Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 5 Tips Sukses Budidaya Tanaman Sengon Solomon Agar Tumbuh Dengan Optimal Dan Mendapatkan Hasil Yang Fantastis Dalam 5 Tahun

Inilah 5 Tips Sukses Budidaya Tanaman Sengon Solomon Agar Tumbuh Dengan Optimal Dan Mendapatkan Hasil Yang Fantastis Dalam 5 Tahun

Diposting pada 15 August 2016 oleh Ali Arwani | Dilihat: 11.666 kali

Inilah 5 Tips Sukses Budidaya Tanaman Sengon Solomon Agar Tumbuh Dengan Optimal Dan Mendapatkan Hasil Yang Fantastis Dalam 5 Tahun

Siapa yang tidak mengenal pohon yang satu ini. pohon penghasil kayu ini sudah sangat familiar dengan kita. Tanaman yang memiliki nama Latin Albazia Falcataria ini banyak diburu karena harga jualnya yang relatif tinggi dan stabil. Kayu pohon sengon dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan seperti untuk membuat tiang rumah sampai dengan perkakas rumah tangga seperti : meja, kursi, bahan pembuat peti, pensil, industri korek api, serta digunakan dalam industri mebel.

Tanaman Sengon adalah sejenis pohon anggota suku Fabaceae yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi. Pohon sengon mampu mencapai tinggi 30 sampai 45 meter dengan diameter batang sekitar 70 sampai 80 cm. Pohon sengon memiliki berat jenis rata-rata 0,33 dan tergolong ke dalam kelas awet IV sampai V. Batang tanaman sengon berbentuk bulat dan tidak berbanir. Kulit luarnya berwarna putih atau kelabu, tidak beralur dan tidak mengelupas. Tanaman yang satu ini memiliki akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggangnya dapat tumbuh menancap tanah cukup kuat. Sedangkan akar serabutnya tergolong tidak terlalu banyak.

Tanaman Sengon solomon akhir-akhir ini begitu banyak digemari karena harga jualnya yang cukup tinggi. Profit yang bisa didapat dari budidayan tambang emas hijau ini begitu menarik banyak minat orang untuk membudidayakannya. Oleh karena itu, Untuk Menghasilkan pohon sengon solomon yang berkualitas tentunya harus memperhatikan beberapa hal dalam budidya cara budidaya pohon sengon solomon.

Bibit Sengon Solomon Unggul

Bibit Sengon Solomon Unggul

 

Syarat Tumbuh

– Tanah
Pohon Sengon dapat tumbuh baik pada tanah regosol, aluvial, dan latosol yang bertekstur lempung berpasir atau lempung berdebu dengan keasaman tanah sekitar pH 6-7.

– Iklim
Ketinggian tempat yang optimal untuk pohon sengon antara 0 – 800 m dpl. Walapun demikian pohon sengon ini masih dapat tumbuh sampai ketinggian 1500 m dpl. Sengon termasuk jenis tanaman tropis, sehingga untuk tumbuhnya memerlukan suhu sekitar 18 ° – 27 °C.

– Curah Hujan
Tanaman sengon membutuhkan batas curah hujan minimum yang sesuai, yaitu 15 hari hujan dalam 4 bulan terkering, namun juga tidak terlalu basah, dan memiliki curah hujan tahunan yang berkisar antara 2000 – 4000 mm.

– Kelembaban
Kelembaban juga mempengaruhi setiap tanaman. Tanaman sengon membutuhkan kelembaban sekitar 50%-75%.

Tanaman sengon

Tanaman sengon

Berikut ini cara sukses Budidaya Tanaman Sengon Agar Mampu Tumbuh Subur dan Tinggi

Baca Juga :   Inilah 6 Panduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Durian Duri Hitam Agar Mampu Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah

1. Pemilihan Bibit

a. Tahapan Penyemaian dengan Benih Sengon
Kegiatan penaburan benih sengon dilakukan dengan maksud untuk memperoleh prosentase kecambah sengon yang maksimal dan menghasilkan kecambah sengon yang sehat. kualitas kecambah sengon ini akan mendukung terhadap pertumbuhan bibit sengon, kecambah sengon yang baik akan menghasilkan bibit sengon yang baik pula dan hal ini akan dapat membentuk tegakan pohon sengon yang berkualitas. 

b. Mendapatkan bibit Sengon solomon Unggul.
selain budidaya pohon sengon dari benih, anda juga dapat melakukan budaidaya tanaman sengon dari membeli bibit sengon yang sudah dalam bentuk pohon. . cara ini diambil untuk efisiensi waktu dan tenaga serta untuk pengurangi resiko tanaman mati pada tahan penyemaian. Pilihlah bibit tanaman sengon solomon yang berkualitas.

Bibit Sengon Solomon

Bibit Sengon Solomon

2. Penyiapan Lahan
Penyiapan lahan pada prinsipnya membebaskan lahan dari tumbuhan pengganggu dengan tujuan untuk memberikan ruang tumbuh kepada tanaman yang akan dibudidayakan. Cara pelaksanaan persiapan lahan dimulai dari pembukaan lahan, pembersihan lahan dengan membuat lubang untuk tanaman sengon.

Pembersihan lahan, yaitu berupa kegiatan penebasan terhadap semak belukar dan padang rumput. Selanjutnya ditumpuk pada tempat tertentu agar tidak mengganggu ruang tumbuh tanaman.

Pengolahan tanah, dimaksudkan untuk memperbaiki struktur tanah dengan cara mencanggkul atau membajak (sesuai dengan kebutuhan).

Pembuatan lobang tanam, lubang tanam dibuat dengan ukuran 30 x 30 x 30 cm tepat pada ajir yang sudah terpasang.

3. Tahap Penanaman

Masukkan pupuk Kompos+NPK 2,5 gr (campur) sebagai pupuk dasar diendapkan dilubang setinggi 30 cm (dapat langsung tanam atau 3-7 hr kemudian baru tanam). Kemudian masukkan bibit yang polibagnya sudah dibuka/disobek kedalam,dudukan yang benar/rata,lalu isi tanah kompos sebagai penutup akar dengan tanah setinggi 20 cm (jangan terlalu dipadatkan),hingga tersisa lubang 10 cm sebagai kantong air. Akan memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan sengon solomon.

Penanaman bibit sengon, pelaksanaan kegiatan penanaman sengon harus dilakukan secara hati – hati agar bibit sengon tidak rusak dan penempatan bibit sengon pada lobang tanam harus tepat ditengah-tengah serta akar bibit sengon tidak terlipat, hal ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit sengon selanjutnya.

Contoh Budidaya pohon Sengon Solomon

Contoh Budidaya pohon Sengon Solomon

4. Tahap Pemeliharaan

Didalam pemeliharaan tanaman pohon sengon diperlukan beberapa hal untuk menunjang pertumbuhan pohon sengon solomon. kegiatan pemeliharaan yang dilakukan berupa kegiatan : Penyulaman, Penyiangan, Pendangiran, Pemangkasan, dan Penjarangan.

Baca Juga :   7 Jenis Buah Durian Unggulan Paling Populer Dan Cocok Untuk ditanam Di Indonesia

a. Penyulaman
Penyulaman merupakan proses penggantian tanaman sengon yang mati atau sakit dengan tanaman sengon yang baik, penyulaman pertama dilakukan sekitar 2-4 minggu setelah tanam, penyulaman kedua dilakukan pada waktu pemeliharaan tahun pertama (sebelum tanaman berumur 1 tahun). Agar pertumbuhan bibit sulaman tidak tertinggal dengan tanaman lain, maka dipilih bibit sengon yang baik disertai pemeliharaan yang intensif.

b. Penyiangan
Kegiatan penyiangan dilakukan untuk membebaskan tanaman pokok dari tanaman penggagu dengan cara membersihkan gulma yang tumbuh liar di sekeliling tanaman sengon, agar kemampuan kerja akar sengon dalam menyerap unsur hara dapat berjalan secara optimal.

Penyiangan dilakukan pada tahun-tahun permulaan sejak penanaman agar pertumbuhan tanaman sengon tidak kerdil atau terhambat, selanjutnya pada awal maupun akhir musim penghujan, karena pada waktu itu banyak gulma yang tumbuh.

c. Pendangiran,
Kegiatan Pendangiran yaitu usaha mengemburkan tanah disekitar tanaman sengon dengan maksud untuk memperbaiki struktur tanah yang berguna bagi pertumbuhan tanaman.

d. Pemangkasan,
yaitu melakukan pemotongan cabang pohon sengon yang tidak berguna (tergantung dari tujuan penanaman).

e. Penjarangan
penjarangan dilakukan untuk memberikan ruang tumbuh yang lebih leluasa bagi tanaman sengon yang tinggal. Kegiatan ini dilakukan pada saat tanaman sengon berumur 2 dan 4 tahun, Penjarangan pertama dilakukan sebesar 25 %, maka banyaknya pohon yang ditebang 332 pohon per hektar, sehingga tanaman yang tersisa sebanyak 1000 batang setiap hektarnya dan penjarangan kedua sebesar 40 % dari pohon yang ada ( 400 pohon/ha ) dan sisanya 600 pohon sengon dalam setiap hektarnya merupakan tegakan sisa yang akan ditebang pada akhir daur. Cara penjarangan dilakukan dengan menebang pohon-pohon sengon menurut sistem “untu walang” (gigi belakang) yaitu : dengan menebang selang satu pohon pada tiap barisan dan lajur penanaman. Sesuai dengan daur tebang tanaman sengon yang direncanakan yaitu selama 5 tahun maka pemeliharaan pun dilakukan selama lima tahun.

Jenis kegiatan pemeliharaan yang dilaksanakan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tanaman. Pemeliharaan tahun I sampai dengan tahun ke III kegiatan pemeliharaan yang dilaksanakan dapat berupa kegiatan penyulaman, penyiangan, pendangiran, pemupukan dan pemangkasan cabang. Pemeliharaan lanjutan berupa kegiatan penjarangan dengan maksud untuk memberikan ruang tumbuh kepada tanaman yang akan dipertahankan, presentasi dan prekuensi penjarangan disesuaikan dengan aturan standar teknis kehutanan yang ada.

Baca Juga :   Inilah 6 Panduan Mudah Dalam Membudidayakan Tanaman Buah Durian Matahari Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah

5. Penanggulangan Penyakit

a. Penyakit Karat Tumor /karat puru
Penyakit karat tumor /karat puru (gall rust), merupakan salah satu penyakit yang berbahaya pada tanaman sengon. Penyebab penyakit karat tumor/karat puru pada tanaman sengon adalah jamur karat (Uromycladium tepperianum). Infeksi dapat terjadi pada biji, semai maupun tanaman dewasa tanaman di lapangan. Semua bagian tanaman meliputi pucuk, cabang, ranting, daun, batang, bunga dan biji dapat terinfeksi oleh jamur tersebut. Dampak penyakit meluas pada semai sampai tanaman dewasa, mulai dari menghambat pertumbuhan sampai mematikan tanaman.

b. Gejala dan serangan
Serangan karat tumor/karat puru ditandai dengan terjadinya pembengkakan (gall) pada ranting/cabang, pucuk-pucuk ranting, tangkai daun dan helai daun. Gall ini merupakan tubuh buah dari jamur.

c. Pencegahan dan pengendalian
Pencegahan
Untuk serangan karat tumor/karat puru di persemaian: yang menunjukkan gejala-gejala serangan harus segera dicabut dan dimusnahkan/dibakar dan Pemeliharaan tanaman dengan pemberian pupuk dan penjarangan tanaman.

Pengendalian
Menghilangkan gall dan bagian tanaman yang terserang sedini mungkin, sebelum gall membesar dan berwarna coklat. Langkah yang dilaksanakan untuk mematikan sel-sel penyakit karat tumor sebagai berikut :

a. Cara Kimiawi : spirtus, larutan/bubur garam, larutan/bubur belerang

  • Spritus : Bagian tanaman yang terserang dibersihkan dengan cara mengelupas gall tersebut dari batang/cabang/pucuk. Selanjutnya bagian tersebut dismprot/dioles dengan spirtus.
  • Larutan/bubur garam : 5 kg kapur + 0,5 kg garam + air 5-10 liter diaduk-aduk sampai rata. Bagian tanaman yang terserang dibersihkan dari gallnya, kemudian disemprot/dioles dengan larutan/ bubur garam.
  • Larutan/bubur belerang : 1 kg kapur + 1 kg belerang + air 10-20 liter diaduk-aduk sampai rata. Bagian tanaman yang terserang dibersihkan dari gallnya, kemudian bagian tersebut disemprot/dioles larutan /bubur belerang.

b. Cara mekanik : memotong pucuk, cabang ranting yang ditumbuhi gall. kemudian disemprot/disiram dengan sprirtus atau larutan/bubur garam atau larutan/bubur belerang atau kemudian dibakar atau dipendang dalam tanah. sebagai catatan : jangan memotong pucuk, cabang, ranting yang ditumbuhi gall dan dibuang disembarang tempat, karena akan menyebarkan spora penyakit karat tumor lagi.

c. Cara Rotasi Tanaman:
Menghindari penanaman sengon untuk sementara, terutama di dataran tinggi yang berkabut.
Penggantian sengon sebagai tanaman pokok, dengan tanaman cepat tumbuh dan menghasilkan.

Demikianlah Informasi tentang Panduan Sukses Budidaya Sengon, Semoga Informasi tersebut dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam mengenali pohon sengon ini. Terima kasih.

 

Bagikan informasi tentang Inilah 5 Tips Sukses Budidaya Tanaman Sengon Solomon Agar Tumbuh Dengan Optimal Dan Mendapatkan Hasil Yang Fantastis Dalam 5 Tahun kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 5 Tips Sukses Budidaya Tanaman Sengon Solomon Agar Tumbuh Dengan Optimal Dan Mendapatkan Hasil Yang Fantastis Dalam 5 Tahun | JualBenihMurah.com

21 komentar untuk Inilah 5 Tips Sukses Budidaya Tanaman Sengon Solomon Agar Tumbuh Dengan Optimal Dan Mendapatkan Hasil Yang Fantastis Dalam 5 Tahun

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 37%
Jual Bibit Mamey Sapote Key West 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 850.000 Rp 1.350.000
Tersedia
Rp 850.000 Rp 1.350.000
Stok: Tersedia
OFF 41%
Bibit Jeruk Pamelo Merah 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk Pamelo MerahRp 325.000 Rp 550.000
Tersedia
Rp 325.000 Rp 550.000
Stok: Tersedia
OFF 32%
Bibit Rambutan Binjai 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Bibit Buah Rambutan BinjaiRp 65.000 Rp 95.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 95.000
Stok: Tersedia
OFF 26%
Bibit Sawo Kenitu 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sawo KenituRp 85.000 Rp 115.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 115.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR