Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 6 Musuh Besar Hama & Penyakit Pada Tanaman Durian Musang king Dan Cara Pengendaliannya

Inilah 6 Musuh Besar Hama & Penyakit Pada Tanaman Durian Musang king Dan Cara Pengendaliannya

Diposting pada 1 February 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 16.520 kali

Musuh Besar Hama & Penyakit Pada Tanaman Durian Musang king Dan Cara Pengendaliannya

Hama & Penyakit Durian Musangking – Pohon durian diberkahi oleh Yang Maha Kuasa umur yang sangat panjang, ratusan tahun. Berkali-kali lipat dari rata-rata umur kita sebagai penikmatnya. Bahkan sampai saat tulisan ini diturunkan masih ada pohon durian di Thailand yang diklaim sudah berusia 230 th dan masih tumbuh tegak dan berdiri kokoh. Pohon durian memang dikaruniai kemampuan regenerasi sel-sel yang seperti tak ada habisnya. Mereka nyaris dikatakan abadi. Oleh karena itu biasanya kematian atau musnahnya pohon durian adalah akibat hal diluar dari dirinya, seperti: kebakaran, longsor, ulah manusia, hama, penyakit tanaman, dll.

Sejak diperkenalkan ke khalayak umum tahun 1993 lalu, Durian Musangking telah menjelma menjadi primadona baru bagi para konsumen penikmat buah durian sekaligus para pekebun sebagai produsennya. Dari tanah asalnya di Malaysia sana, gema keistimewaan durian Musangking sampai juga ke negeri Indonesia. Tak perlu waktu lama, hanya beberapa saat setelah diliput oleh majalah Trubus pada tahun 2000 an, orang-orang mulai ramai membicarakannya, mengkonsumsinya, dan terakhir mencoba membudidayakannya.

Hama & Penyakit Tanaman Durian Musang king

Hama & Penyakit Tanaman Durian Musang king

Dalam membudidayakan durian musangking harus selalu memperhatikan segala aspek agar kedepannya bibit durian musangking dapat tumbuh dengan baik dan cepat berbuah. mulai dari tahap pemilihan bibit, pemilihan lahan, penanaman hingga perawatan. Walaupun sudah mempersiapka dengan optimal, namun pasti ada saja hambatan dalam membudidayakan durian musangking ini. Nah Salah satu hambatan yang harus dihadapi oleh setiap petani duriang musang king adalah hama & penyakit. Lalu apa saja hama & penyakit yang sering menyerang durian musangking dan bagaiamana cara penanggulannya. berikut adalah penjelasannya.

Penanggulangan terhadap hama dan penyakit menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam membudidayakan tanaman durian musang king. Hal ini karena, serangan serangan hama dan penyakit pada tanaman durian musang king mampu menurunkan tingkat produksi dan kualitas buah yang dihasilkan, bahkan yang lebih parahnya lagi adalah dapat menyebabkan kematian pada tanaman durian musang king. Adapun penanggulangan serangan hama dan penyakit yang biasa dilakukan pada tanaman durian musang king antara lain : mencegah masuknya hama dan penyakit ke lokasi kebun dengan karantina bibit, memusnahkan tanaman, pemberian obat kimiawi, sampai melakukan sanitasi kebun dengan baik. Menanam tanaman pelindung juga dilakukan untuk mengalihkan serangan hama dan penyakit pada durian.

Baca Juga :   13 Manfaat dan Khasiat Buah Durian Yang Wajib Anda Ketahui, Ternyata Sangat Baik Untuk Kesehatan Bagi Tubuh Manusia

Berikut ini adalah 6 besar penyakit yang sering menyerang Tanaman durian Musang king :

1. Phytopthora parasitica dan Pythium complectens

Adalah sejenis parasit yang menyerang tanaman durian Musangking. Adapun gejala serangannya adalah:

1. Daun durian yang terserang parasit ini menguning dan gugur mulai dari daun yang tua
2. Bagian cabang pohon yang sakit, ujung- ujungnya mati, diikuti dengan berkembangnya tunas-tunas dari cabang di bawahnya
3. Kulit tanaman di atas permukaan tanah menjadi coklat dan membusuk
4. Terjadi pembusukan pada akar hanya terbatas pada akar-akar sebelah bawah, tetapi dapat meluas dari ujung akar lateral sampai ke akar tunggang; dilihat dari luar akar yang sakit tampak normal, tetapi jaringan kulitnya menjadi colat tua dan jaringan pembuluh menjadi merah jambu.

Pengendalian dilakukan dengan cara :

  • Pohon yang sakit dibongkar sampai ke akarnya dan dibakar.
  • Pilihlah bibit durian kerikil untuk batang bawah karena jenis ini lebih tahan terhadap serangan jamur sehingga dapat terhindar dari serangan penyakit busuk.
  • Usahakan drainase yang baik agar tanah tidak terlalu basah dan air tidak mengalir ke permukaan tanah pada waktu hujan.

2. Kanker Batang

Tanda-tanda pada awal serangan penyakit ini umumnya terlihat pada batang yang retak/pecah-pecah, dengan ukuran 5 – 20 cm. Selanjutnya pada bagian tersebut mengering dan mengelupas (gejala kanker), sehingga sebagian daun menguning yang selanjutnya mengering dan rontok.
Jika serangan terus berlanjut maka bagian mengelupas tersebut dapat melingkari batang yang menyebabkan tanaman mati. Serangan ini bahkan bisa sampai pada bagian kayu. Penyakit ini disebut penyakit kanker batang. Penyebab penyakit ini adalah kebun yang minim sanitasinya dan kondisi lingkungan yang terlalu lembab, terutama pada areal yang sering terlanda banjir sungai pada musim hujan.

Baca Juga :   Inilah 5 Keunggulan Alpukat Miki Yang Wajib Anda Ketahui

Cara Pengendalian :

  • Memperlebar jarak tanam.
  • Dengan sanitasi kebun.
  • Sejak awal sebelum tanam sebarkan Natural GLIO atau oleskan pada batang yang luka kemudian tutup dengan parafin.
  • Kerok batang terserang sampai warna coklat tidak kelihatan kemudian semprot PESTONA + POC NASA.
  • Menekan gulma.
  • Pemangkasan.

3. Jamur Umpas

Hama ini biasanya Menyerang bagian cabang tanaman. Adapun gejala yang sering muncul apabila pohon durian terserangk jamur umpas antara lain : pada cabang-cabang dan kulit kayu terdapat benang- benang jamur mengkilat seperti sarang laba-laba pada cabang-cabang. Jamur berkembang menjadi kerak berwarna merah jambu dan masuk ke dalam kulit dan kayu sehingga menyebabkan matinya cabang.

Pengendalian dilakukan dengan cara :

  • Melakukan penyemprotan dengan Antrocol 70 WP (propineb 70,5%), dosis 100-200 gram/liter air atau 1-1,5 kg/ha aplikasi.
  • pada serangan jamur yang masih di tingkat sarang laba-laba, dapat dikendalikan dengan cara melumasi cabang yang terserang dengan fungisida, misalnya calizin RM.
  • Namun bila jamur sudah membentuk kerak merah jambu, sebaiknya dilakukan pemotongan cabang kirakira lebih 30 cm ke bawah bagian yang berjamur.

4. Busuk Buah

Penyakit Busuk Buah disebabkan oleh Jamur Phytophthora sp.
Gejala adanya bercak-bercak basah berwarna coklat kehitaman pada kulit buah, kemudian busuk dan pada bagian terserang terbentuk miselium dan sporangia berwarna putih.

Cara Pengendaliannya sebagai berikut :

  • Sanitasi kebun
  • Gunakan Natural GLIO sebelum tanam sebagai tindakan pencegahan.
Busuk buah

Busuk buah

5. Busuk Akar

Tanaman durian musang king yang terkena hama busuk akan memiliki gejala dengan timbulnya bercak nekrotik pada akar lateral dimulai dari bagian ujung; pada tingkat serangan yang tinggi, di atas permukaan tanah terdapat ujung cabang pohon yang mati, diikuti dengan berkembangnya dari cabang di bawahnya, daun layu dan gugur.

Baca Juga :   Inilah 7 Keunggulan Durian Bhineka Bawor, Buah Durian Lokal Dengan Kualitas Internasional

Cara Pengendalian dilakukan dengan cara :

  • menghindari luka mekanis pada bagian akar dan pangkal batang pada waktu pemeliharaan tanaman.
  • membongkar (eradikasi) tanaman yang terserang berat dan akarnya dimusnahkan
  • perbaikan drainase agar tanah tidak terlalu lembab/basah
  • penggunaan batang bawah yang tahan penyakit
  • Penggunaan fungisida sistemik dengan cara dikocorkan atau diinfuskan ke akar

6. Bercak Daun

Adapun Gejala yang muncul apabila pohon durian musangking terkena hama bercack daun antara lain : Timbul bercak-bercak kecil basah pada daun yang semakin melebar, daun kemudian mengering dan gugur.

Cara Pengendalian dilakukan dengan cara :

  • Memotong bagian tanaman yang terserang
  • Menyemprotkan fungisida yang berbahan aktif tembaga.
  • Memperlebar jarak tanam
  • Dengan menyemprotkan fungisida dan penyiraman yang teratur sejak dari pembibitan
bercak daun

bercak daun

Demikian informasi tentang berbagai jenis hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman durian musang king. Didalam artikel tersebut kita telah membahas secara mendalam hama & penyakit duriang musangking mulai dari kanker Batang, Jamur umpas, Busuk buah, Busuk akar hingga Bercak daun dan bagaimana cara penanggulannya. Jenis – jenis hama dan penyakit tersebut juga dapat menyerang varietas durian unggulan lainnya seperti : durian bawor, durian monthong, durian merah banyuwangi, durian pelangi manokwari, durian matahari dan lain sebagainya. Diharapkan banyak dilakukan penelitian-penelitan yang berkaitan dengan hama dan penyakit pada durian, sehingga mampu akan ditemukan cara yang efektif dan efisien untuk membasmi hama dan penyakit dengan cara yang yang ramah lingkungan.

Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang cara membuat pupuk organik untuk durian musangking, mula dari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pupuk organik hingga tutorial cara membuat pupuk organik. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 6 Musuh Besar Hama & Penyakit Pada Tanaman Durian Musang king Dan Cara Pengendaliannya kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 6 Musuh Besar Hama & Penyakit Pada Tanaman Durian Musang king Dan Cara Pengendaliannya | JualBenihMurah.com

19 komentar untuk Inilah 6 Musuh Besar Hama & Penyakit Pada Tanaman Durian Musang king Dan Cara Pengendaliannya

  • Pikri ihsan says:

    Bgmana mengetahui jenis bibit durian apa tandanya dari jenis daun ato batangnya.

  • Bimoprimus says:

    Kalo pohon duriannya retak”terus mengelupas,padahal daunnya hijau dan segar”,itu gimana ya?

  • Alfonso Purba says:

    Tanaman durian MSK saya usia 1 bln, tapi daunnya berlubang lubang mungkin disebabkan kumbang pemakan daun. Insektisida sistemik apa yg cocok utk kumbang tsb.

  • Haling bantun says:

    Gmana caranya menanggulangi bua durian yg daging buahnya puti gugur sebelum masak dan daging buah tidak punya rasa

    • Ali Arwani says:

      Buah durian yang mempunyai rasa yang hambar kualitas yang kurang bagus dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : kurang asupan nutrisi, terkena hama dan penyakit dan faktor mikroklimat.

      Adapun tips untuk membuat tanaman durian menghasilkan buah durian yang bercita rasa manis Legit yakni dengan melakukan Pemupukan yang tepat dan berimbang, Pemberian Pupuk Pemanis Buah, pengendalian hama & penyakit dan Memanen Durian Sebelum Musin Hujan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

  • Felux says:

    Saya nanam bibit durian bawor dan MK tinggi 1m, sudah ditanam sekitar 1 th yg lalu. Tp yg MK sampe sekarang gak pernah keluar semi tunas muda. Kira2 apa ya penyebabnya?? Padhl yg jenis bawor udah lebat banget daunnya

    • Ali Arwani says:

      selamat pagi, setiap jenis tanaman durian memang mempunyai fase generatif yang berbeda-beda. Yang perlu diperhatikan dalam pertumbuhan bibit durian musangking adalah : pastikan media tanam memenuhi unsur hara yakni media tanam pukan, sekam segar/sekam bakar dan tanah, perbandingan 1:1:1. Selain itu, tempatkan pohon durian di tempat yang terkena sinar matahari full, terutama pada pagi hari, dan lakukan menyiraman sesuai kebutuhan,dan yang tidak kalah pentingnya perhatikan drainase airnya,sehingga air tidak menggenang dalam pot atau tanah yang bisa menyebabkan akar busuk, sehingga tidak bisa memproduksi nutrisi dan mati.Semoga bermanfaat.

  • Zulbedri says:

    Saya baru belajar dan uji coba menanam durian musang king dan saat ini udah berjalan 1,1/2th. Pertama kali saya pesan 10 btg, namun hanya yg selamat sd sekarang ada 4 batang, problem nya adalah ada 2 btg yg daunnya jadi kuning dan kemudian hancur, tapi ada yg lainnya tidak apa apa atau hanya sedikit, itu apa penyebabnya, apakah kurang airnya, atau memang kena hama dan gimana jalan keluarnya

    • Ali Arwani says:

      selamat siang.
      untuk mengidentifikasi tanaman durian yang mati terkena hama atau tidak, diperlukan pengamatan secara seksama mengenai gejala-gejala yang muncul. hal ini mengingat antara satu hama & penyakit memiliki gejalanya tersendiri. bahkan terkadang memiliki kemiripan gejala. Hal ini cukup penting, untuk menetapkan proses pengendalian selanjutnya.
      terima kasih

  • gunawan says:

    Pak..klo ranting sudah diameter 3 cm mati kenapa ya…harus tunggu ranting yg kecil lagi buat buah..mati lagi..seperti itu terus..mksh

    • Ali Arwani says:

      selamat pagi…
      untuk ranting pohon durian yang mati bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya serangan hama dan penyakit penggerat batang atau Phytopthora parasitica dan Pythium complectens. semoga bermanfaat.

      salam berkebun
      JualBenihMurah

  • Suwandi says:

    Untuk perawatan fungisida di aplikasikan 1 bulan brp kali

    • Ali Arwani says:

      selamat siang.
      Fungisida digunakan untuk mengendalikan penyakit jamur dan bakterisida berfungsi untuk mengendalikan penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

      Setiap fungisida memiliki aturan pakai yang berbeda-beda. dianjurkan untuk membaca petunjuk yang tertera pada kemasan pestisida secara seksama sebelum menggunakannya. Gunakan dosis sesuai anjuran, jangan melebihi atau mengurangi agar tanaman tidak keracunan dan untuk menghindari sifat resistan (kebal) hama terhadap pestisida. semoga bermanfaat

  • Zainudin says:

    Kalo pake fungi sida score bisa aapa tidak untuk jamur bercak daun

    • Ali Arwani says:

      selamat pagi..
      menurut saya, fungisida ini sangat efektif untuk mengendalikan penyakit bercak daun dan busuk phytophthora.

      terima kasih telah membaca artikel kami tentang 6 musuh besar hama dan penyakit tanaman durian

      semoga dapat bermanfaat.

  • Musbaedi says:

    Tanya : bibit durian saya daunnya mengering dari pucuk perlahan lahan rontok……apa obatnya ? Trm

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 37%
Bibit Mangga Irwin 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Mangga IrwinRp 85.000 Rp 135.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 135.000
Stok: Tersedia
Paling Laris
OFF 40%
Jual Bibit Kelengkeng Berkualitas Unggul

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jual Bibit Lengkeng UnggulRp 75.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 7%
Pupuk GrowMore Daun 32-10-10 (454 Gram)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

PUPUK NPK GROW MORE DAUN 32-10-10Rp 35.000 Rp 37.500
Tersedia
Rp 35.000 Rp 37.500
Stok: Tersedia
OFF 32%
Bibit Jambu Air Madu Deli Hijau 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah jambu taiwan super greenRp 65.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR