Beranda » Blog » Inilah 8 Manfaat Luar Biasa Yang Layak Anda Ketahui Dari Buah Kelapa Pandan Wangi Thailand Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Inilah 8 Manfaat Luar Biasa Yang Layak Anda Ketahui Dari Buah Kelapa Pandan Wangi Thailand Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Diposting pada 12 January 2018 oleh JBM tani / Dilihat: 11.501 kali

Inilah 8 Manfaat Luar Biasa Yang Layak Anda Ketahui Dari Buah Kelapa Pandan Wangi Thailand Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Kelapa Pandan Wangi – Kelapa pandan wangi datang dari negara “Adidaya” di bidang pertanian dan perkebunan, Thailand. Disana kelapa pandan wangi dikenal dengan nama “Nam Hom”, yang secara harfiah berarti “Air Wangi”. Memang sesuai dengan namanya, air kelapa yang dihasilkannya sangat menyegarkan seperti air dan mempunyai aroma yang wangi seperti pandan. Lalu daging buahnya yang lembut berupa lapisan tipis bercitarasa gurih lezat. Tak heran masyarakat beramai-ramai menyukainya meski harganya relatif mahal untuk ukuran buah kelapa.

Salah satu keunikan buah kelapa pandan wangi dibandingkan kelapa biasa adalah pemanfaatannya selepas dipanen. Buah kelapa biasa dipanen saat matang maksimal. Daging buahnya sangat tebal dan kandungan air kelapanya sedikit. Hal ini wajar, karena pemanfaatannya nanti adalah sebagai santan kelapa atau sebagai krim kelapa. Kelapa pandan wangi adalah kebalikannya. Kelapa ini saat matang menghasilkan air kelapa dalam jumlah yang banyak (kurang lebih 330 ml) dengan lapisan daging yang tipis saja meskipun ukuran buah kelapa pandan wangi lebih kecil dibandingkan kelapa jenis lain. Hal ini karena pemanfaatan utama buah kelapa pandan wangi ada pada airnya yang wangi beraroma harum pandan.

Manfaat Kelapa Pandan wangi

Manfaat Kelapa Pandan wangi

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kelapa pandan wangi untuk menjaga kesehatan tubuh kita : 

Baca Juga :   Bibit Kelapa Pandan Wangi di Langsa Kualitas Unggul Cepat Berbuah Dengan Citarasa Manis Nikmat dan Cocok Budidaya Skala Komersial

1. Mampu Menggantikan Cairan Tubuh Yang Hilang

Air kelapa pandan wangi penuh dengan gula-gula sederhana, elektrolit, dan mineral yang mengisi tingkat hidrasi di dalam tubuh. Komposisi cairan seimbang ini bersama dengan kalori yang sangat dibutuhkan akan menjadi minuman yang jauh lebih ideal daripada minuman ringan lainnya untuk rehidrasi. Air kelapa pandan wangi sering diberikan kepada penderita diare di banyak daerah tropis di seluruh dunia untuk menggantikan cairan yang hilang. Selain itu, air kelapa ini sangat efektif apabila diminum setelah berolahraga atau pada saat tubuh kehilangan banyak cairan. Air kelapa akan sangat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga.

2. Menurunkan Kadar Glukosa Darah

Kandungan air kelapa pandan wangi memang rendah sodium dan klorida, namun kaya akan gula dan asam amino. Air kelapa pandan wangi sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar glukosa darah serta stress oksidatif didalam tubuh.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

air kelapa pandan wangi terdiri dari banyak enzim bioaktif alami seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dll. Enzim ini membantu pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan yang ada didalam air kelapa pandan wangi ini akan memberikan efek yang menenangkan pada perut sehingga sangat cocok apabila dikonsumsi oleh penderita diare dan disentri karena air kelapa pandan wangi dapat mengganti elektrolit esensial yang terbuang dari dalam tubuh karena terlalu sering buang air kecil, buang air besar dan muntah.

4. Sebagai Sumber Vitamin B Kompleks

Air kelapa pandan wangi merupakan sumber vitamin B kompleks yang sangat baik seperti riboflavin, niacin, thiamin, pyridoxine, dan folat. Vitamin ini sangat penting bagi kesehatan, namun tidak bisa dihasilkan dalam tubuh manusia, melainkan harus didapat dari luar.

Baca Juga :   Inilah 3 Tips Mudah Membuahkan Nangkadak Agar Mampu Berbuah Dengan Lebat Dan Berdaging Tebal

 

degan Kelapa pandan Wangi

degan Kelapa pandan Wangi

5. Dapat Menetralisir Racun

Air kelapa pandan wangi ini ternyata juga dapat menetralisir racun karena terdapat zat tanin didalamnya. Zat tanin dipercaya dapat menetralisir racun terutama yang disebabkan oleh makanan. Selain racun makanan, minuman ini juga secara alami dapat mengatasi mabuk yang diakibatkan oleh terlalu banyak meminum minuman beralkohol. Alkohol akan membuat tubuh semakin dehidrasi dan kondisi ini dapat diatasi dengan kandungan elektrolit tinggi dalam air kelapa pandan wangi. Sedangkan kandungan anti oksidan nya dapat membantu tubuh melawan stress oksidatif yang juga disebabkan karena terlalu banyak minum minuman beralkohol tersebut.

6. Memperlancar Proses Keluarnya Air Seni

Buah kelapa pandan wangi juga sangat berkhasiat sebagai deuretik yakni memperlancar proses keluarnya air seni dari dalam tubuh untuk mengeluarkan berbagai racun di dalam tubuh manusia serta mencegah timbulnya masalah seperti infeksi saluran kemih. Ini bisa terjadi karena kandungan anti bakteri dan kalium tinggi dalam kelapa pandan wangi akan melarutkan beberapa jenis batu ginjal sehingga lebih mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.

7. Sebagai Suplemen Anti Penuaan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sitokin (misalnya ‘kinetin dan trans-zeatin) dalam air kelapa pandan wangi membantu untuk menunjukkan efek anti penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik yang signifikan. Meski memiliki konsistensi yang sangat ringan, airnya juga memiliki komposisi mineral (seperti kalsium, besi, magnesium, dan seng) yang jauh lebih baik daripada buah-buahan tertentu seperti jeruk.

8. Membantu Menurunkan Panas

Air kelapa pandan wangi mengandung banyak gula-gula sederhana, elektrolit, dan mineral sehingga sangat cocok sebagai obat alami untuk membantu untuk menurunkan panas.

Demikianlah informasi tentang manfaat buah kelapa pandan wangi, ternyata selain memiliki rasa yang manis dan aroma yang khas seperti daun pandan. buah kelapa in juga mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga :   Inilah 8 Sifat Bibit Kelapa Pandan Wangi Yang Perlu diKetahui Sebelum Memutuskan Untuk Budidaya Kelapa Pandan Wangi

 

 


kata terkait,
Benih Kelapa pandan wangi, Bibit Kelapa Pandan Wangi, Bibit Kelapa Pandan Wangi Unggul, Jual Bibit Kelapa Pandan Wangi, kandungan Kelapa pandan wangi, Kelapa Pandan Wangi, Khasiat Kelapa pandan wangi, Manfaat Kelapa Pandan Wangi, Pohon Kelapa pandan wangi, Tanaman Kelapa Pandan Wangi, pohon kelapa pandan wangi, buah pandan wangi,

 

Tags: , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Inilah 8 Manfaat Luar Biasa Yang Layak Anda Ketahui Dari Buah Kelapa Pandan Wangi Thailand Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Inilah 8 Manfaat Luar Biasa Yang Layak Anda Ketahui Dari Buah Kelapa Pandan Wangi Thailand Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: