Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Mangga Namdokmai Golden Agar Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Mangga Namdokmai Golden Agar Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Diposting pada 25 December 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 2.116 kali

Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Mangga Namdokmai Golden Agar Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Budidaya Mangga Namdokmai – Ketika musim mangga tiba, buah ini banyak dijajakan diberbagai tempat, mulai dari pinggir jalan, pasar tradisional bahkan hingga pasar swalayan, hal ini karena begitu banyaknya penggemar buah mangga. Penggemar buah mangga pastinya akan kepincut dengan jenis buah magga yang satu ini. Yups, buah mangga ini memiliki keistimewaan dengan rasa yang sangat manis dan berdaging lembut dengan sedikit serat bahkan tanpa serat. inilah mangga Namdokmai Golden. Buah mangga namdokmai mempunyai tampilan kulit buah berwarna kuning dengan daging buah yang tebal, warna daging buah yang cenderung kuning hingga oranye dan berbiji yang tipis alias gepang yang membuat penggemarnya untuk selalu menikmati buah istimewa ini.

Mangga namdokmai merupakan perbaikan dari mangga okyong yang lebih dahulu masuk ke Indonesia. Perbaikan itu terutama terlihat dari kemampuan berbuah mangga namdokmai yang lebih awal (genjah), jumlah buah per tandan yang lebih banyak, dan ukuran buah yang lebih besar daripada mangga okyong. Tanaman mangga Namdokmai ini terbilang cukup genjah dan mampu berbuah pada umur 2,5 tahun sejak tanam (jika bibit yang dighunakan berupa bibit okulasi mata tempel).

Budidaya Mangga Namdokmai

Budidaya Mangga Namdokmai

Syarat Tumbuh Mangga Namdokmai

  • Mangga Namdokmai dapat tumbuh optimal pada dataran rendah hingga dataran menengah dengan ketinggian < 600 m dpl. Ketinggian ideal untuk budidaya mangga namdokmai adalah ketinggian antara 0-300 m di atas permukaan laut.
  • Suhu yang sesuai untuk pertumbuhan mangga namdokmai adalah 24 – 30 derajat Celcius.
  • Curah hujan yang cocok untuk pertumbuhan mangga namdokmai sekitar 750 – 2.000 mm/tahun. Bulan basah rata rata 2 – 4 bulan dan bulan kering 8 – 10 bulan.
  • Tanah yang cocok untuk budidaya mangga namdokmai adalah tanah gembur mengandung pasir dan lempung dalam jumlah yang seimbang serta banyak mengandung unsur hara.
  • Adapun Derajat keasaman tahan (pH tanah) yang cocok adalah 5,5 – 8 jika pH dibawah 5,5, sebaiknya media tanam (tanah) diberi kapur dolomit.

Budidaya Mangga Namdokmai

Tanaman buah mangga namdokmai dapat tumbuh dengan baik di lahan pada dataran rendah ataupun dataran tinggi. Selain dibudidayakan dilahan mangga namdokmai juga dapat dibudidayakan di dalam pot atau sering disebut dengan tabulampot mangga namdokmai. Perawatannya tidak sulit dan sama mudahnya dengan mangga biasa. Dengan perawatan yang baik, tanaman mangga namdokmai akan menghasilkan buah yang berkualitas dan panen yang maksimal. Nah, Bagi anda yang ingin berkebun mangga, Namun hanya memiliki lahan yang terbatas, Mangga namdokmai dapat menjadi solusi yang tepat untuk anda.

Baca Juga :   Inilah 4 Tips Mudah Memilih Bibit Tanaman Buah Lengkeng Unggul Agar Mampu Tumbuh subur dan berbuah Lebat

Berikut ini adalah tahapan dalam budidaya mangga namdokmai agar tumbuh subur dan cepat berbuah :

1. Pemilihan Bibit Mangga Namdokmai
Dalam budidaya mangga namdokmai sebaiknya memilih bibit mangga yang memiliki kualitas unggul. Pilihlah bibit mangga namdokmai dengan batang bawah yangsudah kuat dan mempunyai daya tahan tinggi terhadap berbagai kondisi lingkungan dan batang atas yang mempunyai produktifitas tinggi. Tinggi bibit mangga chokanan antara 60 – 80 cm dan minimal telah berumur sekitar 6 bulan. Warna daun hijau mengilap dan telah membentuk tiga flush. Pilihlan bibit mangga namdokmai yang terbebas dari hama dan penyakit.

bibit mangga namdokmai

bibit mangga namdokmai

2. Pengolahan Lahan
Lahan atau media tanam yang akan digunakan untuk budidaya mangga namdokmai harus bersih dari semak belukar dan juga gulma. Proses pengolahan lahan sebaiknya dilakukan sebelum musim hujan. Jarak ideal untuk menanam mangga namdokmai adalah 5 m x 5 atau 6×6 meter dengan populasi sekitar 277 pohon untuk luas lahan sekitar 1 ha.

  • Buatlah lubang tanah dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm. Biarkan lubang tanah terbuka selama kurang lebih 1 – 2 minggu.
  • Campurkan sisa tanah galian dengan pupuk kandang sebanyak 10 kg ditambah dengan 100 gram pupuk NPK 15:15:15.
  • Masukkan tanah campuran tersebut ke lubang tanam dimasukkan kedalam lubang tanam hingga menggunduk.
  • Diamkan selama kurang lebih 2 – 3 minggu sebelum penanaman.

3. Tahap Penanaman Bibit Mangga Namdokmai
Bertanam mangga Namdokmai sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan. Namun, apabila air irigasi tersedia maka penanaman bibit mangga namdokmai dapat dilakukan kapan saja.

  • Lepaskan polibag bibit mangga namdokmai dengan menggunakan gunting atau pisau. Pastikan media tanam dan bibit masih menyatu saat polibag dibuka.
  • Buat lubang tanam seukuran media tanam bibit pada lubang tanam sebelumnya yang sudah diisi campuran tanah dan pupuk kandang.
  • Masukkan bibit mangga namdokmai beserta media tanamnya kedalamnya.
  • Urug dangan tanah galian sampai membentuk guludan.
  • Lakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari agar media tanam tetap lembap dan tanaman tetap segar.

4. Tahap Perawatan Mangga Namdokmai
Setelah melakukan tahap penanaman bibit mangga namdokma selesai. Agar tanaman bisa bebuah dengan optimal, tanaman harus mendapatkan perawatan yang intensif, meliputi penyiraman, pemangkasan dan penyiangan.
Berikut ini adalah tahapan dalam perawatan mangga namdokmai :

Baca Juga :   Gampang Banget!. 6 Tips Mudah Cara Budidaya Tanaman Buah Cempedak Agar Mampu Tumbul Bagus dan Berbuah Unggul

– Penyiraman
Penyiraman dilakukan pada awal waktu penanaman, penyiraman sebaiknya dilakukan secara teratur, setiap pagi dan sore hari, tergantung kondisi cuaca setempat. Saat musim musim kemarau, penyiraman dilakukan dua kali sehari karena media tanam akan cepat mengering. Penyiraman diusahakan tidak boleh sampai menggenang kareana akan membuat perakaran terserang cendawan akibat kelembapan yang tinggi.

– Penyiangan
Proses penyiangan pada mangga namdokmai biasa dilakukan bersaan dengan proses penggemburan dan pemupukan. Lakukan pencabutan rumput liar atau gulma dengan menggunakan tangan atua cangkul, kemudian dibuang ketempat lain agar tidak tumbuh lagi. Penggemburan dilakukan pada tanah yang padat dan tidak ditumbuhi rumput disekitar pangkalbatng. Sebaiknya, penggemburan dilakukan pada awal musim hujan.

– Pemangkasan
Tujuan dilakukannya poemangkasan adalah untuk merangsang tunas baru muncul secara bersamaaan dan mencapai umur dewasa dalam waktu yang sama pula, tanaman bebas dari cabang parasut (cabang yang daunnya tidak terkena sinar matahari langsung), membentuk tajuk tanaman yang terbentuk bulat seperti payung terbuka, mengurangi kelembapan, percabangan kokoh dan tersebar merata keseluruh penjuru angin, serta mempercepat tanaman berbuah.

Adapun tata cara proses pemangkasan sebagai berikut.

  • Pemangkasan tanaman mangga namdokmai dilakukan apabila tanaman sudah setinggi sekitar 80 – 100 cm.
  • Pangkas tanaman mangga namdokmai tepat pada batas bidang hijau dan cokelat untuk merangsang pertumbuhan tunas. Pilih tiga tunas seragam yang tumbuh dari ketiak yang berada.
  • Pangkas sebagian cabang tanaman mangga namdokmai dan tinggalkan minimal 3 – 4 cabang yang tumbuh sehat, kekar, tidak bersilangan, dan membentuk sudat 90 – 120 derajat Celcius.
  • Ulangi pemangkasan batang pokok jika tunas yang tumbuh pada bidang pangkasan hanya satu cabang.

5. Tahap Pemupukan Mangga Namdokmai
Tahap pemupukan menjadi salah satu unsur penting dalam keberhasilan budidaya mangga namdokmai. Agar tanaman mangga namdokmai mampu tumbuh sehat dega subur dan optimal, buah rimbun , tidak cacat (berbela), dan menghasilkan buah yanga rasanya manis, maka pemupukan wajib dilakukan. Pemupukan harus sesuai dengan umur dan dosis yang diberikan.

Adapun waktu, jenis pupuk dan dosis serta cara pemupukan tanaman mangga namdokmai adalah sebagai berikut.

  • Umur 3 – 4 bulan : pemupukan dengan pupuk urea sebanyak 100 – 150 g per pohon. Aplikasi, pupuk ditaburkan tipis pada parit secara melingkar di bagian bawah lingkaran tajuk dan ditimbun tanah, kemudian diairi sesegera mungkin.
  • Umur 1 tahun : Pemupukan dengan pupuk kandeng sebanyak 15 kg perpohon. Pemupukan tersebut diberikan enam bulan sekali, yakni pada awal dan akhir musim hujan. Cara pemupukan dengan membenamkan pupuk dalam parit melingkari batang pohon (dibawah tajuk tanaman). Setelah pupuk dimasukkan, tanah diaduk-aduk dengan cangkul supaya tercampur merata dangan tanah dibawahnya, lalu parit ditutup tanah.
  • Menjelang berbunga : saat ingin berbunga tanaman mangga namdokmai membutuhkan pupuk dengan komposisi fosfor dan kalium yang tinggi. Tujunnya untuk merangsang pembungaan. Sebaiknya berikan pupuk NPK dengan komposisi 15:15:15 sebanyak 1 – 2 kg/ pohon dan ditambah dengan pupuk NPK komposisi 8:24:24 atau NPK 1:30:40 sebanyak 100 – 200 g/pohon.
Baca Juga :   Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Belimbing Dewi Agar Mampu Tumbuh Dengan Optimal dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

6. Tahap Panen Mangga Namdokmai
Proses pemanenan buah mangga namdokmai sebaiknya dipanen tidak sampai masak pohon, yang penting buah harus tua (green mature). Pada mangga namdokmai, fase green mature dicapai ketika buah sudah berumur 100 hari sejak berbunga atau 93 hari sejak buah terbentuk.

Buah Mangga namdokmai

Buah Mangga namdokmai

Adapun Ciri-ciri buah mangga namdokmai yang siap panen, antara lain :

  • bentuk buah sudah padat berisi, terutama dibagian dekat pangkal buah,
  • bila buah diketuk dengan jari akan terdengar suara nyaring,
  • telah terjadi perubahan warna kulit buah dari hijau menjadi kuning.
  • tekstur kulit berubah menjadi halus dan lapisan bedak pada kulit semakin tebal.

Pemanenan mangganamdokmai sebaiknya dilakukan pada pukul 09.00 – 15.00 WIB karena pada waktu tersebut tekanan turgor rendah sehingga getah mangga tidak banyak keluar. Pemanenan dapat menggunakan alat sepeti gunting tangan, gunting galah, dan galah berpengait yang dilengkapi dengan anyaman rotan, jaring, atau kantong terpal. Untuk menjaga mutu hasil panen, tangkai buah sebaiknya disisakan 0,5 – 1 cm. Buah hasil panen kemudian dimasukkan dalam keranjang buah yang telah dialasi dengan daun kering.

Demikianlah informasi tentang tips mudah dalam membudidayakan tanaman mangga namdokmai. Agar tanaman mangga namdokmai mampu tumbuh dengan subur dan cepat berbuah diperlukan beberapa tahapan antara lain pemilihan bibit unggul, pengelolahan lahan, penanaman bibit, perawatan dan tahap panen.

Panduan budidaya ini juga dapat diaplikasikan pada jenis mangga unggulan lainnya seperti mangga mahatir, mangga arumanis, mangga chokanan, mangga gedung gincu, mangga yu wen dan lain-lain. Selain itu, panduan ini juga dapat digunakan untuk bertanam mangga namdokmai dalam pot atau tanulampot mangga namdokmai. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Mangga Namdokmai Golden Agar Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Mangga Namdokmai Golden Agar Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Inilah 6 Panduan Mudah Budidaya Mangga Namdokmai Golden Agar Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 18%
Insektisida Decis 25 EC – 50ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 22.500 Rp 27.500
Tersedia
Rp 22.500 Rp 27.500
Stok: Tersedia
OFF 42%
Jual Bibit Anggur Victor 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 125.000 Rp 215.000
Tersedia
Rp 125.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
OFF 26%
Bibit BlackBerry 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tanaman BlackberryRp 85.000 Rp 115.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 115.000
Stok: Tersedia
OFF 36%
Benih Kubis Sehati F1 (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 12.500 Rp 19.500
Tersedia
Rp 12.500 Rp 19.500
Stok: Tersedia
SIDEBAR