda hafal dengan rasanya yang memiliki karakteristik berbeda antara durian impor seperti durian montong misalnya dengan durian lokal. Apa perbedaan durian montong dan durian lokal dari Indonesia tersebut? Apa sih keistimewaan durian montong sampai-sampai merajai pasar negara pemilik varietas durian terbanyak seperti Indonesia?

Baca Juga :   Mengenal Durian Montong, Durian Unggulan Yang Terkenal Dengan Daging Buahnya Yang Super Tebal dan Rasa Yang Manis

Berikut ini adalah keistimewaan yang dimiliki oleh durian montong yang tidak dimiliki oleh durian jenis manapun :

1. Memiliki Tekstur Buah Yang Lembut

Buah Durian montong dan durian lokal mempunyai tekstur yang berbeda jauh sebab proses panennya juga berbeda. Jika durian montong dipanennya tepat masih mengkal lalu segera dipetik, bila durian lokal menunggu matang di pohon terlebih dahulu dan tidak boleh dipetik. Hal inilah yang memengaruhi tekstur dan rasa durian.

Selain itu perbedaan durian montong dan durian lokal adalah durian montong dapat bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama sebab dipanennya dalam kondisi belum matang benar. Durian montong kan dipanennya masih dalam keadaan mengkal jadi lebih tahan lama dan bentuk dagingnya pun nampak kokoh berbeda dengan durian lokal yang mempunyai daging lebih lembek.

2. Memiliki Daging Daging Buah Yang Tebal & Padat

Buah Durian montong terkenal dengan daging tebal dan biji kecil dan kempis, berbeda dengan durian lokal yang mempunyai daging tipis dengan biji yang besar. Ketebalan daging durian montong membuat penikmat durian merasa terpuaskan ketika menyantap durian montong. Tak heran jika mereka rela merogoh kocek lebih dalam hanya untuk menikmati durian montong.

3. Memiliki Rasa Yang Dominan Manis

Tidak seperti durian lokal, durian montong memiliki rasa manis dan tidak terlalu berlemak. Durian lokal rasa nya manis tetapi sedikit pahit karena mempunyai kandungan alkohol. Memang rasa manis nya terasa kurang menggigit tetapi rasa manis ini ternyata lebih bisa diterima oleh penikmat durian dari luar negeri atau bule. Mereka memang kurang menyukai makanan yang memiliki rasa pahit karena diduga menurut mereka makanan yang pahit dapat menyebabkan kanker atau mengandung zat karsinogenik. Padahal rasa pahit durian berasal dari kandungan alkohol. Tetapi semua tergantung selera konsumen lebih menyukai rasa seperti apa. Sebenarnya durian lokal Indonesia mempunyai beberapa jenis yang memiliki kualitas dan dapat sejajar dengan durian impor, tetapi jumlah jenisnya masih sedikit jadi cuma secuil orang saja yang mengetahuinya.

Baca Juga :   Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Jambu Air King Rose Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Lebat

4. Memiliki Aroma Yang Tidak Menyengat

Dari segai aroma durian montong dan durian lokal juga mempunyai perbedaan. Perbedaan durian montong dan durian lokal Indonesia yakni durian montong dikenal mempunyai aroma harum yang khas walau kulitnya belum dikupas. Selanjutnya dari sisi bentuk fisiknya saja telah kelihatan berbeda lantaran ukurannya yang memang lebih besar dengan daging buahnya yang lebih tebal dibandingkan jenis durian lainnya.

5. Mudah Dalam Membudidayakan Durian Montong

Tanaman buah durian montong sudah mampu beradaptasi dengan iklim di Indonesia, sehingga proses pembudidayakan buah durian montong ini relatif tidak terlalu sulit. Tanaman buah durian monthong temasuk durian genjah dengan kedalaman lapisan tanah yang tepat, penyinaran cahaya sinar matahari yang baik, penyiraman yang teratur dan pemupukan yang baik, tanaman ini akan menghasilkan buah pada umur 3-5 tahun. produksi terbaik buah durian monthong dicapai jika penanaman dilakukan pada ketinggian 400-600 m di atas permukaan laut. Tanaman buah ini cocok tumbuh di daerah yang beriklim basah atau tempat-tempat yang banyak turun hujan. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhannya yaitu tanah yang lembap, subur, gembur, tak bercadas, dan kedalaman air tanahnya tidak lebih dari 1 meter.

Selain dapat beradaptasi diberbagai tempat, durian montong juga sangat cepat berbuah. Buah durian montong yang telah matang dan jatuh dari pohonnya masih dapat dimakan setelah 2-3 hari, tetapi daya tahan buah yang telah dipungut itu dapat diperpanjang dengan ruang pendingin bersuhu 15ºC.

Harga bibit durian montong memang relatif lebih mahal tetapi Anda tidak akan kecewa karena bibit yang Anda beli biasanya mempunyai kualitas yang sama dengan indukannya.

Tanaman durian montong

Tanaman durian montong

6. Memiliki Sifat Genjah

Durian montong termasuk jenis tanaman genjah atau pohon dengan batang pendek. Jika durian lokal bisa mencapai 8 meter lebih maka ketinggian batang pohon durian montong hanya berkisar 4-5 meter saja. Hal ini sangat menguntungkan petani ketika hendak memanen durian. Petani durian lokal biasanya menunggu buah jatuh sendiri ketika matang, sedangkan petani durian montong dapat memetik langsung durian montong bahkan ketika durian belum matang.

Baca Juga :   Inilah 3 Tips Tepat Dalam Mengatasi Kerontokan Bunga dan Bakal Buah Pada Tanaman Buah Durian Agar Mampu Menghasilkan Buah Yang Lebat

7. Nilai Ekonomis Yang Tinggi

Harga buah durian montong lebih mahal jika dibandingkan dengan durian lokal. Untuk harga per kilo durian montong dibanderol dengan harga sekitar Rp. 50.000 – 75.000. untuk satu buah durian montong ukurannya sekitar 3 – 4 kg per buah. Tetapi jika dibandingkan dengan durian import lain seperti musangking, harga durian montong jauh lebih murah.

Kita biasanya menemukan durian montong dijual dipasar swayalan atau supermarket. Jika beruntung anda bisa mendapatkan durian montong dengan harga diskon. hehehe. Jika kita ingin membeli durian lokal sebaiknya kita mempunyai keahlian dalam memilih karena kadang-kadang kualitas durian lokal tidak sama. Seringkali kita mendapatkan rasa durian yang kurang enak atau sepo karena ketidaktahuan kita. Tetapi hal ini tidak berlaku untuk durian montong.

Durian montong mempunyai kualitas yang sama sehingga rasa, aroma dan tekstur relatif sama antara buah yang satu dengan buah yang lain. Sehingga kita tidak perlu khawatir ketika membeli durian montong, tanpa keahlian memilih pun kita tetap akan mendapatkan durian yang enak, manis dan berdaging tebal.

Durian Montong super

Durian Montong super

Nah, demikian informasi tentang beberapa keunggulan si raja durian, buah durian montong. didalam artikel tersebut kita telah mengulas tentang keunggulan durian montong mulai dari tekstur daging buahnya, rasa buah durian montong, aroma buah, batang pohon, budidaya tanaman dan harga buah durian montong.

Jika Anda ingin bersantai dengan keluarga sambil menikmati durian. Durian montong ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda. Selain mempunyai rasa yang enak dan nikmat, buah durian montong ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita lho, diantaranya mampu mematikan sel kanker dan menambah kekebalan tubuh kita. Terima kasih.

 


kata terkait,
Bibit durian montong, bibit durian montong asli, bibit durian montong unggul, buah durian montong, cara memilih durian montong yang baik, cara menanam durian montong yang baik, durian golden montong, durian montong, durian montong agar cepat berbuah, durian montong asli, Jual bibit durian montong thailand, jual bibit durian montong unggul, keistimewaan durian montong, Keistimewaan durian montong orange, kelebihan durian montong, Keunggulan Durian montong, keunggulan durian montong orange, manfaat durian montong,

Bagikan informasi tentang Inilah 7 Keistimewaan Tanaman Buah Durian Montong, Si Rajanya Buah Durian Dari Negeri Gajah Putih kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 7 Keistimewaan Tanaman Buah Durian Montong, Si Rajanya Buah Durian Dari Negeri Gajah Putih | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Inilah 7 Keistimewaan Tanaman Buah Durian Montong, Si Rajanya Buah Durian Dari Negeri Gajah Putih

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 21%
Jual Bibit Mangga Namdokmai Golden 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Mangga Namdokmai GoldenRp 75.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
OFF 23%
Jual Bibit Anggur Manicure Finger 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 195.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 195.000
Stok: Tersedia
OFF 13%
Pupuk Vitamin B1 / Liquinox Start – 100 ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

vitamin-b1-liquinox-start-100-mlRp 19.500 Rp 22.500
Tersedia
Rp 19.500 Rp 22.500
Stok: Tersedia
OFF 30%
Bibit Anggur Red Globe 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 215.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR