Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 5 Tips Mudah Agar Buah Durian Mempunyai Rasa Yang Manis dan legit, Caranya Mudah Banget Kok !

Inilah 5 Tips Mudah Agar Buah Durian Mempunyai Rasa Yang Manis dan legit, Caranya Mudah Banget Kok !

Diposting pada 1 April 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 13.380 kali

Inilah 5 Tips Mudah Agar Buah Durian Mempunyai Rasa Yang Manis dan legit, Caranya Mudah Banget Kok

Tips Agar Durian Manis

Tips Agar Durian Manis

Tips Agar Durian Mempunyai Rasa MantapDurian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Buah durian digemari karena buah durian terkenal akan rasa buah yang manis dan legit. Rasa manis dan legit inilah yang membuat penggemar durian ketagihan menikmati durian. Tetapi bagaimana perasaan Anda ketika Anda membeli durian tetapi rasa buah durian yang anda dapat tidak semanis perkiraan Anda, tentu Andda akan merasa sangat kecewa bukan. Memang tidak hanya Anda yang akan kecewa ketika mendapati buah durian yang anda beli tidak manis atau rasa nya hambar. Bahkan penjual ataupun petani durian akan merasakan hal yang sama dengan anda. Mungkin petani durian akan merasa lebih kecewa karena sudah bersusah payah menanam durian tetapi hasil yang didapat tidak seperti yang diharapkan.

Penyebab Buah Durian Bercita rasa Hambar

Kualitas buah durian memang sangat bergantung pada beberapa faktor terutama yang berkaitan dengan pemilihan bibit unggul, pemilihan lahan tanam maupun pemeliharaan. Jika faktor-faktor tersebut dipenuhi maka tidak usah diragukan lagi bahwa durian yang dihasilkan akan mempunyai semua kualitas seperti durian unggulan.

Sebelum kita membahas mengenai rahasia cara membuat tanaman durian manis rasanya, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang menyebabkan buah durian mempunyai rasa yang kurang manis alias hambar.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan buah durian mempuyai rasa yang kurang manis alias hambar :

– Kurang Asupan Nutrisi
Pada saat tanaman durian mulai berbunga, tanaman durian tentunya sangat membutuhkan beberapa unsur hara seperti fosfor, kalium dan Kalsium. Kalsium berguna agar bunga tahan terhadap serangan hama penyakit sehingga tidak mengalami kerontokan dan dapat menjadi buah. Sementara usur P sangat berguna untuk proses fotosintensis tanaman durian dan unsur K atau kalium dibutuhkan tanaman karena sifatnya yang sebagai zat aktivator proses fotosintesis. Oleh karena itu, apabila tanaman durian mengalami kekurangan zat-zat tersebut maka tanaman durian akan berpotensi menghasilkan buah durian yang kurang manis.

Baca Juga :   Inilah 10 Cara Mudah Memilih Buah Durian yang Sudah Matang dan Mempunyai Rasa Yang Enak, Agar Anda Tidak Tertipu

– Terkena Hama dan Penyakit
Hama dan penyakit juga dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan buah durian tidak mempunyai rasa yang manis. Hama dan penyakit yang menyerang tanaman durian dapat berdampak pada menurunnya kualitas buah yang dihasilkan, salah satu nya adalah membuat buah durian yang dihasilkan terasa hambar alias tidak manis.

– Faktor Mikroklimat
Curah hujan yang tinggi juga menyebabkan buah durian menjadi tidak manis. Buah durian yang dipanen pada musim penghujan pada umumnya mempunyai kecenderungan memiliki rasa yang hambar. Hal ini disebabkan karena air hujan yang tinggi dapat membuat tanah menjadi asam, padahal tanaman durian membutuhkan tanah yang basa. Sehingga buah durian menjadi asam.

Tips Buah Durian Bercita rasa Manis Legit

Setelah mengetahui beberapa penyebab buah durian tidak manis, sekarang mari kita lihat cara supaya durian menjadi manis. Berikut ini adalah beberapa tips mudah agar tanaman durian menghasilkan buah duriang yang mempunyai rasa yang manis dan legit.

1. Pemupukan yang tepat dan berimbang
Pemupukan adalah salah satu jenis pemeliharaan tanaman durian yang harus dilakukan secara intensif. Dalam bertanam pohon durian , pemupukan menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan budidaya durian. Pemupukan Pupuk yang sangat dibutuhkan pada tanaman durian pada saat berbuah adalah pupuk dengan unsur P dan K. Pupuk P sangat dibutuhkan oleh tanaman karena menghasilkan gula fosfat yang sangat dibutuhkan tanaman ketika melakukan fotosintesis. Sedangkan pupuk K berperan sebagai aktivator yang diperlukan dalam proses fotosintesis. Nah jika pupuk P dan K tercukupi maka dipastikan tanaman akan menghasilkan cukup gula sehingga akan menghasilkan buah yang manis.

Pemupukan menggunakan NPK dilakukan setiap bulan 2 kali sepanjang tahun dengan proporsi 15:15:15 dengan takaran seperti di bawah ini:

  • Untuk tanaman yang berusia 1 tahun dengan pupuk NPK dosisnya 40-80 gr/pohon/tahun
  • Untuk tanaman yang berumur 2 tahun dengan pupuk NPK dosisnya 150-300 gr/pohon/tahun.
  • Untuk tanaman berumur 3-4 tahun dengan pupuk NPK dosisnya 400-600 gr/pohon/tahun.
Tangkai Buah durian

Tangkai Buah durian

2. Pemberian Pupuk Pemanis Buah
Selain Pemberian Pupuk NPK, upaya lain agar buah durain mempunyai rasa yang manis adalah dengan memberikan pupuk pemanis buah atau Brix Up. Cara pemberian pupuk pemanis sangat mudah yaitu dengan disiram ke akar atau disemprotkan keseluruh bagian tanaman dengan dosis 7 sd 10gram/liter air. Aplikasi akan semakin maksimal jika dilakukan berulang setiap 7 sd 10 hari sekali pada masa pembuahan.

Baca Juga :   Inilah 6 Keunggulan Kurma Tropis H1 Yang Wajib Anda Ketahui, Sehingga Layak Untuk Dibudidayakan

3. Pengendalian Hama dan Penyakit
Hama dan penyakit memang menjadi momok besar dalam membudidayakan pohon durian. Hama & penyakit dapat dikendalikan dengan melakukan penyemprotan fungsida. Pada tanaman yang terkena penyakit maka dapat dilakukan penyemprotan fungsida berbahan aktif fosetyl-al dengan konsentrasi 30-50 g/20 l air pada 30 hari setelah tanaman berbunga dan 30 hari sebelum panen

4. Memanen Durian Sebelum Musin Hujan
Sangat disarankan untuk memanen durian pada saat musim kemarau atau sebelum musim hujan. Karena buah durian yang terkena air hujan dapat menurun kualitasnya. Air hujan yang masuk kedalam buah durian akan membuat rentan terkena penyakit fisiologis yaitu inti basah (wet core). Penyakit inti basah ini membuat rasa durian menjadi tidak manis.

5. Perlakukan Ketika Panen
Ketika panen durian dilakukan usahakan agar buah durian tidak jatuh langsung ke tanah. Jika buah langsung bersentuhan dengan tanah dapat beresiko terkena penyakit. Ikatlah buah durian yang hampir matang dengan tali sehingga buah durian yang matang tidak langsung jatuh ke tanah.

Demikianlah sedikit informasi tentang faktor yang menyebabkan buah durian mempunyai rasa hambar dan rahasia membuat tanaman durian berbuah manis. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan anda. Dan bagi anda yang memiliki pohon durian dirumah, anda dapat mempraktekannya dirumah. Caranya sangat mudah bukan?!. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 5 Tips Mudah Agar Buah Durian Mempunyai Rasa Yang Manis dan legit, Caranya Mudah Banget Kok ! kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 5 Tips Mudah Agar Buah Durian Mempunyai Rasa Yang Manis dan legit, Caranya Mudah Banget Kok ! | JualBenihMurah.com

11 komentar untuk Inilah 5 Tips Mudah Agar Buah Durian Mempunyai Rasa Yang Manis dan legit, Caranya Mudah Banget Kok !

  • Mochtar Yahya says:

    IDurian saya montong pertama kali berbuah setelqh kami.menunggu selama.lima tahun, tapi sy sangat kecewa setelah panen dagingnya keras dan warnanya putih tidak ada rasanya, seperi masih muda padahal mulai berbunga sampai panen 3 bulan lebih 3 minggu dan matengnya jatuh sendiri (tdk sampai ke tanah krn diikat) buahnya tidak langsung saya buka, sy nunngu sampai 2 hari baru sy buka dan sudah mletek sendiri, pemupukan.sudah saya lakukan setiap 4 bulan sekali menggunakan pupuk npk 16-16-16, sebelum berbunga pemupukan sy tqmbahi dengan kalsium, Kno3 putih dan MKP, kalau dilihat dari pohonnya sangat menjanjikqn subut, sy mohon solusinya…

  • ubai dr banda aceh says:

    bagaimana cara memdapatkan pupuk brix up dan mpk 12 12 17 di daerah kami banda aceh tidak dijual pupuk itu, trima kasih

    • Ali Arwani says:

      jika pupuk tidak tersedia. dapat diganti dengan jenis lain dengan fungsi dan komposisi yang hampir sama.
      bisa juga menghubungi kami 085707858020
      terima kasih

  • Hadi Sufyan says:

    durian montong saya bentuk nya ferpect..beasr dan bulat loncong….cuma rasanya nya kurang manis dan hambar daging nya sangat tebal tapi keras..dan sedikit berpasir tekstur nya…tidak pernah..di pupuk,,mohon bagi ilmunya supaya durian saya rasanya enak normal seperti durian lokal

  • Kasnadi says:

    Pohon durian saya tumbuh baik seperti yg lain. Buahnya pun besar2,tp sayang hambar, separo mateng separo mentah.

    • Ali Arwani says:

      Buah durian yang mempunyai rasa yang hambar kualitas yang kurang bagus dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : kurang asupan nutrisi, terkena hama dan penyakit dan faktor mikroklimat.

      Adapun tips untuk membuat tanaman durian menghasilkan buah durian yang bercita rasa manis Legit yakni dengan melakukan Pemupukan yang tepat dan berimbang, Pemberian Pupuk Pemanis Buah, pengendalian hama & penyakit dan Memanen Durian Sebelum Musin Hujan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

  • Wasil setiawan says:

    Maaf mas mau tanya, itu durian drumah dagingnya tidak lumer, keras kayak salak gitu hambar juga itu kenapa ya, minta solusinya juga mas

    • Ali Arwani says:

      Ada beberapa faktor yang menyebabkan buah durian mempuyai rasa yang hambar dan daging buahnya keras diantaranya : Kurang Asupan Nutrisi, tanaman durian terkena serangan hama & penyakit dan Faktor Mikroklimat (curah hujan yang tinggi).

      Adapun beberapa Tips agar tanaman durian mampu menghasilkan buah durian yang bercitarasa mantap antara lain :

      1. Pemupukan yang tepat dan berimbang
      2. Pemberian Pupuk Pemanis Buah
      3. Pengendalian Hama dan Penyakit
      4. Memanen Durian Sebelum Musin Hujan
      5. Perlakukan Ketika Panen

      semoga bermanfaat. terima kasih

  • Djoko sumanto says:

    Bagaimana mengatasi agar buah duren matengnya ..isinya bisa lembek dan terasa manis..Duren saya mateng tapi isinya tdk lembek seperti mengkel gtu dan tidak manis makasih..infonya utk sya terapkan

  • Bambang says:

    Terimakasih informasinya,.Alhamdulillah. hampir saja pohon durian saya tebang.

    Wassalam

    • Ali Arwani says:

      semoga informasi tentnag tips mudah agar buah durian mempunyai rasa yang manis dan legit dapat bermanfaat untuk kita semua. terima kasih.

      salam berkebun,

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Promo Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1437 H, Belanja Bibit Buah Bisa Dapat Gratis Ongkos Kirim Ke Seluruh Indonesia, Jangan Lewatkan!

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Promo Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1437 H, Belanja Bibit Buah Bisa Dapat Gratis Ongkos Kirim Ke Seluruh Indonesia, Jangan Lewatkan! *Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
OFF 30%
Bibit Anggur Red Globe 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 215.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
Investasi Pohon Sengon, Budidaya Emas Hijau Yang Sangat Menjanjikan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

pemotongan kayu sengon*Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
Inilah 5 Panduan Sederhana Budidaya Tabulampot Kelengkeng Merah Agar Mampu Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Panduan Budidaya kelengkeng Merah*Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
SIDEBAR