Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 7 Keunggulan Durian Bhineka Bawor, Buah Durian Lokal Dengan Kualitas Internasional

Inilah 7 Keunggulan Durian Bhineka Bawor, Buah Durian Lokal Dengan Kualitas Internasional

Diposting pada 5 February 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 11.745 kali

Inilah 7 Keunggulan Bhineka Bawor, Buah Durian Lokal Unggulan Yang Mempunyai Kualitas Internasional

Keunggulan Durian Bawor

Keunggulan Durian Bawor

Keunggulan Durian BaworDurian Bhineka Bawor adalah salah satu jenis durian lokal unggulan yang berasal dari daerah Bayumas, Jawa Tengah. Durian ini memang sudah  terkenal tidak hanya diseluruh nusantara bahkan sudah sampai di mancanegara. Yups, durian bawor ditemukan oleh seorang petani budidaya durian yang bernama Sarno Ahmad Darsono. Dalam upaya menciptakan varietas durian lokal yang unggul pak Sarno mencoba untuk menggabungkan berbagai jenis durian unggul dengan teknik okulasi. Belum menggabungkan beberapa durian lokal seperti durian petruk, durian kumbakarna, durian kuningmas dan durian import seperti montong agak semua keunggulan baik rasa, tekstur maupun aroma bisa dimiliki oleh durian ciptaannya. Percobaannya tidak sia-sia, sekitar tahun 2000an, pak Sarno akhirnya mampu menciptakan sebuah jenis durian baru yang tidak hanya unggul pada buah tetapi juga pada budidaya. Durian ini diberi nama durian Bawor.

Durian bhineka bawor ini termasuk jenis durian unggulan yang layak untuk dibudidayakan. Pemberian nama durian bawor ini yang berasal dari nama Punakawan Bagong, adik dari Petruk. Petruk merupakan salah satu jenis durian yang dipakai pak Sarno dalam usahanya untuk mendapatkan jenis durian unggul yang baru. Lalu apa sajakah keunggulan durian Bawor jika dibandingkan durian import seperti montong dan musangking? berikut ulasannya.

Berikut adalah  beberapa keistimewaan yang dimiliki durian bawor yang wajib kita ketahui:

1. Citarasa Manis Legit & Pahit

Durian bawor terkenal dengan rasanya istimewa jika dibandingkan dengan durian montong, durian bawor mempunyai rasa khas durian lokal, rasanya manis legit dengan sedikit rasa pahit karena ada kandungan alkohol pada buah. Rasa pahit ini lah yang dicari para penikmat durian. Selain itu, durian bawor mempunyai rasa yang lebih berlemak sehingga lebih enak ketika disantap.

Buah Durian Bawor

Buah Durian Bawor

2. Ukuran Buah Jumbo

Salah satu keunggulan durian bawor adalah ukuran buahnya yang super jumbo. bayangkan saja, Buah durian bawor mempunyai ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan durian montong. Jika pada durian montong ukuran buahnya bisa mencapai sekitar 10 – 13 kg, durian bawor bisa mencapai berat sekitar 15 kg.

Baca Juga :   6 Panduan Tepat Budidaya Tabulampot Lengkeng Pingpong Agar Tumbuh Optimal Dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

3. Daging Tebal, Tekstur Lembut

Selain mempunyai ukuran yang jumbo, durian bawor juga dikenal mempunyai daging yang sangat tebal. Tekstur dagingnya lembut. Selain mempunyai daging tebal, ukuran bijinya juga sangat kecil alias kempes sehingga semakin menambah kepuasan ketika menyantap durian ini. Durian bawor juga memiliki aroma yang tidak terlalu menyengat sehingga mengundang selera untuk menyantapnya.

4. Memiliki Akar Bakau dan Pohon Yang Kokoh

Batang durian bawor tidak terlalu tinggi, untuk batang yang sudah berbuah ukurannya hanya sekitar 2 – 3 meter. Hal ini tentu saja sangat menarik, biasanya kita menemukan pohon durian yang sangat tinggi. Durian batang pendek memudahkan kita ketika akan memanen buah durian. Bibit Durian bawor memiliki akar bakau dengan jumlah akar terdiri dari tiga bahkan empat akar. Pohon durian bawor dengan akar kaki tiga atau empat mempunyai keunggulan antara lain : mempercepat pertumbuhan pohon karena cadangan makanan yang tersedia lebih banyak; karena cadangan makanan lebih banyak maka menghasilkan nutrisi yang banyak juga sehingga kualitas buah juga lebih baik, memperkokoh pohon sehingga tahan akan becana alam seperti banjir, longsor dan angin kencang; pohon lebih tahan terhadap cuaca kematau atau kering karena akar nya menyimpan cadangan air yang cukup sehingga mampu bertahan dicuaca kering.

5. Budidaya Durian Bawor Mudah

Budidaya durian bawor tergolong mudah karena dapat tumbuh didataran rendah dengan ketinggian sekitar 600 meter dari permukaan laut. Pada lahan seluas 1 Ha para pembudidaya atau petani dapat menanam sekitar 150-160 tanaman (sesuaikan dengan bentuk tanahnya) dengan jarak tanam minimal 7 × 7 m.

Pemeliharaan durian bawor tergolong cukup mudah dan murah. Pohon durian bawor hanya membutuhkan 2-3 kali pemupukan dalam setahun. Pupuk yang paling dibutuhkan oleh tanaman durian bawor adalah pupuk NPK dan pupuk kandang. Pohonnya cepat tumbuh dan cepat berbuah sehingga sangat cocok jika ingin membudidayakan durian bawor untuk tujuan komersil.

Pohon Durian Bawor

Pohon Durian Bawor

6. Masa Panen buah yang Cepat dan Banyak

Durian Bawor  dapat mulai dipanen setelah berumur 3 tahun, sangat cepat jika dibandingkan durian lain bahkan dibandingkan dengan durian montong sekalipun. Durian bawor sangat produktif, pohon durian yang berumur 5 tahun dapat mengahsilkan 100 kg buah dengan berat rata-rata buah adalah 4-5 kg dan buahnya dapat mencapai berat maksimal sekitar 15 kg.

Baca Juga :   Inilah 7 Panduan Mudah Budidaya Durian Bhineka Bawor Agar Tumbuh Dengan Subur dan Cepat Berbuah Serta Lebat

Pohon berbunga dan berbuah sepanjang tahun sehingga pohon durian bawor dapat dipanen 3 kali dalam setahun. Semakin tua batang pohon durian bawor semakin lebat buah yang dihasilkan.

7. Harga Yang Kompetitif

Karena merupakan produk lokal, Harga jual durian bawor pun dibanderol lebih murah jika dibandingkan dengan durian import seperti montong dan musangking. Walaupun memiliki harga yang lebih murah, Tetapi rasa dan kenikmatan yang Anda peroleh tidak kalah dengan durian dengan harga yang lebih mahal.

Demikian informasi tentang keistimewaan durian bhineka bawor. didalam artikel tersebut kita telah membahas tentang keunggulan durian bawor ini mulai dari kualitas buah, mempunyai akar yang kokoh dan mempunyai harga jual yang sangat kompetitif. Jadi tunggu apa lagi? Mengapa membeli nya yang lebih mahal jika bisa mendapat yang lebih murah. Harga tidak menjamin rasa. Selain menikmati durian unggulan kita juga membantu mensupport program pemerintah Cintailah produk – produk Indonesia !.

Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang panduan mudah dalam membudidayakan durian bhineka bawor agar cepat bebuah yang mencakup cara memilih bibit durian bawor, cara bertanam durian bawor, cara perawatan durian bawor, cara pemupukan durian bawor dan tips untuk membuahkan durian bawor. Sangat menarik bukan? Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membudidayakan tanaman durian bawor ini baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk menambah pengahasilan Anda.

Bagikan informasi tentang Inilah 7 Keunggulan Durian Bhineka Bawor, Buah Durian Lokal Dengan Kualitas Internasional kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 7 Keunggulan Durian Bhineka Bawor, Buah Durian Lokal Dengan Kualitas Internasional | JualBenihMurah.com

3 komentar untuk Inilah 7 Keunggulan Durian Bhineka Bawor, Buah Durian Lokal Dengan Kualitas Internasional

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 31%
Bibit Buah Naga Merah 50cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Naga Merah UnggulRp 45.000 Rp 65.000
Tersedia
Rp 45.000 Rp 65.000
Stok: Tersedia
OFF 6%
Liquinox GROW (10-10-15)-500ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Liquinox GROW 500 mlRp 65.000 Rp 69.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 69.000
Stok: Tersedia
Terpopuler
OFF 7%
Tray Semai 200 Lubang

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tray Semay 200 LubangRp 21.000 Rp 22.500
Tersedia
Rp 21.000 Rp 22.500
Stok: Tersedia
OFF 31%
Benih Brokoli Mix Color (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Brokoli Mix Color Maica LeafRp 12.500 Rp 18.000
Habis
Rp 12.500 Rp 18.000
Stok: Habis
SIDEBAR