Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Air Black Diamond Agar Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat

Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Air Black Diamond Agar Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat

Diposting pada 26 March 2019 oleh Ali Arwani | Dilihat: 3.100 kali

Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Air Black Diamond Agar Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat

Cara Tanam Tabulampot Jambu Black Diamond – Sosok buah jambu air mutiara hitam memang sangatlah menggiurkan. Bagaimana tidak? buah jambu yang lebih dikenal dengan sebutan jambu air black diamond ini memiliki bentuk yang unik sedikit bulat dengan pangkal agak mengecil layaknya bentuk diamond atau mutiara. Selain itu, Buah jambu black diamond juga memiliki warna kulit buah yang cantik yakni berwarna merah gelap dan mengilap. Selain itu, buah jambu black

Kehadiran jambu black diamond diyakini bakal memanjakan para pecinta tanaman buah. Selain memiliki penampilan yang unik, daging buahnya juga tebal dan renyah. Buah jambu black diamond ini memiliki rata-rata berat 300-400 gram/buah dan tidak memiliki biji. Buah yang menjadi unggulan negara Taiwan ini juga memiliki citarasa manis segar dengan kandungan air yang tinggi yang membuat penggemar buah kepincut untuk selalu menikmatinya.

Budidaya Tanaman jambu air black diamond tergolong mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Tanaman jambu air black diamond akan tumbuh dengan optimal jika ditanam langsung ditanah dan mendapat pasokan air yang cukup. Namun demikian, tanaman jambu air black diamond ini juga cocok ditanam dalam pot sebagai penghias pekarangan atau halaman rumah.

Budidaya Tabulampot Jambu black diamond

Budidaya Tabulampot Jambu black diamond

Budidaya Tabulampot

Tanaman jambu air black diamond termasuk jenis tanaman jambu air yang bersifat genjah, dengan perawatan yang baik, pohon jambu air black diamond dapat mulai belajar berbuah setelah berumur 2-3 tahun setelah tanam dengan bibit hasil okulasi atau cangkok. Perawatan tabulampot jambu black diamond ini juga tergolong cukup mudah, asalkan syarat tumbuhnya terpenuhi. Jenis media ktanam yang cocok adalah tanah gembur dan kaya dengan unsur hara, untuk pertumbuhannya tanaman ini memerlukan penyinaran sinar matahari sepanjang hari. Tertarik ingin membudidayakan tabulampot jambu air black diamond untuk mempercantik halaman rumah? Yuk, simak penjelasannya.

Baca Juga :   Inilah 9 Khasiat Buah Durian Montong Yang layak anda Ketahui, Nomor 1 Sangat bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Kita

Berikut ini adalah Panduan budidaya tabulampot jambu air black diamond agar mampu tumbuh subur dan berbuah lebat :

1. Pemilihan Bibit Unggul
Diperlukan kejelian ketika memilih bibit jambu air black diamond. Bebepara hal yang bisa dijadikan patokan ketika memilih bibit sebagai berikut.

  • Sebaiknya bibit jambu black diamond berasal dari hasil penempelan (okulasi) atau penyambungn ditandai dengan adanya bekas okulasi atau sambung 20 – 30 cm dari leher akar.
  • Usahakan umur bibit jambu black diamond minimal telah mencapai empat bulan dengan panjang tunas minimal 30 cm dan memiliki enam helai daun.
  • Bibit jambu black diamond harus bebas dari serangan hama dan penyakit, ditandai dengan batang mulus tidak berlubang, daun mulus dan jika berbuah, buahnya tidak busuk.
Bibit Jambu Black diamond

Bibit Jambu Black diamond

2. Penanaman di Pot
Tanaman jambu air black diamond termasuk jenis tanaman yang bersifat genah atau mudah berbuah serta dapat berbuah lebat didalam pot, tentunya dengan perawatan dengan benar.

Berikut adalah beberapa tahapan dalam melakukan penanaman tanaman jambu air black diamond didalam pot.

  • Masukkan media tanam berupa campuran tanah gembur dan pupuk kandang/kompos (komposisi 1 : 1) kedalam pot hingga batas 5cm dari bibit pot. Usahakan pot yang digunakan berdiameter > 50 cm. Padatkan dengan cara menggoyang – goyang dinding pot, lalu siram hingga cukup basah., biarkan 2 – 3 hari agar media tanam dapat mengendap dan stabil.
  • Lepaskan bibit jambu black diamond dengan cara menggunting polibag, lalu periksalah kondisi perakarannya. Pastikan kondisi akar sehat.
  • masukan bibit jambu black diamond perlahan–lahan kedalam lubang tanam, lalu urug dengan media tanam hingga batas pangkal batang.
  • Siram dengan air secukupnya, ditandai dengan merembesnya air dari dasar pot.
  • Tempatkan tabulampot jambu black diamond dilokasi yang teduh hingga muncul tunas –tunas baru.

3. Perawatan Tabulampot
Proses pemeliharaan tanaman jambu air black diamond sangat diperlukan untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik dan tanaman jambu black diamond dapat menghasilkan buah yang lebat. Adapun proses pemeliharaan yang perlu dilakukan antara lain penyiangan, penyiraman, dan pemangkasan.

Baca Juga :   Inilah 5 Cara Mudah Budidayakan Alpukat Miki Agar Tumbuh Dengan Optimal Dan Mampu Berbuah Dengan Cepat

-. Penyiraman
Tanaman jambu air black sapote yang ditanam dalam pot sepenuhnya mendapatkan suplai air dari siraman atau hari hujan. Dua minggu pertama setelah penanaman. Tanaman jambu black diamond yang masih muda, perlu disiram 1-2 kali sehari, pada pagi dan sore hari. Jika sudah cukup besar dan pekarangannaya dalam, tanaman jambu black diamond cukup disirami sekali sehari. Saat musim kemarau, penyiraman dilakukan dua kali. Penyiraman dilakukan dengan cara menyiramkan air pada seluruh bagian tanaman agar tanaman tampak segar dan bersih. Hal yang harus diperhatikan, penyiraman perlu dilakukan secara berhati –hati agar bunga tidak ikut rontok ketika tanaman sedang dalam masa berbunga.

-. Penyiangan
Penyiangan dilakukan dengan maksud menyuburkan tanah serta membuang rumput dan tanaman liar atau hewan penghuni tanah. Penyiangan dilakukan sebelum pemupukan agar proses pemupukan dapat berjalan lancar karena tanah menjadi gembur dan gulma sudah tidak ada. Penyiangan dilakukan dengan membuang gulma menggunakan cangkul.

-. Pemangkasan
Tahapa pemangkasan dilakukan bertujuan untuk membentuk pohon, pemeliharaan, dan peremajaan. Proses Pemangkasan untuk membentuk pohon dilakukan setelah mencapai ketinggian 2 m. Bagian yang dipangkas adalah cabang/tunas. Untuk pemeliharaan, pemangkasan dilakukan setiap saat kecuali ketika tanaman sedang berbunga. Bagian yang dipangkas adalah dahan yang tua, kering, luka, serta tidak sempurna. Sementara untuk peremajaan, pemangkasan dilakukn pada seluruh bagian tanaman yang sudah terlalu tua, tidak berproduksi, atau diserang hama/penyakit.

4. Tahap Pemupukan
tahap pemupukan manjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan tabulampot jambu air black diamond. Proses pemupukan jambu air black diamond dilakukan sebelum dan sesudah berbuah dengan urain sebagai berikut.

a. Tanaman sebelum berbuah
Untuk tanaman buah dalam pot (tabulampot) pemupukan diberikan wakltu sebagai berikut.

  • Umur 1 bulan : pupuk dasar berupa campur urea, TSP atau SP-36, dan KCI (2 : 1 : 1) sebanyak 20 g atau 2 sendok makan perpohon (pot). Pupuk tersebut dibenamakan dalam pot.
  • Setiap bulan sekali pupuk nitrogen ZA sebanyak 10 g dilarutkan dalam 10 liter air. Larutan ini disiramkan pada tanaman dalam pot hingga tampak cukup basah.
Baca Juga :   4 Panduan Sukses Budidaya Tabulampot Tanaman Buah Jambu Biji Kristal Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah Sepanjang Tahun

b. Tanaman sudah berbuah
Pupuk organik diberikan pada awal musim hujan. Sisa pupuk diberikan setelah buah membesar (umur buah sekitar 1 – 2 bulan sejak berbunga dan ukuran buah sebesar telur puyuh).

Jambu black diamond

Jambu black diamond

5. Tahap Panen
Tanaman jambu air black diamond dapat mulai belajar berbuah setelah berumur 2-3 tahun, berbunga sebanyak dua kali dalam setahun (sekitar Juli dan September) dan buahnya masak setelah 35 – 55 hari.

Buah jambu air yang siap dipanen memiliki tanda–tanda, antara lain
– ukuran buah sudah tidak bertambah,
– kulit terlihat mengilap dan tercium aroma khasnya,
– terjadi perubahan warna buah, yaitu dari hujau kemerahan menjadi merah tua kehitaman

Pemanen buah jambu air black diamond sebaiknya dilakukan pagi sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari. Buah jambu air ini memiliki sifat buah yang mudah rusak karena berkulit tipis sehingga proses pemanen harus dilakukan satu persatu dengan menggunting tangkai buah minimal 2 cm dari pangkal buah.

Demikianlah informasi tentang paduan mudah budidaya tabulampot jambu air black diamond, Agar tumbuh dengan optimal dan berbuah lebat, diperlukan perawatan yang intensif diantaranya penyiraman, penyiangan, pemnagkasan dan pemupukan.

Pada artikel selanjutnya kita akan membahas musuh besar yang sering menyerang tanaman jambu air black diamond dan cara mudah mengatasinya. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk memambah wawasan kita tentang jambu air black diamond. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

 


kata terkait,
jambu black diamond, bibit jambu black diamond, tanaman jambu black diamond, budidaya jambu black diamond, tabulampot jambu black diamond, pemupukan jambu black diamond, pohon jambu black diamond, cara tanam jambu air, perawatan jambu air black diamond, penanaman dalam pot jambu black diamond, budidaya tabulampot jambu black diamond,

Bagikan informasi tentang Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Air Black Diamond Agar Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Air Black Diamond Agar Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Air Black Diamond Agar Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 36%
Benih Cabai Keriting Kastilo F1 (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 12.500 Rp 19.500
Tersedia
Rp 12.500 Rp 19.500
Stok: Tersedia
OFF 6%
Grow Quick Plus+ – 500 ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Grow Quick Plus - 500 mlRp 65.000 Rp 69.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 69.000
Stok: Tersedia
OFF 13%
Bibit Jeruk Tongheng Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk Tongheng BerbuahRp 195.000 Rp 225.000
Tersedia
Rp 195.000 Rp 225.000
Stok: Tersedia
OFF 25%
Jual Tanaman Keladi Mini

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 15.000 Rp 20.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 20.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR