Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Belimbing Bangkok Agar Tumbuh Optimal Dan Cepat Berbuah

Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Belimbing Bangkok Agar Tumbuh Optimal Dan Cepat Berbuah

Diposting pada 23 April 2019 oleh Ali Arwani | Dilihat: 784 kali

Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Belimbing Bangkok Agar Tumbuh Optimal Dan Cepat Berbuah

Budidaya Tabulampot Belimbing Bangkok – Belimbing bangkok merupakan buah yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Buah belimbing bangkok dikenal memiliki ukuran yang jumbo jika dibandingkan jenis belimbing lainnya. bayangkan saja, Buah Belimbing bangkok berbentuk bintang dan lonjong dengan panjang 15—20 cm dan diameter sekitar 10 cm. Saat masak, buah belimbing bangkok berwarna kuning agak kemerahan dengan bagian pinggir tetap berwarna hijau. Keunggulan lainnya adalah buah belimbing bangkok mempunyai daging buah yang tebal dan juicy. Terlebih lagi, beimbing bangkok memiliki citarasa yang manis, segar dengan kandungan air yang lebih banyak daripada belimbing lainnya.

Tanaman belimbing bangkok paling baik ditanam didataran rendah sampai ketinggian 500 m dpl, denggan kemiringan lahan 5-20 derajat celcius. Suhu lingkungannya berkisar 20-30 derajat Celcius. Jenis tanah yang sesuai untuk mendukung pertumbuhan tanaman belimbing bangkok adalah tanaman yang subur, gembur, banyak mengandung bahan organik, serta memiliki aerasi dan drainase yang baik. Derajat keasaman tanah (pH) antara 5,5-6,0. Tanaman Belimbing bangkok menyukai tempat terbuka dan mendapat sinar matahari secara memadai.

Kelebihan lain dari belimbing bangkok adalah perawatan yang tergolong sangat mudah, bahkan belimbing sangat cocok untuk dibuat tabulampot karena mampu menghasilkan buah yang banyak meskipun ditanam di dalam pot. Tertarik membudidayakan tabulampot tanaman belimbing bangkok? caranya sangat mudah kok.

Budidaya Tabulampot Belimbing bangkok

Budidaya Tabulampot Belimbing bangkok

Berikut ini adalah tahapan budiday tabulampot belimbing madu agar tumbuh optimal dan berbuah lebat :

1. Pemilihan Bibit Unggul
Tanaman belimbing bangkok yang bagus bermula dari pemilihan bibit yang bagus pula. Perlu kehati-hatian dalam memilih bibit memang penting agar kelak tanaman dapat menghasilkan buah sesuai dengan harapan kita.

Baca Juga :   Tips Mudah Dalam Mengatasi dan Mengendalikan Serangan Hama & Penyakit Pada Tanaman Alpukat Agar Mampu Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah

Berikut tips dalam memilih bibit belimbing bangkok :

  • Pilihlah bibit belimbing bangkok yang berasal dari hasil okulasi atau penyambungan yang berlabel dari penangkaran terpercaya.
  • Pilihlah bibit belimbing bangkok yang sehat dengan ciri-ciri batang mulus dan bebas dari bercak-bercak akibat serangan cendawan atau bakteri, hanya terdapat satu atau sedikit lengkungan bekas tempelan mata.
  • Pilih bibit belimbing bangkok dengan tajuk yang rimbun, subur, dan tampak segar. Hindari memilih bibit dengan kondisi daun yang cacat, berlubang, dan tampak bercak-bercak akibat serangan hama dan penyakit.
  • Sebaiknya bibit belimbing bangkok telah berumur 6 bulan atau lebih,tinggi bibit antara 60-70 cm dan diameter batang 1-1,5 cm, bentuk batang lurus dan tidak bercabang, serta warna daun hijau mengilap.
Bibit Belimbing Bangkok

Bibit Belimbing Bangkok

2. Penanaman di Dalam Pot
Proses penanaman bibit belimbing bangkok sebaiknya dilakukan pada sore hari, saat matahari sudah tidak bersinar terik. Adapun tahap penanaman bilimbing bangkok dalam pot sebagai berikut.

  • Siapkan bibit yang sehat dan pot dengan diameter 40 – 60 cm dengan bagian dasarnya sudah diberi lubang.
  • Masukan pecahan batu bata dibagian dasar pot. Lalu masukkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan pasir atau sekam dengan perbandingan 1:1:1.
  • Tanam bibit belimbing bangkok kedalam pot dengan melepaskan polibag terlebih dahulu. Usahakan, media tanam terbawa bersama akar tanaman.
  • Siram tanaman belimbing bangkok dengan air bersih secukupnya.
  • Tempatkan tanaman belimbing bangkok dilokasi terbuka atau sedikit sinar matahari, seperti didepan dan samping teras.

3. Tahap Pemeliharaan
Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam pemeliharaan tanaman buah belimbing bangkok agar tumbuh optimal adalah penyiraman, pemangkasan,dan pembungkusan buah.

– Penyiraman
Tanaman belimbing bangkok membutuhkan air sepanjang hidupnya. Namun demikian, tanaman belimbing bangkok tidak menyukai air tergenang. Oleh karena itu, khusus tanaman belimbing dalam pot, perlu diberi lubang/saluran pengeluaran air didasar pot agar tidak menggenang.

Baca Juga :   Inilah 7 Keistimewaan Alpukat Wina Yang Wajib Anda Ketahui

– Pemangkasan
Pemangkasan dilakukan untuk membentuk tajuk tanam agar tajuk tanah tidak saling beradu dengan tajuk tanaman lain. Pemangkasan juga bertujuan untuk mendorong produksi buah dan memudahkan pemaneman dari tanaman yang tidak terlalu tinggi. Adapun jenis pemangkasan yang sering dilakukan adalah pemangkasan bentuk dan pemangkasan cabang dan ranting.

– Pembungkusan buah
Pembungkusan buah berfungsi untuk melindungi buah belimbing bangkok dari serangan lalat buah dan serangan pemakan buah lainnya sehingga kualitas buah tetap terjaga. Pembungkusan buah dilakukan pada saat ukuran buah sebesar jempol jari tangan. Bahan pembungkus buah dapat menggunakan kantong plastik (PE) yang bagian bawahnya digunting untuk mencegah kelembapan tinggi. Bahan pembungkus plastik dilapisi dengan kertas koran karena kertan koran dapat menyerap uap air hasil respirasi buah.

Tabulampot Belimbing

Tabulampot Belimbing Bangkok

4. Tahap Pemupukan
Pada pembudidayaan tanaman buah belimbing di dalam pot, proses pemberian pupuk tetntunya berbeda dengan budidaya belimbing bangkok di lahan.
Adapun proses pemupukan tanaman belimbing bangkok dalam pot sebagai berikut.

  • Umur 1 bulan : pupuk dasar berupa campuran urea, TSP atau SP, dan KCL (2: 1: 1) sebanyak 20 g atau dua sendok makan per pohon. Pupuk tersebut dibenamkan dalam media tanam.
  • Setiap 1 bulam sekali: pupuk nitrogen ZA sebanyak 10 g dilarutkan dalam 10 liter air. Siramkan larutan ini pada tanaman belimbing dalam pot hingga tampak cukup basah.
  • Tanaman belimbing yang sudah mulai berbungan dan berbuah: beri pupuk NPK sebanyak 25-50 g/pohon /tahun. Waktu pemberian pupuk sebaiknya panen sehingga setiap tahun minimal dilakukan pemupukan tiga kali, masing-masing 1/3 dosis.
Buah Belimbing Bangkok

Buah Belimbing Bangkok

5. Tahap Panen
Panen tabulampot belimbing bangkok dapat dinikmati saat tanaman sudah berumur 1-2 tahun sejak penanaman, dengan menggunakan bibit hasil cangkok atau okulasi. Tanaman belimbing bangkok mampu berbuah sepanjang tahun, tetapi panen besar biasanya hanya dilakukan 3-4 kali dalam setahun. Pemanenan buah dapat diperkirakan dari periode muncul bunga hingga buah siap panen, yaitu berkisar 70-75 hari.

Baca Juga :   7 Keunggulan Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal Yang Wajib Kita Ketahui, Ternyata Dapat Berbuah Sepanjang Tahun dan Memiliki Dompolan Yang Melimpah

Proses pemanenen buah belimbing bangkok sebaiknya dilakukan pagi hari antara pukul 06.00-09.00 atau sore hari antara pukul 15.00-17.00 WIB. Hal ini bertujuan untuk menghindari panas lapang yang berlebih sehingga kualitas buah belimbing bangkok tetap terjaga.

Demikianlah informasi tentang panduna budidaya tabulampot belimbing bangkok. Agar tabulampot belimbing bangkok cepat berbuah diperlukan beberapa perawatan antara lain : pemilihan bibit unggul, penyiraman, pemupukan, pemangkasan dan pembungkusan buah.

Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman buah belimbing bangkok seperti lalat buah, bercak daun dan kapang jelaga. Semoga artikel tersebut dapat menambah wawasan kita tentang belimbing bangkok. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


kata terkait,
belimbing bangkok, bibit belimbing bangkok, tanaman belimbing bangkok, budidaya belimbing bangkok, cara tanam tabulampot belimbing bangkok, tabulampot belimbing bangkok, panduan budidaya belimbing bangkok, cara tanam belimbing bangkok, penyiraman belimbing bangkok, pemumupukan belimbing bangkok, pemangkasan belimbing bangkok, panen belimbing bangkok, buah belimbing bangkok, cara bertanam belimbing bangkok,

Bagikan informasi tentang Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Belimbing Bangkok Agar Tumbuh Optimal Dan Cepat Berbuah kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Belimbing Bangkok Agar Tumbuh Optimal Dan Cepat Berbuah | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Belimbing Bangkok Agar Tumbuh Optimal Dan Cepat Berbuah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 18%
Benih Daun Bawang Fragrant (Known You Seed)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 22.500 Rp 27.500
Tersedia
Rp 22.500 Rp 27.500
Stok: Tersedia
OFF 52%
Jual Bibit Alpukat Fuetre 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 155.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 155.000
Stok: Tersedia
OFF 6%
Pupuk Vitamin B1 / Liquinox Start – 500 ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

vitamin-b1-500-mlRp 65.000 Rp 69.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 69.000
Stok: Tersedia
OFF 17%
Benih Cabe Rainbow (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

benih-cabe-bolivian-rainbowRp 15.000 Rp 18.000
Tersedia
Rp 15.000 Rp 18.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR