Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 6 Panduan Budidaya Alpukat Aligator Agar Mampu Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat, Pilihan Tepat Untuk Budidaya Skala Bisnis

Inilah 6 Panduan Budidaya Alpukat Aligator Agar Mampu Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat, Pilihan Tepat Untuk Budidaya Skala Bisnis

Diposting pada 2 November 2020 oleh Rizky Erma | Dilihat: 194 kali

Inilah 6 Panduan Budidaya Alpukat Aligator Agar Mampu Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat, Pilihan Tepat Untuk Budidaya Skala Bisnis

Cara Bertanam Alpukat Aligator – Alpukat aligator merupakan salah satu jenis alpukat yang memiliki karakteristik berbeda dari jenis alpukat pada umumnya. Jenis alpukat ini sering juga disebut sebagai alpukat pear jumbo atau alpukat raksasa karena ukurannya memang jauh lebih besar dari jenis alpukat yang lain. Buah alpukat ini terkenal dengan ukuran buahnya yang super jumbo, bobot buah alpukat aligator bisa mencapai 1.2 – 1.7 kg/buah. Buah alpukat aligator memiliki daging buah yang tebal. Saat dibelah daging buah terlihat tebal dan menggoda dengan warna daging buah kuning seperti mentega. Daging buahnya bertekstur pulen dengan biji berukuran sedang. Buah alpukat aligator menawarkan citarasa yang gurih dan lezat. Dengan segala keunggulannya tak heran jika Alpukat Aligator menjadi salah satu Incaran para kolektor Petani Bibit seluruh Indonesia.

Tanaman Alpukat Aligator merupakan salah satu varietas tanaman alpukat unggul yang berasal dari Negara Mexico. Salah satu ciri alpukat aligator adalah bentuk buahnya yang unik yakni bentuk buahnya bulat memanjang dan membesar di bagian bawah sedangkan bagian pangkal berukuran lebih kecil seperti bentuk hewan aligator. Kulit buahnya berwarna hijau mengkilap saat sudah matang. Tanaman alpukat yang satu ini masih tergolong langka karena belum banyak yang membudidayakannya. Tanaman alpukat aligator dikenal memiliki kemampuan beradaptasi dengan sangat baik dengan iklim Indonesia. Bibit alpukat aligator dapat tumbuh dengan optimal pada dataran rendah hingga dataran tinggi. Keunggulan lain yang dimiliki alpukat aligator adalah sifatnya yang genjah atau mudah berbuah. Dalam satu tahun, tanaman alpukat aligator bisa dua kali panen. Untuk satu kali panen, satu pohon bisa menghasilkan 70 kg–100 kg buah alpukat aligator. Alpukat aligator juga tahan terhadap serangat ulat. Hal ini tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi anda yang hendak bertanam alpukat namun takut dengan ulat.

Syarat Tumbuh Alpukat Aligator

  • Tanaman alpukat aligator mampu tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian antara 5 – 1500 m dpl. Namun ketinggian ideal untuk tumbuh optimal dan mendapatkan hasil yang maksimal adalah pada ketinggian 200-1000 m dpl
  • Jenis tanah yang cocok adalah tanah lempung berpasir, lempung liat, dan lempung endapan. Adapun derajat keasaman tanah untuk pertumbuhan alpukat ( pH) yang sesuai yaitu: pH 5,6 – 6,4
  • Tanaman alpukat aligator cocok tumbuh di daerah tropis. Curah hujan minimum untuk pertumbuhan adalah 750 -1000 mm / tahun. Kebutuhan cahaya untuk pertumbuhan alpukat wina adalah 40 – 80 % dan Suhu udara untuk pertumbuhan adalah 15 – 30 oC.
  • Derajat keasaman pH yang paling cocok untuk tanaman alpukat aligator adalah pH 6-7.
  • Untuk membantu pertumbuhannya, sebaiknya tanah yang digunakan memiliki drainase baik, hal ini bertujuan agar tanaman alpukat aligator tidak busuk atau terlalu lembab karena terlalu banyak air dalam tanah.
Baca Juga :   8 Keunggulan Alpukat Aligator, Pilihan Tepat Untuk Budidaya Skala Bisnis

Budidaya Alpukat Aligator

Budidaya alpukat aligator dapat menjadi salah satu peluang usaha yang sangat mengutungkan. Pasalnya, jenis tanaman alpukat ini termasuk jenis tanaman alpukat yang bersifat genjah atau cepat berbuah. Selain itu, tanaman alpukat aligator mampu berbuah sepanjang tahun tidak kenal musim dan mempunyai kuantitas buah di setiap pohonnya cukup tinggi.

Nah bagi anda yang tertarik bertanam tanaman buah alpukat aligator ada baiknya mempelajari dan memahami syarat tumbuh dan cara budidaya alpukat aligator secara baik dan benar. Hal ini bertujuan agar tanaman alpukat aligator mampu tumbuh dengan subur dan berbuah lebat.

Berikut ini adalah tahapan dalam membudidayakan tanaman alpukat aligator agar mampu tumbuh dengan subur dan cepat berbuah :

1. Pemilihan Bibit Unggul

Hal pertama yang harus dipersiapkan dalam bertanam alpukat aligator adalah pemilihan bibit unggul. Dalam memilih bibit alpukat aligator sebaiknya memilih dari hasil perbanyakan vegetatif melalui okulasi atau sambung pucuk. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan bibit yang memiliki sifat yang sama dengan induknya. Pilihlah bibit alpukat aligator dengan tampilan fisik yang sehat, tegak, segar, memiliki perakaran yang kuat dan tidak terserang hama dan penyakit.

2. Pengelolaan Lahan

Gemburkan tanah dan bersihkan dari aneka tanaman liar atau gulma serta bebatuan. Buat lubang tanam 50 x 50 x 50 cm, pisahkan tanah bagian atas dengan bagian bawah.

3. Penanaman Bibit

Campurkan pupuk kandang/humus/kompos dengan tanah bagian atas, perbandingan seimbang. Benamkan kapur dolomit ke dalam lubang tanam untuk menyeimbangkan pH tanah dan biarkan beberapa hari sampai meresap. Apabila kapur sudah meresap dan bibit juga sudah siap, tutup lubang dengan lapisan tanah bagian bawah.

Letakkan bibit tepat di tengah lubang dengan posisi tegak, timbun dengan lapisan tanah bagian atas yang sudah dicampuri pupuk kandang/humus/kompos. Padatkan agar bibit tidak roboh. Sirami secukupnya hingga tanah basah. Alpukat aligator yang ditanam di pekarangan memerlukan penyiraman cukup satu kali sehari. Frekuensi penyiraman ini dapat ditambah apabila tanah tampak sangat kering, atau justru dikurangi apabila musim hujan sedang mencapai puncaknya.

Baca Juga :   8 Keunggulan Alpukat Aligator, Pilihan Tepat Untuk Budidaya Skala Bisnis

4. Pemeliharaan Tanaman

a. Penyiangan

Gulma adalah tumbuhan yang tumbuh tidak dikehendaki. Gulma akan menjadi kompetitor bibit alpukat dalam menyerap nutrisi di dalam tanah. Agar tanaman alpukat aligator tumbuh dengan baik maka gulma-gulma tersebut harus disiangi secara rutin. Proses penyiangan dilakukan dengan cara mencabut gulma dan rumput liar yang tumbuh disekitar bibit alpukat aligator dengan menggunakan cangkul atau dengan manual

b. Penggemburan Tanah

Tanah sebagai media tanam yang berada di sekitar perakaran lama kelamaan akan mengalami kepadatan sehingga rongga udara dan air di dalam tanah akan berkurang. Hal ini akan berdampak terganggunya akar tanaman alpukat aligator untuk menyerap nutrisi dengan baik. Oleh karena itu, tanah di sekitar tanaman perlu digemburkan secara periodik. Proses pengemburan dapat menggunakan bantuan alat cangkul dan sejenisnya. Lakukan secara perlahan dan hati-hati agar tidak memutus akar tanaman alpukat aligator

c. Pemangkasan Tanaman

Pemangkasan hanya dilakukan pada cabang-cabang yang tumbuh terlalu rapat atau ranting-ranting yang mati. Pemangkasan dilakukan secara hati-hati agar luka bekas pemangkasan terhindar dari infeksi penyakit dan luka bekas pemangkasan sebaiknya diberi penutup luka seperti parafin cair.

5. Tahap Pemupukan

Tanaman alpukat aligator mempunyai rambut akar yang sangat sedikit dengan sistem pertumbuhan akarnya yang kurang ekstensif. Oleh karena itu, sebaiknya pemberian pupuk diletakkan sedekat mungkin dengan akar. Pemupukan diberikan sedikit namun lebih sering, yaitu 4 kali dalam setahun.

