Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Jambu Air King Rose Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Lebat

Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Jambu Air King Rose Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Lebat

Diposting pada 10 March 2019 oleh Ali Arwani | Dilihat: 8.790 kali

Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Jambu Air King Rose Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Lebat

Budidaya Jambu Air King Rose – Jambu Air King Rose merupakan salah satu jenis jambu air lokal yang memiliki kualitas unggul. Sesuai dengan gelar yang disandangnya, Jambu Air King Rose dikatakan sebagai rajanya buah jambu air. Hal bukan tanpa alasan pasalnya, Buah jambu air king rose ini mempunyai ukuran yang jumbo, bobot satu buahnya dapat mencapai 350 gram/buah. Kulit buahnya berwarna merah gelap seperti bunga mawar, daging buahnya tebal dan memiliki aroma yang wangi. Rasa buah jambu air king rose ini sangat manis dan segar serta berair. Keunggulan lain dari jambu air king rose ini adalah tidak memiliki biji sehingga dapat dimakan habis buahnya tanpa sisa.

Selain memiliki citarasa yang yang menggiurkan, tanaman buah jambu air king rose dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga dataran tinggi. Perawatannya juga tergolong mudah tanpa perlakuan khusus. Keunggulan lainnya adalah tanaman jambu air king rose ini termasuk jenis jambu yang bersifat genjah, panen buah jambu air king rose dapat dimulai saat pohon sudah berumur 1-2 tahun setelah tanam. Tanaman jambu air king rose juga dapat berbuah sepanjang tahun. Dengan segala keunggulannya, tak heran jika para pecinta tanaman buah eksklusif mulai banyak menanam tanaman buah ini, baik di dalam pot maupun pekarangan rumah.

budidaya jambu air king rose

budidaya jambu air king rose

Syarat Tumbuh Jambu Air King Rose

  • Tanaman jambu air king rose termasuk jenis tanaman yang mempunyai daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan tropis, Tanaman jambu air king rose dapat tumbuh dengan baik mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi yang mencapai 1.000 m di atas permukaan air laut.
  • Suhu yang cocok untuk pertumbuhan tanaman jambu air king rose adalah 18-28 derajat Celcius.
    Tanaman jambu air king rose akan tumbuh baik didaerah yang curah hujannya rendah/kering, sekitar 500-3.000 mm/tahun dan musim kemarau lebih dari 4 bulan. Dengan kondisi tersenut, tanaman jambu air akan memberikan kualitas buah yang baik dengan rasa lebih manis.
  • Kelembapan udara yang diinginkan oleh tanaman jambu air king rose antara 50-80%. Sementara intensitas cahaya matahari yang ideal dalam pertumbuhan jambu air adalah 40-80%.
  • Tanah yang cocok bagi tanaman jambu air king rose adalah subur, gembur, dan banyak mengandung bahan organik. Tanaman ini sangat cocok tumbuh pada tanah datar.
  • Derajat keasaman tanah (pH) yang cocok sebagai media tanam jambu air king rose berkisar antara 5,5 – 7,5.
Baca Juga :   Rahasia Sukses Pemupukan Tanaman Lengkeng New Kristal Agar Cepat Berbuah dan Berbuah Lebat

Budidaya Jambu Air King Rose

Buah jambu air king rose termasuk jenis buah jambu air yang satu ini juga diminati oleh penggemar buah tanah air. Daging buahnya yang tebal, banyak air, tanpa biji dan citasa rasanya yang sangat manis memang membuat buah jambu air ini memiliki banyak penggemar. Tertarik untuk membudidayakan tanaman buah jambu air king rose? Caranya sangat mudah kok?.

Berikut ini adalah panduan mudah dalam membudidayakan tanaman jambu air king rose :

1. Pemilihan Bibit
Hal pertama yang harus diperhatikan dalam bertanam jambu air king rose adalah pemilihan bibit jambu air king rose unggul. Bibit jambu yang berkualitas unggul nantinya akan berpengaruh terhadap buah yang dihasilkan. Sehingga diperlukan kejelian ketika memilih bibit jambu air king rose.

Bebepara hal yang bisa dijadikan patokan ketika memilih bibit sebagai berikut.

  • Usahakan bibit jambu air king rose berasal dari hasil penempelan (okulasi) atau penyambungn ditandai dengan adanya bekas okulasi atau sambung 20 – 30 cm dari leher akar.
  • Sebaiknya umur bibit jambu air king rose minimal telah mencapai empat bulan dengan panjang tunas minimal 30 cm dan memiliki enam helai daun.
  • Sebaiknya bibit jambu air king rose bebas dari serangan hama dan penyakit, ditandai dengan batang mulus tidak berlubang, daun mulus dan jika berbuah, buahnya tidak busuk.

2. Penanaman Lahan
Waktu yang baik untuk menanam jambu air king rose ialah pada awal musim hujan diwaktu sore hari. Tujuannya agar tanaman mendapatakan kebutuhan air yang cukup untuk pertumbuhannya serta tidak terlalu tersengat panas matahari yang dapat membuat tanaman kering dan layu. Adapun tahapan penanaman dilahan sebagai berikut.

  • Buat lubang tanam berukuran (70 x 70 x 70 x ) cm atau yang bisa dilakukan adalah ( 50 x 50 x 50 x ) cm dengan jarak tanam ( 4x 4 ) m.
  • Campur tanah galian dengan 10 kg kompos atau pupuk kandang, NPK 200 g, kapur pertanian 2 kg. Kemudian, kembalikan campuran media tanam tersebut ke dalam lubang tanah, siram, dan biarkan selama satu minggu.
  • Buat lubang pada tembat tanaman seukuran bibit jambu air king rose.
  • Lepaskan bibit jambu air king rose dari polibag secara hati-hati dengan cara menyiramnya terlebih dahulu, kemudian gunting polibag dari bagian sisinya.
  • Masukkan bibit kedalam lubang tanam. Setelah masuk, urug dengan media tanam hingga pangkal batang dan rata dengan permukaan tanah, lalu tekan -tekan hingga agak padat.
  • Beri ajir bambu untuk menyaga tanaman dan ikat dengan longgar. Untuk menghindari dehidrasi, beri naungan menggunakan daun pisang atau daun kelapa selama 1 – 2 minggu.
Baca Juga :   Inilah 10 Cara Mudah Dalam Pengendalian Serangan Hama dan Penyakit Pada Tanaman Buah Jambu Air

3. Tahap Pemeliharaan
Pemeliharaan tanaman jambu air king rose perlu dilakukan untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik dan mampu menghasilkan buah yang lebat. Adapun tahap pemeliharaan yang perlu dilakukan antara lain penyiangan, penyiraman dan pemangkasan.

– Penyiraman
Tanaman jambu air king rose yang ditanam dilahan mendapat suplai air dari tanah. Namun demikian, ketika musim kemarau, tanaman perlu disiram agar tanah tetap lembab. Dua minggu pertama setelah penanaman. Tanaman muda sebaiknya disiram 1-2 kali sehari, pagi dan sore hari. Jika sudah cukup besar dan pekarangannaya dalam, tanaman jambu air king rose cukup disirami sekali sehari. Saat musim kemarau, penyiraman dilakukan dua kali. Penyiraman dilakukan dengan cara menyiramkan air pada seluruh bagian tanaman agar tanaman tampak segar dan bersih. Hal yang harus diperhatikan, penyiraman perlu dilakukan secara berhati –hati agar bunga tidak ikut rontok ketika tanaman sedang dalam masa berbunga.

– Penyiangan
Penyiangan dilakukan dengan tujuan untuk menyuburkan tanah serta membuang rumput dan tanaman liar atau hewan penghuni tanah. Penyiangan dilakukan sebelum pemupukan agar proses pemupukan dapat berjalan lancar karena tanah menjadi gembur dan gulma sudah tidak ada. Penyiangan dilakukan dengan membuang gulma menggunakan cangkul.

– Pemangkasan
Pemangkasan dilakukan dengan tujuan untuk membentuk pohon, pemeliharaan, dan peremajaan. Pemangkasan untuk membentuk pohon dilakukan setelah mencapai ketinggian 2 m. Bagian yang dipangkas adalah cabang/tunas. Untuk pemeliharaan, pemangkasan dilakukan setiap saat kecuali ketika tanaman sedang berbunga. Bagian yang dipangkas adalah dahan yang tua, kering, luka, serta tidak sempurna. Sementara untuk peremajaan, pemangkasan dilakukn pada seluruh bagian tanaman yang sudah terlalu tua, tidak berproduksi, atau diserang hama/penyakit.

4. Tahap Pemupukan
Proses pemupukan jambu air king rose biasanya menggunakan pupuk kandang yang dibantu dengan pupuk anorganik. Adapun proses pemberian pupuk dilakukan sebelum dan sesudah berbuah dengan urain sebagai berikut.

a. Tanaman sebelum berbuah
Pemupukan untuk tanaman jambu air king yang ditanam dilahan sebagai berikut.

  • Umur 3 bulan : 25 kg pupuk kandang dan 50 gram NPK/pohon.
  • Umur 1 tahun : 25 kg pupuk kandang dan 150 gram NPK/pohon.
  • Umur 2 tahun : 50 kg pupuk kandang dan 500 gram NPK/pohon

Pupuk kandang dibrikan sekaligus pada awal musim hujan. Pupuk NPK diberikan pada saat tanaman belum berbunga (bersamaan dengan pemberian pupuk kandandan saat hujn pertama mulai turun).

Baca Juga :   Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Air Black Diamond Agar Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Lebat

b. Tanaman sudah berbuah

  • Pupuk organik diberikan pada awal musim hijan. Sisa pupuk diberikan setelah buah membesar (umur buah sekitar 1 – 2 bulan sejak berbunga dan ukuran buah sebesar telur puyuh).

Tips Merangsang Pembungaan

  • Pengeratan batang atau pemangkasan ujung cabang hingga ngundul, lalu ditutup dengan paranet selama 40 hari.
  • Pemupukan untuk tanaman jambu air yang ditanam di lahan pada umur lebih dari tiga tahun menggunakan 75 kg pupuk kandang dan 1 kg NPK/ pohon. Cara pemberian pupuk tersebut sebaiknya dibenamkan dalam parit sedalam 20 – 30 cm mengelilingi tajuk pohon.
Buah Jambu air King Rose

Buah Jambu air King Rose

5. Tahap Panen
Tanaman jambu air king rose dapat mulai belajar berbuah setelah berumur 1-2 tahun, berbunga sebanyak dua kali dalam setahun (sekitar Juli dan September) dan buahnya masak setelah 35 – 55 hari. Buah jambu air king rose yang siap dipanen memiliki tanda–tanda, antara lain : ukuran buah sudah tidak bertambah, kulit terlihat mengilap dan tercium aroma khasnya, terjadi perubahan warna buah, yaitu dari hijau muda menjadi merah muda

Pemanen buah jambu air king rose sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari. Mengingat sifat buah jambu air king rose yang mudah rusak karena berkulit tipis maka pemanen harus dilakukan satu persatu dengan menggunting tangkai buah minimal 2 cm dari pangkal buah. Untuk buah yang sulit dijangkau, pemanenan dapat dilakukan dengan bantuan tangga.

Demikianlah informasi tentang cara bertanam tanama jambu air king rose. Agar tanaman jambu air king rose dapat tumbuh dengan optimal dan berbuah tentunya membutuhkan perawatan yang cukup intensif meliputi penyiraman, pemupukan, pemangkasan dan penyiangan.

Untuk artikel selanjutnya kita akan membahas tentang hama dan penyakit yang sering menyeranga tanaman jambu air seperti ulat pagoda, penggerek batang. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk menambaha wawasak kita tentang budidaya tanamanjambu air king rose. Semoga bermanfaat.

 


kata terkait,
jambu air, jambu air king rose, bibit jambu air king rose, budidaya jambu air king rose, tanaman jambu air king rose, cara bertanam jambu air king rose, perawatan jambu air king rose, pemupukan jambu air king rose, tips bertanam jambu air king rose, panduan budidaya jambu air king rose, panen jambu air king rose, syarat jambu air king rose, tabulampot jambu air king rose, jual bibit jambu air king rose, jambu air king rose unggul, pemangkasan jambu air king rose, penanaman jambu air king rose,

Bagikan informasi tentang Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Jambu Air King Rose Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Lebat kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Jambu Air King Rose Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Lebat | JualBenihMurah.com

1 komentar untuk Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Jambu Air King Rose Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Lebat

  • Yono says:

    Apakah perlu penyiran diwaktu jambu air mulai berbunga, kalau perlu berapa hari sekali, mohon jawabanya sekian dulu t kasih

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 13%
Bibit Kurma Tropis KL-1 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kurma Tropis KuljarRp 1.300.000 Rp 1.500.000
Tersedia
Rp 1.300.000 Rp 1.500.000
Stok: Tersedia
Terpopuler
OFF 53%
Bibit Jambu Kristal 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

tanaman buah jambu kristalRp 35.000 Rp 75.000
Tersedia
Rp 35.000 Rp 75.000
Stok: Tersedia
OFF 20%
Pupuk Organik Sullfoxs 1 Liter

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 60.000 Rp 75.000
Tersedia
Rp 60.000 Rp 75.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Bibit Duku Palembang 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Duku PalembangRp 75.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR