Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Pisang Cavendish Agar Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Lebat

Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Pisang Cavendish Agar Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Lebat

Diposting pada 20 March 2019 oleh Ali Arwani | Dilihat: 25.122 kali

Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Pisang Cavendish Agar Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Lebat

Budidaya Pisang Cavendish – Pisang cavendish termasuk salah satu jenis pisang unggulan yang paling populer di Indonesia. Warna buahnya yang cantik, daging buahnya yang lembut ditambah lagi dengan citarasanya yang enak dan manis membuat pisang cavendish ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Buah pisang cavendish sangat mudah dijumpai. Buah pisang ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional ataupun supermarket.

Selain mempunyai citarasanya yang enak dan manis, ternyata, buah pisang cavendish ini juga kaya akan berbagai jenis nutrisi. Seperti mineral, karbohidrat, serat, dan juga vitamin. Sehingga tidak jarang juga Pisang Cavendish dijadikan menu konsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

Dengan segala keunggulan yang dimiliki pisang cavendish tidak heran jika buah yang satu ini mejadi primadona para petani dan pelaku usaha. Banyak dari masyarakat yang mulai membudidayakan pisang cavendish sendiri. Baik untuk dikonsumsi secara pribadi, ataupun untuk kepentingan komersial. Tertarik membudidayakan pisang cavendish? Yuk simak ulasan cara mudah budidaya pisang cavendish agar cepat berbuah.

Budidaya Pisang cavendish

Budidaya Pisang cavendish

Syarat Tumbuh Pisang Cavendish

  • Daerah yang baik untuk menanam pisang cavadish adalah daerah rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian1600 mdpl.
  • Jenis tanah yang baik untuk menanam pisang cavendish harus kaya akan humus dan tanah liat berpasir.
  • Hindari di tanah yang tergenang dengan air.
  • Suhu yang dibutuhkan untuk pertumbuhan pisang cavendish berkisar antara 27°C sampai dengan 30°C.
  • Curah hujan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan pisang cavendish adalah 200-250 mm/tahun.

Budidaya Pisang Cavendish

Pohon pisang cavendish juga dapat tumbuh dengan mudah di hampir seluruh daerah di Indonesia. Secara umum, pohon pisang cavendish dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi. Selain itu, pohon pisang cavendish dapat tumbuh di erbagai jenis media tanam. Pohon pisang cavendish dapat hidup di pinggir jalan, di pinggir sungai, di halaman rumah, di kebun, hingga di semak belukar hutan. Bagaimana tertarik ingin membudidayakan pisang cavendish dihalaman rumah? simak yuk, tahapan-tahapan mudah dalam membudidayakan pisang cavendish agar tumbuh dengan subur.

Baca Juga :   6 Panduan Mudah Budidaya Mangga Chokanan Agar Mampu Berbuah Lebat 3 Kali Dalam Satu Tahun

Berikut ini adalah panduan budidaya pisang cavendish agar tumbuh subur dan berbuab lebat :

1. Pemilihan Bibit Unggul
Bibit pisang cavendish dapat diperoleh melalui tunasnya, ambil tunas dari tanaman induk yang baik dan berkualitas yang bisa dilihat dari buah yang dihasilkan oleh pohon induk. Jika buah yang dihasilkan baik, maka tunas pohon tersebut juga baik untuk dibudidayakan. Selanjutnya, pilih tunas yang memiliki tinggi sekitar 1-1,5 meter dengan diameter batang sekitar 7-12 cm.

Bibit Pisang Cavendish

Bibit Pisang Cavendish

2. Pengelolahan Lahan
Pada lahan tanam yang akan digunakan untuk menanam pisang cavendish, buatlah saluran air di sekitar saluran air. Tujuannya agar tidak ada air yang menggenang di dekat tunas, yang dapat menyebabkan tunas pisang menjadi busuk.

Periksa kadar keasaman tanah, terlebih jika tanah sering diberi pupuk dengan bahan kimia, jika pH tanah kurang dari 5 maka beri kapur dengan dosis sekitar 300 kg/ha. Hal ini bertujuan agar kadar keasaman tanah tidak meninggi dan kembali stabil.

Buatlah lubang tanam berukuran 40 x 40 x 40 cm dengan jarak antara lubang sekitar 3 hingga 4 meter. Tanah bagian atas hasil galian dicampur dengan pupuk NPK (1 sdm), pupuk puradon (1 sdm), dan pupuk kandang (2 kg). Biarkan tanah selama 1-2 minggu.

3. Tahap Penanaman
Waktu yang tepat dalam penanaman bibit pisang cavendish adalah waktu musim penghujan. Hal tersebut bertujuan agar tunas pisang bisa mendapatkan curah hujan yang cukup.

Adapun proses penanaman bibit pisang cavendish sebagai berikut :

  • Tanam bibit pisang cavendish dengan melepas polibag dari tanaman. Pastikan media tanam dan akar tetap menyatu.
  • Benamkan bibit ke dalam lubang tanam. Sebaiknya, posisis bibit pisang cavendish lebih tinggi dari permukaan tanah sekitar 20 – 30 cm.
  • Siram bibit yang sudah ditanam dengan air secukupnya.
Baca Juga :   Inilah 19 Manfaat Si Cebol, Kelapa Genjah Entok Sebagai Penangkal Racun, Sebagai Obat Pencernaan dan Sebagai Isotonik

4. Tahap Perawatan
Setelah ditanam, tunas pisang cavendish harus dirawat agar bibit dapat berkembang dengan baik, terlebih untuk menghindarkan pisang dari serangan hama. Adapun beberapa perawatan yang perlu dilakukan antara lain :

– Perampalan
Proses perampalan bertujuan agar saluran air tetap terjaga dengan baik, dan kebun masih tetap bersih. Cara peramparan adalah dengan memotong atau menyingkirkan pelepah yang sudah kering.

– Penyiraman
lakukan pengairan dan juga penyiraman agar persediaan air di sekitar batang pisang tetap terjaga. Lakukan penyiraman dengan menggunakan mesin pompa air, atau apapun yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan penyiraman.

– Penyiangan
Lakukan pula penyiangan dengan menyingkirkan gulma atau rumput liar yang berada di sekitar area tanam. Hal tersebut bertujuan agar rumput liar tersebut tidak menjadi saingan dari pohon pisang untuk mendapatkan unsur hara tanah.

– Penjarangan
Penjarangan ini dilakukan dengan tujuan menjaga keseimbangan pertumbuhan pohon pisang sehingga setiap pohon dapat menghasilan tandan/buah yang besar dan kualitas baik. Proses penjarangan biasanya dilakukan ketika ada anakan pohon pisang cavendish yang tumbuh di sekitar pohon pisang yang berumur 4-6 bulan. Segera pisahkan dan tanam di lubang lain dengan jarak 3-4 meter dari pohon pisang lainnya. Begitu seterusnya dilakukan.

– Pemotongan Jantung Pisang
Pemotongan jantung pisang ini diklaim dapat meningkatkan produksi buah 2-5% dan harus dilakukan setelah bunga terakhir pada jantung mekar, ditandai dengan pertumbuhan buah yang lambat dan kecil. Jika tanda-tanda tersebut muncul, segera potong jantung pisang.

– Pembungkusan
Untuk meningkatkan kualitas buah yang dihasilkan, buanglah buah pisang yang tidak tumbuh sempurna, biasanya pada 1-2 sisi terakhir atau terbawah. Disarankan tandah atau buah untuk dibungkus dengan kantong plastik ukuran 1 meter x 45 centimeter.

Pembungkusan ini dilakukan untuk melindungi buah dari kerusakan yang disebabkan serangga atau karena gesekan daun. Kemudian, agar tanaman tidak roboh sebelum panen, pohon dapat ditopang dengan bambu atau kayu lainnya.

Baca Juga :   ​​Inilah 8 Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Naga Agar Dapat Tumbuh Optimal dan Jumlah Buah Maksimal

5. Tahap Pemupukan
Bila anda menginginkan pohon pisang cavendish dapat berbuah besar, pemupukan adalah hal yang harus dilakukan. Proses pemupukan pisang cavendish dapat menggunakan menggunakan pupuk organik ataupun anorganik. Pemupukan dilakukan sebanyak 2x selama masa tanam.

Sebulan setelah satu bulan pohon pisang cavendish ditanam, beri pupuk pada pohon dengan dosis campuran 250 gram Za, 100 gram DS, dan 150 gram ZK per tanaman. Beri pupuk tersebut secara berkala dengan rentang waktu 3 bulan sekali. Yang penting harus diperhatikan, pemberian pupuk dilakukan dengan dibenamkan melingkar mengelilingi pohon.

Buah Pisang Cavendish

Buah Pisang Cavendish

6. Tahap Panen
Pada umumnya Pisang Cavendish sudah bisa dipanen setelah berumur 12-13 bulan. Umumnya pada musim kemarau buah pisang cavendish sudah dapat dipanen 80 hari sejak keluarnya jantung pisang. Sedangkan pada musim penghujan, 120 hari sejak keluarnya jantung pisang keluar. Rata-rata tandannya memiliki panjang sektiar 0,6-1 meter, dengan berat sekitar 15-30 kg.

Demikianlah informasi tentang panduan mudah budidaya pisang cavendish. Agar Tumbuh dengan baik dan berbuah dengan lebat, Pohon pisang cavendish agar tumbuh dengan subur tentunya memerlukan perawatan yang intensif. Adapun perawatan yang dimaksud antara lain : pemilihan bibit unggul, penanaman bibit, perampalan, pengairan, pemupukan dan pejarangan serta pembungkusan buah. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tentang pisang cavendish. Terima kasih.


kata terkait,
pisang cavendish, bibit pisang cavendish, buah pisang cavendish, tanaman pisang cavendish, manfaat buah pisang cavendish, pohon pisang cavendish, budidaya pisang cavendish, cara tanam pisang cavendish, perawatan pisang cavendish, syarat tanam pisang cavendish, pemupukan pisang cavendish, pembuahan pisang cavendish, panen pisang cavendish, tips perawatan pisang cavendish, jual bibit pisang cavendish, bibit pisang cavendish unggul, harga pisang cavendish, panduan budidaya pisang cavendish,

Bagikan informasi tentang Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Pisang Cavendish Agar Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Lebat kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Pisang Cavendish Agar Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Lebat | JualBenihMurah.com

16 komentar untuk Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Pisang Cavendish Agar Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Lebat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 20%
Bibit Alpukat Bo Khong Ten 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 400.000 Rp 500.000
Tersedia
Rp 400.000 Rp 500.000
Stok: Tersedia
OFF 32%
Benih Rumput Gajah Mini (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 13.000 Rp 19.000
Tersedia
Rp 13.000 Rp 19.000
Stok: Tersedia
Cara Ampuh Memaksimalkan Hasil Pada Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal Dengan Cara Boster

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Kelengkeng New Kristal*Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
OFF 24%
Bibit Jeruk Keprok Siam 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk Siam ManisRp 65.000 Rp 85.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR