Butuh Bantuan? Customer service JualBenihMurah.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah 4 Tips Mudah Memilih Bibit Tanaman Buah Lengkeng Unggul Agar Mampu Tumbuh subur dan berbuah Lebat

Inilah 4 Tips Mudah Memilih Bibit Tanaman Buah Lengkeng Unggul Agar Mampu Tumbuh subur dan berbuah Lebat

Diposting pada 17 December 2017 oleh Ali Arwani | Dilihat: 6.033 kali

4 Tips Mudah Memilih Bibit Tanaman Buah Lengkeng Unggul Agar Mampu Tumbuh subur dan berbuah Lebat

Tanaman Lengkeng yang memiliki aroma yang khas ini memang banyak digemari oleh berbagai kalangan, buah kelengkeng ini memang terkenal memiliki rasa yang manis dengan daging buah yang lembut, kenyal serta juicy ketika dimakan. tak heran, banyak sekali para hobiis dan petani yang mencoba untuk bertanam atau memebudidayakan tanaman lengkeng ini di dalam pot (tabulampot) atau dilahan atau di halaman rumah.

Namun, dalam bertanam atau membudidayakan tanaman lengkeng ini, tidak sedikit para hobiis dan petani yang mengeluhkan tanaman lengkengnya tak kunjung berbuah lebat, padahal jika melihat dari umur tanamannya seharusnya sudah menunjukkan tanda-tanda pembungaan yang diikuti deng proses pembentukan buah secara masif (banyak). Salah satu faktor untuk mementukan keberhasilan budidaya tanaman buah lengkeng adalah pemilihan bibit unggul. bibit Lengkeng yang unggul tentunya akan membuat tanaman mampu tumbuh dengan subur dan cepat berbuah.

Para hobiss dan Petani tentunya tidak boleh sembarangan dalam memilih bibit lengkeng yang akan ditanamnya. Pemilihan bibit yang kurang baik dapat berakibat pada hasil panen yang tidak baik pula. Bahkan, pemilihan bibit yang buruk dapat berakibat pohon lengkeng yang sudah ditanam lebih dari 5 tahun tidak akan menghasilkan buah dan tentu akan sia-sia. Hal ini bisa saja terjadi biasanya bibit yang ditanam berasal dari biji. Selain itu, pemilihan bibit lengkeng yang buruk, bisa jadi akan membuat bibit tanaman rentan terserang penyakit, mudah layu dan mati ketika ditanam atau ketiak dewasa tanaman sama sekali tidak menghasilkan buah walaupun pemupukan sudah dilakukan secara teratur.

Tips memilih Bibit Lengkeng Unggul

Tips memilih Bibit Lengkeng Unggul

Untuk mendapatkan bibit Lengkeng unggulan. Para Hobiis atau para pembudidaya dapat membeli di pekebun atau pembibitan tanaman buah yang tersebar diberbagai wilayah. Perlu diperhatikan, dalam membeli bibit lengkeng, apalagi jenis unggul, sebaiknya tidak membeli disembarang tempat. Pastikan penyedia bibit lengkeng tersebut sudah berpengalaman dan terpercaya. Selain itu, perhatikan juga jenis bibit lengkeng tersebut cocok ditanam di daerah mana. Hal ini penting karena akan menentukan tanaman tersebut dapat berbuah dengan baik jika sesuai dengan ketinggian tempat tumbuhnya.

Baca Juga :   Inilah 5 Panduan Mudah Budidaya Tabulampot Lengkeng Matalada Agar Mampu Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih bibit lengkeng yang baik. Saat membeli dan memilih bibit lengkeng unggul sebaiknya harus mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut :

  • Sebaiknya bibit Lengkeng berasal dari perbanyakan vegetatif, seperti okulasi atau sambung. hal ini dimasukkan agar bibit lengkeng tersebut berbuah dengan karakter yang sama dengan induknya.
  • Bibit lengkeng yang dipilih harus sesuai dengan iklim di daerah setempat. Sebagai contoh, tidak membeli bibit lengkeng yang cocok didataran tinggi untuk ditanam didaerah dataran rendah karena sulit berbuah.
  • Asal-usul harus jelas. Untuk itu, tempat pembelian dan perolehan bibit hasrus jelas. Sangat dianjurkan untuk membeli bibit di tempat pangkar atau penyedia bibit yang terpercaya.
  • Bibit telah cukup umur, seperti telah memiliki minimal enam helai daun. Hal ini dimaksudkan agar tidak menunggu terlalu lama untuk membuahkannya. Apalagi harus menunggu sampai tahunan.
  • Bibit bebas dari serangan hama dan penyakit yang diperhatikan dari tampilan batang dan daun yang sehat.
    Pertumbuhannya normak serta batangnya tegak

Berikut ini ciri – ciri Bibit tanaman Lengkeng dengan kulaitas unggul Bagus dan Cepat Berbuah :

1. Bentuk Batang

Pertama, Ciri bibit lengkeng yang unggul dapat dilihat daribentuk batang tanamannya. Pilihlah bibit lengkeng dengan batang yang tebal dan memiliki kulit berwarna kecoklatan serta memiliki aura atau semacam garis tidak beraturan pada bagian kulit batang. Selain itu, Pilihlah batang bibit lengkeng yang memiliki teksture yang keras. Caranya dengan sedikit memijatnya, jika lunak maka bibit tersebut kurang bagus dan begitupun sebaliknya.

2. Bentuk Daun

Kedua, bibit kelengkeng yang unggul dapat dilihat dari daunnya. Bibit Lengkeng yang baik memiliki daun yang lebat dan tidak mudah rontok. Jika bibit tersebut terlihat kering dan tidak berdaun lebat maka bibit tersebut bisa dikatakan kurang bagus. Pilih bibit yang memiliki daun lebat, daunnya segar dan hijau. Coba goyangkan batang tanaman tersebut pelan-pelan. Jika daunnya mudah sekali rontok maka jangan pilih bibit tersebut.

Baca Juga :   Tips Mudah Merawat Kelengkeng Merah Tumbuh Dengan Optimal, Cepat Berbuah dan Produktif

3. Bentuk Akar

Ketiga, bibit lengkeng yang bagus dapat dilihat dari akarnya. Salah satu ciri bibit yang bagus adalah memiliki akar yang kuat dan banyak. Biasanya bibit lengkeng yang ditanam di polibeg dan jika akarnya banyak maka ketika diangkat akan sangat terlihat. Jika akar tersebut banyak dan kuat maka bisa dipastikan bibit tersebut bagus.

4. Kondisi Keseluruhan Tanaman

keempat, dengan melihat kondisi bibit secara keseluruhan. Bibit lengkeng kulaitas unggul biasanya memiliki tinggi 30 cm – 50 cm. Dengan melihat ukurannya setidaknya anda mengetahui gambaran mengenai kualitas bibit yang baik, karena bibit yang terlalu muda atau bibit yang terlalu tua tidak akan menghasilkan buah yang banyak.

5. Keberadaan Bunga

terakhir, bibit lengkeng yang bagus yang adalah bibit sudah ada bunganya. Seringkali kita melihat bibit yang dijual di toko bunga atau toko bibit tanaman sudah berbunga. Hal ini justru lebih bagus karena jika bibit tersebut sudah berbunga berarti bibit tersebut memiliki kualitas baik.

Bibit Lengkeng New Kristal 70 cm

Bibit Lengkeng New Kristal

Bibit Lengkeng Matalada

Bibit Lengkeng Matalada

Bibit Lengkeng Aroma Durian

Bibit Lengkeng Aroma Durian

Bibit Kelengkeng Merah Unggul

Bibit Kelengkeng Merah Unggul

Demikianlah informasi tentang cara mudah untuk memilih bibit lengkeng yang berkualitas unggul. seperti yang sudah kita jelaskan dalam memilih bibit lengkeng yang baik ada bebrapa hal yang perlu diperhatikan antara lain : bentuk batang, bentuk daun, bentuk akar dan keberadaan bunga. Dengan memilih Bibit lengkeng yang berkualitas unggul tentunya buah yang dihasilkan juga akan berkualitas pula. 

Tips dalam memilihan bibit lengkeng ini dapat juga kita terapkan pada ketika hendak memilih dan membeli jenis bibit lengkeng merah, bibit lengkeng aroma durian, bibit lengkeng pingpong, bibit lengkeng diamond river, bibit lengkeng matalada, bibit lengkeng itoh, bibit lengkeng new kristal dan jenis lengkeng lainnya. Semoga artikel tersebut dapat menjadi referensi anda dalam mencari bibit kelengkeng untuk dibudidayakan atau sekedar menanam di pekarangan rumah Anda. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

Baca Juga :   Inilah 6 Cara Tepat Budidaya Alpukat Wina Agar Mampu Tumbuh Dengan Optimal Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat

Bagikan informasi tentang Inilah 4 Tips Mudah Memilih Bibit Tanaman Buah Lengkeng Unggul Agar Mampu Tumbuh subur dan berbuah Lebat kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah 4 Tips Mudah Memilih Bibit Tanaman Buah Lengkeng Unggul Agar Mampu Tumbuh subur dan berbuah Lebat | JualBenihMurah.com

Komentar dinonaktifkan: Inilah 4 Tips Mudah Memilih Bibit Tanaman Buah Lengkeng Unggul Agar Mampu Tumbuh subur dan berbuah Lebat

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 46%
Bibit Durian Bawor 3 Kaki 70cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Durian Bawor UnggulRp 175.000 Rp 325.000
Tersedia
Rp 175.000 Rp 325.000
Stok: Tersedia
OFF 33%
Benih Daun Seledri (Maica Leaf)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 10.000 Rp 15.000
Tersedia
Rp 10.000 Rp 15.000
Stok: Tersedia
OFF 24%
Bibit Jeruk Sunkist 70 cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Buah Jeruk SunkistRp 65.000 Rp 85.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
OFF 13%
Pupuk Vitamin B1 / Liquinox Start – 100 ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

vitamin-b1-liquinox-start-100-mlRp 19.500 Rp 22.500
Tersedia
Rp 19.500 Rp 22.500
Stok: Tersedia
SIDEBAR