Sebelum pemupukan perlu dibuat lubang melingkar tepat di bawah tepi tajuk tanaman sedalam 30 cm. Pupuk ditebar ke dalam lubang kemudian ditimbun tanah lagi.

  • Tanaman alpukat umur 1-4 tahun (fase pertumbuhan) Pupuk yang diberikan adalah pupuk urea 0,27 kg – 1,1 kg, pupuk TSP 0,5 kg – 1 kg dan Pupuk KCI 0,2kg – 0,83 kg per pohonnya.
  • Tanaman alpukat umur 3-4 tahun (fase produksi) Pupuk yang diberikan adalah pupuk urea 2,22 kg-3,55 kg, pupuk TSP 3,2 kg, dan pupuk KCI 4 kg setiap satu pohonnya.
Baca Juga :   8 Keunggulan Alpukat Aligator, Pilihan Tepat Untuk Budidaya Skala Bisnis

Adapun pemberian pupuk kandang dapat dilakukan setiap enam bulan sekali. Pemberian pupuk kandang untuk budidaya dilahan sebanyak 20 kg per pohon.

6. Tahap Panen

Tanaman alpukat aligator terkenal dengan sifatnya yang genjah atau mudah berbuah. Panen buah alpukat aligator dapat dimulai saat tanaman sudah berumur 3 – 5 tahun sejak penanaman dengan bibit hasil okulasi atau tempel. Sedangkan untuk jenis pohon alpukat lain, biasanya mulai berbuah setelah berusia 6-7 tahun.

Untuk mendapatkan buah dengan bobot maksimal dan berkualitas baik, lakukan penjarangan. Pilih beberapa saja yang paling baik untuk dipertahankan hingga matang. Tindakan ini juga dimaksudkan untuk menjaga agar pohon tidak mudah patah atau roboh akibat bobot buah yang sangat berat. Buah yang sudah matang kulitnya tampak berwarna tua dan mengilap. Petik buah sebelum terlalu matang dengan tangan.

Hati-hati jangan sampai memar karena akan memengaruhi daging buah di dalamnya. Buah alpukat aligator dapat dikonsumsi langsung dalam kondisi segar tanpa tambahan gula ataupun susu. Teksturnya halus, lembut, tanpa serat. Ketebalan daging buah sekitar 2 cm, warnanya kuning seperti mentega. Rasanya manis gurih tanpa rasa pahit. Sungguh sepadan dengan usaha Anda untuk menanam dan merawatnya dengan telaten.

Demikianlah informasi tentang cara mudah budidaya alpukat aligator yang baik dan benar. Agar tanaman alpukat aligator mampu tumbuh dengan optimal dan cepat berbuah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya pemilihan bibit unggul, pengolahan lahan, penanaman bibit, perawatan tanaman dan tahap panen.

Jika anda ingin menanam tanaman alpukat aligator di dalam polybag, pot atau planter bag sebaiknya menggunakan polybag, pot atau planter bag berdiameter lebih dari 60 cm dengan media tanam tanah kompos atau campuran tanah dengan pupuk kandang. Siram tanaman satu kali sehari dan diberi pupuk NPK daun setiap satu bulan sekali. Semoga artikel tersebut dapat menambah wawasan kita tentang alpukat aligator dan diharapkan anda dapat mencobanya sendiri dirumah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

 

 

Bagikan informasi tentang Inilah 6 Panduan Budidaya Alpukat Aligator Agar Mampu Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat, Pilihan Tepat Untuk Budidaya Skala Bisnis kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 6 Panduan Budidaya Alpukat Aligator Agar Mampu Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat, Pilihan Tepat Untuk Budidaya Skala Bisnis | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Inilah 6 Panduan Budidaya Alpukat Aligator Agar Mampu Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat, Pilihan Tepat Untuk Budidaya Skala Bisnis

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 14%
Liquinox BLOOM (0-10-10)-100ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Liquinox BLOOM 100 mlRp 18.000 Rp 21.000
Tersedia
Rp 18.000 Rp 21.000
Stok: Tersedia
Paling Laris
OFF 48%
Jual Bibit Alpukat Berkualitas Unggul

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 24%
Bibit Durian Namlung 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 95.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 95.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 20%
Benih Kangkung Bangkok LP-1 (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 12.000 Rp 15.000
Tersedia
Rp 12.000 Rp 15.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR