Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 5 Jenis Tanaman Buah Kelapa Unggul Berpostur Pendek Yang Paling Cocok Untuk Dibudidayakan di Indonesia

Inilah 5 Jenis Tanaman Buah Kelapa Unggul Berpostur Pendek Yang Paling Cocok Untuk Dibudidayakan di Indonesia

Diposting pada 23 January 2018 oleh Ali Arwani | Dilihat: 30.556 kali

5 Jenis Tanaman Buah Kelapa Unggul Berpostur Pendek Yang Paling Cocok Untuk Dibudidayakan di Indonesia

Cocos Nucifera atau yang lebih kita kenal dengan pohon kelapa adalah satu satu jenis tanaman yang sangat berguna bagi kehidupan kita seharri-hari. Hamper semua bagian dari kelapa dapat kita manfaatkan baik itu untuk bahan makanan, obat, bahan kerajinan, sampai dengan struktur bangunan. Karena manfaatnya inilah, kelapa menjadi sangat popular dan dibudidayakan dibanyak tempat. Ada banyak sekali jenis kelapa yang sudah dikembangkan dan ditanam di Indonesia. Masing-masing jenis mempunyai karakteristik dan keunggulan tersendiri.

Pada umumnya pohon kelapa mempunyai batang yang sangat tinggi. Hal ini menimbulkan kesulitan tersendiri bagi petani ketika hendak memanen kelapa. Tak jarang ketika memetik kelapa, petani mengalami kecelakaan jatuh dari pohon kelapa. Tak hanya cacat, bahkan ada petani yang meninggal dunia akibat jatuh ketika sedang memetik pohon kelapa. Tapi tahukah Anda ternyata ada banyak varietas kelapa yang berbatang pendek?. Ya, sudah sejak tahun 1970-an, di Indonesia sudah mulai dibudidayakan kelapa dengan batang yang pendek. Ternyata kelapa pendek ini tidak kalah jika dibandingkan dengan kelapa yang mempunyai batang pohon yang tinggi, malah kelapa ini lebih unggul. Postur pendek tidak hanya memudahkan petani ketika memetik dan mengurangi resiko kecelakaan ketika memetik tetapi ternyata kelapa berpostur pendek ini unggul dalam produktivitas.

Jenis Kelapa Genjah

Jenis Kelapa Genjah

Berikut ini adalah beberapa varietas unggul dari kelapa berpostur pendek yang layak untuk di budidayakan di Indonesia.

1. Kelapa Genjah Entok

Sesuai dengan namanya, Genjah dalam Bahasa Indonesia berarti lekas berbuah. Kelapa genjah entok adalah salah satu jenis kelapa cebol yang sedang menjadi idola dikalangan para petani kelapa. Mengapa? Sebagai salah satu jenis kelapa berbatang pendek, tinggi batang pohon kelapa genjah hanya sekitar 3-4 meter saja. Bahkan pada akhir umur produktifnya, tinggi kelapa genjah tidak lebih dari 10 meter. Meskipun mempunyai batang yang pendek, tetapi kelapa genjah sangat kokoh. Hal ini dikarenakan bentuk batang pohon yang sama besar mulai dari pangkal batang sampai dengan ujung. Selain itu hanya dalam waktu 4-5 tahun kelapa genjah sudah bisa menghasilkan buah.

Baca Juga :   5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Jambu Biji Sukun Merah Agar Tumbuh Subur dan Dapat Berbuah Lebat

Kelapa genjah entok adalah jenis kelapa yang sangat produktif. Kelapa ini dapat berbuah banyak sekali. Selain itu daging kelapa yang dihasilkan dari kelapa genjah juga berbeda dengan kelapa pada umumnya. Buah kelapa genjah entok berukuran lebih besar dan berdaging tebal. Buah kelapa genjah entok memiliki beberapa warna, ada yang berwarna hijau muda ada juga yang berwarna kuning gading.

Air kelapa genjah entok ternyata sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit pencernaan seperti diare dan disentri, meredakan panas, mengobati luka bakar, mengurangi nyeri haid, bahkan air kelapa genjah juga dipercaya dapat mengingkatkan gairah seksual pada pria apabila diminum bersama dengan madu. Selain itu kelapa genjah juga sering dimanfaatkan untuk bahan dasar produk kecantikan pada wanita. Minyak yang diperoleh dari kelapa genjah dipercaya dapat menghaluskan kulit, menghilangkan ketombe dan membantu untuk menyamarkan kerutan diwajah. Sangat bermanfaat sekali bukan?.

Pohon kelapa genjah entok ternyata juga tidak sulit untuk dibudidayakan. Pada dasarnya kelapa ini dapat tumbuh dimana saja asalkan daerah tersebut mempunyai sinar matahari dan air yang cukup. Pohon kelapa genjah sangat baik jika ditanam dipekarangan rumah karena batangnya yang pendek dan buahnya yang lebat sehingga sangat indah dipandang mata.

Pohon Genjah Entok unggul

Pohon Genjah Entok unggul

2. Kelapa Pandan Wangi

Jenis kelapa berpostur pendek varietas unggul yang kedua adalah kelapa pandan wangi. Sesuai namanya kita pasti bisa menebak jika kelapa ini beraroma wangi. Yups. Kelapa ini sangat terkenal dengan air kelapa yang manis dan beraroma wangi.  Sama seperti halnya kelapa genjah entok, kelapa pandan wangi juga berbatang pendek, malah lebih pendek jika dibandingkan dengan kelapa genjah. Tinggi batang kelapa hanya sekitar 2 meter saja. Tetapi untuk produksi buah jangan ditanya, kelapa pandan wangi sangat produktif, selain buahnya yang banyak kelapa ini sudah bisa menghasilkan buah ketika berumr 2 tahun. Memang buah yang dihasilkan oleh kelapa pandan wangi umumnya lebih kecil jika dibandingkan dengan kelapa genjah tetapi kandungan air dalam satu kelapa bisa mencapai 330 ml.

Baca Juga :   Gampang Banget!. 6 Tips Mudah Cara Budidaya Tanaman Buah Cempedak Agar Mampu Tumbul Bagus dan Berbuah Unggul

Kelapa pandan wangi cukup mahal, harga 1 butirnya bisa 10 x lipat dibandingkan dengan harga kelapa pada umumnya. Ini dikarenakan banyaknya permintaan, tetapi persediaan kelapa ini masih sangat sedikit. Memang agak sulit mendapatkan bibit kelapa pandan wangi karena belum banyak petani yang membudidayakan tanaman ini.

Sebenarnya untuk membudidayakan kelapa pandan wangi hampir sama dengan budidaya kelapa genjah entok. Kelapa pandan wangi ini bisa ditanam baik ditanah berpasir maupun tanah gembur asalkan sinar matahari dan sumber air cukup. Perbedaannya dengan membudidayakan kelapa genjah entok terletak pada perawatan. Kelapa pandan wangi membutuhkan lebih banyak perawatan bila dibandingkan dengan kelapa genjah. Penyiraman harus dilakukan secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari, begitu juga dengan pemupukan harus dilakukan secara rutin dengan menggunakan pupuk organik.

degan Kelapa pandan Wangi

degan Kelapa pandan Wangi

3. Kelapa Kopyor

Kelapa kopyor sebenarnya bukanlah jenis tersendiri dari kelapa. Kelapa kopyor adalah kelapa biasa yang mengalami kelainan genetika, atau dengan kata lain kelapa kopyor adalah kelapa dengan pertumbuhan yang gagal. Jika pada kelapa biasa air dan daging kelapa terpisah tetapi pada kelapa kopyor air dan daging kelapa menyatu karena pertumbuhan yang tidak sempurna menyebabkan daging kelapa terlalu lunak. Tetapi ternyata hal ini lah yang membuat kelapa kopyor sangat digemari untuk dikonsumsi.

Tidak hanya rasanya yang enak, seperti halnya kelapa jenis lain air kelapa kopyor sangat bermanfaat bagi kesehatan. Khasiat kelapa kopyor antara lain dapat membantu mengembalikan stamina tubuh, dapat memulihkan penderita deman berdarah dan dapat meredakan gatal-gatal serta mempercepat penyembuhan pada luka bakar.selain itu kelapa kopyor banyak sekali dimanfaatkan untuk bahan makanan seperti es kopyor, es krim kopyor, campuran es buah dan campuran kue. Dibeberapa Negara di Asia, kelapa kopyor sudah dibuat makanan kaleng dan manisan.

Tetapi karena tingginya permintaan maka harga kelapa kopyor cenderung lebih mahal apabila dibandingkan dengan kelapa biasa. Harganya bisa mencapai 4-5 kali lipat dari harga kelapa biasa. Hal ini disebabkan karena sulitnya mencari kelapa kopyor diantara kelapa normal dan untuk menghasilkan bibit kelapa kopyor juga  terbilang jauh lebih sulit daripada kelapa biasa pada umumnya.

Buah kelapa Kopyor unggul

Buah kelapa Kopyor unggul

4. Kelapa Wulung

Kelapa Wulung atau yang lebih dikenal dengan degan cemani mungkin jika dilihat sekilas hampir sama dengan kelapa lainnya, tetapi kita akan melihat perbedaannya jika kita mengupas kulit kelapa. Tampaklah warna merah muda keungu-unguan, warna yang cantik dan sangat berbeda dengan kelapa lainnya. Kelapa ini mulai dikenal dan diminati oleh petani dan penikmat kelapa, tentu saja harganya lebih mahal dibandingkan dengan kelapa lainnya yaitu sekitar Rp. 25.000 perbutir.

Baca Juga :   Inilah 19 Manfaat Si Cebol, Kelapa Genjah Entok Sebagai Penangkal Racun, Sebagai Obat Pencernaan dan Sebagai Isotonik

Sebenarnya kelapa ini tidak banyak berbeda dengan kelapa lain terutama pada cara pembudidayaan. Perawatan yang dilakukan pun hampir sama dengan kelapa berpostur pendek lainnya. Tetapi memang kendala yang dihadapi petani ketika membudidayakan kelapa wulung adalah kelapa ini mudah sekali terserang hama penyakit. Sehingga persediaan kelapa ini masih sangat sedikit dipasaran.

Air kelapa wulung rasanya agak sedikit pahit, tetapi kandungan nutrisinya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan kelapa lainnya. Dalam satu butir kelapa wulung terkandung sakarosa, glukosa, tanin, sukrosa mineral, asam amino, alanin, sistin, arginin, alin, pantotenat, biotin, riboflavin, fruktosa dan berbagai kandungan penting lain yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Sehingga manfaat kelapa wulung bagi kesehatan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan kelapa jenis lain. Buah kelapa wulung biasanya digunakan sebagai obat Penawar racun, Mengatasi masalah kulit, menyeimbangkan kadar PH dan mencegah penyakit rohani.

Buah kelapa Wulung

Buah kelapa Wulung

5. Kelapa Hijau

Hampir sama dengan khasiat kelapa wulung, kelapa hijau juga sangat digemari oleh masyarakat karena manfaatnya bagi kesehatan. Kelapa hijau berfungsi sebagai detoks sehigga sangat baik untuk dikonsumsi baik bagi yang mempunyai penyakit maupun yang ingin menjaga kesehatan tubuhnya. Kelapa hijau dikenal sebagai kelapa obat dimasyarakat.

Demikianlah informasi tentang jenis-jenis tanaman buah kelapa unggulan yang layak dibudidayakan. jika anda berminat untuk membudidayakan tanaman kelapa atau hanya menanam beberapa saja untuk menyalurkan hobi, beberapa jenis kelapa unggulan yang telah disebutkan diatas dapat menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat. Terima kasih.

Bagikan informasi tentang Inilah 5 Jenis Tanaman Buah Kelapa Unggul Berpostur Pendek Yang Paling Cocok Untuk Dibudidayakan di Indonesia kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 5 Jenis Tanaman Buah Kelapa Unggul Berpostur Pendek Yang Paling Cocok Untuk Dibudidayakan di Indonesia | JualBenihMurah.com

17 komentar untuk Inilah 5 Jenis Tanaman Buah Kelapa Unggul Berpostur Pendek Yang Paling Cocok Untuk Dibudidayakan di Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Edisi Terbatas
OFF 24%
Jual Bibit Kelapa Kopyor 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kelapa KopyorRp 95.000 Rp 125.000
Tersedia
Rp 95.000 Rp 125.000
Stok: Tersedia
OFF 30%
Tanaman Anggrek Dendrobium Yellow Purple Blush

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Anggrek Dendrobium Yellow Purple BlushRp 105.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 105.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 24%
Bibit Durian Duri Hitam Kaki 3 Dongkelan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Durian Duri Hitam UnggulRp 645.000 Rp 845.000
Tersedia
Rp 645.000 Rp 845.000
Stok: Tersedia
OFF 30%
Benih Cabe Rawit Setan (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 10.500 Rp 15.000
Tersedia
Rp 10.500 Rp 15.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR