Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jeruk Nagami Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jeruk Nagami Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

Diposting pada 30 December 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 26.209 kali

Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jeruk Nagami Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

Budidaya Jeruk Nagami

Budidaya Jeruk Nagami

Budidaya Tabulampot Jeruk Nagami – Jeruk nagami merupakan salah satu jenis tanaman jeruk unggulan yang berasal dari jepang. Tanaman jenis jeruk ini dikenal dengan bentuk buahnya yang cantik, buah jeruk nagami berbentuk lonjong berukuran mungil, berwarna kuning orange saat sudah matang matang. Yang lebih spesial dari si jeruk nagami ini adalah kita dapat menikmati buah jeruk ini secara langsung tanpa harus mengupas kulitnya. Buah yang lebih sering disebut sebagai buah kumkuat ini menawarkan sensasi citarasa manis segar dan memiliki aroma yang harum.

Tanaman jeruk nagami termasuk jenis tanaman perdu yang rimbun. Pohon jeruk nagami dapat tumbuh hingga ketinggian 2 hingga 4 meter dengan batang bercabang dan berduri. Tanaman jeruk nagami dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Jeruk nagami bersifat genjah, panen buah jeruk nagami dapat mulai dinikmati saat tanaman sudah berumur 8 hingga 12 bulan hasil bibit okulasi. Tanaman jeruk nagami juga mempunyai kemampuan produktifitas yang tinggi mengingat tanaman ini mampu berbuah sepanjang tahun. Setiap cabang jeruk nagami menghasilkan puluhan buah.

Jeruk nagami ini lebih dikenal sebagai spesialis tanaman hias dalam pot atau tabulampot baik didalam maupan di luar ruangan. Menjelang tahun baru imlek, tanaman jeruk ini banyak di buru oleh kolektor untuk dijadikan hiasan dekorasi. Dengan tinggi tanaman yang tidak sampai 1 meter, bentuk buah yang cantik dan mungil dan mampu menghasilkan puluhan buah tentunya akan menambah nilai estetika tanaman ini. Selain sebagai hiasan, jeruk nagami juga dapat diolah menjadi selai, jeli sirup, ek krim, atau hiasan kue.

Syarat Tumbuh Jeruk Nagami

  • Tanaman jeruk nagami dapat tumbuh dengan baik dengan Ketinggian tempat berkisar antara 300 – 800 m dpl.
  • Jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhan jeruk nagami adalah lempung sampai lempung berpasir dengan fraksi liat 7 – 27%, debu 25 – 50%, tanah andosol dan latosol sangat cocok untuk bertanam jeruk.
  • Derajat keemasan tanah (PH tanah) yang cocok adalah 5,5 – 6,5 dengan pH optimun 6.
  • Suhu optimal untuk pertumbuhan jeruk nagami berkisar antara 25 –30 derajat Celcius.
  • Tanaman jeruk nagami memerlukan 5 – 9 bulan basah (musim hujan). Bulan basah ini diperlukan untuk perkembangan bunga dan buah agar tanahnya tetap lembap.
  • Tanaman jeruk nagami ini sangat memerlukan air yang cukup,
  • Kelembapan optimum untuk pertumbuhan tanaman ini sekitar 70 – 80%. Tanaman jeruk sinkist dan nagami tidak menyukai tempat yang terlindung dari sinar matahari.
Baca Juga :   Kurma, Tanaman Buah Istimewa dan Sumber Pangan Masa Depan Dalam Pandangan Al-Qur’an dan Hadits

Budidaya Jeruk Nagami

Budidaya jeruk nagami ini bisa dibilang mudah. Perawatannya tidak sulit dan tidak membutuhkan perlakuan khusus. Selain dibudidayakan di lahan, anda juga dapat melakukan budidaya jeruk nagami ini dengan teknik tabulampot. Tertarik untuk membudidayakan tabulampot jeruk nagami? caranya sangat mudah kok. simak ulasan berikut ini.

Berikut adalah beberapa panduan mudah dalam budidaya jeruk nagami dalam pot agar mampu tumbuh optimal dan cepat berbuah :

1. Pemilihan Bibit Unggul
Pemilihan bibit jeruk nagami menjadi sangat penting karena akan menentukan kualitas tanaman. Oleh karenanya, pemilihan bibit perlu dilakukan dengan hati – hati. Berikut ciri-ciri bibit yang bagus.

  • Sebaiknya bibit jeruk nagami dibeli dari penangkar bibit yang terpercaya dan/atau telah disertifikasi.
  • Tinggi bibit jeruk nagami antara 80 – 100 cm dan diameter batang 1 – 1,5 cm.
  • Warna batang hiju tua kecokelatan, batang lurus dan tidak bercabang banyak.
  • Warna dau hijau mengilap dan telah membentuk tiga flush.
  • Bibit jeruk nagami sebaiknya berumur 6 bulan atau lebih.
  • Bibit jeruk nagami bebas dari serangan hama penyakit, khususnya tujuh penyakit sistemik, yaitu CVPD, Tristeza,Psorosis,Exocortis,Vein Enation, Tatter Leaf, dan Xyloporosis.
  • Batang bawah yang dianjurkan yaitu YC dan RL atau Troyer,Carrizo, Volkameriana, dan Citrumello yang tahan tristeza (CTV).
Bibit Jeruk nagami

Bibit Jeruk nagami

2. Penanaman di Pot
Berikut tahap penanaman bibit jeruk nagami di dalam pot.

  • Masukkan media tanam, berupa campuran tanamh gembur dan pupuk organik dengan perbandingan 1 :1 hingga medekati bibir pot.
  • Sobek polibag yang membungkus media tanam menggunakan gunting atau pisau. Keluarkan bibit jeruk nagami beserta media tanamnya dari dalam polibag.
  • Buat lubang tanam seukuran media tanam yang melekat pada bibit jeruk nagami, kemudian tanam bibit hingga batas akar dan batang rata dengan permukaan media tanam.
  • Siram bibit jeruk nagami agar media tanam tetap lembap.
  • Simpan ditempat yang teduh hingga muncul tunas tunas baru. Setelah itu, tabulampot bisa dipindahkan ketempat yang terpapar sinar matahari.
Baca Juga :   5 Paduan Tepat Budidaya Tanaman Buah Jeruk Manis Tabulampot Agar Cepat Berbuah dan Sebagai Peluang Bisnis Yang Menggiurkan

3. Tahap Pemeliharaan
Pemeliharaan menjadi unsur yang mutlak diperlukan untuk mendapatkan tanaman jeruk nagami bisa berbuah lebat. Pemeliharaan yang perlu dilakukan pada jeruk nagami adalah penyiraman, penyiangan, penggemburan, pemangkasan, dan penjarangan buah.

– Penyiraman
Penyiraman dilakukan pada musim kemarau, fase menjelang pembungan (fase produktif), dan fase menjelang pembentukan buah. Pada saat musim kemarau, penyiraman dilakukan dengan volume 70 – 80 liter/ pohon / minggu dan dihentikan untuk merangsang pembentukan bunga. Setelah bunga terbentuk, penyiraman normal kembali untuk menghindari risiko kecilnya buh dan mutu daging buah rendah. Penyiraman dilakukan 5 – 7 hari sekali sampai bunga menjadi pentil da dilanjutkan 7 – 10 hari sekali sampai buah dapat dipanen. Pada tanamn jeruk muda, penyiraman dilakukan 2 – 3 hari sekali mengingat perakarannya yang dangkal dan belum banyak.

– Penyiangan dan penggemburan
Penyiangan dilakukan dengan membuang gulma yang tumbuh disekitar tanaman. Frekuensi penyiangan disesuaikan dengan pertumbuhan gulma. Jika gulma sudah mulai tumbuh segera dilakukan penyiangan. Penyiangaan bisa dilakukan secara manual dengn tangan atau menggunakan cangkul untuk tanaman yang ditanam dilahan. Penggemburan media tanam perlu dilakukan terutama pada tananman yang ditanam dilahn. Jika akar sudah mulai terlihat, sebaiknya media tanam digemburkan. Penggemburan perlu dilakukan dengan hati hati, jangan sampai mengenai akar sehingga nyenyebabkan luka.

– Pemangkasan
Pemangkasan bertujuanm untuk membentuk tanaman yang tidak terlalu tinggi sehingga mudah dikelola, percabangan teratur dan kokoh, cahaya matahari dapat merata, memperbaiki kualitas buah (ukuran, warna, dan menurunkan rasa asam), memperbanyakan tunas baru, serta mengurangi kerimbunan tanaman.

Tata cara pemngkasan sebagai berikut.

  • Pemangkasan dilakukan sejak tanaman masih muda (bibit dngan tinggi 70-80 cm) untuk membentuk pohon dan percabangannya.
  • Dari batang utama, dipelihara 3 – 4 cabang yang letaknya membentuk sudut yang seimbang antar cabang dan terletak pada ketinggian yang berbeda. Cabang lain yang tidak dikehendaki dipangka sampoai dengan pangkl cabang.
  • Dari batang utama tersebut, masing- masing dipelihara 3 – 4 cabang demikian seterusnya sampai terbentuk percabangan yang kompak. Kanopi pohon diarahkan membentuk setengah kubah dengan penyebaran daun merata.
  • Pemeliharaan selanjutnya dilakukan untuk menjaga bentuk pohon, membuang cabang/ranting yanmg rusak/berpenyakit, serta untuk mengatur pembungaan.
  • Lakukan pemangkasaan (pemeliharaan) berikutnya pada tanaman usi produktif. Cabang–cabang atau tunas liar yang tumbuh tidak pada tempatnya (misalnya dibawah percabangan pertama) harus dibuang.
Baca Juga :   Inilah 6 Musuh Besar Hama & Penyakit Pada Tanaman Durian Musang king Dan Cara Pengendaliannya

– Penjarangan buah
Ketika jeruk nagami berbuah lebat, perlu penjarangan supaya pohon mampu mendukung pertumbuhan dan bobot buah serta kualitas buah terjaga. Buah yang dibuang meliputi buah yang sakit, yang tidak terkena sinar matahari (dalam kerimbunan daun), dan buah yang terlalu banyak dalam satu tangkai. Hilangkan buah diujung kelompok buah dalm satu tangkai utama dan sisakan hanya 2 – 3 buah pada setiap tangkainya.

4. Tahap Pemupukan
Tanaman jeruk nagami membutuhkan nutrisi yang cukup dan berkala untuk membantu pertumbuhannya, nutrisi yang baik akan membuat tanaman jeruk nagami tumbuh dengan subur dan sehat. Selain itu, tanaman juga menjadi lebih kebal akan serangan penyakit.

Adapun beberapa tata cara pemupukan pada jeruk nagami sebagai berikut :

Pemupukan Jeruk Nagami

Pemupukan Jeruk Nagami

Tahap pemupukan pada kelompok umur :

Pemupukan jeruk nagami 1

Pemupukan jeruk nagami 1

5. Tahap Panen
Pada umumnya buah jeruk nagami akan matang pada saat sudah berumur 4 – 6 bulan sejak bunga mekar. Selain itu, jeruk nagami termasuk buah non-limakterik, artinya kualitas buah sangat ditentukan oleh kematangn buah saat dipanen. Hal ini terjadi karena buah tidak akan menjadi masak dalam penyimpanan jika dipetik dalam keadaan muda. Oleh kerana itu, buah jeruk nagami harus sudah benar benar masak saat dipanen.

Buah Jeruk Nagami

Buah Jeruk Nagami

Berikut kriteria buah jeruk yang siap panen antara lain :

  • Warna buah sudah berubah, jeruk nagami yang berwarna hijau tua saat muda menjadi kuning keemasan saat masak dengan pori-pori berupa titik-titik kuning muda.
  • Kulit buah menjadi licin mengilap dan tekstur buah sudah mulai lunak jika ditekan.
  • Kulit buah tampak kencang dan berisi penuh.

Pemanenan buah jeruk nagami sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Agar kualitasnya tetap baik, buah dipanen dengan menggunakn gunting. Saat memotong, sisakan tangkai 1 – 2 cm dari pangkal buah.

Demikianlah informasi tentang panduan mudah budidaya tabulampot jeruk nagami. Agar tabulampot jeruk nagami tumbuh dengan subur dan cepat berbuah diperlukan beberapa perlakukan yang intensif seperti pemilihan bibit unggul, penyiraman, penggemburan, pemupukan, dan penjarangan buah.

Pada artikel berikutnya kami akan membahas tentang musuh besar dalam budidaya tanaman jeruk dan bagaimana cara pengendaliannya. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. dan diharapkan anda dapat mencobanya sendiri dirumah. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jeruk Nagami Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jeruk Nagami Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun | JualBenihMurah.com

22 komentar untuk Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jeruk Nagami Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

  • ita mariyani says:

    Jeruk nagami saya daunnya menguning. Apa penyebabnya dan cara mengatasi.nya
    trimakasih

    • Ali Arwani says:

      selamat pagi, daun jeruk nagami yang menguning dan tidak ada bercak atau bekas berwarna kecokcalatan dan sebagaianya bisa disebabkan karena kekurangan unsur hara.

      penanganannya : lakukan pemupukan pupuk NPK secara berkala, dan dapat pula ditambahkan dengan pupuk kandang
      terima kasih

  • Anton Chandra says:

    Saya punya dua bibit jeruk nagami yg saya beli sekitar 6 bulan lalu. Yang satu tumbuh subur bahkan SDH berbuah walo cm 2 buah tapi yg satunya kerdil pertumbuhannya. Apa yg harus saya lakukan terhadap pohon yg kerdil itu ya. Terimakasih

    • Ali Arwani says:

      Penyebab pertumbuhan tanaman jeruk nagami kerdil dapat dipenegaruhi oleh beberapa faktor antara lain : Kebutuhan Unsur Hara Tidak Tercukupi, Tanaman Kekurangan Sinar Matahari, Air yang Diperoleh Tanaman Kurang dan Infeksi Serangan Virus Penyakit

      Adapun beberap langkah yang bisa dilakukan antara lain :
      – melakukan pemupukan pada jeruk nagami secara teratur sesuai dosis.
      – memindahkan tanaman jeruk nagami ke tempat yang terkena sinar matahari penuh (jika tanaman didalam pot)
      – melakukan pengendalian hama (jika tanaman terserang hama)
      – melakukan penggantian media tanam (jika tanaman didalam pot).

      Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih

  • Prise says:

    Kalau semai dari biji nya, kira² berapa tahun menunggu berbuah ya?

  • Kardisuk says:

    Saya punya jeruk Nagami tambulapot berbuah lebat tidak pernah rontok pake NPK Grower 10 hari sekali satu sendok makan.

  • Bayu says:

    Berapa lama waktu yg dibutuhkan hingga matang untuk jeruk nagami ?

  • Nina Timisela says:

    Sy punya tanaman jeruk nagami yg sdh berbuah .pada waktu bunga hingga menjadi buah yg kecil ,tetapi setelah umur 2 bulan buah kecil tidak kunjung membesar buahnya apa yang harus sy lakukan agar buahnya cepat membesar seperti buah jeruk nagami yg seharusnya

  • Mahidin says:

    Bagai mana kita mengatur jumlah p dan yang lebih tinggi.berapa persen N .P. dan K.

  • Jais says:

    Pohon jer nagami sy sering gugur bunganx pd saat sd jdi sebesar pentil.mohon pentunjukx.trims

    • Ali Arwani says:

      Agar calon buah jeruk nagami tidak mudah rontok dapat berikan pupuk NPK dengan komposisi P dan K yang lebih tinggi. Hal ini bertujuan agar calon buah tidak mudah rontok. Selain itu, dapat membantu untuk meningkatkan masa calon buah dan meningkatkan rasa calon buah. Semoga bermanfaat.

  • thohir says:

    saya sudah menanam jeruk nagami,namun hasil tidak baik,selalu rontok dan jika panen rasanya masam,
    bagaimana solusi nya.

    • Ali Arwani says:

      Pada saat tanaman jeruk nagami telah berbunga, dapat diberikan pupuk NPK dengan komposisi P dan K yang lebih tinggi. Hal ini bertujuan agar calon buah tidak mudah rontok. Selain itu, dapat membantu untuk meningkatkan masa calon buah dan meningkatkan rasa calon buah. Semoga bermanfaat.

  • Mujahidin says:

    Saya baru mau nanam jeruk nagami (pemula) rencana akan di tanam langsung di lahan. Dapatkah langsung ditanam dengan sinar matahari full atau di teduhkan dulu? Mksh

    • Ali Arwani says:

      jika bibit jeruk yang didapatkan dari pembelian online atau berasal dari daerah yag berbeda, sebaiknya diteduhkan terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar bibit jeruk nagami dapat beradaptasi dengan lingkungan baru. untuk penanaman jeruk nagami yang langsung di tanah, sebaiknya diberi naungan agar tidak terlalu terkena sinar matahari. semoga bermanfaat.

  • darmadi says:

    Baru saja q beli bibit nagami..
    Baguskah kalo ditanam langsung di tanah ( bukan media pot)
    Apa nantinya akan tumbuh lebat dan tinggi seperti jeruk2 lainnya yg di tanam langsug di lahan tanah..
    Dan mmohon sarannya baiknya di pot apa lahan
    Makasih sebelumnya☺

    • Ali Arwani says:

      bibit tanaman buah jeruk nagami dapat ditanam di pot atai lahan langsung.
      Jika ditanam dilahan langsung biasanya akan memiliki pertumbuhan yang lebat dan tinggi.
      terima kasih

  • Yulia says:

    Saya punya 2 pohon jeruk nagami tapi tumbuhnya belum maksimal. Buahnya belum kuning maksimal sudah gugur… mohon petunjuk…

    • Ali Arwani says:

      Agar pertumbuhan tanaman buah jeruk nagami optimal dapat dibantu dengan pemberian pupuk organik dan pemberian NPK secara berkala. Jika tanaman jeruk nagami sudah berbuah dan tidak mudah gugur dapat dibantu dengan penyiraman secara teratur dan pemberian pupuk NPK dengan kandungan unsur P dan K yang lebih besar. Semoga dapat bermanfaat. terima kasih

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 9%
Polybag Lubang 18x18cm – 1kg

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Polybag Lubang 18x18cmRp 25.000 Rp 27.500
Tersedia
Rp 25.000 Rp 27.500
Stok: Tersedia
OFF 12%
Jual Bibit Anggur Moondrop 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 375.000 Rp 425.000
Tersedia
Rp 375.000 Rp 425.000
Stok: Tersedia
OFF 18%
Jual Tanaman Asoka Variegata

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 45.000 Rp 55.000
Tersedia
Rp 45.000 Rp 55.000
Stok: Tersedia
OFF 5%
Roundup 486SL Herbrisida 1 Liter (Pembasmi Rumput Liar)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 87.500 Rp 92.500
Tersedia
Rp 87.500 Rp 92.500
Stok: Tersedia
SIDEBAR