Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 6 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Durian Duri Hitam Agar Mampu Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah

Inilah 6 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Durian Duri Hitam Agar Mampu Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah

Diposting pada 15 March 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 350 kali

Inilah 6 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Durian Duri Hitam Agar Mampu Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah

Panduan Budidaya Durian Duri Hitam – Siapa yang tidak kenal dengan durian duri hitam atau yang lebih dikenal dengan sebutan durian Ochee. Ya, durian ini adalah salah satu jenis durian unggulan yang berasal dari Negeri Jiran, Malaysia. Saking terkenalnya durian duri hitam berhasil memenangkan penghargaan yang diadakan oleh Kementerian Pertanian Malaysia (MOA) selama tiga tahun berturut-turut. Ya, saat ini reputasi durian duri hitam atau durian ochee ini sedang mencapai puncaknya, bahkan sampai mengalahkan pesona pendahulu nya durian musang king. Durian duri hitam mendapatkan namanya dari ciri fisik yang tampak pada buah durian ini. Durian duri hitam mempunyai duri yang ujungnya berwarna hitam. Namun duri hitam yang terdapat dibuah durian ini sangat berbanding terbalik dengan rasa yang dimiliki oleh durian ini. Konon katanya rasa dan aroma durian ini melebihi durian musang king yang sudah lebih dulu dikenal dan disukai masyarakat.

Lalu apakah keunggulan yang dimiliki oleh durian duri hitam sehingga sangat diburu oleh penikmatnya. Beberapa ciri tanaman durian duri hitam antara lain tekstur daging buahnya lembut dan creamy, aromanya harum, dan daging buahnya memiliki warna kuning keemasan. Durian ini memang memiliki biji sedang, tetapi mempunyai jumlah susunan pongge yang lebih banyak ketimbang durian jenis lainnya. Rasanya juga manis legit agak pahit tetapi akan langsung meleleh bersama rasa legitnya. Nah, rasa inilah yang sangat disukai oleh penikmatnya terutama yang berasal dari Asia Tenggara. Masyarakat Asia Tenggara seperti Indonesia sangat menyukai makanan yang mengandung unsur alkohol. Bahkan beberapa jenis makanan seperti tape sengaja di fermentasi agar mendapatkan rasa alkohol. Alkohol pada makanan dipercaya dapat menghangatkan tubuh dan juga meningkatkan vitalitas pria secara alami. Itu sebabnya durian duri hitam atau ochee ini sangat digemari.

Selain keunggulan soal rasa dan aroma, tenyata durian duri hitam atau Ochee ini juga memiliki keunggulan dalam hal produktifitas dan ketahan tanaman terhadap cuaca. Durian duri hitam dapat hidup di beragam tempat dan tahan terhadap cuaca kering. Durian duri hitam juga tergolong tanaman yang sangat produktif. Pada musimnya durian duri hitam mampu mengahsilkan buah yang sangat lebat. Bahkan diluar musim pun durian duri hitam tetap produktif dan menghasilkan buah meskipun tidak sebanyak ketika musim durian.

 

Budidaya Durian Duri Hitam

Budidaya Durian Duri Hitam

Syarat Tumbuh Durian Duri Hitam

  • Tanaman buah duri hitam ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah dengan ketinggian tidak boleh lebih dari 1.000 m di atas permukaan laut. Namun, Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, sebaiknya pohon durian duri hitam ini ditanam pada dataran rendah dengan ketinggian 400 – 600 m di atas permukaan laut.
  • Tanah lempung berpasir subur dan memiliki kandungan bahan organik adalah tanah yang cocok bagi tanaman durian duri hitam. Selain itu, jenis tanah latosol, Podsolik merah kuning, adosol juga bagus untuk tanaman durian duri hitam. Tekstur tanah yang berat seperti tanah liat, kurang baik bagi tanaman durian duri hitam, hal ini dikarenakan proses pengeringanya sangat sulit terutama pada musim hujan, kemudian pada musim kemarau tanah liat menjadi keras sehingga tanaman durian duri hitam susah menyerap air dan pertumbuhan akarnya terganggu.
  • Untuk topografi yang baik bagi tanaman durian duri hitam adalah yang agak miring tetapi tidak melebihi 35 derajat,untuk tanah miring perlu terasiring untuk mencegah erosi. Akar tanaman durian sanggup menembus kedalam tanah hingga tiga meter, maka lokasi yang baik adalah yang memiliki kedalaman air tanah sekitar 50 – 300 cm. Lokasi yang terlalu rendah air tanahnya dapat mengakibatkan kebusukan akar.
  • Tanaman durian ochee cocok pada suhu rata-rata 20°C-30°C dengan Intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan durian adalah 60-80%.
  • Curah hujan antara 1500 – 2500 mm pertahun, kemudian daerah itu mengalami bulan basah selama 9 – 11 bulan pertahun dan bulan kering selama 3 – 4 bulan untuk proses pembuangan.
  • Selain dari pada itu yang perlu diperhatikan adalah pH tanah yang terkandung, pH tanah yang baik sekitar 6,0 – 7,0 jika pH tanah kurang dari nilai itu kapur dolomit dapat digunakan untuk menetralkanya.

Budidaya Durian Duri Hitam

Dalam menanam dan merawat tanaman duria duri hitam ini pada dasarnya hampir sama dengan budidaya durian musangking karena memang kedua tanaman tersebut berasal dari negara yang sama yakni Negara Malaysia. Secara umum tahapan-tahapannya adalah pemilihan bibit unggul, penanaman, pewaratan bibit tanaman durian duri hitam.

Baca Juga :   Inilah 4 Faktor Pendukung dan Lingkungan ideal Untuk Pertumbuhan Kelapa Kopyor Agar mampu Tumbuh Dengan Maksimal

Kelebihan utama yang dimiliki oleh durian duri hitam ini adalah waktu berbuah yang sangat cepat. Jika durian lainnya masa paling cepat berbuah adalah setelah tanaman berumur 3 sampai 4 tahun, lain halnya dengan durian duri hitam. Pada usia tanaman berkisar 1 sampai 2 tahun tanaman durian duri hitam ini telah belajar untuk memproduksi buah tetapi tentu saja jika perawatan yang dilakukan dengan maksimal. Dalam satu pohon durian duri hitam semakin banyak bunga maka akan semakin banyak pula buah yang dihasilkan.

Untuk menghasilkan buah yang lebat dengan kualitas unggulan tentu saja kita harus tahu teknik jitu apa saja yang harus kita lakukan untuk membudidayakan tanaman durian duri hitam ini. Perawatan dan pemeliharaan yang intensif dapat membuat tanaman menjadi sangat produktif sehingga akan menguntungkan kita ketika membudidayakan tanaman durian ini. Berikut adalah teknik jitu yang dapat anda lakukan pada tanaman durian duri hitam anda agar tanaman anda produktif dan menghasilkan durian unggulan.

Berikut ini adalah beberapa tahap-tahap dalam membudidayakan tanaman buah durian duri hitam agar cepat berbuah dan mampu berbuah dengan lebat :

1. Pemilihan Bibit Durian Duri Hitam
Teknik pertama yang harus kita lakukan ketika berniat membudidayakan tanaman durian duri hitam adalah Pemilihan bibit. Dalam memilih durian duri hitam hal yang harus diperhatikan adalah memilih bibit durian duri hitam yang bibit sehat, mempunyai keadaan yang segar dan mempunyai kualitas yang baik serta bebas dari hama dan penyakit. Sebaiknya memiliki bibit durian duri hitam yang berasal dari hasil okulasi atau cangkok. Hal ini bertujuan untuk mempercepat umur berbuah dan mempunyai sifat yang sama dengan induknya.

Jarak tanam pohon akan menentukan banyaknya jumlah pohon durian yang bisa anda tanam. Untuk pohon durian duri hitam jarak tanam yang ideal adalah 8 x 8 meter persegi, sehingga dalam satu hektar anda bisa menanam sekitar 150 pohon durian duri hitam.

Waktu terbaik menanam pohon durian duri hitam di tanah kering atau tegalan adalah pertengahan musim hujan supaya kebutuhan air tanaman tercukupi. Tetapi anda tidak perlu khawatir jika anda ingin menanam durian pada musim kemarau, anda masih bisa melakukannya asalkan penyiraman tanaman tetap harus diperhatikan jangan sampai tanaman kekurangan air.

Apabila anda membeli bibit durian duri hitam disarankan agar anda tidak menanam bibit langsung pada lahan tanam. Sebaiknya bibit diistirahatkan terlebih dahulu kurang lebih 1 minggu sampai sebulan, tempatkan bibit ditempat yang teduh dan siram bibit secara teratur dua kali sehari sampai bibit benar-benar segar barulah bibit ditanam dilahan.

2. Pembuatan Lubang Tanam
Buatlah lubang secara teratur dan rapi agar sinar matahari yang masuk tidak terhalang dan tidak menghambat proses fotosintesis.

  • Buatlah lubang berukuran 80 cm x 80 cm x 80 cm. Tanah galian lubang di letakkan di samping kanan dan kiri galian, kemudian tanah galian tersebut dicampur dengan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1 bagian pupuk kandang/kompos 3 bagian tanah, dicampur sampai merata dan dibiarkan terkena sinar matahari.
  • Supaya lubang bebas dari hama dan kuman biarkan lubang terbuka selama 2 minggu. Selain bebas dari kuman membiarkan lubang terbuka juga dalat menghilangkan zat-zat beracun yang ada didalam tanah. Setelah 2 minggu masukkan tanah yang sudah dicampur pupuk kompos kedalam lubang galian, siram tanah dengan teratur. Biarkan tanah selama 1 minggu dan disarankan agar tidak memberikan pupuk kimia karena dapat meracuni tanaman. Biarkan tanah sampai cukup padat dan lembab.
  • Kemudian tanam bibit yang sudah disiapkan. Sebelum membuka polybag, basahi dulu polybagnya kemudian buka plastik polybag. Jangan sampai merusak akar atau menghilangkan tanah yang menempel diakar. Luruskan akar yang berbelit-belit kemudian siram tanaman.
  • Penanaman yang paling baik apabila dilakukan sore hari agar tanaman tidak layu. Hindarkan tanaman dari sinar matahari langsung agar tanaman tidak kering. Jangan lupa lakukan penyiraman dengan teratur. Setelah ditanam ada baiknya jika ditambahkan mulsa dari jerami atau sabut kelapa agar tanah tetap lembab. Selain itu mulsa juga dapat mencegah gulma dan memperbaiki sifat fisik tanaman.
  • Mulsa yang baik adalah menggunakan sabut kelapa, karena sabut kelapa mengandung unsur K dan Cl yang mudah larut dalam air, serta kemampuan sabut kelapa meyimpan air cukup bagus.
Budidaya Tanaman Durian duri Hitam

Budidaya Tanaman Durian duri Hitam

3. Pemupukan Tanaman Durian Hitam
Pemupukan adalah unsur pemeliharaan terpenting dalam budidaya tanaman durian duri hitam. Pemupukan yang tepat dan berimbang dapat merangsang pertumbuhan pada tanaman. Unsur yang terkandung dalam pupuk tanaman terbagi menjadi 2 bagian, yaitu unsur makro yang terdiri dari nitrogen (N), phosphat (P), dan Kalium (K). Pupuk jenis inilah yang paling banyak dipergunakan. Sedangkan unsur mikro terdiri dari molibdenum (Mo), tembaga (Cu), boron (B), seng (Zn), besi (Fe), mangaan (Mn), natrium (Na), dan klor (Cl). Walaupun pupuk mikro kebutuhannya tidak terlalu banyak dibutuhkan, tetap perlu ditambahkan, karena zat-zat mikro juga dibutuhkan oleh tanaman untuk membantu pertumbuhannya agar dapat berkembang dan berproduksi dengan baik.

Baca Juga :   6 Panduan Mudah Budidaya Mangga Chokanan Agar Mampu Berbuah Lebat 3 Kali Dalam Satu Tahun

Jenis-jenis pupuk dapat dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu pupuk organik (pupuk kandang, kompos, pupuk hijau, mulsa) serta pupuk anorganik (pupuk kimiawi yang banyak ditemui di pasaran). Untuk memenuhi unsur makro yang banyak ditemui di pasaran yaitu pupuk N (urea, ZA), pupuk P (SP-36), dan pupuk K (KCl). Atau juga dapat menggunakan pupuk lengkap (NPK) yang banyak dijumpai di toko-toko pertanian. Pemupukan disamping melalui tanah, juga perlu dilakukan pemupukan dengan penyemprotan melalui daun.

– Waktu Pemupukan
a. Pemupukan untuk fase vegetatif
Pemupukan pertama dilakukan pada awal tanaman ditanam atau yang lebih dikenal dengan pemupukan fase vegetatif. Pemupukan pada fase ini bertujuan untuk mempercepat proses pertumbuhan. Pupuk yang diberikan adalah pupuk NPK dengan dosis 1 sendok teh per bulan per tanaman di dalam polybag, atau 1 sendok makan per tanaman per dua minggu untuk tanaman yang berada di kebun. Posisi penaburan pupuk melingkar dengan jarak 10 cm – 60 cm, tergantung panjang perakaran. Penaburan pupuk pertama dilakukan satu bulan setelah pindah tanam, karena tanaman masih mengalami masa adaptasi. Setelah mencapai 3 tahun atau fase generatif pemupukan tambahan perlu dilakukan. Pemberian pupuk NPK bisa dilakukan dengan ditabur ke tanah atau dilarutkan dalam air, atau juga dapat dilakukan dengan menyemprotkan ke daun dan batang tanaman.

Untuk penyemprotan perlu dilakukan 2 minggu sekali dengan melarutkan NPK 4-6 gram per liter air. Untuk menggunakan pupuk pelengkap cair yang diseprotkan, dosis pemupukan disesuaikan dengan petunjuk masing-masing produk.

b. Pemupukan untuk fase pembuahan
Pada saat tanaman sudah berumur dan berada pada fase pembuahan, perlu dilakukan pemupukan dengan rutin yang diulangsi setiap 3 bulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK. Disamping dilakukan pemupukan melalui tanah, untuk fase pembuahan perlu dilakukan penyemprotan dengan pupuk perangsang bunga (saat berbunga) agar tidak mudah rontok, dan perangsang buah. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari, dan penyemprotan perlu dilakukan di bawah daun, hal ini karena mulut daun ada permukaan bagian bawah, agar pemupukan bisa terserap oleh tanaman.

4. Tahap Penyiraman Tanaman
Sama halnya dengan pemupukan, penyiraman perlu dilakukan secara rutin, terutama pada tanaman durian duri hitam berusia 0 – 1 tahun, masa adaptasi ini adalah masa yang paling kritis bila terjadi kekurangan air. Karena kekurangan air untuk tanaman durian duri hitam yang masih dalam proses pertumbuhan awal dapat menyebabkan kekeringan.

Penyiraman secara rutin juga sebaiknya dilakukan pada saat tanaman durian duri hitam berbunga tetapi penyiraman dilakukan tidak boleh melebihi batas hingga membuat tanaman tergenang. Tanaman durian duri hitam yang tergenang air akan menyebabkan tanaman durian duri hitam rentan terkena penyakit busuk batang dan busuk buah. kondisi penyiraman perlu dilakukan pasa saat tanaman kekurangan air, atau bila 30 cm dari permukaan tanah mulai mengering perlu segera dilakukan penyiraman.

5. Tahap Penyulaman
Selain penyiraman, pemeliharan lain yang wajib dilakukan adalah penyulaman. Penyulaman dilakukan apabila ada tanaman yang kering atau rusak, hal ini perlu dilakukan penyulaman dengan bibit yang seumur dengan tanaman sekitarnya. Oleh karena itu pada saat penanaman ada beberapa cadangan bibit yang perlu disimpan atau tidak ditanam dulu guna keperluan penyulaman ini. Bila kematian bibit yang ditanam disebabkan pathogen, maka sebelum digantikan dengan bibit yang baru tempat yang lama perlu diberikan obat pemberantas hama dan penyakit.

6.Tahap Pemangkasan
Pemangkasan adalah salah satu cara yang dilakukan agar tanaman durian duri hitam dapat cepat berbuah. Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada bagian tanaman yang memerlukan seperti batang, ranting, tunas air, cabang yang rusak atau yang terserang penyakit. Pemangkasan sebaiknya dilakukan menjelang musim penghujan atau sebelum tanaman berproduksi. Pemangkasan dilakukan 1 cm dari atas mata tunas. Pemangkasan harus dilakukan secara teratur agar tanaman sehat dan pertumbuhan bungan dan buah akan semakin maksimal.

Baca Juga :   Inilah 10 Cara Mudah Memilih Buah Durian yang Sudah Matang dan Mempunyai Rasa Yang Enak, Agar Anda Tidak Tertipu

Adapun bagian-bagian pohon yang dipangkas adalah :

Pemangkasan batang pada pohon durian yang mulai mencapai umur 2 tahun yang mencapai ketinggian ekonomis 3 sampai 5 meter dipangkas ujung batangnya, pemangkasan dilakukan 1 cm dari atas mata tunas. Pemangkasan pada batang bertujuan agar batang pohon tumbuh tidak terlalu tinggi.
Pemangkasan dahan atau ranting dilakukan bila ranting panjangnya melebihi 4 meter, hal ini untuk merangsang pertumbuhan tunas baru atau pertumbuhan ranting diatasnya, agar penyebaran zat makanan bisa berjalan seimbang.
Pemangkasan tunas air dilakukan bila terdapat tunas air yang terlalu banyak di dahan, dan pemangkasan ini dilakukan dengan gunting pemotong dahan.
Pemangkasan tunas perlu dilakukan bila ada tunas yang tumbuhnya ke bawah dan yang sejajar dengan batang utama, serta daun-daun yang terlalu rimbun perlu juga dipangkas, untuk mengurangi penyerapan zat makanan.

7. Perlakuan Khusus Tanaman Durian Duri Hitam
Selain perawatan standar diatas, ada baiknya jika tanaman durian duri hitam juga diberi perawatan lainnya. Perlakuan khusus tanaman durian meliputi pengikatan batang, pengguguran buah pertama, dan penjarangan buah.
– Pengikatan Batang
Perlakuan ini dilakukan untuk menghambat pengangkutan karbohidrat hasil fotosintesis ke akar, hal ini akan merangsang pertumbuhan bunga. Pengikatan ini baru bisa dilakukan untuk tanaman usia minimal 4 tahun.
Pengikatan dilakukan pada batang utama dan ranting yang cukup besar. Pengikatan ini dilakukan menjelang masa berbunga, setelah muncul bakal bunga, maka lilitan harus segera dilepaskan lagi.

Cara pengikatan adalah mengerat batang dengan menggunakan pisau yang tajam dan bersih, lalu dililitkan kawat dengan kencang. Untuk pengikatan cabang, dilakukan pada jarak 10 sampai 15 cm dari pangkal cabang. Lilitan segera dilepaskan bila tanaman mulai mengalami stressing (daun-daun mulai menguning), karena apabila tanaman telah pulih dari stressing setelah lilitan dilepas, maka tanaman akan tumbuh tunas-tunas baru serta diikuti oleh pertumbuhan bunga.

– Pengguguran Buah
Perlakuan ini dilakukan pada awal-awal produksi, untuk tanaman hasil okulasi mulai tumbuh bunga dan buah yang lebat mulai usia 4 – 5 tahun, tetapi hal ini perlu dilakukan pengguguran buah dahulu, seandainya merasa sayang untuk dibuang buahnya sebaiknya buah yang disisakan tidak lebih dari 30% saja, atau biasanya buah durian duri hitam yang dipelihara tidak boleh lebih dari 5 buah saja. Hal ini untuk meningkatkan daya pertumbuhan tanaman dan melebatkan buah pada tahapan pembuahan selanjutnya. Pengguguran ini dilakukan dengan menggunakan gunting pemotong.

Bila pada awal-awal pertumbuhan buah dibiarkan lebat, maka tanaman durian duri hitam tersebut cenderung lemah dan mudah terserang penyakit, sehingga umur tanaman produktif menjadi lebih pendek. Hal ini terjadi karena saat buah pertama terlalu lebat, maka tanaman akan memompa cadangan makanan yang terlalu besar untuk pembesaran buah, kondisi ini yang menyebabkan tanaman menjadi lemah.

– Penjarangan Buah
Penjarangan buah dilakukan untuk menghasilkan buah durian duri hitam yang berkualitas, dan sebaiknya buah yang berada di pangkal dahan yang dipertahankan. Penjarangan ini dilakukan bila buah sudah berdiameter sekitar 8 cm, dengan cara menyeleksi buah yang kurang sehat. Atau yang berhimpit terlalu banyak. Jumlah buah yang ditinggalkan sebaiknya berkisar 50% sampai 60% saja. Bila penjarangan buah ini tidak dilakukan maka buah durian duri hitam yang diproduksi akan kecil-kecil dan mutunya kurang bagus, dan juga akan berpengaruh pada pembuahan berikutnya, tanaman akan berbuah sedikit atau bahkan tidak berbuah sama sekali.

Demikianlah informasi mengenai panduan tepat dalam membudidayakan tanaman buah duri hitam agar cepat berbuah dan mempunyai produktifitas tinggi dan berkualitas. terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bertanam dan merawat durian duri hitam ini antara lain : pemilihan bibit, pengelahan tanah, penanaman dan perawatn bibit durian duri hitam. semoga informasi tersebut dapat menambaha wawasan kita tentang durian duri hitam. dan diharapakan anda bisa mempraktekannya sendiri di rumah. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 


kata terkait,
Bibit Durian Duri Hitam, Bibit Durian Ochee, Buah Durian Duri Hitam, cara budidaya Durian Duri Hitam, Cara Budidaya Durian Ochee, Cara tanam Durian duri hitam, Cara tanam Durian Ochee, Durian Duri Hitam, Durian Ochee, Jual bibit Durian Duri Hitam, Jual tanaman Durian duri hitam, Khasiat Durian duri hitam, Manfaat Durian duri hitam, perawatan Durian duri hitam, Pohon Durian duri hitam, Tanaman Durian Duri Hitam, cara tanam durian Duri Hitam, tabulampot Duri Hitam, perawatan durian Duri Hitam, pemupukan durian Duri Hitam, pemangkasan durian Duri Hitam,

Bagikan informasi tentang Inilah 6 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Durian Duri Hitam Agar Mampu Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 6 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Durian Duri Hitam Agar Mampu Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah | JualBenihMurah.com

4 komentar untuk Inilah 6 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Durian Duri Hitam Agar Mampu Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Terpopuler, 8 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal Agar Mampu Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun Tanpa Mengenal Musim

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal*Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
OFF 46%
Bibit Kedondong Mini 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

kedondong miniRp 35.000 Rp 65.000
Tersedia
Rp 35.000 Rp 65.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
Bibit Jeruk Dekopon Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk Dekopon berbuahRp 185.000
Tersedia
Rp 185.000
Stok: Tersedia
OFF 29%
Bibit Durian Merah 3 kaki 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Durian Merah UnggulRp 125.000 Rp 175.000
Tersedia
Rp 125.000 Rp 175.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR