Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 6 Panduan Mudah Dalam Membudidayakan Tanaman Buah Durian Matahari Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah

Inilah 6 Panduan Mudah Dalam Membudidayakan Tanaman Buah Durian Matahari Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah

Diposting pada 25 March 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 1.579 kali

Inilah 6 Panduan Mudah Dalam Membudidayakan Tanaman Buah Durian Matahari Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah

Durian Matahari adalah salah satu jenis durian unggulan dari Indonesia. Durian ini berasal adalah salah satu jenis kultivar durian yang berasal dari pulau Jawa yaitu tepatnya berasal dari daerah Bogor, Jawa Barat. Durian ini dinamakan durian Matahari karena buahnya yang berwarna kuning terang seperti sinar matahari. Bogor dikenal sebagai tempat yang mempunyai iklim basah dan curah hujan yang tinggi sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk membudidayakan tanaman durian didaerah ini.

Durian matahari memiliki bentuk buah bulat panjang dengan warna kulit buah hijau kecoklatan dengan ketebalan sekitar 1 mm. Durian ini mempunyai duri yang besar dan runcing, jarak duri yang satu dengan lainnya cukup jarang tetapi agak bengkok pada bagian kulit buahnya sehingga cukup mudah untuk membedakan durian Matahari dengan durian lain. Tanaman ini mempunyai tajuk tanaman berbentuk kerucut, tinggi batang tanaman durian matahari bisa mencapai 25 meter dengan lebar tajuknya sekitar 15 meter. Dalam setiap batang tanaman durian Matahari satu tandannya biasanya menghasilkan 1 – 2 buah. Tanaman durian matahari mampu bertahan cukup lama, umurnya bisa mencapai 20 tahun dan sangat produktif karena setiap tahunnya satu pohon durian matahari mampu menghasilkan hingga 200 buah durian pohon.

Budidaya Durian Matahari

Budidaya Durian Matahari

Syarat Tumbuh Durian Matahari

Iklim
Tanaman durian matahari adalah tanaman yang menyukai daerah dengan iklim basah, oleh karena itu durian matahari sangat cocok tumbuh didaerah Bogor yang mempunyai curah hujan tinggi. Curah hujan yang dibutuhkan sekitar 1500 – 300 mm/tahun. curah hujan harus merata sepanjangn tahun dengan musim kemarau hanya 1 sampai 2 bulan untuk periode pembungaan. Tanaman durian matahari membutuhkan intensitas cahaya matahari adalah 60-80% Durian matahari adalah tanaman yang menyukai sinar matahari, tetapi pada saat tanaman masih berusia muda / baru ditanam, sebaiknya tanaman tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Disarankan untuk menaungi bibit yang baru ditanam. Tanaman durian cocok pada suhu rata-rata 20 – 32º C. Pada suhu 15º C durian dapat tumbuh tetapi pertumbuhan tidak optimal. Bila suhu mencapai 35º C daun akan terbakar.

Media Tanam
Tanah yang cocok untuk durian adalah jenis tanah grumosol dan andosol yang subur, gembur, dan tanah lapisan bawahnya tidak berisi tanah liat yang memiliki sifat kedap air hingga kedalaman 3 meter. Tanaman durian matahari ini membutuhkan lahan tanam yang agak luas karena sistem perakarannya yang banyak. Sebaiknya durian matahari tidak ditanam diperkarangan karena dikhawatirkan akarnya dapat merusak pondasi bangunan. Tanaman durian Matahari akan tumbuh dengan baik pada tanah dengan pH 5-7 dan optimum pada pH 6-6,5.

Bibit durian matahari

Bibit durian matahari

Permintaan durian matahari dipasaran cukup banyak, tetapi sayangnya belum banyak petani yang mengembangkan budidaya durian matahari. Saat ini, durian matahari hampir tidak pernah sampai dijual umum dipasar karena selalu habis pada saat panen di kebun. Oleh karena itu, budidaya durian matahari mempunyai prospek yang sangat cerah bagi anda yang sedang mencari peluang usaha.

Baca Juga :   Inilah Kandungan Nutrisi Yang Wajib Anda Ketahui dari Sebutir Kelapa Kopyor dan Pemanfaatanya Untuk Industri, Sungguh Mengagumkan

Untuk membudidayakan durian ini hampir sama dengan tanaman durian unggul lainnya. penanaman harus memenuhi syarat tumbuh, pemilihan bibit, pemeliharaan dan penangangan pasca panen.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah dalam membudidayakan Tanaman buah duriang matahari agar tumbuh dengan baik dan cepat berbuah :

1. Pemilihan Bibit

Memilih bibit yang baik dan sehat adalah syarat mutlak yang harus dilakukan dalam budidaya tanaman durian matahari. Sangat dianjurkan untuk memilih bibit durian matahri hasil perbanyakan vegetatif dengan cara okulasi atau sambung pucuk agar tanaman durian matahari anda lebih mudah tumbuh dan menghasilkan buah yang berkualitas unggul. Pilihlah bibit yang memiliki batang besar, kering dan kokoh, mempunyai daun yang segar dan sehat.

2. Pengolahan Lahan

– Lahan dibersihkan dari rerumputan, sisa tebangan, tanaman liar, kemudian dibajak/dicangkul.
– Di sekitar kebun perlu dibuat saluran drainase guna menghindari adanya genangan.
– Kegiatan pengolahan lahan dilakukan sebelum musim hujan.

3. Tahap Penanaman

  • Jarak tanam 10 x 10 M untuk jenis durian genjah, dan 12 x 12 M untuk jenis durian sedang dan dalam.
  • Lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm atau disesuaikan dengan jenis tanah dan kondisi lahan, tanah galian bagian atas (20 cm) dipisahkan dengan tanah galian bagian bawah dan dibiarkan selama 2-3 minggu.
    Lubang tanam ditutup kembali, dengan tanah galian atas lebih dahulu dimasukkan setelah dicampur dengan pupuk organik/pupuk komposyang sudah terfermentasi dengan sekam sebanyak + 30 kg/lubang.
  • Lubang tanam harus dibiarkan terjemur sinar matahari selama 2-3 hari agar bakteri yangterdapat ditanah mati.
  • Penanaman dilakukan awal musim hujan pada sore hari agar bibit yang sudah ditanam tidak langsung terkena matahari.
  • Bagian perakaran diletakkan dalam lubang tanam. Usahakan pada saat memindahkan bibit jangan sampai putus perakarannta. Kemudian bibit diletakkan secara tegak lurus.
  • Bibit yang sudah ditanam sebaiknya diberi naungan untuk menghindari sengatan matahari curah hujan yang lebat. Naungan dapat dibongkar setelah tanaman berumur 3-5 bulan.
  • Tanah di sekitar tanaman sebaiknya ditutup dengan media berupa campuran sekam, pupuk kompos serta tanah yang dipadatkan, agar kelembaban tanah dapat stabil.
Baca Juga :   7 Keungulan Tanaman Buah kelengkeng Itoh Yang Wajib Anda Ketahui, Ternyata Memiliki Rasa Yang Super Manis

4. Tahap Pemeliharaan

– Penyiraman
Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari. Pada tahap awal pertumbuhan hindari menyiram terlalu banyak. Penyiraman harus dilakukan secara rutin terutama pda saat tanaman sudah berbuah karena kekurangan air dapat menyebabkan kerontokan buah. Tanaman juga membutuhkan banyak air pasca tanaman berbuah yang bertujuan untuk mengembalikan kondisi tanaman agar normal kembali.

– Pemupukan
Pemupukan harus dilakukan secara rutin, tujuannya adalah agar nutrisi yang dibutuhkan oleh durian matahari tercukupi sehingga tanaman dapat tumbuh dengan subur. Ada dua jenis komposisi pupuk yang dapat diberikan yaitu secara organik atau kombinasi dengan pupuk kimia. Dapat juga memberikan hormon perangsang untuk memacu pertumbuhan bunga dan memacu pertumbuhan dan pembuahan.

Pemberian pupuk dilakukan dengan cara dibuat selokan melingkari tanaman dengan garis tengah selokan disesuaikandengan lebarnya tajuk pohon. Kedalaman selokan dibuat 20-30 cm dan tanah cangkulan disisihkan di pinggirnya. Sesudah pupuk disebarkan secara merata ke dalam selokan, tanah tadi dikembalikan untuk menutup selokan dan diratakan. Apabila tanah dalam keadaan kering segera lakukan penyiraman.

– Pemangkasan
Tahap pemangasan pada tanaman buah durian matahari terdiri dari 2 bagian :
a. Pemangkasan akar
Pemangkasan akar bertujuan untuk menghambat pertumbuhan vegetatif tanaman . selain itu pemangkasan akar bertujuan untuk mempercepat pembuahan dan memperbaiki kualitas buah.

b. Pemangkasan bentuk
Dilakukan paa tanaman yang berusia diatas 1 tahun. tujuannya adalah supaya tanaman tidak tumbuh terlalu tinggi.

– Penjarangan buah
Penjarangan buah bertujuan untuk mencegah kematian durian agar tidak kehabisan energi pada saat pembuahan. Penjarangan buah juga bertujuan agar buah yang dihasilkan lebih besar dan banyak.

5. Pengendalian Hama dan Penyakit.

Hama yang paling sering menyerang durian matahari adalah hama penggerek buah atau gala-gala. Hama ini menyerang bagian buah. Buah yang terserang hama ini biasanya akan jatuh sebelum tua. Hama ini dapat diatasi dengan cara :
a. Kultur teknis yaitu
– membungkus/membrongsong buah terpilih sejak dini.
– pengasapan di bawah pohon pada sore hari untuk mengusir imago.

b. Mekanis yaitu, mengumpulkan buah yang terserang hama dan gugur untuk dimusnahkan/dikubur.
c. Biologis yaitu, menggunakan semut rang-rang untuk mengusir imago atau menggunakan musuh alami lain yaitu lalat Tachinidea (Argyroplax basifulfa), Ventura, sp.
d. Kimiawi yaitu, penyemprotan insektisida organik atau hayati.

Pada umumnya durian sering sekali terkena penyakit busuk akar, tetapi pada tanaman durian matahari agak berbeda. Tanaman durian matahari ini karena berasal dari daerah Bogor yang dikenal sebagai kota hujan dengan intensitas hujan tinggi sehingga menciptakan karakteristik tersendiri pada tanaman durian ini. Durian matahari ini tahan terhadap serangan penyakit busuk akar. Penyakit-penyakit lain, seperti bintik daun yang disebabkan oleh Colletotrichum spp., Homortegia durionir dan Phyllorticta durionir, dan busuk buah (Rhizopus sp.), tidak begitu berarti. Berbagai hama telah diamati menyerang durian, tetapi kerusakannya tampaknya hanya kadang-kadang. Suatu ulat pengebor buah, Hypoperigea (Plagideicta) lepro.rtricta, memakan biji durian, dan tampaknya lebih sering terjadi.

Baca Juga :   Inilah Panduan Tepat Memindahkan Bibit Kurma Kultur Jaringan Dari Torpedo pot Ke Media Tanam Polybag

6. Panen dan Pasca Panen

Tanaman durian Matahari terhitung tanaman durian yang sangat produkif karena durian ini biasanya dapat dipanen 2 kali dalam setahun. Masa panen tanaman durian matahari relatif cukup tinggi sehingga sudah pasti menguntungkan Anda. Memang agak sulit menentukan kematangan buah, jika sabar anda bisa menunggu buah durian ini jatuh sebagai tanda bahwa buah durian sudah matang. Atau jika Anda cukup berpengalaman Anda cukup melihat buah durian saja. Biasanya buah yang sudah matang akan terlihat dari warna, elastisitas dan letak duri. Anda biasa menjentikan jari-jari Anda pada alur-alur diantara duri, apabila sudah terdengar suara maka bisa dipastikan bahwa buah durian sudah siap anda panen. Atau Anda juga bisa mencium buah durian, buah durian yang sudah matang biasanya mengeluarkan aroma yang tajam.

Durian Matahari Unggul

Durian Matahari Unggul

Buah yang telah pecah sewaktu jatuh ke tanah, cepat sekali rusak, arilusnya menjadi tengik dalam waktu 36 jam saja. Buah yang masih bertangkai, yang dipungut dari bawah pohonnya masih dapat dimakan setelah 2-3 hari, tetapi jika daya tahan buah yang telah dipungut itu dapat diperpanjang sekitar 1 minggu lagi, hal ini akan merupakan keuntungan yang besar. Buah durianh arus segera diangkut ke pasar, diwadahi karung, keranjang bambu atau ditumpuk saja dalam bak truk. Ruang pendingin bersuhu 15° C dapat memperpanjang daya tahan, buah durian selama 3 minggu, dan daging buah yang dibekukan secara cepat akan dapat mempertahankan rasanya selama 3 bulan atau lebih.

Demikianlah informasi tentang panduan tepat dalam membudidayakan tanaman buah durian matahrai. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang budidaya durian lokal unggulan. Selain itu, anda juga bisa mempraktekan sendiri cara penanaman dan perawatan durian matahari di kebun masing-masing sesuai langkah-langkah diatas. Mudah bukan?!. Semoga sukses. Terima kasih.

Selain memiliki rasa yang juara, tenyata durian matahari ini juga memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa yang tentunya memiiki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. lngin mengetahui apa saja manfaat buah durian matahari ini untuk kesehatan tubuh manusia. yuk, simak Manfaat Buah Durian . Semoga Bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 6 Panduan Mudah Dalam Membudidayakan Tanaman Buah Durian Matahari Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 6 Panduan Mudah Dalam Membudidayakan Tanaman Buah Durian Matahari Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah | JualBenihMurah.com

2 komentar untuk Inilah 6 Panduan Mudah Dalam Membudidayakan Tanaman Buah Durian Matahari Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 10%
Jual Tanaman Aglaonema Dark Green

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 95.000 Rp 105.000
Tersedia
Rp 95.000 Rp 105.000
Stok: Tersedia
Beras Melati Premium Mlatiharjo 1 kg

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Beras Permium Melati MlatiharjoRp 22.500
Tersedia
OFF 27%
Jual Bibit Mamey Sapote Magana 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

mamey sapote UnggulRp 1.100.000 Rp 1.500.000
Tersedia
Rp 1.100.000 Rp 1.500.000
Stok: Tersedia
OFF 44%
Bibit Kopi Arabika Unggul 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kopi ArabikaRp 25.000 Rp 45.000
Tersedia
Rp 25.000 Rp 45.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR