Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 5 Keunggulan Kelengkeng Matalada, Jenis Kelengkeng Dataran Rendah Yang Rajin Berbuah

Inilah 5 Keunggulan Kelengkeng Matalada, Jenis Kelengkeng Dataran Rendah Yang Rajin Berbuah

Diposting pada 24 March 2020 oleh Ali Arwani | Dilihat: 2.178 kali

Inilah 5 Keunggulan Kelengkeng Matalada, Jenis Kelengkeng Dataran Rendah Yang Rajin Berbuah

Keunggulan Kelengkeng Matalada

Keistimewaan Kelengkeng Matalada – Kelengkeng matalada merupakan jenis kelengkeng dataran rendah yang dikenal memiliki buah eksotis. bagaimana tidak? buah kelengkeng matalada memiliki biji yang sangat kecil seukuran lada, itulah sebabnya kelengkeng disebut matalada. Sekilas bentuk kelengkeng matalada ini mirip dengan jenis kelengkeng pada umumnya, yang menjadi sorotan utama pada jenis kelengkeng ini adalah kulit buahnya lebih putih dengan bintik disekujur kulit. Daging buahnya tebal, berwarna putih, tekstur daging kesat sedikit berair dan rasanya sangat manis.

Kelengkeng yang memiliki nama lain kelengkeng hawae ini juga terkenal dengan sifatnya yang genjah atau mudah sekali berbuah. Kelengkeng ini dapat mulai belajar berbuah pada usia kurang dari 1 tahun tanpa perlakuan khusus (tanpa booster) dengan syarat terkena sinar matahari full serta nutrisi cukup. Kelengkeng matalada ini juga sangat cocok untuk tabulampot lho, jadi sangat rekomendasi untuk anda para pecinta tanaman buah yang tidak memiliki lahan luas. Lalu apa saja sich keunggulan yang dimiliki oleh kelengkeng matalada ini? berikut ulasannya.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan kelengkeng matalada yang perlu diketahui :

1. Ukuran Biji Kecil

Sesuai dengan namanya, kelengkeng matalada mempunyai keunikan tersendiri yaitu ukuran bijinya yang sangat kecil seukuran lada sehingga disebut matalada. Keunikan lainnya adalah Kulit buah kelengkeng ini berwarna putih dengan bintik2 coklat disekujur kulitnya. berbeda dengan jenis kelengkeng lainnya yang mempunyai kulit berwarna kuning kecoklatan saat sudah matang.

 

Keunggulan Kelengkeng Matalada

2. Citarasa Enak

Sebagian orang yang menyebut kelengkeng matalada dengan istilah kelengkeng hawae. Ternyata hawae merupakan singkatan dari harum wangi dan enak. Buah kelengkeng matalada mempunyai ukuran buah yang lumayan cukup besar dengan diameter antara 2,5 – 3 cm. Selain itu, kelengkeng hawae ini juga terkenal dengan daging buahnya yang tebal, berwarna putih. Tekstur dagingnya renyah dengan sedikit berair. untuk soal rasa? buah kelengkeng matalada ini mempunyai rasa yang manis.

3. Jenis Kelengkeng Dataran Rendah

Kelengkeng matalada merupakan jenis kelengkeng spesialis dataran rendah sejenis dengan kelengkeng merah /ruby longan. Artinya kelengkeng matalada ini dapat tumbuh optimal pada dataran rendah dengan ketinggian maksimal 700 mdpl. Kelengkeng matalada juga cocok dengan iklim panas yang bersuhu 30-35 derajat celcius. Kelengkeng jenis ini menyukai tanah gembur yang kaya dengan kandungan organik.

keunggulan kelengkeng matalada

4. Bersifat Genjah

Kelengkeng matalada juga terkenal dengan sifatnya yang genjah atau mudah berbuah. Bayangkan saja, tanaman kelengkeng jenis ini dapat mulai berbuah saat tanaman baru berumur 1 -2 tahun setelah tanam.
yang lebih istimewa lagi adalah proses pembuahan kelengkeng matalada ini tanpa proses pembosteran artinya dapat berbuah dengans sendirinya.

5. Cocok Untuk Tabulampot

Tanaman kelengkeng matalada dikenal memiliki tajuk yang bagus, pohonnya rindang dan eksotis. ditambah lagi sifatnya yang genjah akan berbuah dalam waktu 1 tahunan. Oleh karena itu, tanaman kelengkeng matadala ini sangat cocok dijadikan sebagai tabulampot sebagai penghias halaman rumah anda. Selain itu, kelengkeng ini juga cocok di tanam di tanah langsung. Tanaman kelengkeng matalada mampu berbuah dengan lebat tanpa perlakuan khusus.

Demikianlah informasi tentang keunggulan kelangkeng matalada atau kelengkeng hawae yang perlu diketahui. Sebagai salah satu jenis kelengkeng dataran rendah, kelengkeng ini dikenal memiliki banyak keunggulan dantaranya mampu tubuh dan berbuah di dataran rendah, mempunyai biji yang sangat kecil, mempunyai citarasa nikmat. Dengan segala keunggulan yang dimiliki kelengkeng matalada, maka kelengkeng ini sangat cocok untuk di kebunkan. Selain itu, kelengkeng matalada pini cocok dijadikan sebagai penghias halaman rumah sebagai tabulampot. Tertarik untuk mencoba menanam kelengkeng?. kami akan memberikan ulasan tentang panduan budidaya kelengkeng matalada yang meliputi tahap penanaman, tahap perawatan hingga tahap panen. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 5 Keunggulan Kelengkeng Matalada, Jenis Kelengkeng Dataran Rendah Yang Rajin Berbuah kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 5 Keunggulan Kelengkeng Matalada, Jenis Kelengkeng Dataran Rendah Yang Rajin Berbuah | JualBenihMurah.com

Belum ada komentar untuk Inilah 5 Keunggulan Kelengkeng Matalada, Jenis Kelengkeng Dataran Rendah Yang Rajin Berbuah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Bagaimana Cara Kita Memilih Bibit Tanaman Buah Yang Berkualitas Unggul Yang Akan Menghasilkan Buah yang Memiliki Nilai Jual Yang Sangat Tinggi

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

buah Mangga Unggul*Harga Hubungi CS
Tersedia
*Harga Hubungi CS
Stok: Tersedia
OFF 14%
Benih Labu Suprema F1 – 25 Gram (Cap Panah Merah)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Labu Suprema F1Rp 18.000 Rp 21.000
Tersedia
Rp 18.000 Rp 21.000
Stok: Tersedia
OFF 13%
Rockwool

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rockwool 1Rp 19.500 Rp 22.500
Tersedia
Rp 19.500 Rp 22.500
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 23%
Bibit Jeruk Nagami Berbuah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jeruk Nagami Berbuah 1Rp 165.000 Rp 215.000
Tersedia
Rp 165.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR